5 Novel Rekomendasi Terjemahan dari Korea Selatan, Ceritanya Tak Kalah Seru dari Drakor!

Sabtu, 22 Oktober 2022 12:33
5 Novel Rekomendasi Terjemahan dari Korea Selatan, Ceritanya Tak Kalah Seru dari Drakor!
Novel Rekomendasi Terjemahan dari Korea Selatan (Credit: goodreads.com)


Kapanlagi Plus - Membaca bisa menjadi hobi yang menyenangkan untuk mengisi waktu luang. Saat kehabisan bahan bacaan, kalian bisa mulai mencoba untuk mencari novel rekomendasi terjemahan dari Korea.

Mungkin, novel rekomendasi terjemahan dari Korea ini juga cocok bagi kalian penggemar drakor. Kisah yang disajikan dalam buku juga tak kalah seru lho, KLovers!

Namun, menemukan novel rekomendasi terjemahan dari Korea mungkin cukup sulit jika belum terbiasa. Oleh karena itu, berikut ini terdapat daftar judul yang bisa kalian jadikan referensi.

 

1. Kim Ji-Yeong Lahir Tahun 1982 (Cho Nam-Joo)

Novel rekomendasi terjemahan dari Korea yang pertama adalah Kim Ji-Yeong Lahir Tahun 1982. Novel ini cukup populer dan sudah diterjemahkan ke 18 bahasa, termasuk Indonesia. Tak heran jika mungkin kalian sudah cukup sering mendengar bahwa judul ini direkomendasikan. Bahkan, RM BTS pun pernah merekomendasikan buku ini kepada Army.

Secara keseluruhan, novel yang cukup tipis, yakni 192 halaman ini mengangkat masalah sosial, seperti diskriminasi, kesehatan mental, hingga pelecehan seksual. Tokoh utamanya adalah seorang perempuan bernama Kim Ji-Yeung. Sebagai seorang pekerja keras, dia tak mendapatkan akses yang cukup bagi kehidupan.

Pasalnya, dia tumbuh di keluarga yang selalu menaruh harapan besar kepada anak laki-laki. Setelah menikah pun, dia mendapatkan banyak tekanan dari mertuanya untuk selalu mengutamakan anak laki-lakinya alias suami Kim Ji-Yeong sendiri.

Seiring berjalannya waktu, perempuan yang sudah menjadi seorang ibu itu mulai bertingkah aneh. Dia mengalami depresi atas berbagai tekanan dan trauma yang selama ini dia hadapi. Buku ini layak dibaca oleh semua kalangan, terutama bagi kalian yang belum memahami pentingnya keadilan gender di seluruh dunia.

 

2. Saha Mansion (Cho Nam-Joo)

Masih dari penulis Cho Nam-Joo, novel rekomendasi terjemahan dari Korea ini berjudul Saha Mansion. Novel thriller ini bercerita tentang kelas-kelas masyarakat pada kota-negara aneh yang disebut Town. Ada kelas L yang merupakan penduduk resmi, L2 adalah bukan penduduk resmi, tapi memiliki izin tinggal sementara, lalu ada Saha, golongan masyarakat yang tidak diakui. Kelas yang terakhir diisi oleh para imigran gelap, difabel, korban kekerasan, dan kemiskinan yang menghuni Saha Mansion.

Masalah mulai muncul saat ada dokter muda, seorang perempuan yang terhormat ditemukan tewas dengan tanda-tanda kelebihan dosis dan mengalami pelecehan seksual. Satu-satunya tersangka yang layak dicurigai adalah kekasihnya yang berasal dari golongan Saha. Namun, apakah benar dia pelakunya?

Saat membaca, kalian akan menemukan banyak kejadian aneh. Orang-orang yang menghilang secara misterius, tembok Town yang tidak bisa ditembus, hingga misteri siapa sebenarnya ketujuh menteri tanpa wajah yang memimpin kota-negara itu.

 

3. Pasukan Buzzer (Chang Kang-Myoung)

Mungkin, telinga kalian sudah cukup akrab dengan kata "Buzzer" yang memang sudah sering digunakan oleh netizen. Ya, novel rekomendasi terjemahan dari Korea yang satu ini mengangkat buzzer atau pendengung. Itu adalah sebutan bagi orang yang sengaja menyebarkan rumor tentang topik tertentu agar banyak dibicarakan.

Nah, dalam novel ini, ada Tim Aleph sebagai jagonya membuat hal-hal yang berada di internet jadi bisa dipercaya oleh netizen. Seperti citra negatif yang melekat pada buzzer di Indonesia, topik yang mereka bagikan adalah propaganda dan hanya manipulasi opini publik.

Awalnya, Tim Aleph merupakan perusahaan pemasaran yang mempromosikan produk secara online. Namun, perusahaan yang diisi oleh Sam-goong yang ahli menyusun strategi, Chatatkat yang pintar merangkai kalimat, dan 01810 yang jago komputer, mereka pun menjelma jadi buzzer.

Diceritakan bahwa mereka mendapatkan pekerjaan untuk menghancurkan Kafe Jumda dalam waktu satu bulan. Mereka mulai beraksi tanpa menyadari risiko keterlibatan dalam politik berbahaya hingga organisasi rahasia. Kisah seru ini tentu layak kalian baca.

 

4. Vegetarian (Han Kang)

Vegetarian karya Han Kang juga menjadi novel rekomendasi terjemahan dari Korea yang cukup populer di Indonesia. Apalagi, buku ini juga berhasil meraih penghargaan internasional bergengsi Man Booker International Prize. Secara garis besar, novel ini bercerita tentang obsesi seorang tokoh untuk menjadi seorang vegetarian. Lebih dari bicara soal gaya hidup dalam makanan, masalah dalam cerita ini merembet ke hal-hal yang tak terduga.

Melihat Kim Yeong Hye yang memutuskan untuk jadi vegetarian, suaminya pun mulai gelisah. Padahal, awalnya dia sudah merasa aman karena memiliki istri yang biasa-biasa saja. Perilaku tidak makan daging membuatnya terlihat aneh. Tak hanya bagi sang suami, dia juga menjadi sasaran kemarahan orangtua.

Ya, alih-alih membela anak perempuannya, keluarganya lebih membela sang suami. Sang ayah bahkan memaksanya untuk makan daging dengan menyumpalkan ke mulut. Pemaksaan itu membuat masalah jadi lebih buruk karena Kim Yeong Hye mengiris nadinya.

Kim Yeong Hye menjelaskan jika alasannya menjadi vegetarian adalah mimpi. Dia selalu bermimpi tentang hal-hal yang menyeramkan. Karena itu pula, dia mulai membuang semua makanan berbahan daging juga telur dari dalam kulkas. Bagaimana nasibnya selanjutnya? Baca sendiri novelnya ya, KLovers!

 

5. Catatan Harian Sang Pembunuh (Diary Of A Murderer) (Kim Young-ha)

Suka dengan genre pembunuhan? Berikut ini ada novel rekomendasi terjemahan dari Korea karya Kim Young-ha yang berjudul Catatan Harian Sang Pembunuh (Diary Of A Murderer). Novel ini berkisah tentang seorang mantan pembunuh berantai bernama Kim Byeong-su. Dia mulai mengalami hilang ingatan akibat penyakit demensia. Karena ingin mempertahankan ingatannya, dia pun mencatat semua kejadian. Dia juga menulis kisah tentang sosok kekasih putrinya yang dicurigai sebagai pembunuh berantai.

Pria tersebut mengincar perempuan di sekitar tempat tinggal mereka. Sebagai seorang ayah, Kim Byeong-su berusaha untuk memastikan sang putri agar tidak menjadi korban berikutnya. Dia pun mengambil keputusan untuk menjalankan sesuatu yang sudah lama tidak dilakukan sebelum ingatannya hilang seluruhnya.

Nah, KLovers, itulah beberapa novel rekomendasi terjemahan dari Korea ke bahasa Indonesia yang tak boleh kalian lewatkan.

 

(kpl/gen/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI