50 Kata-Kata Kebaikan yang Menyentuh dan Penuh Makna, Jadi Petuah Kehidupan

Selasa, 25 Mei 2021 20:11 Penulis: Dhia Amira
50 Kata-Kata Kebaikan yang Menyentuh dan Penuh Makna, Jadi Petuah Kehidupan
Ilustrasi (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Kebaikan merupakan sebuah perbuatan terpuji yang dimiliki oleh setiap manusia. Ya, bagi manusia yang suka melakukan kebaikan maka akan mendapatkan sebuah kebaikan pula dalam hidupnya. Ada banyak sekali kata-kata kebaikan yang bisa menjadi sebuah nasihat untuk kita agar lebih banyak lagi berbuat kebaikan di dalam hidup.

Hidup di dunia ini memang tidak mudah. Untuk menjadi seorang yang baik, kita akan mengalami cobaan duniawi. Namun, dengan tetap berbuat baik, maka kita tidak hanya akan menjadi sebuah inspirasi saja, namun juga bisa memberikan sebuah kebaikan untuk diri kita sendiri. Kalian bisa membaca kata-kata kebaikan untuk diri sendiri, ataupun dibagikan kepada teman-teman untuk sebuah kebaikan.

Untuk itu dilansir dari berbagai sumber, inilah 50 kata-kata kebaikan yang menyentuh dan penuh akan makna. Yuk langsung saja dicek KLovers.

 

1. Kata-Kata Kebaikan yang yang Indah

Kata-kata kebaikan yang pertama yaitu ada kata-kata yang indah. Berikut ini beberapa kata-kata kebaikan yang indah tersebut:

1. "Jangan biarkan setiap orang yang datang padamu, pergi tanpa merasa lebih baik dan lebih bahagia. Jadilah ungkapan hidup dari kebaikan Tuhan. Kebaikan dalam wajahmu, kebaikan dalam matamu, kebaikan dalam senyummu."

2. "Kebaikan satu-satunya adalah pengetahuan dan kejahatan satu-satunya adalah kebodohan."

3. "Jangan pernah merobohkan pagar tanpa mengetahui mengapa didirikan. Jangan pernah mengabaikan tuntunan kebaikan tanpa mengetahui keburukan yang kemudian kamu dapat."

4. "Janganlah kehilangan rasa percaya diri, hanya karena komentar jiwa-jiwa kecil yang iri dengan kebaikan hidupmu."

5. "Jauhilah dengki karena dengki memakan amal kebaikan sebagaimana api memakan kayu bakar."

6. "Seseorang yang melihat kebaikan dalam berbagai hal berarti memiliki pikiran yang baik. Dan seseorang yang memiliki pikiran yang baik mendapatkan kenikmatan dari hidup."

7. "Apa pun kata-kata yang kita ucapkan, kata-kata tersebut harus dipilih dengan hati-hati karena orang lain akan mendengar kata-kata tersebut dan terpengaruh oleh kata tersebut demi kebaikan atau keburukan."

8. "Wangi bunga menyebar hanya mengikuti arah angin. Tapi, kebaikan seseorang menyebar ke semua arah."

9. "Tunjukkan kegelapan dan aku bisa melihat cahaya. Tunjukkan semua keburukanmu dan aku masih bisa melihat kebaikan yang tersisa."

10. "Agama saya sangat sederhana. Agama saya adalah kebaikan."

11. "Kejujuran adalah sebuah kebaikan terdalam yang mengajarkan kita untuk bersyukur pada hidup kita sendiri dan membagi kebahagiaan tersebut dengan orang-orang."

12. "Seseorang yang benar-benar tidak berdosa, mengorbankan diri demi kebaikan orang lain, termasuk musuh-musuhnya, dan menjadi tawanan dunia. Itulah cinta sempurna."

13. "Agama sejati adalah hidup yang sesungguhnya - hidup dengan seluruh jiwa seseorang, dengan seluruh kebaikan dan kebajikan seseorang."

14. "Nggak ada istilah bohong untuk kebaikan, karena sebuah kebohongan adalah pembelokan dari kebenaran. Saat kebenaran belok, itu bukanlah sebuah kebaikan lagi."

15. "Biasakanlah untuk jujur karena kejujuran itu menuntun kita pada kebaikan, dan kebaikan itu menuntun kita pada keselamatan."

 

2. Kata-Kata Kebaikan yang Bijak

Kemudian ada pula kata-kata kebaikan yang bijak. Kata-kata ini cocok untuk sebuah nasihat kebaikan. Berikut kata-kata kebaikan yang bijak tersebut:

16. "Derajat kebaikan seorang hamba yang paling tinggi adalah yang hatinya dapat terpuaskan oleh Tuannya Yang Maha Benar sehingga dia tidak membutuhkan perantara antara dirinya dengan Tuannya itu."

17. "Kebaikan itu layaknya para petapa yang selalu muncul dalam kelompok. Sebuah prinsip yang baik tidak pernah sendirian di hati."

18. "Saya tidak menyukai kekerasan karena ketika kekerasan digunakan untuk melakukan kebaikan, kebaikan itu hanyalah sementara, kejahatan yang dilakukannya permanen."

19. "Ada dua hal yang harus kamu lupakan: Kebaikan yang kamu lakukan kepada orang lain dan kesalahan orang lain kepadamu."

20. "Jika engkau menginginkan kebaikan, segeralah laksanakan sebelum engkau mampu. Tetapi, jika engkau menginginkan kejelekan, segeralah hardik jiwamu karena telah menginginkannya."

21. "Dosa kita lebih mudah untuk diingat dari pada kebaikan kita."

22. "Hendaklah kita tidak meremehkan kebaikan sekecil apa pun, meski hanya menemui saudara kita dengan wajah yang berseri."

23. "Pembenaran berarti pengenyahan kejahatan manusia dan pelimpahan kebaikan Allah."

24. "Tidak ada kebaikan yang bisa kita dapatkan dari sebuah perpecahan, maka kunci menghindari perpecahan adalah mensyukuri perbedaan."

25. "Jadikanlah kebaikan sebagai panggilan jiwamu agar Tuhan selalu memanggilmu saat ada kebaikan yang harus dilakukan."

26. "Kebaikan adalah bahasa di mana yang tuli bisa mendengar dan yang buta bisa melihat."

27. "Tunjukkan dan lakukan kebaikan sekarang juga, dan jangan tunda atau diabaikan karena waktu tidak akan sama lagi."

28. "Ada kebaikan dalam pekerjaan dan ada kebaikan dalam istirahat. Gunakan keduanya dan jangan abaikan keduanya."

29. "Kebaikan buat masyarakat itu bergantung kepada watak masyarakat dan didikan masing-masing orang."

30. "Tidak ada kesederhanaan yang sama dengan sebuah pikiran yang seimbang, dan tidak ada kebahagiaan yang sama dengan kepuasan, tidak ada penyakit layaknya ketamakan, dan tidak ada kebaikan yang sama dengan kasih sayang."

 

3. Kata-Kata Kebaikan yang Islami

Dan yang terakhir yaitu ada kata-kata kebaikan yang Islami. Kata-kata ini banyak diberikan oleh tokoh-tokoh terkenal muslim. Berikut ini beberapa kata-kata kebaikan yang Islami tersebut:

31. "Saat diberi sesuatu engkau gembira dan saat ditolak engkau kecewa, maka simpulkanlah bahwa yang demikian itu adalah bukti kekanak-kanakanmu dan ketidaktulusan penghambaanmu." - Ibnu Athaillah

32. "Rendah hati akan menumbuhkan kecintaan dan lapang dada menerima pemberian Allah SWT akan melahirkan ketenangan jiwa." - Imam Syafi'i

33. "Biasakan untuk menyimak (mendengarkan) nasihat-nasihat, sebab sesungguhnya hati ketika kosong dari nasihat maka akan buta." - Abdul Qadir Al-Jailani

34. "Bagaimana pun, untuk mencapai kesucian hati adalah dengan rendah hati." - Jalaluddin Rumi

35. "Yang mendorong ke neraka itu lidah. Akan selamat manusia jika ia pandai menjaga lidahnya." - Imam Ghazali

36. "Cahaya orang-orang bijak mendahului perkataan mereka. Maka di mana pun pencerahan batin terjadi, ungkapan mereka pun sampai." - Ibnu Athaillah

37. "Jadikanlah dirimu dalam segala tingkah laku sebagai orang yang tidak ingin menerima pujian atau mengharap sanjungan orang lain karena itu adalah sifat riya yang akan mendatangkan cela pada dirimu." - Luqman Al-Hakim

38. "Sebagian besar orang berdoa kepada Allah hanya pada saat butuhnya saja dan ketika harapan terpenuhi, mereka berbalik dengan sombong. Mungkin mereka pikir Allah bisa ditipu." - Dr. Aidh Al-Qarni

39. "Setiap ucapan yang meluncur pasti membawa corak kalbu tempat asal perkataan itu." - Ibnu Athaillah

40. "Sesungguhnya orang yang mencintai akan menaati orang yang dicintainya." - Syair Arab

41. "Salat adalah pembersih hati dari kotoran dosa dan pembuka pintu kegaiban." - Ibnu Athaillah

42. "Khusyu' adalah menghadapkan hati di hadapan Rabb azza wa jalla dengan sikap tunduk dan rendah diri." - Ibnu Qayyim

43. "Awan, angin, bulan, matahari, dan langit terus-menerus sibuk bekerja sehingga engkau mendapatkan nafkah untuk kehidupanmu. Maka, janganlah engkau menggunakannya dalam keadaan lalai. Seluruh makhluk telah ditugaskan untuk melayanimu dengan kepatuhan. Keadilan tidak akan dipenuhi jika engkau gagal mematuhi-Nya." - Syair Arab

44. "Urusan kalian yang terpenting menurutku adalah salat. Barangsiapa menjaganya, berarti dia telah menjaga agamanya. Barangsiapa mengabaikannya, maka dia lebih acuh lagi terhadap urusan lain." - Umar bin Khattab

45. "Sesungguhnya kebaikan itu memiliki cahaya dalam hati, energi pada tubuh, keluasan rezeki, dan cinta di hati para makhluk. Sedangkan keburukan itu membawa kegelapan dalam hati, hitam pada wajah, kelemahan pada tubuh, sempit rezeki, dan kebencian di hati makhluk." - Ibnu Taimiyah

46. "Sebaik-baik waktumu adalah kapan engkau menyadari kekuranganmu dan engkau pun kembali mengakui kerendahanmu." - Ibnu Athaillah

47. "Agar pedihnya ujian terasa ringan, hendaklah engkau tahu bahwa Allah-lah yang mengujimu." - Ibnu Athaillah

48. "Makna menyia-nyiakan salat bukanlah meninggalkannya sama sekali, tetapi mengakhirkannya dari waktu yang seharusnya." - Ibnu Abbas

49. "Nasihat itu mudah, yang sulit adalah menerimanya karena terasa pahit oleh hawa nafsu yang menyukai segala yang terlarang." - Imam Ghazali

50. "Tidak ada kebaikan dalam kehidupan, kecuali bagi orang yang bertobat atau seseorang yang beramal saleh mencari derajat yang tinggi." - Maimun bin Mihran

Itulah 50 kata-kata kebaikan yang menyentuh dan penuh akan makna mendalam. Semoga dengan kata-kata kebaikan di atas, kita bisa semakin ikhlas dalam memberikan sebuah kebaikan pada setiap manusia.

 

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI