57 Kata-Kata Taaruf dalam Islam, Jalan Terbaik Menjemput Jodoh Tanpa Pacaran

Kamis, 10 Juni 2021 19:33 Penulis: Nurul Wahida
57 Kata-Kata Taaruf dalam Islam, Jalan Terbaik Menjemput Jodoh Tanpa Pacaran
Ilustrasi (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Kata taaruf tentunya cukup familiar terdengar. Taaruf artinya proses perkenalan atau mengenal seseorang berdasarkan jalan Islami. Ini dilakukan untuk menjemput jodoh dengan maksud menjauhi perbuatan maksiat ataupun zina. Untuk mengenal apa itu taaruf, ada sejumlah kata-kata taaruf yang bisa dijadikan pelajaran berharga dalam memaknainya.

Taaruf erat kaitannya dengan proses menjemput jodoh secara Islami. Dalam hal ini taaruf menjadi jalan terbaik menjemput jodoh tanpa pacaran. Sebab tujuannya adalah untuk mengenal calon jodoh dengan niat baiknya mengajak dia ibadah kepada Allah SWT yakni menuju pernikahan.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam proses taaruf di antaranya seperti meniatkan diri secara ikhlas melakukan taaruf, dilarang berduaan dengan calon jodoh, saling bertukar informasi data diri, permohonan taaruf hingga sampai pada saat pernikahan.

Sejumlah kata-kata taaruf di bawah ini dapat menggambarkan apa itu taaruf. Selain itu, terdapat juga kata-kata cinta Islami yang bisa dijadikan inspirasi memahami makna cinta dalam Islam. Langsung saja simak ulasannya mengenai kata-kata taaruf dalam Islam telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

 

1. Kata-Kata Taaruf yang Penuh Makna

Seperti ulasan sebelumnya, beberapa referensi kata-kata taaruf berikut ini bisa membantu kalian memahami apa itu taaruf. Kata-kata taaruf di bawah ini mengandung makna mendalam yang bisa dijadikan inspirasi positif buat kalian. Langsung saja simak ulasannya mengenai kata-kata taaruf.

1. "Taaruf adalah kegiatan berkunjung ke rumah seseorang untuk berkenalan dengan penghuninya. Taaruf dapat menjadi langkah awal untuk mengenalkan dua keluarga yang akan menjodohkan salah satu anggota keluarga."

2. "Tak kenal maka taaruf, semua ada tahapnya. Jangan langsung taadud, jika tak paham ilmunya."

3. "Apa itu taaruf? Taaruf ya tidak pacaran."

4. "Berani mencintai, berani menikahi, itu namanya lelaki sejati."

5. "Jika ada yang lebih baik dari taaruf, aku akan mencarinyajika ada yang lebih baik dari taaruf, aku akan mencarinya."

6. "Jangan membuat dia jatuh cinta, jika kamu tidak berniat untuk menikahinya."

7. "Tak ada yang salah dengan doa. Namun ketika kau memutuskan berhenti berdoa, di situlah kesalahannya, berhenti memohon kepadanya atas segala pinta yang bahkan akalmu pun tak akan sanggup mengurainya. Yakin saja, apa yang tak mungkin bagimu, itu sangat mudah baginya."

8. "Cinta dalam taaruf."

9. "Taaruf dulu, nikah kemudian."

10. "Kalau gue suka sama seorang cewek, gue datangin walinya, taarufan, khitbah, nikah."

11. "Saat menikah, pilihlah orang yang juga memilih kita karena Allah."

12. "Cinta bukanlah mencari pasangan yang sempurna, tetapi menerima pasangan kita dengan sempurna."

13. "Mereka berdua saling mendoakan satu sama lain, sedikit yang mereka tahu bahwa Allah sudah menentukan takdir mereka satu sama lain bahkan sebelum mereka dilahirkan."

2. Kata-Kata Taaruf dan Hijrah Cinta

Sejumlah kata-kata taaruf di bawah ini mengandung pesan bijak tentang hijrah cinta. Hijrah cinta sendiri bisa diartikan sebagai cara mencintai seseorang sesuai petunjuk agama. Langsung saja simak referensinya mengenai kata-kata taaruf dan hijrah cinta berikut ini.

14. "Mengagumi dari kejauhan, berikhtiar di sepertiga malam."

15. "Karena aku tidak tahu cara mendekatinya kecuali mendekat kepada Rabb."

16. "Berterima kasih pada Tuhan karena bisa melihatmu walaupun tak tersentuh olehku."

17. "Orang yang mengaku cinta Allah, pasti akan menaati apa yang Allah suruh dan larang."

18. "Satu satunya pacaran yang diperbolehkan dalam islam adalah pacaran setelah menikah. Kuy, halalin doi dengan mendatangi ayahnya!"

19. "Jatuh cinta sebelum menikah itu adalah ujian."

20. "Segala sesuatu menjadi indah karena awalnya telah terjaga. Peliharalah hati ini, hingga nanti pada masanya, kita persembahkan untuk sebuah jiwa yang juga menjaga, lagi diridhai-Nya."

21. "Aku tidak mencari yang terbaik, tetapi aku hanya mencari yang bisa merubah aku menjadi lebih baik lagi."

22. "Cinta yang tak didasari dengan iman akan membutakan hati dan menjelma menjadi hawa nafsu."

23. "Hijrah yang sesungguhnya adalah untuk Dia yang menciptakan kita, bukan untuk dia yang kita kagumi."

24. "Hijrah cintaku menguatkan alasanku untuk menjadi manusia yang lebih baik."

25. "Jomblo dalam ketaatan itu lebih indah daripada bersama dalam kemaksiatan." - Khaidir Alfatih

26. "Sabar dalam penantian, benahi diri, dekatkan diri pada Allah. Cintai Allah, persiapkan diri menjadi sebaik-baiknya wanita. Hijrah Cinta!"

27. "Zaman sekarang sulit mencari yang sholeh/sholehah. Kenapa mencari? Lebih baik berusaha menjadi yang sholeh/sholehah."

28. "Tujuanku bukan menjadi pacarmu, tetapi menjadi makmum yang baik dan shalihah untuk imamku kelak nanti."

29. "Siapa pun bisa jatuh cinta, tapi hanya orang yang kuat yang akan menjaga cinta itu tetap halal."

3. Kata-Kata Taaruf Menjemput Jodoh Secara Islami

Taaruf erat kaitannya dengan salah satu proses baik menjemput jodoh secara Islami. Kata-kata taaruf berikut ini juga menggambarkan makna cinta dalam Islam yang penuh inspirasi. Misalnya saja mencintai seseorang karena Allah SWT ataupun cara mencintai seseorang dengan jalan terbaik.

30. "Jodoh tidak serta merta menjadi dekat karena kamu pacaran, juga tidak akan menjadi sangat jauh hanya gara-gara kamu jomblo."

31. "Yakin saja, sesuatu yang sudah ditakdirkan menjadi hak kita, Allah tidak akan berikannya menjadi milik orang lain."

32. "Jodoh itu bukan hanya karena cinta, lebih dari itu, kita akan menghabiskan sisa waktu bersamanya. Maka bersabar adalah kuncinya. Percayalah, Allah tidak pernah kecewakan hamba-Nya." - Ayum Daigo

33. "Orang yang cerdas tidak boleh khawatir akan jodohnya. Karena sesuai janji Allah setiap manusia itu diciptakan berpasang-pasangan."

34. "Jika jatuh cinta, jadikanlah itu sebagai bentuk ibadah kepada Allah karena cinta-Nya lah di atas segala-galanya."

35. "Dalamnya cinta bukan dilihat seberapa lama kamu berhubungan, tapi seberapa tulus kamu untuk mencintainya. Buktikan dengan menikahinya."

36. "Mencintai Islam sama saja mencintai diri kita sendiri. Jika ilmu agama kita hancur maka diri kita pun telah hancur. Karena itulah kita harus mempelajarinya dan mengamalkannya."

37. "Mencintai Allah adalah setinggi-tingginya cinta. Sempurnakan cintamu pada Allah sebelum engkau melabuhkan cintamu pada makhluk-Nya."

38. "Jangan sibukkan diri menghias demi mencari jodoh. Sibukkan diri memperbaiki iman demi mencari ridho Allah karena kita tak akan tahu siapa yang akan lebih dulu melamar kita, jodoh ataupun ajal."

39. "Jodohmu adalah cerminan dirimu bukan cerminan wajahmu. Jodohmu adalah cerminan akhlakmu bukan cerminan rupamu."

40. "Semoga cintamu pada-Nya menjagamu dari angin-angin keburukan yang mampu membuatmu lalai akan perintah-Nya."

41. "Jangan menikah hanya karena jatuh cinta, menikahlah karena surga terasa lebih dekat apabila bersamanya."

42. "Tetap saling menjaga satu sama lain untuk selalu dekat dengan Allah. Semoga kelak bersama-sama masuk surga."

43. "Bila Allah menginginkan dua hati untuk bersatu, Dia akan menggerakkan keduanya, bukan hanya satu."

4. Kata-Kata Taaruf Dan Mencintainya dalam Doa

Berikut ini kata-kata taaruf dengan mencintai seseorang dalam doa dan berharap mendapatkan jodoh terbaik. Dengan begitu, cinta yang dilandasi ikhtiar dan doa berpeluang mendapatkan berkah dan karunia Allah SWT. Langsung saja simak referensinya tentang kata-kata taaruf dan mencintainya dalam doa.

44. "Saat rindu aku hanya bisa menyelipkan namamu dalam doaku."

45. "Karena tak ada yang lebih tulus dari hati yang mencintai dalam perih, dan mendoakan dalam diam."

46. "Puncak kangen paling dahsyat ketika dua orang tak saling telpon, sms, BBM, Tapi keduanya diam-diam saling mendoakan." - Sujiwo Tejo

47. "Cinta terindah antara dua insan yang belum halal adalah saling mendoakan dalam diam tanpa saling mengetahui."

48. "Mengagumi dalam diam, berjuang dalam doa."

49. "Selalu terselip namamu di dalam doaku, karena mendoakan adalah cara mencintai yang paling rahasia."

50. "Aku percaya bahwasannya doa adalah penyampai pesan terbaik."

51. "Karena mendoakan adalah cara mencintai yang paling rahasia." - Hijrah Cinta!

52. "Agar cinta tak menghadirkan derita, dekatlah dengan Sang Pemilik Cinta, Allah."

53. "Rasa suka itu tidak usah dipublikasikan, tidak usah di update di status. Cukup doakan dalam hati saja, siapa tahu jodoh?"

54. "Cintailah seseorang itu secara diam-diam, seperti kisah cinta suci Fatimah dan Ali yang akhirnya Allah pertemukan jua. Sesungguhnya mereka mencintai secara diam itu sedang berjihad, berjihad menentang kehendak diri. Menundukkan nafsu hati."

55. "Ya Allah, jika aku jatuh cinta. Cintakanlah aku pada seseorang yang melabuhkan cintanya pada-Mu, agar bertambah kekuatanku untuk mencintai-Mu."

56. "Mereka berdua saling mendoakan satu sama lain, sedikit yang mereka tahu bahwa Allah sudah menentukan takdir mereka satu sama lain bahkan sebelum mereka dilahirkan."

57. "Aku akan memohon kepada Allah untuk berjumpa denganmu dua kali, sekali di dunia ini dan sekali lagi di surga."

Nah itulah 57 kata-kata taaruf dalam Islam, menjadi jalan terbaik menjemput jodoh tanpa pacaran. Kata-kata di atas bisa dijadikan inspirasi untuk kalian memahami lebih dekat tentang taaruf.

Sumber: merdeka.com, brilio.net, bola.com

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI