60 Kata-Kata Bijak Percintaan dari Novel dan Film Romantis yang Penuh Gombalan

Jum'at, 04 Juni 2021 14:55 Penulis: Anik Setiyaningrum
60 Kata-Kata Bijak Percintaan dari Novel dan Film Romantis yang Penuh Gombalan
Ilustrasi (Credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Sejak dahulu, perasaan cinta menjadi bumbu paling sedap untuk mengisahkan hubungan antarmanusia. Kisah Adam dan Hawa misalnya, sering dipakai sebagai inspirasi dalam menciptakan kisah cinta baru hingga generasi sekarang. Hubungan mereka sering dijadikan analogi percintaan dua anak manusia. Tak ketinggalan, kisah itu pun dilengkapi dengan kata-kata bijak percintaan agar pesannya tersampaikan.

Banyak seniman menciptakan karya yang sarat akan cinta. Media yang sering dipakai antara lain, novel, film, atau musik. Dalam karya itu, kalian bisa dengan mudah menemukan kata-kata bijak percintaan dari percakapan antartokoh atau lirik lagunya. Diksi yang dipilih pun sering kali punya makna mendalam, sehingga mampu memikat pemirsa.

Biasanya karya-karya itu terinspirasi dari kisah nyata, jadi kalian bisa meminjam kata-kata bijak percintaan yang ada di dalamnya sebagai ungkapan perasaan kepada gebetan. Dengan begitu, perasaan kalian bisa tersampaikan dengan puitis dan romantis. Selain itu, mengutip gombalan dari sana juga bisa melahirkan suasana tak kalah seru, lho, KLovers!

Nah, untuk melancarkan aksi kalian mendekati gebetan, berikut ini telah dihimpun kata-kata bijak percintaan dari brilio.net untuk dijadikan bahan mengungkapkan perasaan.

 

1. Kata-Kata Bijak Percintaan dari Novel

Sastrawan, bisa dikatakan sebagai makhluk yang sengaja dikirim ke dunia untuk menghasilkan rangkaian kata paling magis bagi manusia. Kekuatan kata-kata bijak percintaan yang mereka ciptakan bisa dengan tepat menggambarkan perasaan yang terkadang sangat sulit diungkapkan. Kalian bisa membuktikannya sendiri melalui sederet kutipan novel berikut ini.

1. "Aku mencintaimu. Itu sebabnya aku takkan pernah selesai mendoakan keselamatanmu." (Hujan Bulan Juni, Sapardi Djoko Damono

2. "Jangan rindu. Ini berat. Kau tak akan kuat. Biar aku saja." (Dilan 1990, Pidi Baiq)

3. "Karena hati tidak perlu memilih, ia selalu tahu kemana harus berlabuh." (Perahu Kertas, Dee Lestari)

4. "Mungkin ada benarnya juga buku-buku itu bilang. Orang-orang yang jatuh cinta terkadang terbelenggu oleh ilusi yang diciptakan oleh hatinya sendiri." (Berjuta Rasanya, Tere Liye)

5. "Perempuan, kau pasti tahu sakitnya cinta yang tak terkatakan. Cinta yang hanya mampu didekap dalam bungkam, kata orang bahkan diam berbicara." (Emak Ingin Naik Haji, Asma Nadia)

6. "Aku memikirkanmu dua kali sehari, ketika aku sedang sendiri dan ketika aku sedang bersama orang lain." (Amit Kalantri, I Love You Too)

7. "Aku tidak pernah keberatan menunggu siapapun berapa lama pun selama aku mencintainya." (Linguae, Seno Gumira Ajidarma)

8. "Cara yang paling mudah untuk tahu apakah kita cocok dengan orang tersebut atau tidak adalah ketika kita merasa lupa waktu." (Marmut Merah Jambu, Raditya Dika)

9. "Cinta itu kaya, tak selayaknya ia membuatmu menjadi pengemis." (Catatan Pendek untuk Cinta yang Panjang, Boy Candra)

10. "Cinta itu macam musik yang indah. Bedanya, cinta sejati akan membuatmu tetap menari meskipun musiknya telah lama berhenti." (Kau, Aku & Sepucuk Angpau Merah, Tere Liye)

11. "Lepaskanlah. Maka besok lusa jika dia cinta sejatimu, dia pasti akan kembali dengan cara mengagumkan." (Rindu, Tere Liye)

12. "Mau ganteng atau tidak, kalau hatinya tidak satu frekuensi, bagaimana?" (Habibie & Ainun, B.J Habibie)

13. "Seseorang yang mencintaimu karena fisik, maka suatu hari ia juga akan pergi karena alasan fisik tersebut. Seseorang yang menyukaimu karena materi, maka suatu hari ia juga akan pergi karena materi. Tetapi seseorang yang mencintaimu karena hati, ia tidak akan pernah pergi! Karena hati tidak pernah mengajarkan tentang ukuran relatif lebih baik atau lebih buruk." (Tere Liye)

14. "Suatu saat jika kau beruntung menemukan cinta sejatimu. Ketika kalian saling bertatap untuk pertama kalinya, waktu akan berhenti. Seluruh semesta alam takzim menyampaikan salam. Ada cahaya keindahan yang menyemburat, menggetarkan jantung. Hanya orang – orang yang beruntung yang bisa melihat cahaya itu, apalagi berkesempatan bisa merasakannya." (Tere Liye, Berjuta Rasanya)

15. "Tuhan, ajari aku mengenal cinta sebagaimana orang-orang lain mengartikannya. Karena kata orang, dia adalah sumber segala-galanya." (Jejak Langkah, Pramoedya Ananta T

16. "Kau boleh kecewa ditolak cinta, tetapi disebabkan oleh karena dia tidak mendapatkan dirimu yang ingin membahagiakannya." (Pidi Baiq)

17. "Aku tak bisa lagi merasakan nikmatnya mengenang sesuatu. Rasa itu sudah diambil dariku, karena aku sudah tak punya seseorang lagi untuk dikenang." (John Green)

18. "Berhentilah merasa hampa, berhentilah minta tolong untuk dilengkapi. Berhentilah berteriak-teriak ke sesuatu di luar sana. Berhentilah bertingkah seperti ikan didalam kolam yang malah mencari-cari air. Apa yang anda butuhkan semua sudah tersedia." (Supernova)

19. "Jika kamu mencari kesempurnaan, kamu tidak akan pernah tenang." (Leo Tolstoy, Anna Karenina)

20. "Kau tahu, saat itu akhirnya aku menyadari, aku tidak akan pernah bisa melanjutkan hidup dengan hati yang hanya tersisa separuh. Tidak bisa. Hati itu sudah rusak, tidak utuh lagi. Maka aku memutuskan membuat hati yang baru. Ya, hati yang benar-benar baru." (Sepotong Hati Yang Baru, Tere Liye)

21. "Orang yang membuat kita sangat terluka biasanya adalah orang yang memegang kunci kesembuhannya." (Critical Eleven)

22. "Sejatinya, rasa suka tidak perlu diumbar, ditulis, apalagi kau pamer-pamerkan. Semakin sering kau mengatakannya, jangan-jangan itu semakin hambar, jangan-jangan kita mengatakannya hanya karena untuk mensugesti, bertanya pada diri sendiri, apa memang sesuka itu." (Kau, Aku dan Sepucuk Angpau Merah, Tere Liye)

23. "Suatu saat, mencintai adalah memutar hari tanpa orang yang kau cintai. Sebab, dengan atau tanpa seseorang yang kamu kasihi, hidup harus tetap dijalani." (Galaksi Kinanthi: Sekali Mencintai Sudah Itu Mati?, Tasaro G.K.)

24. "Terkadang kau merasa kehilangan, bahkan meski kau tidak melakukan apa-apa. Mungkin itulah yang namanya kecewa. Merasa kehilangan atas sesuatu yang tak pernah kau miliki." (Deb Caletti, The Nature of Jade)

 

2. Kata-Kata Bijak Percintaan dari Film

Paduan antara visual, musik, dan juga percakapan antartokoh dalam film bagaikan sihir yang sering menyeret penontonnya masuk ke dalam cerita. Tak salah jika kalian sering membayangkan punya alur yang indah seperti dalam ceritanya. Bahkan, kalian bisa coba mewujudkannya dengan cara mengutip kata-kata bijak percintaan dari film untuk disampaikan kepada orang tercinta di dunia nyata seperti kutipan-kutipan di bawah ini.

25. "Cinta bukan tentang seberapa lama kamu kenal dia, tapi tentang dia yang selalu bikin nyaman dan tersenyum sejak kamu mengenalnya." (Promise)

26. "Cinta harus tanpa keraguan, hanya kenyamanan yang dibagi 2 orang yang sama-sama saling tau, bahwa kita ada untuk selamanya." (Cinta Brontosaurus)

27. "Cinta itu bukan memakan hati, bukan membawa tangis, bukan membuat putus asa. Tetapi cinta itu menguatkan hati, menghidupkan pengharapan." (Tenggelamnya Kapal Van der Wijck)

28. "Cinta memang tak bermata, tapi cinta tau kemana ia harus pergi dan kembali." (London Love Story 2)

29. "Cinta sejati adalah kenyamanan, kepercayaan dan dukungan. Kalau kamu tidak setuju, aku tidak peduli." (Dilan 1990)

30. "Cinta yang dewasa adalah yang mau menyelesaikan masalah, bukan berlari pergi penuh emosi." (Ada Apa Dengan Cinta 2)

31. "Jatuh cinta adalah saat kita memberi seseorang kekuasaan untuk menyakiti kita, tapi kita percaya ia tidak akan menyakiti kita." (London Love Story)

32. "Kamu tau, cinta adalah sesuatu yang nggak bisa dilihat tapi bisa kamu rasakan di hati kamu. Kamu nggak butuh seseorang untuk melengkapi hidup kamu, yang kamu butuhkan adalah seseorang yang bisa menerima kamu." (I Love You from 3000 Feet)

33. "Menemukan cinta yang tepat itu kayak nunggu bus. Lo harus nunggu di halte yang tepat dan naik nomor bus dengan tujuan yang tepat." (Teman Tapi Menikah)

34. "Nggak ada cinta yang nggak kadaluarsa. Masalahnya itu bukan sempurna atau nggaknya, tapi gimana kita bisa menerima ketidaksempurnaan itu dari orang yang kita sayang." (Cinta Brontosaurus)

35. "Proses memulai jatuh cinta bisa terjadi tanpa alasan. Tapi mempertahankan untuk tetap cinta atau melewatkan begitu saja, itu yang seharusnya butuh alasan." (Dear Nathan)

36. "Selama laki-laki dapat mencintai pasangannya dan menjaganya, itu yang membuat laki-laki menjadi sempurna untuk pasangannya." (The Perfect Husband)

37. "Terkadang kita perlu menunggu lebih lama hanya untuk mengetahui orang yang benar-benar mencintai kita." (Refrain)

38. "Tidak perlu berlebihan menunjukan perasaanmu dengan sedemikian cara. Cukup meyakinkan dia, bahwa cintamu bukan sekedar cinta biasa." (Refrain)

39. "Yang bener-bener cinta dan sayang itu nggak akan pernah nyerah Cuma karena keadaan." (Refrain)

 

3. Kata-Kata Bijak Percintaan dari Film yang Penuh Gombalan

Jika kalian merasa bukan orang yang serius dan romantis dalam berhubungan, cobalah menyampaikan kata-kata bijak percintaan dengan cara gombalan. Banyak karakter dalam film yang digambarkan sebagai tukang gombal, salah satunya yaitu, Dilan. Kalian bisa mencoba jadi jelmaan Dilan di dunia nyata dengan mengutip kata-kata bijak percintaan berikut ini.

40. "Aku gak pandai cemburu. Malahan, kalau kamu ninggalin aku, aku gak bisa apa-apa. Bisaku Cuma mencintaimu." (Dilan 1990)

41. "Gapapa cinta segitiga, asal yang terlibat aku, kamu dan Tuhan." (A: Aku, Benci & Cinta)

42. "Aku pengen banget ngasih dunia ke kamu. Tapi karena itu nggak mungkin, maka aku akan kasih hal yang paling penting dalam hidupku, yaitu duniaku." (I Love You From 38.000 Feet)

43. "Gak akan pernah ada orang yang sayang sama kamu sebesar sayang aku ke kamu." (Teman Tapi Menikah)

44. "Gak masalah sama berat badan. Gak masalah sama tinggi badan. Toh panda lebih lucu daripada jerapah." (Roman Picisan)

45. "Nyari yang cantik itu gampang, nyari yang cocok yang susah. Kamu udah cantik, cocok lagi." (Imperfect)

46. "Hatiku cuma ada satu. Kalau ada dua, berarti satunya punya kamu." (Surat Cinta untuk Starla)

47. "Kamu gak boleh nangis, karena kamu adalah salah satu alasan seseorang untuk tersenyum." (Magic Hour)

48. "Kamu itu lucunya beda, gak bikin ketawa tapi bikin sayang." (A: Aku, Benci, & Cinta)

49. "Kamu itu orang yang paling keras kepala dan paling sulit yang pernah aku kenal. Tapi kalau aku harus mengulang hidupku lagi, aku tetap memilih kamu." (Habibie & Ainun)

50. "Kamu yang buat aku jadi blank, seolah semua ruang yang ada di pikiran aku cuma terisi sama kamu." (Surat Cinta untuk Starla)

51. "Mencintaimu itu bagaikan terbang mengendarai pesawat. Memiliki tanggung jawab yang besar dengan tingkat risiko yang sangat tinggi." (The Perfect Husband)

52. "Dari sekian banyak perempuan yang ada di dunia ini, ada satu orang yang selalu aku tunggu, orangnya itu kamu yang selalu membuat hatiku luluh dan enggan untuk mencari yang baru." (Promise)

53. "Sebelum ketemu kamu, aku nggak pernah tau kayak apa rasanya memandang seseorang sampai nggak bisa berhenti tersenyum." (I Love You from 3000 Feet)

54. "Seneng dan bingung kalau mikirin kamu. Pengennya deket kamu terus, kalau deket kan gak perlu mikirin." (Dilan 1990)

55. "Aku mau kamu jadi yang pertama dan terakhir di hidupku dan jadi pelengkap ceritaku, jadi tolong jangan buat aku berpikir kalau kamu bukan yang terakhir." (London Love Story 2)

56. "Aku memang tak sempurna, tapi aku yakin kamu adalah yang sempurna untukku." (The Perfect Husband)

57. "Aku mencintaimu karena aku percaya Tuhan mengirimkan kamu di hidup aku dengan alasan yang paling indah." (London Love Story 2)

58. "Aku percaya Tuhan memberikan kamu di hidup aku dengan alasan yang paling indah. Itu sebabnya aku tidak akan pernah menyerah meskipun maut yang akan memisahkan." (Promise)

59. "Aku tidak bisa berjanji untuk menjadi yang baik. tapi aku berjanji akan selalu mendampingi kamu." (Habibie & Ainun)

60. "Kita nggak akan tau apa yang akan terjadi sama kita suatu saat nanti. Tapi aku janji aku akan tetap mencintaimu setiap hari." (London Love Story)

Nah, itulah kata-kata bijak percintaan yang potensial menimbulkan percikan asmara bagi kalian yang sedang menjalani pendekatan. Meminjam kutipan novel atau film itu sah-sah saja, asal perasaan yang disampaikan merupakan suatu kejujuran.

 

(kpl/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI