56 Kata-Kata Balasan untuk Orang yang Menghina Kita, Ngena Perasaan Banget

Rabu, 07 April 2021 16:11 Penulis: Nurul Wahida
56 Kata-Kata Balasan untuk Orang yang Menghina Kita, Ngena Perasaan Banget
Ilustrasi (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Pujian dan hinaan selalu datang beriringan dalam kehidupan manusia. Dalam hal ini ketika ada seorang pembenci yang menghina dengan kata-kata, kerap membuat hati merasa tersakiti dan emosi. Tak heran apabila ada kata-kata balasan untuk orang yang menghina kita sebagai luapan rasa sakit karena ucapan dan perilakunya.

Rasa sakit karena hinaan seseorang tentunya menyelimuti hati ketika mendengar dia melontarkan kata-kata kebencian buat kalian. Biasanya hinaan tersebut berasal dari seorang pembenci yang menyimpan amarah buat kalian baik karena iri ataupun alasan lainnya.

Namun ketika hinaan tersebut kalian terima, berusaha menghadapi dengan kepala dingin menjadi cara terbaik yang bisa dilakukan meskipun ada perasaan ingin membalas hinaannya. Jika kalian tengah berada pada situasi ini, sejumlah kata-kata balasan untuk orang yang menghina kita bisa menjadi pilihan membuatnya menyadari tindakannya.

Sehingga dengan kata-kata balasan untuk orang yang menghina kita dapat membuatnya introspeksi diri atas perilakunya karena telah menyakiti hati. Selain itu kata-kata ini mengandung nasihat berharga buat mereka agar lebih berhati-hati dalam bertindak dan mengucapkan kata-kata.

Berikut kata-kata balasan untuk orang yang menghina kita telah dirangkum Kapanlagi.com dari berbagai sumber.

 

1. Kata-Kata Balasan untuk Orang yang Menghina Kita

Kata-kata balasan untuk orang yang menghina kita seperti ulasan di bawah ini bisa mewakili perasaan kalian karena telah tersakiti olehnya. Meski balasan dendam tidak dianjurkan, namun kata-kata ini bisa menjadi cara sederhana untuk menyadarkan dia akan tindakannya.

1. "Aku selalu memohon kepada Tuhan, atas kuasa-Nya meninggikan derajatku jauh di atas para haters yang merasa berhak merendahkanku dengan kesombongannya."

2. "Dengarlah kepada haters yang terhormat, kalian hidup bukan untuk mengurusi kehidupan orang lain. Apakah hidup kalian lebih tidak penting dibandingkan dengan hidupku?"

3. "Pada akhirnya kesabaranmu menghadapi haters akan berbuah kemanisan dan kesuksesan. Biarkan mereka menggonggong, sampai air liur mereka habis mereka tidak akan mendapatkan sepeserpun keuntungan darimu."

4. "Hidup kita, panggung kita, jangan orang lain yang mengaturnya."

5. "Jangan membicarakan kejelekkan orang lain karena yang jelek itu sesungguhnya adalah orang yang membicarakannya."

6. "Jangan menghina masa lalu seseorang, karena kalian tidak tahu bagaimana masa depannya."

7. "Menjadi jujur mungkin tidak membuatmu mendapatkan banyak teman, tapi akan selalu membuatmu mendapatkan teman yang sebenarnya."

8. "Mereka tertawa melihat saya beda, dan saya pun tertawa melihat mereka sama."

9. "Saat kamu mampu memaafkan dan tersenyum kepada orang yang telah menyakitimu, kamu memastikan bahwa dirimu lebih baik darinya."

10. "Setiap kata ejekanmu. Kujadikan doa pembakar semangatku."

11. "Hanya karena kamu lebih baik dalam beberapa hal, bukan berarti kamu bisa merendahkan orang lain."

12. "Merendahkan orang lain tidak membuat kita lebih tinggi, justru menistakan diri sendiri." - KH A. Mustofa Bisri

 

2. Kata-Kata Balasan untuk Orang yang Menghina Kita Penuh Makna

Menghadapi seorang pembenci dengan kepala dingin tentunya bisa menjadi cara terbaik untuk meredam suasana. Sebab, sama-sama membalasnya dengan kebencian bukanlah solusi yang bisa dilakukan justru membuat situasi makin memanas. Untuk itulah kata-kata balasan untuk orang yang menghina kita di bawah ini mengandung makna yang bisa dijadikan pelajaran berharga.

13. "Bersabar itu lebih baik ketimbang menyerang balik. Karena hidupmu jauh lebih penting daripada mengurusi orang-orang yang hidupnya hanya dihabiskan untuk mengatur hidup orang lain."

14. "Tidak perlu marah-marah dan stres menghadapi haters. Cukup lemparkan senyuman dan lapangkan dadamu untuk menerima setiap hal negatif yang mereka hasilkan."

15. "Agama mengajarkan bagaimana kita sabar untuk menghadapi orang-orang yang membenci kita. Lakukan hal tersebut dan rasakan betapa tentramnya hidupmu."

16. "Jangan kenal seseorang dari katanya, kenalilah seseorang dari nyatanya."

17. "Jangan menilai orang atas kesalahan yang ia perbuat, tapi nilailah bagaimana cara ia bisa memperbaiki kesalahan tersebut."

18. "Seseorang yang luar biasa itu. Sederhana dalam ucapan tapi hebat dalam tindakan."

19. "Orang yang beneran baik tidak akan menghakimi yang belum baik. Orang yang beneran ikhlas tidak akan mengungkit-ungkit yang sudah lewat. Orang yang beneran kaya tidak akan merendahkan yang masih miskin." - Widassatyo

20. "Pergumulan dunia ini membuat hina orang yang memuliakannya, merendahkan orang yang menyanjungnya, dan menjadikan miskin orang yang mengajarkan. Jangan tertipu dengan dunia." - Prijanto Rabbani

21. "Jangan meremehkan merendahkan melecehkan orang pendiam mereka diam bukan karena tak mampu melawan hanya saja menghargai Anda sekalian namun ketika orang diam marah anda bisa buktikan seperti apa akhirnya." 

22. "Berterimakasihlah pada orang-orang yang telah merendahkan kita. Karena mereka tahu bahwa kita memiliki kelebihan yang luar biasa."

23. "Jangan meremehkan orang lain, mungkin saja orang yang kau remehkan nantinya akan lebih sukses darimu."

24. "Kesombongan adalah menolak kebenaran dan merendahkan orang lain."

 

3. Kata-Kata Balasan untuk Orang yang Menghina Kita Jadi Nasihat

Sejumlah kata-kata balasan untuk orang yang menghina kita sebagai berikut bisa dijadikan nasihat agar dia lebih berhati-hati dalam bertindak. Adapun kata-kata balasan untuk orang yang menghina kita dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini.

25. "Hidup ini bukan untuk membalas yang buruk dengan yang buruk, tapi bagaimana kamu belajar untuk membalas yang buruk dengan yang baik."

26. "Jangan menjadi pribadi yang tidak sabaran ketika menghadapi spesies manusia pembenci seperti ini. Jadilah seorang pribadi yang besar dan bijak untuk menerima segala kritik mereka"

27. "Janganlah menyebarkan kebencian dan omongan kasar kepada orang-orang yang berseberangan denganmu. Hidupmu tidak harus diisi dengan hal-hal sekotor itu"

28. "Menjadi haters bukanlah perkara yang disukai oleh agama manapun. Kalian hidup dengan dunia kebencian, maka hal hal buruk akan selalu menimpa kalian."

29. "Tidak mengapa kalian membenci, akan tetapi bencilah dalam hati saja, bukan dengan mengeluarkan omongan atau ketikan yang menusuk."

30. "Berkatalah hal yang positif tentang orang lain, karena kata-kata positif selalu kembali pada sumbernya."

31. "Hargai orang lain jika kamu ingin dihargai, Jangan menghina jika tak mau dihina, dan jangan merendahkan orang lain jika tak mau direndahkan."

32. "Ingatlah bahwa kebencian tidak akan pernah bisa hilang apabila dibalas dengan kebencian. Kebencian akan hilang apabila dibalas dengan kesabaran dan kebaikan."

33. "Jangan banggakan apa yang punya kamu. Banggakan bagaimana caramu mendapatkan apa yang kamu punya."

34. "Jangan sampai kamu stres dan depresi menghadapi para haters. Kamu harus menjadi pribadi yang lebih kuat dan bersabar. Jangan lupa untuk mendoakan mereka supaya sadar dan bertaubat."

35. "Benahi hati dari dendam kesumat, iri dan dengki. Hilangkan rasa bangga terhadap diri sendiri dan merendahkan orang lain."

36. "Jangan pernah merendahkan wanita saat Allah SWT sendiri bahkan mendedikasikan satu keseluruhan surah yang disebut." - An-Nisa (Wanita)

37. "Kita boleh memuji kecintaan kita, setinggi langit sekalipun, tapi jangan sampai membandingkan dengan merendahkan kecintaan orang lain." - KH. A. Mustofa Bisri

38. "Merendahlah serendah rendahnya sampai orang tak bisa merendahkanmu. Karena saya di ajarkan harus merendah tapi punya harga diri."

39. "Jangan suka merendahkan fisik orang lain! Itu tidak baik,karena kita dan dia sama sama tidak sempurna."

40. "Jangan selalu merendahkan orang sabar dan pendiam, orang banyak omong belum tentu hebat."

 

4. Kata-Kata Balasan untuk Orang yang Menghina Kita Jadi Sindiran

Kata-kata balasan untuk orang yang menghina kita di bawah ini bisa jadi luapan perasaan kalian buatnya. Meski bisa dijadikan sindiran, namun di dalamnya mengandung pesan bermakna sebagai kritikan untuknya. Berikut beberapa referensi kata-kata balasan untuk orang yang menghina kita.

41. "Kepada para haters jangan pernah berhenti untuk memperhatikan saya. Karena perhatian kalian lebih berharga, dan membuat hidupku lebih berwarna"

42. "Aku hanya manusia biasa, tetapi jangan pernah meremehkanku karena aku bisa melakukan hal yang luar biasa yang tidak bisa kalian lakukan."

43. "Bercerminlah dahulu sebelum kamu membuat cermin orang lain."

44. "Biasanya, orang yang suka membuka aib orang lain di hadapanmu, adalah orang yang besar kemungkinan membuka aib kamu di hadapan orang lain."

45. "Dengarlah kepada haters yang terhormat, kalian hidup bukan untuk mengurusi kehidupan orang lain. Apakah hidup kalian lebih tidak penting dibandingkan dengan hidupku?"

46. "Jika aku memperlakukanmu sebagaimana kamu memperlakukanku, maka kamu akan membenciku."

47. "Karma tak pernah berjalan sendiri, ia selalu berjalan di belakangmu, menunggu waktu yang tepat untuk menyadarkanmu."

48. "Ketika kamu melihat orang yang baik, pikirkan untuk menjadi seperti dia. Ketika kamu melihat orang yang tak begitu baik, renungkanlah kelemahanmu sendiri."

49. "Lucunya, mereka menertawai kekurangan orang lain sebelum melihat apa yang kurang pada dirinya sendiri."

50. "Orang baik ialah orang yang malu jika perkataannya melebihi perbuatannya."

51. "Orang yang berpikiran dangkal selalu memikirkan hal yang merugikan orang lain."

52. "Orang yang sok tahu hanya akan menambah ketidaktahuannya."

53. "Tuhan memberi kita satu lidah, akan tetapi memberi kita dua telinga, agar kita mendengar dua kali lebih banyak daripada berbicara."

54. "Orang sombong ditandai dengan tatapan mata merendahkan dan ucapan yang meninggikan diri sendiri."

55. "Saat kita merendahkan orang lain, maka sejatinya kita juga termasuk dalam golongan orang yang kita rendahkan dan kita sama-sama rendah."

56. "Yang merendahkan hasil karya orang lain suatu saat akan menangis karena direndahkan oleh para rendahan yang sukses."

Nah itulah 56 kata-kata balasan untuk orang yang menghina kita. Kata-kata balasan untuk orang yang menghina kita tersebut bisa menjadi pelajaran berharga bagi setiap orang tentang pentingnya kehati-hatian saat berbicara.

Sumber: Brilio.net, bola.com

 

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI