124 Kata-Kata Bijak Wanita Muslimah yang Menyejukkan Hati, Motivasi Terbaik Buat Introspeksi Diri

Jum'at, 27 Agustus 2021 10:11
124 Kata-Kata Bijak Wanita Muslimah yang Menyejukkan Hati, Motivasi Terbaik Buat Introspeksi Diri
Ilustrasi (credit: pixabay.com)


Kapanlagi Plus - Kata-kata bijak wanita muslimah mengandung pesan bermakna dan nasihat buat dijadikan bahan renungan sekaligus introspeksi diri. Sebab itulah kalian bisa mengambil pelajaran positif melalui kata-kata tentang muslimah dengan beragam makna terkait persoalan hidup.

Perjalanan hidup seringkali memberi kita pelajaran bijak dan berharga. Meski hidup terkadang terasa sulit untuk dijalani, namun selalu ada makna di balik ujian yang sedang dihadapi. Pada kondisi tertentu kita juga perlu merenungkan segala hal tentang hidup buat membantumu menjadi pribadi yang lebih baik.

Salah satunya bisa diperoleh melalui kata-kata bijak wanita muslimah yang mengandung pesan motivasi tentang hidup. Selain itu, sejumlah kata-kata tentang muslimah seringkali bisa menyejukkan dan menenangkan hati. Dari sinilah kalian juga dapat mengambil sisi positif tentang hidup seperti makna kesabaran, keikhlasan, penerimaan, ataupun tentang ibadah.

Maka dari itu, langsung saja simak ulasannya tentang kata-kata bijak wanita muslimah yang memotivasi. Berikut kata-kata bijak wanita muslimah bisa jadi bahan renungan yang menyejukkan hati telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1. Kata-Kata Bijak Wanita Muslimah Menyejukkan Hati

Kata-kata bijak wanita muslimah berikut ini bisa menyejukkan hati yang tengah gelisah, resah, bahkan kacau. Sehingga dengan kata-kata bijak tersebut dapat membuatmu merasa lebih tenang. Berikut ulasannya tentang kata-kata bijak wanita muslimah yang menyejukkan hati.

1. "Wanita bukanlah pakaian yang bisa kamu pakai dan kamu lepas semaumu. Mereka terhormat dan memiliki haknya."

2. "Wanita muslimah yang baik akhlaknya dan bijak pembawaannya laksana mutiara di langit ketujuh, tak sembarang orang bisa melihat dan menyentuhnya."

3. "Islam menaikkan derajat wanita dari dasar bumi hingga pada akhirnya surga diletakkan di bawah kakinya." - Dr. Maulana Ansari

4. "Kekayaan bukanlah dengan banyaknya harta, namun kekayaan adalah hati yang selalu merasa cukup."

5. "Hijab bukan berarti menindas atau mengekang, tapi tentang membebaskan diri dari pandangan mata-mata yang jahat."

6. "Wanita Muslimah adalah berliannya Islam. Tak ada seorang pun yang akan mengungkapkan berlian mereka kepada orang asing."

7. "Wahai saudari, Matahari tidak kehilangan keindahannya saat tertutup awan. Begitu juga dengan kecantikanmu yang tidak akan pudar saat engkau mengenakan Hijab."

8. "Bila hijrahmu karena Allah, kamu akan terus melangkah walaupun sudah lelah."

9. "Hijab itu payung kehidupan muslimah, tempat berteduh dari panasnya api neraka."

10. "Hijab tak sekadar pelindung bagi wanita melainkan menggambarkan seberapa besar kekuatan dan keindahannya."

11. "Allah menjadikanmu seorang muslimah karena Ia ingin melihatmu di surga, yang perlu kamu lakukan adalah kamu pantas untuk itu."

12. "Mencintai dengan sungguh-sungguh memberikan kebahagiaan di hati kita. Mencintai karena Allah kita mendapat nilai ibadah dan kebahagiaan yang lebih."

13. "Tidaklah seorang muslim tertimpa suatu penyakit dan sejenisnya, melainkan Allah akan menggugurkan bersamanya dosa-dosanya seperti pohon yang menggugurkan daun-daunnya." - HR. Bukhari dan Muslim

2. Kata-Kata Bijak Wanita Muslimah Menguatkan

Sejumlah kata-kata bijak wanita muslimah di bawah ini mengandung pesan bermakna yang membantu kalian untuk tetap semangat. Dengan begitu, kata-kata bijak tersebut dapat memberimu kekuatan buat terus bangkit melewati beragam persoalan hidup. Berikut kata-kata bijak wanita Muslimah yang menguatkan hati.

14. "Wanita yang baik untuk lelaki yang baik. Dan lelaki yang baik adalah untuk wanita yang baik (pula)." - Surat An Nur 26

15. "Saat kau mencintai seseorang karena Allah, cinta itu tak akan pernah padam."

16. "Bukanlah kesabaran jika masih mempunyai batas, dan bukanlah keikhlasan jika masih merasakan sakit."

17. "Jauh lebih baik kehilangan sesuatu untuk Tuhan daripada kehilangan Tuhan untuk mendapatkan sesuatu." - Mufti Menk

18. "Setiap hembusan nafas yang diberikan Allah padamu bukan hanya berkah, tapi juga tanggung jawab."

19. "Kunci hidup bahagia adalah jalani, nikmati, dan syukuri."

20. "Aku percaya, takdir Allah pastilah yang terbaik untukku dan untukmu juga."

21. "Awali hari dengan Bismillah, optimistis, dan tawakal, Insyaallah harimu akan berkah."

22. "Jadikan Al-Qur'an dan Hadis sebagai pedoman hidupmu."

23. "Jangan menyerah saat doa-doamu belum terjawab. Jika kamu mampu bersabar, Allah mampu memberikan lebih dari apa yang kamu minta."

24. "Jangan salahkan orang ketika kamu kecewa, tapi salahkan dirimu sendiri karena terlalu berharap sesuatu yang belum pasti."

25. "Untuk semua kepedihan yang kau alami, bersabar dan bertahanlah, karena Allah tahu di mana batas kemampuanmu."

26. "Ketika hatimu hancur, itu bagus. Dengan hati yang pecah, maka cahaya Tuhan akan lebih mudah masuk ke dalamnya." - Shaykh Hamza Yusuf

27. "Ya Allah bantulah aku untuk selalu ingat, bersyukur, dan selalu beribadah secara baik kepada-Mu."

28. "Janganlah patah hati jika doa engkau tidak dikabulkan oleh Allah, Allah tau apa yang akan Dia perbuat."

29. "Tak peduli seberapa banyak orang yang senang menggosipimu, cukup diam dan dengarkan saja, sesungguhnya dia sedang memberimu pahala."

30. "Saat kau merasa tak memiliki siapa pun, ingatkan dirimu bahwa Allah telah mengirim mereka pergi, sehingga kau bisa berduaan bersama-Nya."

31. "Untuk semua kepedihan yang kau alami, bersabar dan bertahanlah, karena Allah tahu di mana batas kemampuanmu."

32. "Orang yang kuat bukanlah dia yang tidak pernah menangis, tetapi orang yang terus istiqomah di tengah godaan."

3. Kata-Kata Bijak Wanita Muslimah Memotivasi

Motivasi juga bisa kita peroleh melalui kata-kata bijak wanita muslimah berikut ini. Misalnya saja motivasi untuk selalu sabar dengan keadaan hidup meskipun terasa sulit, motivasi tentang istiqomah dalam beribadah, dan seterusnya. Artinya kata-kata bijak wanita muslimah berikut ini bisa memberi dorongan energi positif buat kalian. Langsung saja simak ulasannya tentang kata-kata bijak wanita muslimah yang memotivasi.

33. "Jika sayang orang tua, taati Allah, maka orang tua kita akan disenangi Allah, disayang Allah, itulah sebenar-benar balasan kita pada orang tua."

34. "Hijab tak hanya sekedar aksesoris fisik belaka. Hijab adalah identitas. Hijab adalah refleksi ketaatan wanita kepada Allah SWT."

35. "Allah mengangkat martabatmu melalui hijab. Ketika ada seorang pria asing melihatmu, dia akan menghormatimu, karena dia melihat bahwa dirimu bisa menghormati diri sendiri."

36. "Menutup aurat adalah cara kamu menghargai keindahan, bukan cara kamu menghindarinya." - Dr. Tariq Ramadan

37. "Bila ingin mendapatkan sesuatu, belajarlah dengan memberi sesuatu."

38. "Hidup di dunia itu hanya sementara, gunakanlah sebaik baiknya untuk beribadah.

39. "Dunia merupakan ladang akhirat. Maka manfaatkan dunia dengan sebaik-baiknya."

40. "Dan ketahuilah, sesungguhnya kemenangan itu beriringan dengan kesabaran. Jalan keluar beriringan dengan kesukaran. Dan sesudah kesulitan, pasti akan datang kemudahan." - HR. Tirmidzi

41. "Lakukanlah kebaikan sekecil apapun, karena engkau tidak pernah tahu kebaikan yang mana yang akan membawamu ke surga." -Imam Hasan Al-Basri

42. "Memang sangat sulit untuk bersabar, tetapi menyia-nyiakan pahala dari kesabaran itulah yang lebih buruk." - Abu Bakar as Siddiq

4. Kata-Kata Bijak Wanita Muslimah untuk Renungan Diri

Adapun kata-kata bijak wanita muslimah berikut ini dapat dijadikan bahan renungan sekaligus introspeksi. Sebab ada nasihat bijak yang bisa menginspirasi kalian buat merenungkan segala sesuatu dan membantumu jadi pribadi yang lebih lebih baik lagi. Berikut ulasannya tentang kata-kata bijak wanita muslimah untuk renungan diri.

43. "Perhiasan terbaik seorang wanita adalah rasa malunya." - Fatimah binti Muhammad

44. "Wanita muslimah menggunakan mulutnya untuk mengatakan kebenaran, suaranya untuk kebaikan, telinganya untuk welas asih, dan hatinya untuk mencintai mereka yang tidak menyukainya."

45. "Islam memperlakukan wanita dengan hormat dan bermartabat. Maka jangan mau menerima apapun yang lebih rendah dari itu."

46. "Wahai Saudariku, suatu hari nanti tubuhmu akan ditutupi kain dari ujung kepala hingga ujung kaki. Jangan biarkan hari terakhirmu di bumi menjadi hari pertamamu memakai hijab."

47. "Jadilah muslimah yang memiliki dua kecantikan, cantik luar yang dilindungi hijab syar'i. Cantik dalam yang dihiasi akhlak terpuji."

48. "Agama seseorang sesuai dengan agama teman dekatnya. Hendaklah kalian melihat siapakah yang menjadi teman dekatnya."

49. "Islam mengajarkan kamu untuk menutupi, bukan hanya sekadar membungkus."

50. "Kebahagiaan terletak pada kemenangan memerangi hawa nafsu dan menahan kehendak yang berlebih-lebihan."

51. "Allah menguji kita dengan sesuatu yang kita cintai, maka janganlah berlebihan mencintai, agar sedih pun tidak berlebihan."

52. "Mereka yang terlalu dalam terluka disebabkan terlalu jauh meninggalkan cinta kepada Allah dan Rasul-Nya."

53. "Hati manusia sama seperti cangkir. Semakin kamu memenuhinya dengan cinta kepada Allah, semakin sedikit ruang yang tersisa untuk dipenuhi rasa cinta terhadap dunia."

54. "Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui." - QS Al Baqarah 216

5. Kata-Kata Wanita Muslimah Menyentuh Hati

Kata-kata wanita muslimah berikut ini mungkin saja bisa mewakili perasaanmu. Misalnya saja tentang usaha kalian untuk tetap istiqomah menjalani hijrah. Karena itulah dengan kata-kata wanita muslimah berikut ini bisa menunjukkan bahwa kalian kuat, tegar dan sabar melewati beragam godaan saat berhijrah. Yuk simak ulasannya tentang kata-kata wanita muslimah menyentuh hati.

55. "Aku percaya, takdir Allah pastilah yang terbaik untukku, dan untukmu juga."

56. "Datangnya kematian tidak menunggu anda istiqomah. Namun, istiqomahlah sambil menunggu datangnya kematian."

57. "Hidup itu seperti lautan. Ia bisa tenang dan hening, kasar, dan kaku. Tapi, pada akhirnya, ia selalu indah."

58. "Jangan kamu merasa lemah dan jangan bersedih, sebab kamu paling tinggi derajatnya jika kamu beriman." - QS. Ali Imran: 139

59. "Aku mencari segala bentuk rezeki tetapi aku tidak menemukan rezeki yang lebih baik daripada sabar." -Umar bin Khatab

60. "Bersabarlah karena Allah SWT mencintai golongan orang-orang yang bersabar."

61. "Tetaplah istiqomah pasti akan indah pada waktunya."

62. "Kalau aku mencintai karena Allah, cintamu tak akan pernah mati."

63. "Rencana Allah itu lebih baik dari rencanamu, jadi tetaplah berjuang dan berdoa hingga kau kan menemukan bahwa ternyata memang Allah memberikan yang terbaik untukmu."

64. "Istiqomah itu sulit. Ikhlas itu berat. Kenapa? Karena balasannya surga, sebab itulah iman yang terbaik." - Fiqih Cinta

65. "Hijrah yang sesungguhnya adalah untuk Dia yang menciptakan kita, bukan untuk dia yang kita kagumi."

66. "Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya." - QS. Al-Baqarah: 286

67. "Sesungguhnya Allah SWT menyayangi umat-Nya yang selalu sabar dalam setiap kondisi yang Tuhan berikan."

68. "Jika kau mencintai seseorang, biarkan ia pergi. Kalau ia kembali, ia adalah milikmu. Bila tidak, ia memang tidak pernah jadi milikmu." - Khalil Gibran

69. "Balas dendam terbaik adalah menjadikan dirimu lebih baik." - Ali bin Abi Thalib

70. "Jangan pernah menyerah ketika doa-doamu belum terjawab karena untuk orang-orang yang bersabar, Allah SWT bahkan akan memberikan yang lebih."

71. "Jika kesabaran sudah di tangan, maka berbagai hinaan dan cacian yang mereka lontarkan hanya akan terasa bagai debu kecil yang beterbangan."

72. "Menutup aurat adalah cara kamu menghargai keindahan, bukan cara kamu menghindarinya." - Dr. Tariq Ramadan

73. "Dunia ini hanya setetes air. Kalau kau tak dapat, jangan sedih karena yang tak kau dapat hanya setetes. Dan kalau kau dapat jangan bangga karena yang kau dapat hanya setetes."

74. "Umur makin bertambah, jangan biarkan dosa pun ikut bertambah. Hayat makin berkurang, jangan biarkan iman pun ikut berkurang."

75. "Dibalik kata istiqomah ada perjuangan yang kuat, pengorbanan yang banyak, dan doa yang tidak pernah berhenti."

76. "Hidup ini seperti koin, senang dan susah adalah dua sisi. Hanya satu sisi yang terlihat pada satu waktu. Tapi, ingat, sisi lain juga menunggu gilirannya."

77. "Apabila sesuatu yang kau senangi tidak terjadi, maka senangilah apa yang terjadi." - Ali bin Abi Thalib.

78. "Tak apa untuk berhenti sejenak dan istirahat, akan tetapi bangkitlah kembali karena sejatinya Allah tidak menyukai hamba yang mudah menyerah."

79. "Terimakasih telah memberi luka. Ku jadikan luka ini sebagai pintu hijrahku."

80. "Jangan remehkan orang-orang yang ingin berhijrah, karena meninggalkan masa lalu itu tidak mudah."

81. "Hidup ini terlalu singkat untuk mengejar sesuatu yang tidak membawa kita makin dekat dengan surga."

82. "Dosaku sangat membebaniku. Tetapi ketika aku mengukurnya dengan rahmat-Mu, Ya Allah, ampunan-Mu lebih besar." - Imam Syafii

83. "Jangan hanya berterima kasih kepada Allah ketika semuanya berjalan baik. Terima kasih kepada-Nya bahkan ketika segala sesuatunya terasa sulit."

6. Kata-Kata Wanita Muslimah Jadikan Penyemangat

Setiap orang tentunya membutuhkan semangat untuk membuatnya kuat melewati beragam persoalan hidup. Termasuk bagi seorang wanita, kata-kata penyemangat bisa jadi energi membantu mereka tetap kuat dan tegar. Seperti kata-kata wanita muslimah berikut ini dapat dijadikan bahan penyemangat.

84. "Teruslah berlari, teruslah berjalan, teruslah merangkak karena setiap usaha kita Allah selalu melihatnya."

85. "Hijrah bukan hanya butuh 'proses', tapi juga butuh 'progres'."

86. "Maka sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan." - QS Al Insyirah 5

87. "Hubungkan semua urusan pada Allah agar semua yang susah menjadi mudah, agar semua urusan menjadi berkah."

88. "Hijrah itu tidak mudah karena hadiahnya surga. Tetap melangkah, jangan menyerah, apalagi berbalik arah."

89. "Hati yang ikhlas menuntun dunia dan akhirat bergerak membantumu."

90. "Ubah kata lelah itu menjadi lillah agar menjadi lebih berkah karena Allah menyukai hamba-Nya yang pekerja keras, namun tetap taat kepada-Nya."

91. "Jangan berduka, apa pun yang hilang darimu akan kembali lagi dalam wujud lain." - Jalaludin Rumi

92. "Demi Allah, tidaklah kehidupan dunia dibandingkan dengan kehidupan akhirat melainkan seperti salah seorang dari kalian mencelupkan jarinya ke laut, maka lihatlah apa yang tersisa di jarinya ketika ia angkat kembali dari laut?"

93. "Allah mampu mengubah situasi paling terpuruk menjadi momen terbaik dalam hidupmu."

94. "Selalu ada harapan bagi mereka yang sering berdoa. Selalu ada jalan bagi mereka yang sering berusaha."

95. "Allah senang dengan manusia yang mengusahakan rezeki halal, meski di sekitarnya banyak harta tidak halal bergelimpangan."

96. "Allah lah yang menjadi prioritas, Allah yang menjadi nomor satu di hati kita."

97. "Datangnya kematian tidak menunggu hingga kamu akan menjadi lebih baik. Jadilah orang baik dan tunggulah kematian." - Habib Ali Zainal Abidin

98. "Berhijrah itu tidak susah, susah itu hanya ada dalam pikiran kita."

99. "Kekayaan yang sebenarnya bukan terukur dari banyaknya harta melainkan dari kekayaan hati yang dimiliki oleh setiap insan."

100. "Seseorang takkan pernah kehabisan rezeki asalkan ia mau mencarinya dengan niat baik dan sungguh-sungguh."

101. "Barangsiapa mengerjakan kebaikan seberat zarah pun, niscaya dia akan melihat balasannya." - QS Az-Zalzalah: 7

102. "Usaha mencari harta jangan dikalahkan dengan usaha mencari ridha Allah."

7. Kata-Kata Wanita Muslimah Menginspirasi

Sejumlah kata-kata wanita muslimah berikut ini mengandung pesan inspirasi dan memotivasi. Inspirasi yang dimaksud tersebut tentunya adalah inspirasi positif agar membantu mereka lebih bijak dalam menjalani hidup. Berikut ulasannya tentang kata-kata wanita muslimah menginspirasi.

103. "Berpikirlah positif, tidak peduli seberapa keras kehidupanmu." - Ali bin Abi Thalib

104. "Harta duniawi jika tidak dipandu oleh agama akan membuatmu kehilangan arah."

105. "Apapun profesimu syukuri nikmati dan jalankan tugasmu dengan ikhlas."

106. "Kunci kedamaian hidup sebenarnya sederhana ialah dengan menjalaninya, menikmatinya, dan mensyukuri setiap perihal yang ada."

107. "Hijrah itu bukan tentang menyempurnakan diri, tapi tentang memperbaiki diri."

108. "Ikhlas adalah kunci mendapatkan banyak harta di dunia dan di surga."

109. "Dunia ini ibarat bayangan. Kalau kau berusaha menangkapnya, ia akan lari. Tapi kalau kau membelakanginya, ia tak punya pilihan selain mengikutimu." - Ibnu Qayyim Al Jauziyyah

110. "Genggam duniamu, akhirat meninggalkanmu. Genggam akhiratmu, niscaya dunia datang padamu."

111. "Kejarlah dunia karena agama. Tetapi jangan kejar dunia sehingga lupa untuk memilih mana surga dan neraka."

112. "Hidup bukan tentang mendapatkan apa yang kamu inginkan, tapi tentang menghargai apa yang kamu miliki dan sabar menanti apa yang akan menghampiri."

113. "Orang yang terkaya adalah orang yang menerima pembagian (taqdir) dari Allah dengan senang hati." - Ali bin Husein

114. "Cintailah kekasihmu (secara) sedang-sedang saja, siapa tahu suatu hari dia akan menjadi musuhmu; dan bencilah orang yang engkau benci (secara) biasa-biasa saja, siapa tahu suatu hari dia akan menjadi kecintaanmu." - H.R Tirmidzi

115. "Hidup itu singkat dan tidak pasti. Kamu tidak pernah tahu kapan waktu hidupmu di dunia ini akan berakhir. Awali harimu dengan Bismillah, akhiri dengan Alhamdulillah."

116. "Jangan memprioritaskan kehidupan duniawi karena kehidupan yang sebenarnya dimulai setelah mati."

117. "Bersihkanlah hartamu dengan zakat dan sedekah agar kelak tidak menjadi penghalang bagimu."

118. "Hijrah adalah memperbaiki diri agar menjadi penyabar bukan pencibir, agar menjadi menyapa bukan pencela."

119. "Rahasia hidup tenang adalah dengan selalu menyertakan Allah dalam kehidupan kita dan menjalani hidup sesuai dengan tuntunan agama."

120. "Gunakan waktu sebaik mungkin. Tak ada yang harus disesali. Waktu akan terus berganti dan hanya yang terbaik yang harus dituju."

121. "Pintakan harta yang halal bagimu agar hidupmu berkah."

122. "Khawatirlah dengan kehidupan kamu yang selanjutnya (akhirat), bukan kehidupan yang sekarang ini."

123. "Tetapi orang yang bersabar dan memaafkan, sesungguhnya (perbuatan) yang demikian itu termasuk hal-hal yang diutamakan." - QS. Asy-Syuura: 43

124. "Rezeki Allah yang tercurah itu amat banyak dan tak terhitung jumlahnya."

Nah itulah 124 kata-kata bijak wanita muslimah, motivasi terbaik buat introspeksi diri. Kata-kata tentang wanita muslimah di atas bisa dijadikan renungan buat kalian mengambil sisi positif buat memotivasi jadi pribadi yang lebih baik lagi.

Sumber: liputan6.com, dream.co.id, bola.com, brilio.net

(kpl/nlw)



MORE STORIES




REKOMENDASI