56 Kata-Kata Musibah Penuh Motivasi untuk Lewati Cobaan Hidup yang Berat

Rabu, 28 Juli 2021 15:22 Penulis: Anik Setiyaningrum
56 Kata-Kata Musibah Penuh Motivasi untuk Lewati Cobaan Hidup yang Berat
Ilustrasi (Credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Ada banyak sisi yang saling bertolak belakang dalam hidup ini. Salah satunya, yaitu sisi kebahagiaan dan kesedihan yang datangnya tak selalu bisa ditebak. Saat bahagia, sudah sewajarnya kalian mengucap banyak puji syukur. Sebaliknya, saat sedih, tentu kalian butuh seseorang yang menepuk pundak sambil mengucapkan kata-kata musibah untuk menguatkan.

Itu merupakan hal wajar dan hampir dialami setiap orang. Maka, tak ada salahnya bagi kalian untuk menyampaikan kata-kata musibah sebagai bentuk kepedulian kepada teman yang sedang menghadapi masalah. Jika tak bisa membantu dengan hal besar, hal sederhana seperti itu terkadang sudah cukup melegakan.

Nah, justru jika sekarang kalian sendiri yang menghadapi cobaan, baca kata-kata musibah yang penuh petuah berikut ini. Walau mungkin terkesan sepele, tapi kekuatan dari kata-kata positif seperti ini tak boleh kalian lewatkan.

 

1. Kata-Kata Musibah Penuh Motivasi

Motivasi merupakan hal penting bagi jalan hidup kalian. Apalagi saat terkena musibah, kalian membutuhkan penyemangat untuk kembali bangkit. Salah satu cara agar kalian mendapat motivasi, yaitu membaca kata-kata musibah yang penuh petuah berikut ini.

1. "Makin sering diri kamu menghadapi musibah makin kuat diri kamu dalam menghadapi musibah yang lain, bahkan yang lebih besar."

2. "Ketika kamu bisa berjuang dan menghadapi musibah yang menghampirimu, maka sejatinya kamu adalah seseorang yang telah berhasil untuk membuktikan bahwa kamu adalah sosok yang kuat."

3. "Orang yang kuat itu adalah orang yang sabar dan ikhlas ketika ditimpa musibah."

4. "Hanya Allah yang mampu mengubah kekacauan menjadi sebuah pesan, ujian menjadi kesaksian, cobaan menjadi kemenangan, dan korban menjadi juara."

5. "Terkadang kita harus bersabar dan mengikhlaskan semua yang kita lakukan tidak sesuai dengan apa yang telah kita rencanakan."

6. "Semua orang bisa menangis dan bersedih ketika menghadapi musibah dalam hidupnya, tapi hanya orang-orang yang sukses saja yang bisa mengubah itu menjadi pelajaran dalam hidupnya."

7. "Apabila kita menginginkan sebuah kesuksesan dan kebahagiaan, maka kita harus mempunyai suatu kesabaran yang besar."

8. "Sabar itu adalah merupakan sesuatu yang sangat sulit untuk dilakukan, tetapi sabar itu adalah sesuatu yang sangat luar biasa indahnya."

9. "Sebuah masalah merupakan tamu yang tak diundang didalam kehidupan kita, dan kita harus perlakukan dia sebaik mungkin, maka kita juga akan diperlakukan dengan baik olehnya."

10. "Kamu hanya bisa berdoa kepada Tuhan, semoga di balik semua kesusahan ada kebahagiaan."

11. "Bersabarlah dengan semua masalah yang kamu hadapi, karena semua masalah pasti ada jalan keluarnya."

12. "Orang yang kuat dan sabar adalah orang yang mampu menyembunyikan perasaan sedihnya kepada orang lain dan senantiasa mengukir senyuman dengan ikhlas."

13. "Bagi orang yang selalu sabar dan ikhlas, mereka akan mendapatkan kebahagiaan yang lebih."

14. "Setiap musibah mengandung permata yang berharga, tapi hanya orang-orang yang bersabarlah yang berhak mendapatkannya."

15. "Yakin itu tidak berdiri sendiri, ia bergandengan dengan syukur, dengan sabar, dengan ikhlas, dengan ridha, dengan baik sangka, dan lainnya."

16. "Sejak kita menginginkan keindahan dan kebahagiaan hidup, jadikanlah sabar sebagai sahabat, dan ikhlas sebagai penguat langkah.

17. "Sebuah Musibah tidak akan pernah menjadi sulit apabila kamu bisa melewatinya dengan kesabaran dan keikhlasan.

18. "Mengeluh tidak akan pernah bisa memperbaiki keadaan, bersemangatlah dalam menjalani hidupmu dengan ikhlas dan kesabaran."

19. "Setiap pekerjaan ada risikonya, setiap kesuksesan pun juga ada risikonya. sabar dan ikhlas dapat mengubah risiko jadi lebih indah."

20. "Jangan pernah menyerah, jangan bersedih dan berputus asa. Musibah dan bencana hanyalah bagian kecil dari perjalanan hidup kita yang panjang ini. Jadikan bencana ini sebagai pembelajaran penting yang bisa menjadikan kita manusia yang positif."

2. Kata-Kata Musibah untuk Lewati Cobaan Hidup

Hidup ini memiliki dua sisi, yaitu kebahagiaan dan kesedihan. Maka wajar jika kalian dihadapkan pada musibah sesekali. Meski begitu, kalian harus tetap melewati cobaan itu. Agar tak terlalu berat, simak kata-kata musibah berikut ini sebagai sumber kekuatan bagi kalian.

21. "Hidup tidak selamanya flat atau datar, akan ada tebing dan terjal yang menghadang. Musibah akan senantiasa menghampiri tergantung dari sebagaimana kita menghadapinya."

22. "Orang optimistis akan melihat adanya kesempatan dalam setiap musibah, sedangkan orang pesimistis melihat musibah dalam setiap kesempatan."

23. "Kekuatan terbesar dari seorang manusia bukanlah dari otot atau energinya, tapi bagaimana dia mengelola masalah dan musibah yang menimpanya."

24. "Jangan memohon kepada Tuhan untuk meringankan musibah yang ada, tapi berdoalah kepada Tuhan untuk memberikanmu kekuatan untuk dapat melaluinya."

25. "Musibah itu mengecil jika dirahasiakan, membesar jika dikeluhkesahkan, terurai jika diadukan kepada Allah, merumit jika diumbar kepada manusia."

26. "Jadikan musibah membuat kita makin mendewasakan diri, makin meninggikan derajat di sisi Tuhan dan makin menguji iman kita."

27. "Apapun itu, musibah, kekalahan, kegagalan, tidak akan menjadi sesuatu yang buruk. Tapi, tergantung bagaimana kita menyikapinya."

28. "Hadapilah nikmat dengan syukur dan terimalah musibah dengan rasa sabar."

29. "Jadikan cobaan sebuah pelajaran, jangan pernah mengeluh karena kesusahan, karena di situ kita diajarkan untuk menjadi orang yang sabar."

30. "Jika kebahagiaan membuat kamu tersenyum. Maka musibah membuat kamu menangis agar bisa tersenyum dengan lebih lebar di kemudian hari."

31. "Orang yang kuat itu adalah orang yang sabar dan ikhlas ketika ditimpa musibah.

32. "Musibah tercipta bersamaan dengan jalan keluar. Jangan fokus kepada cobaannya, tapi fokuslah kepada jalan keluarnya."

33. "Ketika musibah datang, selesaikan dengan cepat sebelum menjadi lebih buruk atau kekhawatiranmu justru membuatnya makin rumit."

34. "Tidak semua musibah adalah azab. Beberapa di antaranya adalah karena rahmat Allah untuk membawa kita kembali kepada-Nya."

35. "Musibah hanya datang kepada orang-orang yang memang mampu memikulnya."

36. "Musibah dalam harta lebih ringan daripada musibah dalam kehormatan."

37. "Kesabaran bukan berarti diam tak bergerak saat mendapatkan musibah. Tapi, sabar adalah tingkah laku untuk menjaga kebaikan saat musibah datang."

38. "Dalam musibah itu terdapat empat seni, yaitu mencari pahala dari Allah, berkawan dengan kesabaran, berdzikir dengan baik, dan menunggu kelembutan dari Allah SWT."

39. "Musibah adalah satu di antara momen di mana manusia bisa naik level ke tahap yang lebih baik apabila menghadapinya dengan sabar dan tabah."

40. "Ketidaksabaran atas suatu musibah adalah musibah yang sebenarnya dan rasa syukur atas suatu karunia adalah karunia yang sebenarnya."

41. "Sebuah musibah akan menjadi kenikmatan jika kita berhasil menyikapinya dengan syukur, sabar, dan tawakal serta mampu mengambil hikmah dari setiap kejadian."

42. "Musibah terbesar yang dialami manusia bukanlah tsunami atau longsor, tapi hilangnya rasa berjuang dan munculnya rasa ingin menyerah."

43. "Jangan pernah menyerah dan berusaha lari, tapi hadapilah cobaan yang ada di depan kita dengan sabar.

3. Kata-Kata Musibah dari Para Tokoh

Rasa takut yang datang setiap kali menghadapi masalah itu wajar. Hanya saja, kalian perlu ingat, seberat apa pun musibah itu tak boleh membuat kalian menyerah. Nah, agar punya motivasi untuk tetap kuat, silakan simak kata-kata musibah dari para tokoh berikut ini.

44. "Jangan takut akan angin musibah. Ingat: layang-layang naik melawan angin daripada bersamanya." - Anthony de Mello

45. "Harapan doa selalu terlantun bagi mereka yang tertimpa musibah." - Sari Agustia

46. "Pada banyak kejadian, musibah dan kehilangan selalu membuat orang merasa lebih dekat." - Riawani Elyta

47. "Ingatlah bahwa sebuah musibah yang membawamu makin dekat kepada Allah itu lebih baik dari pada nikmat yang membuatmu makin menjauh dari Allah." - Dr. Bilal Philips

48. "Ujian atau cobaan akan membawamu semakin dekat kepada Allah atau justru menjauhkan kamu dari Allah. Pilihan ada di tangan kamu." - Boona Mohammed

49. "Jangan biarkan musibah yang menimpa menghancurkan hidupmu. Dengan sabar dan iman, kamu harus bisa melewatinya dan menjadi orang yang lebih baik." - Mufti Ismail Menk

50. "Sesungguhnya besarnya pahala itu sesuai dengan besarnya ujian. Ketika Allah mencintai seseorang, maka Dia akan mengujinya." - Hadis

51. "Bencana mengajari kita kerendahan hati." - Anselmus

52. Sebuah musibah akan menjadi kenikmatan jika kita berhasil menyikapinya dengan syukur, sabar dan tawakal serta mampu mengambil hikmah dari setiap kejadian." -Abdullah Gymnastiar

53. "Setiap musibah adalah proses pembelajaran. - Julia Child

54. "Di tiap musibah yang menimpa Anda, ingatlah untuk bercermin dan bertanya tentang daya apa yang bisa Anda upayakan guna menarik pelajaran positif dari kejadian itu." -Epictetus

55. "Ketika seseorang tertimpa musibah, sangat jarang ada yang berusaha menyabarkan atau memberi saran yang menyamankan hati." - Irfa Hudaya

56. "Setelah mengalami musibah, seringkali kita akan menemui kebangkitan hidup." - Ella Wheeler Wilcox

KLovers, itulah kata-kata musibah yang bisa kalian baca untuk sekadar meringankan beban atau mencari motivasi saat menghadapi cobaan.

(Sumber: Bola.com, JagoKata.com)

(kpl/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI