5 Lifehacks Simpel untuk Menjaga Sneakers Andalan Tetap Keren dan Awet hingga Bertahun-Tahun

Minggu, 15 Mei 2022 09:11 Penulis: Jeffrey Winanda
5 Lifehacks Simpel untuk Menjaga Sneakers Andalan Tetap Keren dan Awet hingga Bertahun-Tahun
(c) Shutterstock

Kapanlagi Plus - Baik acara formal, casual, hingga nongkrong bareng sejawat, sneakers adalah alas kaki yang sangat nyaman digunakan seharian. Bahkan nggak sedikit orang yang mengoleksi banyak sneakers agar bisa tetap bisa tampil stylish dan nyaman setiap harinya.

Nggak jarang, terdapat pula sneakers kesayangan yang intensitas penggunaannya lebih sering dibanding lainnya. Meski begitu, terkadang terdapat sebuah kesalahan yang dilakukan dalam merawat sneakers andalan.

Oleh sebab itu, penting untuk merawat sneakers andalan agar tetap keren, bersih, dan awet hingga bertahun-tahun. Seperti apa sih? Yuk intip lifehack-nya!

Gunakan Sneakers Sesuai Aktivitas

Penting untuk membekali diri dengan pengetahuan penggunaan sneakers sesuai porsinya. Hal ini perlu lantaran setiap brand sneakers hingga tipenya didesain khusus untuk membuat penggunanya nyaman dalam melakukan aktivitas tertentu.

Contoh sederhananya adalah hindari sneakers berbahan suede serta outsole keras untuk berolahraga. Selain itu, gunakan sneakers dengan tingkat fleksibilitas tinggi jika kamu diharuskan beraktivitas fisik seharian penuh seperti agenda outdoor hingga kegiatan bermobilitas tinggi lainnya.

Simpan di Tempat dengan Sirkulasi Udara yang Baik

Selain penggunaan, penyimpanan juga memegang peranan penting dalam perawatan sneakers andalan. Sneakers yang penyimpanannya kurang memadai seperti diletakkan pada tempat tertutup bisa mengurangi kenyamanan dalam penggunaannya.

Simpanlah sneakers di dalam tempat dengan sirkulasi udara yang baik dan terbuka. Hal ini penting untuk membuat sneakers terhindar dari lembap. Selain itu, outsole sneakers akan cepat mengeras serta lemnya juga akan mudah lepas jika sneakers disimpan dalam ruangan dengan sirkulasi udara kurang baik.

Bersihkan secara Berkala

Namanya juga sneakers kesayangan, sudah pasti intensitas penggunaannya sering banget bahkan hingga dipakai berturut-turut tiap harinya. Jika sudah begini, sneakers memerlukan perawatan khusus berupa pembersihan secara berkala.

Nggak perlu ribet, kamu bisa menerapkan dry cleaning dengan membersihkan permukaan luar sneakers dari tumpukan kotoran serta menghilangkan potensi aroma tak sedap di bagian dalam sneakers.

Hindari Mencuci Sneakers dengan Direndam ke Dalam Air

Kesalahan yang sering terjadi ketika membersihkan sneakers adalah dengan merendamnya ke dalam air. Alih-alih membersihkan, cara ini justru berpotensi merusak lem serta jahitan sneakers andalanmu.

Aplikasikan cairan pembersih ke sikat lembut atau kain mikrofiber dalam proses pembersihan agar sneakers bisa tetap bersih dan keren tanpa harus merusak bagian lemnya.

Hilangkan Aroma Membandel dengan Bahan Alami

Tahukah kamu jika terdapat bahan alami yang efektif dalam menghilangkan bau tak sedap di dalam sneakers? Kamu bisa menggunakan teh celup kering atau kopi bubuk yang diletakkan di bagian dalam sepatu.

Dengan cara ini, sneakers andalan kamu akan terhindar dari aroma tak sedap, bahkan mampu menyerap bau tersebut sehingga tetap nyaman digunakan.

Dengan kelima lifehacks di atas, sneakers andalan bisa digunakan tiap harinya untuk mobolitas harianmu tanpa harus khawatir risiko kerusakan. Jadi, rawat sneakers andalanmu secara tepat ya KLovers!

(kpl/jef)

Reporter:

Jeffrey Winanda



MORE STORIES




REKOMENDASI