55 Kata-Kata Bijak Minta Maaf Penuh Ketulusan dan Bisa Meluluhkan

Jum'at, 04 Juni 2021 18:11 Penulis: Anik Setiyaningrum
55 Kata-Kata Bijak Minta Maaf Penuh Ketulusan dan Bisa Meluluhkan
Ilustrasi (Credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Meminta maaf merupakan hal yang sering dianggap sepele. Padahal sebenarnya, permintaan maaf itu penting, diperlukan kebijaksanaan dalam memandang masalah, dan sayangnya, banyak orang kesulitan mengungkapkan kata-kata bijak minta maaf. Kesulitan itu disebabkan banyak faktor yang membuat seseorang kebingungan menemukan cara yang tepat untuk memulai obrolan.

Faktor yang menyebabkan seseorang kesulitan untuk mengungkapkan kata-kata bijak minta maaf antara lain, perasaan yakin tak bersalah dan kurangnya ketrampilan dalam menyusun kalimat. Bisa juga disebabkan oleh pikiran takut yang berlebihan akan muncul masalah baru setelah permintaan maaf tersampaikan.

Jika kalian sedang berada dalam situasi bingung tersebut, coba merenung untuk mendapatkan rasa peka ketika melakukan kesalahan. Karena kata-kata bijak minta maaf seharusnya diikuti perasaan yang tulus, sudah sewajarnya kalian memiliki rasa bersalah terlebih dahulu. Setelah itu, kalian bisa mencari referensi atau mengutip kata-kata bijak minta maaf yang dihimpun dari berbagai sumber berikut ini.

 

1. Kata-Kata Bijak Minta Maaf

Gengsi untuk minta maaf tak membuat posisi kalian lebih tinggi dari orang lain. Oleh karena itu, kalian perlu melakukan introspeksi berkala saat menjalin hubungan dengan siapa saja. Ketika kalian menemukan kesalahan, cepatlah menyampaikan kata-kata bijak minta maaf dengan tulus kepada mereka seperti sejumlah kutipan berikut ini.

1. "Bertahan melawan logika aku masih mampu. Setengah gila mengingkari perasaanku, tersudutku tanpa ampun. Maaf aku tak mampu." - Moammar Emka

2. "Saya tidak pernah berpikir untuk menyakitimu dengan sengaja, apa pun yang saya lakukan kepadamu tidak sengaja. Tolong maafkan aku, aku mencintaimu."

3. "Saya tidak sempurna dan melakukan kesalahan seperti orang biasa. Saya harap kamu dapat menerima permintaan maaf saya dan menyingkirkan rasa bersalah saya. Maaf, Sayang."

4. "Jika kata-kata kasar membuatmu menjauh, aku harap permintaan maaf aku akan membawamu kembali lebih dekat denganku. Aku sangat menyesal telah menyakitimu. Tolong maafkan aku."

5. "Saya harap kamu dapat memaafkan saya atas perilaku saya yang tidak dewasa sebelumnya dan saya berjanji itu tidak akan terulang. Saya mohon maaf."

6. "Maaf adalah kata yang kecil, tetapi memiliki kekuatan yang sangat besar untuk membangun hubungan yang indah. Semoga kamu menerima permintaan maafku dan biarkan diriku membangun hubungan baik denganmu lagi.

7. "Mohon terima permintaan maaf saya yang tulus dan beri saya kesempatan lagi. Saya berjanji akan memperbaiki semua momen yang telah saya hancurkan sebelumnya."

8. "Saya minta maaf karena hubungan ini penting bagi saya. Tidak masalah lagi bagi saya siapa yang benar dan siapa yang salah."

9. "Saya minta maaf atas semua kesalahan yang saya lakukan. Kau adalah ayah terbaik di dunia ini. Mohon maafkan. Aku mencintaimu, Ayah."

10. "Saya tidak akan membiarkan ego saya dan kesalahan bodoh datang di antara persahabatan indah kita. Saya minta maaf. Mohon maafkan saya."

11. "Perkelahian lucu yang kita lakukan adalah untuk membuat cinta kita lebih kuat. Tolong maafkan saya karena nakal. Aku cinta kamu."

12. "Saya minta maaf atas apa yang telah kulakukan dan aku berjanji tidak akan pernah menyakiti hatimu. Mohon maafkan aku, Sayang."

13. "Terkadang aku bertindak tidak dewasa dan mengucapkan kata-kata kasar kepadamu. Tapi, aku bersumpah tidak bermaksud sama sekali. Aku minta maaf."

14. "Saya mencintaimu dan saya berjanji akan berusaha keras untuk membuat hubungan kita lebih kuat. Saya minta maaf."

15. "Maaf atas argumen yang tidak perlu yang kubuat di antara kita. Aku berjanji tidak akan pernah melakukannya lagi. Mohon terima permintaan maafku, Sayang."

 

2. Kata-Kata Bijak Minta Maaf Penuh Ketulusan

Menyampaikan kata-kata bijak minta maaf tanpa ketulusan sama saja dengan melakukan kebohongan dan mengulangi kesalahan dua kali. Berikut ini terdapat kata-kata bijak minta maaf yang bisa kalian kutip setelah benar-benar yakin dengan kesalahan yang telah terjadi.

16. "Maaf bukanlah perasaan. Lebih dari itu, maaf adalah keputusan." - Herjuno Tisnoaji

17. "Saya minta maaf atas pertengkaran itu dan merasa sangat malu atas air mata yang jatuh dari mata Anda. Tolong maafkan saya."

18. "Pengampunan darimu adalah satu-satunya media di mana saya dapat menemukan penghiburan untuk hati saya yang bersalah. Saya sangat menyesal."

19. "Tolong jangan salah paham. Saya tidak bisa dengan sengaja menyakitimu dalam situasi apa pun. Maaf atas semua kesalahan yang terjadi di antara kita."

20. "Hatiku berkata bahwa itu adalah tangisan untuk pengampunanmu. Mohon maafkan aku atas semua kesalahan."

21. "Hubungan kita adalah perjalanan pasang surut dan aku seharusnya memegang erat dirimu di setiap tantangan yang kita hadapi. Maaf aku tidak melakukannya, tetapi itu tidak akan terjadi lagi."

22. "Kurangi jarak dan tolong biarkan aku mendekatimu. Maaf telah menyakitimu."

23. "Kata-kata tidak cukup untuk membuatmu merasa lebih baik. Permintaan maaf sederhana tidak akan pernah cukup untuk menghapus rasa sakit yang aku sebabkan. Tetap saja, dari lubuk hatiku, aku sangat menyesal. Aku berharap aku bisa menebusnya untukmu."

24. "Aku telah dibutakan oleh amarah, aku menjadi kekanak-kanakan karena ketidakdewasaan. Aku minta maaf telah menyakitimu."

25. "Jika saya dapat memiliki kesempatan lagi, saya akan menarik kembali kata-kata yang telah saya katakan, saya minta maaf karena telah membuat perasaanmu sakit."

26. "Sahabat, maafkan aku karena membutakan mata. Maafkan aku karena telah membisukan kata-kata. Maafkan aku karena tiada berdaya."

27. "Aku masih kekanak-kanakan, aku belum dewasa, akibatnya, aku menyakitimu. Aku minta maaf."

28. "Saya merasa tidak enak karena saya menyakitimu. Kamu adalah teman sejatiku. Saya berutang maaf kepadamu dan saya pikir ini adalah waktu yang tepat untuk mengatakannya. Saya sangat menyesal atas semua kebohongan. Maafkan saya."

29. "Aku tidak menyesal karena tidak sempurna, tetapi aku minta maaf karena selalu salah. Maafkan aku."

30. "Butuh waktu lama bagiku untuk menyadari apa maksudmu bagiku, tapi tidak butuh waktu lama untuk mengatakan bahwa aku minta maaf."

31. "Cinta yang Berlangsung lama, Melibatkan Sejuta maaf!" - Tung Dasem Waringin

32. "Maafkan aku bila aku telah banyak mengukir luka di hatimu. Maaf pula jika aku telah banyak meneteskan air mata yang keluar dari matamu."

33. "Maafkan aku karena kekhilafanku, hanya kaulah yang dapat mengerti perasaanku, kawan."

34. "Saya meminta maaf kepada orang yang mengajari saya cara meminta maaf dan saya mencari pengampunan dari orang yang mengajari saya cara memaafkan. Maaf, Bu."

35. "Kebohongan saya mungkin adalah awan gelap, tapi pengampunan Anda akan menjadi lapisan perak. Saya menyesal."

 

3. Kata-Kata Bijak Minta Maaf yang Bisa Meluluhkan

Tujuan seseorang menyampaikan kata-kata bijak minta maaf yaitu, dapat meluluhkan hati orang lain yang sempat marah. Kalian pun harus segera meluluhkan hati yang dipenuhi kemarahan itu jika baru saja membuat kesalahan. Nah, berikut ini terdapat contoh ungkapan maaf yang bisa kalian jadikan referensi.

36. "Saat ini, aku merasa tidak enak karena aku membuatmu sangat sedih. Air mata kesedihan melintas di wajahku saat aku berharap bisa menggantikanmu. Maafkan aku, Cintaku."

37. "Maaf jika aku banyak mengecewakanmu, dan maaf aku terlalu memaksamu. Maaf juga karena aku belum bisa membahagiakanmu."

38. "Terkadang aku meminta maaf pada seseorang bukan karena aku salah, tapi karena aku tak ingin menyakiti orang-orang yang aku sayang."

39. "Aku tahu kata maaf ini tidak akan mampu menembus kesalahanku kemarin. Namun, aku tak akan putus asa untuk meminta maaf kepadamu sampai kau memaafkanku."

40. "Gunakan waktumu. Jangan khawatir. Aku akan menunggu selamanya jika itu yang kau perlukan untuk memaafkanku. Aku cinta kamu."

41. "Minta maaf, dengan segenap konsekuensinya, harusnya mudah dilakukan oleh siapapun yang belum beku." - Sujiwo Tejo

42. "Aku tahu aku salah. Aku harap kamu bisa memaafkanku. Mari beri cinta kita kesempatan lagi dan aku akan menjadi pria yang tepat untukmu."

43. "Hatiku telah bocor dan berdarah sejak hari aku menyakitimu. Tolong tutup lubangnya dengan pengampunanmu. Aku menyesal."

44. "Marah itu jelek, pengampunan adalah keseksian. Tolong maafkan saya."

45. "Dengan hati yang terluka dan ego yang mengempis, dengan jiwa yang sedih dan kepala tertunduk, aku minta maaf kepadamu tanpa syarat. Sayang, aku sangat menyesal. Aku cinta kamu."

46. "Menyakitimu adalah hal terakhir yang aku lakukan, aku tidak bermaksud begitu. Aku mohon maaf. Aku membutuhkanmu kembali dalam hidupku. Tolong temukan dalam hatimu untuk memaafkanku."

47. "Penyesalan, patah hati, dan kesedihan telah mencuri kebahagiaan hidupku. Aku minta maaf karena mengecewakanmu, tapi aku berjanji untuk menghapus air matamu."

48. "Aku sangat merindukanmu. Itu adalah kesalahan saya untuk menyakitimu seperti itu dan aku sangat menyesal. Maafkan aku, Cinta, dan aku akan menunjukkan betapa aku peduli."

49. "Dari lubuk hati yang paling dalam saya minta maaf karena membuat Anda kehilangan kesabaran."

50. "Ketika kesetiaan menjadi barang mahal. Ketika kata maaf terlalu sulit untuk diucap. Ego siapa yang sedang kita beri makan?" - Fiersa Besari

51. "Takan mulia kau menunggu permintaan maaf. Takan hina kau meminta maaf terlebih dahulu."

52. "Minta maaf tidak selalu berarti kita salah. Itu bisa berarti kita lebih menghargai cinta dan persahabatan diatas ego kita." - Merry Riana

53. "Bagaimana kau tahu apakah orang-orang memaafkanmu atau tidak, jika kau bahkan tidak pernah mencoba meminta maaf?" - Dhamala Shobita

54. "Hidup menjadi lebih mudah ketika Anda belajar menerima sebuah permintaan maaf yang tidak pernah Anda miliki." - Robert Brault

55. Ketika perasaan kita terluka, kita tidak akan pernah sembuh hingga kita memberi maaf." -Alan Paton

Itulah kata-kata bijak minta maaf yang bisa membantu kalian menyelesaikan masalah. Lebih baik segera minta maaf daripada kalian makin larut dengan rasa bersalah.

 

(kpl/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI