5 Tradisi dan Ucapan Hari Raya Idul Fitri dari Berbagai Belahan Dunia

Kamis, 09 April 2020 07:00 Penulis: Yunita Rachmawati
5 Tradisi dan Ucapan Hari Raya Idul Fitri dari Berbagai Belahan Dunia
(c)shutterstock

Kapanlagi Plus - Bahagianya ketika Idul Fitri tiba. Momen Hari Raya seperti jadi waktu terbaik untuk melengkapi kebahagiaan dengan menghadiahkan sesuatu pada anggota keluarga tersayang. Kamu pastinya udah familiar dong, kalau di Indonesia Lebaran dirayakan dengan bermacam tradisi seperti mudik dan makan besar. Nggak lupa juga, sambil kasih ucapan "Selamat Hari Raya Idul Fitri" atau "Minal aizin wal faizin, mohon maaf lahir batin".

Tahukah kamu? Sama seperti di Indonesia beberapa negara di belahan dunia lain juga memiliki tradisi dan ucapan lho untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri. Kira-kira, seperti apa ya ucapan dan tradisi Lebaran di negara lain?

Malaysia Punya Tradisi Mirip Indonesia, Lho

Punya keinginan buat merayakan Lebaran di Malaysia bersama keluarga, KLovers? Bersiaplah untuk mengisi perut dengan makanan khasa Negeri Jiran. Yup, karena saat Lebaran Idul Fitri dirayakan dengan menyuguhkan makanan khas seperti lemang, rendang, dan ketupat. Di Malaysia juga ada tradisi mudik yang sebutannya adalah balik kampung. Selamat Idul Fitri dalam Bahasa Malaysia diucapkan dengan mengatakan, "Salam Aidilfitri".

Lebaran Arab Saudi, Meriah Banget!

Hari Raya Idul Fitri di Arab Saudi dirayakan dengan beragam agenda meriah, seperti mengadakan pertunjukkan seni teater, pembacaan puisi, musik, tari, dan lain sebagainya. Mengapa begitu meriah? Lebaran diadakan setahun sekali dan ini merupakan perayaan yang besar bagi umat muslim di Arab Saudi. Selamat Idul Fitri di Arab Saudi diucapkan, "SaAid Mubarok".

Menyantap Hidangan Khas Pada Perayaan Lebaran di Turki

Di momen Lebaran, masyarakat Turki bakal mengenakan pakaian khas yang dikenal dengan sebutan Bayramlik. Tradisinya hampir mirip di Indonesia, di mana yang muda bakal berkeliling dan bersilaturahmi ke rumah yang dituakan. Kemudian masyarakat sana juga bakal menyantap aneka hidangan khas seperti lokum atau baklava. Sambil bertemu dengan para sanak keluarga, ucapkan "Ramazan Bayrami" atau "Iyi Bayramlar".

Meriahnya Lebaran di Australia

Meski dikenal sebagai masyarakat minoritas, Lebaran di Australia tetap berjalan meriah, lho. Muslim di Australia bakal melakukan salat Ied berjamaah dan dilanjutkan dengan berkumpul bersama anggota keluarga. Tak lupa, mereka juga saling bermaaf-maafan sambil mengucapkan Happy Eid Mubarak.

Toleransi Tinggi di Nigeria

Toleransi beragama di Nigeria termasuk tinggi lho, KLovers. Di sana berdampingan umat Islam dengan Kristen dengan rukun. Ketika muslim merayakan Lebaran, umat beragama Kristen pun juga turut ikut merayakan. Mereka mengucapkan Selamat Idul Fitri dengan kalimat, "Barka Da Sallah" yang berarti Salam Sejahtera di Hari Raya.

Seru banget ya kalau melihat berbagai tradisi dan ucapan Lebaran di negara lain. Makanya biar Lebaran kamu nanti lebih berkesan dan bebas ribet tentunya, penuhi semua kebutuhan Ramadan di Tokopedia. Serta nikmati berbagai promo Ramadhan, hadiah dan penawaran menarik lainnya mulai 1 April-13 Mei 2020. Jangan lupa top up OVO, karena dengan OVO transaksi belanja online jadi lebih praktis!

 

 

 

 

 

 

 

(kpl/boo)



MORE STORIES




REKOMENDASI