95 Kata Mutiara Cinta Islami Paling Menyentuh, Romantis dan Menyejukkan Hati

Jum'at, 08 Oktober 2021 13:20
95 Kata Mutiara Cinta Islami Paling Menyentuh, Romantis dan Menyejukkan Hati
Ilustrasi (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Kata mutiara cinta Islami bisa membuatmu memahami makna cinta dalam Islam. Perasaan cinta tentunya dimiliki setiap insan manusia yang ditunjukkan dengan cara masing-masing. Ketika rasa cinta tumbuh, maka juga diikuti dengan perasaan sayang bahkan sebuah pengorbanan.

Cinta dalam Islam bisa bermakna luas tak hanya pada manusia. Misalnya saja cinta kepada Allah SWT, cinta kepada Rasulullah SAW, cinta kepada makhluk hidup lainnya juga. Makna cinta kepada Allah SWT dan Rasulullah SAW berarti juga mencintai agama Islam secara menyeluruh.

Bukti cinta tersebut dapat ditunjukkan dengan taat pada perintah agama dan menjauhi apapun yang dilarang Allah SWT. Tidak heran jika ada banyak sekali kata mutiara cinta Islami yang memberi inspirasi dan motivasi kalian dalam memahami arti kata cinta.

Maka dari itu, berikut ini ada beberapa referensi tentang kata mutiara cinta Islami paling menyentuh. Langsung saja simak ulasannya tentang kata mutiara cinta Islami paling menyentuh, romantis, dan menyejukkan hati.

1. Kata Mutiara Cinta Islami Paling Menyentuh

Kata mutiara cinta Islami berikut ini menggambarkan bagaimana perasaan cinta dan sayang yang membuat hati tersentuh membacanya. Misalnya saja mencintai seseorang dalam doa ataupun perasaan cinta penuh pengorbanan dan keikhlasan. Langsung saja simak ulasannya tentang kata mutiara cinta Islami paling menyentuh berikut ini.

1. "Bersyukurlah bila dalam penantianmu kau tetap gigih dalam kesendirian, sebab artinya kau telah memuliakan jalan Allah."

2. "Ku titipkan cinta ini hanya pada-Mu, jagalah hatiku dan hatinya dari rasa kecewa, hingga waktu itu tiba. Persatukanlah kami dalam restu dan ridha-Mu."

3. "Jangan pernah berhenti dalam berharap, karena Allah itu lebih tau kapan waktu yang tepat untuk mengabulkan permintaanmu."

4. "Cinta sejati tidak berakhir dengan kematian. Jika Allah SWT menghendaki, cinta itu akan berlanjut sampai ke surga."

5. "Lebih baik kehilangan cinta seseorang karena Allah. Dari pada kehilangan Allah hanya karena cinta seseorang."

6. "Jangan buat seseorang mencintaimu jika kamu tak siap tuk berikan hatimu. Cinta tak berbalas itu menyakitkan."

7. "Bila hijrah yang kamu lakukan murni karena Alah SWT, maka kamu akan tetap melangkah meskipun dalam keadaan lelah."

8. "Sebenarnya cinta ialah suatu keadaan di mana kebahagiaan orang lain lebih penting dari kebahagiaan diri sendiri."

9. "Hidup bersama siapa adalah suatu pilihan, tetapi hidup untuk Allah adalah suatu keharusan."

10. "Ingatlah Allah saat hidup tak berjalan sesuai keinginanmu. Allah pasti punya jalan yang lebih baik untukmu."

11. "Dalam diam, aku memperjuangkan cintamu dalam doaku."

12. "Seseorang di tanya apa itu cinta? Cinta itu di kala akhir hayat Rasulullah memohon ampun untuk meringankan rasa sakit sakaratul maut yang dirasakan umatnya."

13. "Cukup Allah menjadi pendengar setiamu, ketika tidak ada satupun yang percaya dengan apa yang kamu ucapkan."

14. "Semua manusia tentu tak mau dirinya berlumuran dosa, namun seolah buta ketika dosa itu berwujud cinta."

 

 

2. Kata Mutiara Cinta Islami Penyejuk Hati

Sejumlah referensi kata mutiara cinta Islami di bawah ini dapat menyejukkan hati dengan pesan motivasi yang terkandung di dalamnya. Sehingga kalian bisa menjadikan kata cinta Islami ini pilihan memahami makna cinta dalam Islam. Berikut ulasannya tentang kata mutiara cinta Islami penyejuk hati.

15. "Untukmu yang bertahan tetap memilih suci dalam penantian. Semoga Allah segerakan jodoh yang datang untukmu."

16. "Bukan Allah tak tahu betapa sepinya hatimu, Allah juga tahu kau mampu untuk bertahan dalam ketaatan hingga datang seorang manusia membawamu terbang ke pulau impian."

17. "Kamu harus tegaskan pada mereka yang terbiasa mencibirmu, bahwa jomblo bukan berarti sok suci. Jomblo itu sikap diri untuk taat pada Allah."

18. "Untuk semua kepedihan yang kamu alami, bersabar dan bertahanlah, karena Allah tahu di mana batas kemampuanmu."

19. "Jika kamu merasa punya Allah, lantas mengapa bersedih terlalu lama hanya karena urusan cinta."

20. "Kekayaan yang sebenarnya bukan terukur dari banyaknya harta melainkan dari kekayaan hati yang dimiliki oleh setiap insan."

21. "Dipilih karena fisik dan rupa mungkin akan sedikit membanggakan tetapi dipilih karena pondasi agama akan lebih mengagumkan."

22. "Allah tahu apa yang terbaik buat kamu dan kapan waktu yang tepat untuk kamu memilikinya."

23. "Jangan biarkan cintamu menjadi keterikatan atau kebencianmu menjadi kehancuran." - Umar bin Khattab

24. "Temukan pasangan hidup yang bisa membimbingmu, bukan hanya di dunia, tapi juga di akhirat."

25. "Mencintai Allah adalah setinggi-tingginya cinta. Sempurnakan cintamu pada Allah sebelum engkau melabuhkan cintamu pada makhluk-Nya."

26. "Wahai Dzat yang membolak-balikkan hati, teguhkanlah hatiku di atas agamamu." - HR. Trimidzi, Ahmad dan hakim

27. "Allah telah menuliskan nama pasanganmu. Yang perlu kau lakukan adalah memperbaiki hubunganmu dengan-Nya."

 

 

3. Kata Mutiara Cinta Islami Romantis

Kata mutiara cinta Islami di bawah ini dapat mewakili perasaan kalian untuk seseorang. Misalnya saja kepada orang tua, anak, saudara, sahabat, ataupun pasangan halal. Maka dari itu, kalian dapat mengutarakan isi hati melalui kata mutiara cinta Islami yang romantis dan bikin baper di bawah ini.

28. "Tetap saling menjaga satu sama lain untuk selalu dekat dengan Allah. Semoga kelak bersama-sama masuk surga."

29. "Aku akan memohon kepada Allah untuk berjumpa denganmu dua kali, sekali di dunia ini dan sekali lagi di surga."

30. "Kalau aku mencintai karena Allah, cintamu tak akan pernah mati."

31. "Cinta kita adalah yang terbaik karena imanku bertambah. Kau membantuku di dunia, dan karena itu aku ingin kembali bertemu denganmu di surga."

32. "Aku mencintaimu itu bukan tanpa alasan, tapi karena kesederhanaanmu yang tiada kutemukan pada orang selain dirimu."

33. "Tak pernah terlupa, selalu ku sebut namanya dalam setiap do'aku. Ya Allah jagalah hatinya hanya untukku, meski ada jarak yang memisahkan kita."

34. "Cinta kepada Allah adalah puncaknya cinta. Lembahnya adalah cinta kepada sesama." - Nabi Muhammad SAW

35. "Cinta pada Allah sama seperti cahaya terang. Tanpanya, kamu bagaikan terombang-ambing di lautan kegelapan." - Ibnu Qayyim

36. "Cinta seorang ibu itu menenangkan, cinta seorang ayah itu menguatkan."

37. "Saat aku kehilanganmu, maka aku tidak akan jauh-jauh mencarimu. Tapi cukuplah aku mencarimu di dalam lubuk hatiku yang engkau selalu berada di sana."

38. "Ketika seorang suami dan istri saling berpandangan dengan penuh cinta, Allah melihat mereka dengan belas kasih." - HR. Bukhari

39. "Jangan berhenti berdoa untuk yang terbaik bagi orang yang kau cintai." - Ali bin Abi Thalib

40. "Aku ingin cinta yang akan berkata: 'Bahkan kematian pun tidak akan memisahkan kita, karena kelak kita akan dipertemukan kembali di surga, Insyaallah'."

 

 

4. Kata Mutiara Cinta Islami Bijak

Adapun kata mutiara cinta Islami di bawah ini mengandung pesan bijak dan bermakna mendalam. Sebab itulah kalian dapat mengambil pelajaran berharga dan pesan positif melalui kata cinta Islami yang bijak berikut ini.

41. "Takkan datang ridha Allah pada hubungan yang melanggar larangan Allah."

42. "Sifat malu adalah jubah emas yang diwajibkan oleh Allah untuk seorang wanita dalam menjaga kehormatannya."

43. "Cinta bukan hanya sekedar ucapan, namun harus dibarengi dengan pengorbanan. Mencintai dan dicintai itu adalah anugerah terindah dari Allah subhanahu wata'ala."

44. "Cinta kepada Allah adalah puncaknya cinta. Lembahnya adalah cinta kepada sesama." - Nabi Muhammad SAW

45. "Kalau sayang cukuplah doakan dunia dan akhirat untuknya, kalau cinta bimbinglah ia ke jalan yang benar. Bukan malah diajak kencan bareng."

46. "Siapa pun bisa jatuh cinta, tapi hanya orang yang kuat yang akan menjaga cinta itu tetap halal."

47. "Cinta sejati berarti saling membantu untuk menggapai surga, bukan saling berpegangan tangan dan berjalan menuju api neraka."

48. "Pasangan paling bahagia di dunia ini tidak pernah memiliki sifat yang sama. Mereka hanya saling memahami dengan baik tentang perbedaan yang mereka miliki."

49. "Jangan pernah mati-matian hanya untuk mengejar sesuatu yang tidak bisa dibawa mati." - Emha Ainun Najib

50. "Allah menguji kita dengan sesuatu yang kita cintai, maka janganlah berlebihan mencintainya, agar saat sedih tidak berlebihan."

51. "Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu, boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu "padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui." - QS. Al Baqarah ayat 216

52. "Memang benar cinta tidak akan membuat dunia berputar tetapi cinta yang berputar di dunia bisa membuat perjalanan di dunia sangat berharga."

53. "Cinta itu antara menghalalkan dan meninggalkan karena Tuhan, atau tetap bertahan dalam sebuah kemaksiatan."

54. "Tidak ada solusi yang lebih baik bagi dua insan yang saling mencintai dibanding pernikahan." - HR. Ibnu Majah

5. Kata Mutiara Cinta Islami Pada Allah SWT

Kemudian ada pula kata mutiara cinta Islami tentang bagaimana kita mencintai Allah SWT. Ya, kata-kata cinta ini bisa menjadi sebuah nasihat cinta bagaimana kita mencintai Allah SWT dengan hati yang tulus. Berikut ini beberapa kata mutiara cinta Islami pada Allah SWT yang menyentuh hati tersebut:

55. "Betapa beruntungnya mereka yang mencintai Allah. Mereka tidak akan pernah berpisah dengan kekasih mereka. "

56. "Kamu mungkin telah kehilangan semua yang kamu miliki, kamu mungkin kehilangan orang yang kamu cintai, tapi selama kamu masih memiliki Allah, maka kamu masih memiliki semua yang kamu butuhkan."

57. "Cinta bisa berlangsung seumur hidup bagi sebagian orang, tapi cinta kepada Allah dan demi Allah akan bertahan kekal selamanya."

58. "Cinta adalah selalu terhubung kepada Allah di mana saja kamu berada."

59. "Ketika cinta dilandasi niat karena Allah, maka cinta itu tidak akan pernah sirna."

60. "Saat kamu jatuh cinta kepada Allah, maka semua kesulitan hidup akan menjadi mudah."

61. "Satu-satunya hubungan yang dijamin tidak akan membuatmu tersakiti adalah hubungan yang terjalin antara kamu dan Allah."

62. "Jadikan Allah yang pertama, maka kamu tidak akan menjadi yang terakhir."

63. "Jika kamu menginginkan agar Allah tetap gigih dalam memberikan hal yang kamu cintai, maka kamu juga harus gigih dalam melakukan hal-hal yang Dia cintai. "

64. "Hati itu seperti cangkir, makin banyak kamu isi dengan kecintaan kepada Allah, maka akan makin sedikit pula ruang yang tersisa untuk kecintaan terhadap dunia."

65. "Biarlah kematian menjumpaimu dalam kondisi cinta kepada Allah."

66. "Biarkan cinta Allah menyembuhkanmu dan membebaskanmu."

67. "Hanya karena kamu tidak bisa melihat udara, bukan berarti kamu berhenti bernapas. Hanya karena kamu tidak bisa melihat Allah, bukan berarti kamu berhenti percaya."

68. "Saat kita jatuh cinta pada seseorang, kita tidak bisa berhenti memikirkannya. Kita semua mengaku cinta kepada Allah, tapi seberapa sering kita mengingat-Nya."

69. "Jangan berharap pada orang lain. Gantungkan harapanmu hanya kepada Allah. Apa yang layak kamu miliki akan datang dari Allah."

70. "Raihlah cinta Allah, maka seluruh dunia akan tampak tidak penting dibandingkan dengan apa yang kamu miliki."

71. "Setiap hari Allah memikirkanmu, setiap jam Dia menjagamu, setiap menit Dia peduli kepadamu, karena setiap saat Dia mencintaimu."

72. "Saat kita jatuh cinta kepada Allah, maka dunia berubah menjadi surga."

73. "Jika Allah saja mencintaimu lebih dari cinta seorang ibu, seharusnya kamu tidak merasa malu untuk menangis kepada-Nya seperti seorang bayi."

74. "Saat Allah mencintaimu, Dia akan meletakkan cintamu di hati seseorang yang cintanya layak untuk kamu miliki."

75. "Jangan mencintai seseorang yang tidak cinta kepada Allah. Jika Allah saja mereka tinggalkan, maka mereka juga pasti akan meninggalkanmu."

6. Kata Mutiara Cinta Islami Dalam Bahasa Arab

Dan yang terakhir yaitu ada kata mutiara cinta Islami dalam bahasa Arab beserta dengan artinya. Kata mutiara cinta Islami ini bisa menjadi sebuah nasihat bijak untuk kalian yang sedang jatuh cinta. Berikut katamutiara cinta Islami dalam bahasa Arab tersebut:

76. "Aarif ayyatal farku baina shoutika wa shoutur rososoh? Ar rososotu ta'khudur ruh wa shotuka tui'edur ruh." (Tahukah kamu apa perbedaan suaramu dan suara senapan? Suara senapan mencabut nyawa sedangkan suaramu mengembalikan nyawa.)

77. "Yas'alunani limaadza uhibbuki. Aghbiyaa kaannahum yas'aluni limadza atanafas." (Orang-orang bertanya padaku kenapa aku mencintaimu. Sungguh mereka itu sangat bodoh, karena mereka seakan-akan bertanya padaku untuk apa aku bernapas.)

78. "Qolbie laa yaro illaa habieban lahu." (Hati ini tidak akan melirik selain pada kekasihnya.)

79. "Akhofu alaika min ayyi huznin yasriku ibtisamataka." (Aku selalu menghawatirkanmu dari setiap kesedihan yang akan mencuri senyummu.)

80. "Laa adri kam yabqo lie minal umri al muhim, annal umro kulluhu abqo ma'aka." (Aku tidak tahu sisa umurku, tapi yang penting aku bersamamu sepanjang umur.)

81. "Laa uriedu syaian minad dunnya, fa anaa asyuru annanie akhotztu nashibie minanl farahi hiena uhibbuki." (Aku tidak mau sesuatu dari dunia ini, karena aku sudah merasa mengambil semua jatah kebahagiaanku saat aku mencintaimu.)

82. "Sa adhzillu uhibbuka wa in thoola intidhzor fa in lam takun qodri faqod kunta ikhtiyaari." (Aku akan selalu mencintaimu walaupun penantian itu begitu lama jika engkau memang bukan takdirku, maka aku bahagia telah memilihmu.)

83. "Uhibbuki fie kulli lahdzotin tamuuru fie hayati." (Aku mencintaimu sepanjang waktu dalam hidupku.)

84. "Laa uriedu siwa an akuuna Syaian jamielan fi hayatika yarsumu a'laa syafataika al ibtisamah kullamaa khotortu alaa baalika." (Aku tidak ingin kecuali menjadi sesuatu yang indah dalam hidupmu yang dapat melukiskan senyum di atas kedua bibirmu tatkala engkau mengingatku.)

85. "Laukaanal hubbu kalimat tuktabu lantahat aqlamie… walakinal hubbu riehun tahub." (Kalaulah cinta itu kata yang harus ditulis, niscaya penaku sudah habis. Tapi untunglah cinta itu adalah udara yang terus berembus.)

86. "Qad la akun rafiq maw iduk al-awwal, qublatuka al-ula, aw ubbuka al awwal, ulakinni uridu an akun al-ahir." (Aku mungkin bukan kekasih pertamamu, ciuman pertamamu, atau cinta pertamamu, tetapi aku ingin menjadi yang terakhir.)

87. "Lau jama'tu ayyaama umri min farohin maa tusaawie lahdzota min wakti ma'aki." (Kalaulah aku kumpulkan saat-saat gembira dalam hidupku, semuanya tidak akan dapat menyamai indahnya waktu yang aku habiskan denganmu.)

88. "Indama nuhibbu tartabitu masyairina bil khouf, nakhoful faqda, nakhoful firoq, wa nakhofu an Nashib aktsar." (Ketika kita mencintai, perasaan kita akan merasakan ketakutan, takut kehilangan, takut perpisahan dan takut berbagi.)

89. "Arwa'u maa qad yakuunu an tasy'ura bil hubbi, wa laakinnal ajmala an yasy'ura bika man tuhibbu." (Hal terindah memang ketika engkau jatuh cinta, akan tetapi lebih indah jika orang yang kau cintai menyadari cintamu.)

90. "Biqadri maa nuhibbu nuhabbu." (Sebagaimana kita mencintai, begitulah kita dicintai.)

91. "Ats tsalju hadiyyatusy syitaa'i, wasy-syamsu hadiyyatush shayf, waz-zuhuuru, hadiyyatur-rabii’i,wa anti hadiyyatul 'umri." (Matahari adalah kado musim panas. Bunga adalah kado musim semi. Dan kamu adalah kado terindah hidupku.)

92. "Fakartu an uhdika uyunie walaakin khiftu an asytaaq ilaiki falaa aroki." (Aku berpikir untuk menghadiahkan mataku untukmu, tapi aku takut jika aku merindukanmu. Aku tidak akan bisa melihatmu.)

93. "Arwa'ul qulub qolbuk, wa ajmalul kalaam himsuk, wa ahla maa fie hayaatie hubbuk." (Hati yang paling menakjubkan adalah hatimu, suara yang paling indah adalah bisikanmu, dan hal termanis dalam hidupku adalah mencintaimu.)

94. "Laukanatiln najma tatakalam, arsaltu ma'a kulli najmah kalimatun bihubbik." (Kalau saja bintang-bintang bisa bicara, maka aku akan kirimkan lewat semua bintang kata aku cinta kamu.)

95. "Minas sahl an tathruda jaisyul isti'mar min wathonika, walakin minas sho'b an tathrudal hubba ista'maro qolbaka." (Mengusir tentara penjajah dari negaramu itu perkara yang mudah, yang lebih sulit adalah mengusir cinta yang telah menjajah hatimu.)

Nah itulah 95 kata mutiara cinta Islami paling menyentuh, romantis dan menyejukkan hati. Kata-kata cinta Islami di atas bisa menjadi inspirasi memahami makna cinta.

(kpl/nlw)



MORE STORIES




REKOMENDASI