53 Kata-Kata Menghadapi Cobaan di Perantauan, Bikin Semangat dan Menguatkan Hati

Kamis, 15 Juli 2021 15:22
53 Kata-Kata Menghadapi Cobaan di Perantauan, Bikin Semangat dan Menguatkan Hati
Ilustrasi (credit: unsplash.com)


Kapanlagi Plus - Menjadi anak rantau membutuhkan mental kuat dan keberanian tinggi. Sebab, perbedaan budaya ataupun bahasa menuntut seorang anak rantau harus siap beradaptasi dengan lingkungan perantauannya. Tidak heran jika kata-kata motivasi untuk anak rantau begitu berarti membuatnya tetap kuat menghadapi cobaan di perantauan.

Beragam persoalan hidup yang dihadapi di perantauan seringkali membuat anak rantau harus berjuang lebih keras lagi. Selain jauh dari keluarga, anak rantau juga dituntut untuk selalu mandiri menghadapi cobaan hidupnya di perantauan.

Tidak heran jika anak rantau memiliki keberanian tinggi menghadapi tantangan hidupnya di perantauan. Terkadang kita juga bisa mengambil pelajaran berharga dari seorang anak rantau karena kemandiriannya, kesabarannya, tekadnya, serta keberanian menghadapi masalah tertentu.

Jika kalian termasuk anak rantau atau justru ada orang terdekat tengah merantau, kata-kata menghadapi cobaan di perantauan dapat memberikan dorongan energi positif untuknya. Nah, berikut ini kata-kata menghadapi cobaan di perantauan yang dapat membangkitkan semangat dan menguatkan hati anak rantau.

 

1. Kata-Kata Menghadapi Cobaan di Perantauan Jadi Penyemangat

Kata-kata menghadapi cobaan di perantauan di bawah ini dapat dijadikan penyemangat buat anak rantau untuk tetap optimis. Sebab itulah kata-kata penyemangat buat anak rantau sebagai berikut bisa memotivasi mereka mencapai tujuan dan menghadapi tantangan di perantauan. Langsung saja simak ulasannya tentang kata-kata menghadapi cobaan di perantauan jadikan penyemangat.

1. "Sebuah permasalahan di tanah rantau jauh dari ibu dan keluarga yang kita sayangi harus aku selesaikan dengan pikiranku sendiri, untuk bersikap lebih mandiri karena itu adalah sebuah pilihan."

2. "Selalu lakukan yang terbaik dalam segala sesuatunya karena Allah selalu menciptakan yang terbaik buat hamba-Nya yang tidak pernah berhenti untuk berdoa dan kerja keras."

3. "Banyak kegagalan dalam hidup ini terjadi karena kebanyakan orang tidak menyadari bahwa betapa dekatnya mereka dengan keberhasilan saat mereka memutuskan untuk menyerah."

4. "Semangat yang luar biasa akan mengalahkan rasa lelah yang menyiksa kala merantau."

5. "Jangan pernah bermimpi untuk sukses, tapi kerjakan sesuatu untuk meraih kesuksesan."

6. "Jangan biarkan siapapun mengatakan kau tidak bisa melakukan sesuatu. Kau bermimpi, kau harus menjaganya. Kalau menginginkan sesuatu, raihlah. Titik."

7. "Anak rantau adalah orang-orang hebat yang mendapatkan kepercayaan dari orang tua untuk melangkah dari zona nyaman."

8. "Tak perlu jadi hebat untuk memulai, tapi kau harus memulai untuk bisa jadi hebat."

9. "Seringkali muncul sebuah keraguan, akan kekuatan diri sendiri bahkan Anda belum mencoba untuk memulainya."

10. "Hidup sederhana dan pas-pasan merupakan sebagian kecil dari beratnya perjuangan di tanah rantau. Tapi, aku yakin, usaha tidak akan mengkhianati hasil."

11. "Biarkan dirimu jadi pemula. Tidak ada seorang pun di dunia ini yang langsung menjadi ahli."

12. "Perantau tidak hanya memiliki hati yang kuat. Mereka juga pekerja keras yang percaya pada kemampuannya tanpa melibatkan kedua orangtua."

13. "Apapun rintangan dan halangan yang sedang saya hadapi saat ini pasti saya akan jalani sepenuh hati dan lapan dada."

14. "Tidak ada sebuah kesuksesan tanpa pengorbanan dan tidak ada kesuksesan tanpa kesulitan."

15. "Mengeluh tidak akan pernah bisa memperbaiki keadaan, bersemangatlah dalam menjalani hidupmu dengan ikhlas dan kesabaran."

2. Kata-Kata Menghadapi Cobaan di Perantauan Menguatkan Hati

Sejumlah kata-kata menghadapi cobaan di perantauan seperti ulasan berikut ini bisa memberikan energi positif buat anak rantau untuk tetap kuat dan tegar. Kata-kata inspirasi yang menguatkan hati anak rantau di bawah ini dapat membangkitkan tekad mereka mewujudkan impian di perantauan. Langsung saja simak ulasannya tentang kata-kata menghadapi cobaan di perantauan yang menguatkan hati.

16. "Aku memang sangat merindukan tanah kelahiranku, namun setumpuk kerinduan ini akan berubah menjadi sebuah kesuksesan yang nantinya akan aku bawa pulang ke tanah kelahiranku."

17. "Masalah yang aku hadapi saat ini terlampau kecil, jika dibandingkan besarnya cita-cita dan keinginanku membanggakan orang tua. Buang segera keluh kesah, gantikan dengan pencapaian-pencapaian yang indah."

18. "Tegas akan diri sendiri, buang pikiran negatif, dan lakukan yang terbaik. Kegelisahan hanya milik mereka yang putus asa."

19. "Ambillah risiko, kalau menang, kamu akan senang. Kalau kamu kalah, kamu akan jadi orang bijak."

20. "Jangan tanyakan pada diri Anda apa yang dibutuhkan dunia. Bertanyalah apa yang membuat Anda hidup, kemudian kerjakan. Karena yang dibutuhkan dunia adalah orang yang antusias."

21. "Orang-orang yang berhenti belajar akan menjadi pemilik masa lalu. Namun, orang-orang yang terus belajar akan menjadi pemilik masa depan." - Mario Teguh

22. "Yang terpenting adalah bagaimana cara kita menghadapi masalah dari berbagai rintangan yang dihadapi, apakah kita mau berusaha mengatasinya atau justru masalah-masalah tersebut kamu jadikan alasan untuk untuk berhenti dan menyerah. Jika hal itu terjadi pada diri Anda, maka sudah pasti Anda menjadi seorang yang gagal."

23. "Kesendirian dan kesepian merupakan suatu hal yang tidak terpisahkan dalam kehidupanku saat ini. Namun, aku yakin, ini merupakan sebuah proses menuju kesuksesan yang harus aku bayar harganya saat ini."

24. "Jika kamu tidak bisa menjadi pahlawan di medan perang, setidaknya buktikan ketangguhanmu di tanah rantau sampai berhasil mewujudkan semua cita-cita."

25. "Kunci sukses di perantauan adalah menguatkan hati untuk tidak mudah goyah hanya karena sebuah kerinduan kepala keluarga."

26. "Jika seseorang berpergian mencari ilmu, maka Allah akan menjadikan perjalanannya seperti menuju surga."- Nabi Muhammad SAW

27. "Teruntuk ibuku yang sangat aku sayangi dan aku rindukan peluk kasihmu, terima kasih telah mengajarkanku untuk menjadi pribadi yang tangguh dalam menghadapi kerasnya dunia."

28. "Sepintar-pintarnya melakukan penghematan, ada masa di mana bertahan hidup di perantauan tanpa uang satu rupiah pun."

29. "Sebuah masalah merupakan tamu yang tak diundang didalam kehidupan kita, dan kita harus perlakukan dia sebaik mungkin, maka kita juga akan diperlakukan dengan baik olehnya."

30. "Tuhan bantu aku untuk selalu bersyukur atas semua keadaan, sabar menjalani masalah dan ikhlas akan semua takdirmu."

3. Kata-Kata Menghadapi Cobaan di Perantauan Penuh Makna

Ada beragam faktor yang menyebabkan seseorang memutuskan merantau seperti pendidikan, pekerjaan, ataupun kegiatan tertentu. Namun apapun alasan merantau, dunia perantauan juga tidak bisa lepas dari cobaan hidup. Akan tetapi dengan adanya cobaan hidup di perantauan itulah, justru bisa menjadikan diri kita makin dewasa dan bijak. Nah, berikut ini ada kata-kata menghadapi cobaan di perantauan penuh makna bijak.

31. "Di antara banyak hal yang tidak bisa didaur ulang yaitu waktu yang telah terbuang, maka pastikanlah sisa-sisa waktu Anda dapat digunakan yang sebaik-baiknya. Jangan sampai waktu yang Anda miliki terbuang dengan sia-sia."

32. "Tak ada rahasia untuk menggapai sukses. Sukses itu dapat terjadi karena persiapan, kerja keras, dan mau belajar dari kegagalan."

33. "Hasil itu tidak pernah mengkhianati sebuah usaha, entah seberapa jauh kamu bekerja keras, entah seberapa lelahnya kamu, entah seberapa jauh perjuanganmu. Namun, semua kerja keras, rasa lelahmu, dan perjuanganmu akan dibayar lunas, suatu saat nanti."

34. "Segala sesuatu yang kita lakukan memiliki risiko sendiri-sendiri, tinggal bagaimana cara Anda menyikapi risiko tersebut."

35. "Buatlah daftar apa saja yang ingin Anda agendakan untuk hari ini! Awali dengan doa dan rasa syukur karena Tuhan masih memberikan kita kesempatan untuk berbuat dan berubah menjadi seseorang yang lebih baik lagi dan bermanfaat untuk orang lain."

36. "Hidup hemat merupakan satu di antara dari sebuah perjuangan, aku yakin tidak ada hasil yang mengkhianati sebuah proses."

37. "Sehat atau sakit, kami selalu mengatakan jika sedang baik-baik saja. Bukannya apa-apa, karena kami tidak mau merepotkan dan menambah beban orang tua."

38. "Kami mungkin punya mental yang jauh lebih kuat dibanding anak yang masih tinggal bersama orang tua. Setiap permasalahan yang ada kami hadapi dengan sendiri dan mandiri."

39. "Kamu hanya bisa berdoa kepada Tuhan, semoga di balik semua kesusahan ada kebahagiaan."

4. Kata-Kata Menghadapi Cobaan di Perantauan Penuh Kesabaran

Sabar menjadi salah satu kunci hidup di perantauan membuat diri kalian makin kuat dan semangat. Kata-kata menghadapi cobaan di perantauan seperti ulasan di bawah ini dapat memberikan inspirasi kalian buat tetap ikhlas menerima keadaan. Langsung saja simak ulasannya tentang kata-kata menghadapi cobaan di perantauan dengan penuh kesabaran.

40. "Di dalam hati dan langkah kakiku, tercipta sebuah impian untuk mewujudkan sebuah harapan dari orang yang senantiasa menantiku di sana."

41. "Sakit merupakan hal yang tidak pernah diinginkan oleh semua orang, namun kalau itu terjadi terhadap anak rantau, hanya bisa menangis dan bersabar."

42. "Terkadang kita harus bersabar dan mengikhlaskan semua yang kita lakukan tidak sesuai dengan apa yang telah kita rencanakan."

43. "Sabar itu adalah merupakan sesuatu yang sangat sulit untuk dilakukan, tetapi sabar itu adalah sesuatu yang sangat luar biasa indahnya."

44. "Bersabarlah dengan semua masalah yang kamu hadapi, karena semua masalah pasti ada jalan keluarnya."

45. "Apabila kita menginginkan sebuah kesuksesan dan kebahagiaan, maka kita harus mempunyai suatu kesabaran yang besar."

46. "Bagi orang yang selalu sabar dan ikhlas, mereka akan mendapatkan kebahagiaan yang lebih."

47. "Orang yang kuat dan sabar adalah orang yang mampu menyembunyikan perasaan sedihnya kepada orang lain dan senantiasa mengukir senyuman dengan ikhlas."

48. "Setiap pekerjaan ada risikonya, setiap kesuksesan pun juga ada risikonya. Sabar dan ikhlas dapat mengubah risiko jadi lebih indah."

49. "Bersabarlah ketika suatu hal yang sangat kamu sayangi hilang, dan percayalah Allah sedang menyiapkan sesuatu hal lebih indah dari sebelumnya."

50. "Jalan menuju kebahagiaan yang sempurna adalah dengan kesabaran dan keikhlasan."

51. "Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini, apa yang kamu inginkan pasti bisa kamu dapatkan, asal sabar, usaha, dan ikhlas dalam doa."

52. "Sejak kita menginginkan keindahan dan kebahagiaan hidup, jadikanlah sabar sebagai sahabat, dan ikhlas sebagai penguat langkah."

53. "Harapan itu selalu ada jika kita mau berusaha, seberatnya kita berusaha kita harus mampu melaluinya dengan ikhlas dan sabar."

Nah itulah 53 kata-kata menghadapi cobaan di perantauan, bikin semangat lagi dan menguatkan hati. Kata-kata di atas dapat membuat anak rantau tetap optimis mencapai tujuannya di tanah perantauan.

(kpl/nlw)



MORE STORIES




REKOMENDASI