55 Kata-Kata Rumah Tangga Penuh Makna dan Pesan Bijak, Bekal Suami Istri Wujudkan Keluarga Harmonis

Kamis, 17 Juni 2021 19:55
55 Kata-Kata Rumah Tangga Penuh Makna dan Pesan Bijak, Bekal Suami Istri Wujudkan Keluarga Harmonis
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Menjalankan kehidupan berumah tangga memang bukanlah hal yang mudah. Seringkali berbagai cobaan muncul menguji kesetiaan pasangan suami istri. Oleh karenanya, diperlukan komitmen untuk setia dan saling mendukung di antara sepasang suami istri. Kata-kata rumah tangga bisa jadi pesan bijak yang bagi pasangan suami istri untuk mewujudkan keluarga yang harmonis.

Rumah tangga yang harmonis akan membawa kebahagiaan bagi setiap anggota keluarga. Untuk mewujudkannya, suami dan istri harus bisa memenuhi tanggung jawabnya masing-masing. Selain itu, pasangan suami istri juga harus bisa saling percaya dan saling memahami satu sama lain. Kata-kata rumah tangga bisa jadi satu cara untuk menumbuhkan kepercayaan dan sikap saling menghargai antara suami-istri.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut kata-kata rumah tangga yang penuh makna dan pesan bijak untuk pasangan suami-istri.

1. Kata-Kata Rumah Tangga Harmonis

Setiap pasangan tentu ingin membawa rumah tangganya menjadi keluarga yang harmonis. Namun, untuk menciptakan keluarga harmonis memang bukanlah hal yang gampang. Ada banyak hal yang harus dilakukan setiap pasangan, terutama saling menjaga kepercayaan dan saling memahami satu sama lain. Berikut kata-kata rumah tangga yang harmonis.

1. "Rumah terindah adalah rumah yang senantiasa dipenuhi cinta di dalamnya."

2. "Rumah yang nyaman untuk berteduh dibangun oleh tangan manusia. Rumah tangga yang kukuh dibangun oleh hati manusia."

3. "Melihatmu dan keluargaku makin akrab, rasanya bahagiaku makin lengkap."

4. "Keharmonisan sebuah rumah tangga terletak pada sikap tanggung jawab dan terbangunnya komunikasi yang sehat."

5. "Terwujudnya suatu keberhasilan terletak pada suasana rumah tangga dan keluarga yang bahagia."

6. "Biarkan kita melangkah berdampingan, saling mendoakan karena itu impian kita untuk memulai kisah bahtera rumah tangga."

7. "Dalam menjaga keharmonisan rumah tangga, jangan berjanji untuk tidak saling menyakiti, tapi berjanjilah untuk bertahan, meski salah satu tersakiti."

8. "Karena dalam rumah tangga bukan tentang siapa yang paling baik, melainkan bagaimana kita bersama-sama untuk menjadi lebih baik setiap hari."

9. "Sekali-sekali pandanglah pasangan. Katakan, terima kasih telah menjadi suami/istri-ku.Ini membuatnya merasa dihargai. Dan kita akan merasa lebih baik."

10. "Jangan bandingkan pernikahanmu dengan pernikahan orang lain. Setiap rumah tangga pasti ada kesulitannya masing-masing."

11. "Semua bukan hanya tentang tawa, cinta pun melekat di dalamnya untuk menjadi satu kesatuan yang utuh dalam bahtera rumah tangga.

13. "Kebahagiaan rumah tangga harus selalu diperjuangkan!"

2. Kata-Kata Rumah Tangga Bijak

Menjalani hubungan rumah tangga memang tak semudah menjalani hubungan pada saat pacaran. Hubungan rumah tangga harus dijalani dengan bijaksana. Sebab, hanya dengan kebijaksanaan, tujuan keluarga yang harmonis dapat tercapai. Berikut kata-kata rumah tangga yang mengandung pesan bijaksana.

14. "Berbagi tugas rumah tangga adalah salah satu cara terbaik untuk saling mendekatkan diri."

15. "Kemampuanmu mengendalikan perasaan sangatlah penting. Jangan terlalu memanjakan perasaan, terlebih dalam urusan rumah tangga."

16. "Ucapkanlah kata-kata yang dapat menyentuh hati dan membuat istrimu bahagia."

17. "Pasangan suami istri harus berperan seperti dua sayap pada seekor burung yang sama. Keduanya harus bekerja sama atau pernikahan mereka tidak akan pernah sampai ke permukaan."

18. "Tidak pernah ada pernikahan semulus jalan tol, selalu ada lubang-lubang penghambat, yang penting teruslah berjalan, dan jangan berhenti!"

19. "Tidak ada istilah jatuh cinta karena jatuh itu tidak disengaja, sedangkan cinta harus diusahakan. Orang berkata, ada beda antara cinta sebelum menikah dan sesudah menikah. Cinta sebelum menikah masih menutupi kekurangan, masih ada gengsi." - Quraish Shihab

20. "Tak ada rumah tangga yang dapat capai kemajuan tanpa kerjas ama suami istri yang saling membantu; melangkah maju, walau memerlukan pengorbanan."

21. "Rumput tetangga selalu kelihatan lebih hijau? Mungkin kita sebagai manusia perlu lebih bersyukur agar merasa cukup untuk berbahagia."

22. "Harapan kita terhadap pasangan sering terlalu ideal, pasangan ideal itu tidak ada. Yang ada adalah mewujudkan hubungan terbaik antara suami istri."

23. "Karena dalam rumah tangga bukan tentang siapa yang paling baik, melainkan bagaimana kita bersama-sama untuk menjadi lebih baik setiap hari."

24. "Rumah tangga tidak hanya dijalani dengan cinta, tapi juga akal sehat."

3. Kata-Kata Rumah Tangga Penuh Makna

Kata-kata tentang rumah tangga tidak saja mengajarkan kebijaksanaan dalam menjalin hubungan. Lebih dari itu, kata-kata ini juga ditulis dengan makna yang begitu mendalam. Sehingga, dari kata-kata tersebut kita bisa belajar banyak hal, khususnya tentang bagaimana saling memahami dan menghargai sebagai pasangan. Berikut kata-kata rumah tangga yang penuh makna.

25. "Setiap rumah tangga itu bermasalah, yang perlu diselesaikan itu masalahnya bukan rumah tangganya."

26. "Jelas sekali bahwasannya rumah tangga yang aman damai ialah gabungan antara tegapnya laki-laki dan halusnya perempuan."

27. "Pernikahan yang hebat bukanlah pernikahan dengan bersatunya pasangan yang sempurna, melainkan pasangan yang tidak sempurna karena mereka dapat saling belajar untuk menikmati perbedaan mereka." - Dave Meurer

28. "Pernikahan yang baik adalah pernikahan yang diisi oleh dua orang dengan kemurahan hati mereka." -Diane Sawyer

29. "Pernikahan yang berhasil akan selalu membutuhkan jatuh cinta berkali-kali pada orang yang sama." -Mignon McLaughlin

30. "Kegagalan dalam membangun rumah tangga sering terjadi karena terlalu cepatnya seseorang menganggap rasa suka sebagai cinta."

31. "Seperti sepasang sepatu, berdua namun tetap satu. Karena satu saja tidak akan berguna."

31. "Menjalani biduk rumah tangga itu berarti kita harus punya cara untuk bahagia bersama dalam suka maupun duka. Terkadang terasa lelah, tapi tak boleh menyerah."

32. "Penikahan bukanlah sebuah perlombaan karena menjalani rumah tangga itu tidak mudah."

33. "Tidak pernah ada pernikahan semulus jalan tol, selalu ada lubang-lubang penghambat, yang penting teruslah berjalan, dan jangan berhenti!"

34. "Hubungan percintaan yang didasari oleh keikhlasan hati, kesetiaan, dan kasih sayang akan melahirkan kebahagiaan dalam kebersamaan rumah tangga."

35. "Cincin pernikahan hanya sebuah simbol kebahagiaan, tetapi kebahagiaan sesungguhnya ada dalam bahtera rumah tangga."

36. "Cinta sejati itu memandang kelemahan, lalu dijadikan kelebihan untuk saling mencintai." -B.J. Habibie

37. "Cintailah pasanganmu seperti air laut, walau pasang surut selalu ada, namun air laut tidak pernah berubah rasa."

38. "Seperti apa pun pasanganmu, itulah tantanganmu. Bukan tantangan untuk mengubahnya, tapi tantangan untuk menjadikan diri anda semakin baik, semakin berkualitas, membuat anda menjadi orang yang lebih baik."

4. Kata-Kata Rumah Tangga Islami

Islam merupakan agama yang mengedepankan akhlak di berbagai aspek kehidupan. Termasuk, akhlak dalam membina hubungan rumah tangga. Berikut kata-kata rumah tangga Islami yang bisa membuat keluarga harmonis dan penuh berkah.

39. "Kebahagiaan adalah ketika kita bisa membangun rumah tangga yang penuh ketaatan kepada Allah."

40. "Pernikahan yang kandas adalah salah satu cara Tuhan untuk membuat kita sadar bahwa menjadi lebih baik itu perlu untuk rumah tangga kita berikutnya."

41. "Apapun hal yang kau habiskan bersama keluargamu, nanti akan menjadi sumber pahala dari Allah. Bahkan dengan sepotong makanan yang kau suapkan ke mulut istrimu."

42. "Rumah tangga adalah ladang pahala bagi setiap orang yang mau bersabar dengan pasangannya."

43. "Jika seorang Muslim memberi nafkah kepada keluarganya, dan ia berharap pahala dari itu, maka nafkah tersebut bernilai sedekah." - HR. Bukhari

44. "Semoga kita semua diberikan rumah tangga yang membuat kita nyaman, tenteram, dan bahagia."

45. "Seorang laki-laki tak hanya bertanggung jawab untuk menghidupi keluarganya di dunia. Sebagai suami, seorang laki-laki harus bisa mempertanggung jawabkan masa depan keluarganya di akhirat nanti."

46. "Sesungguhnya dunia itu penuh dengan perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah istri yang salihah."

47. "Sakinah, mawaddah, dan rahmah tidak muncul dengan sendirinya, tetapi harus diusahakan bersama istri."

48. "Pasanganmu adalah rezekimu, pilihanmu, dan takdirmu. Maka jangan memandang kepada selain milikmu dan jangan membanding-bandingkannya dengan yang bukan milikmu." - Syafiq Riza Basalamah

49. "Wanita itu ibarat bunga, mereka harus diperlakukan dengan lembut, baik hati, dan dengan penuh kasih sayang."

50. "Ketika suami istri saling memandang satu sama lain dengan penuh cinta dan kasih sayang, maka Allah memandang keduanya dengan tatapan kasih sayang."

51. "Jantung rumah adalah seorang istri. Jika hati istrimu tidak bahagia maka seisi rumah pun akan tidak bahagia."

52. "Cinta kita adalah cinta yang terbaik karena engkau telah membuat imanku meningkat, juga membantuku di dunia ini. Karena itulah, aku ingin berjumpa kembali denganmu di surga."

53. "Seorang suami yang memuliakan istrinya maka akan mendapatkan tempat terindah di sisi Allah SWT."

54. "Seorang istri yang salihah akan memperlakukan suaminya layaknya seorang raja, mencintainya seperti seorang pangeran, namun ia juga tidak lupa untuk terus mengingatkan suaminya bahwa dia hanyalah hamba Allah."

55. "Dan pergaulilah mereka secara patut. Kemudian bila kamu tidak menyukai mereka, (maka bersabarlah) karena mungkin kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah SWT menjadikan padanya kebaikan yang banyak." (QS. An-Nisaa': 19)

Itulah di antaranya 55 kata-kata rumah tangga yang penuh makna dan bijak. Semoga bermanfaat dan bisa menginspirasi!

(kpl/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI