6 Cara Bersyukur Kepada Allah, Agar Terhindar dari Kufur Nikmat

Senin, 10 Mei 2021 11:22 Penulis: Dhia Amira
6 Cara Bersyukur Kepada Allah, Agar Terhindar dari Kufur Nikmat
Ilustrasi (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Syukur menjadi sikap tauladan yang harus dimiliki oleh setiap manusia. Sikap syukur sudah diajarkan oleh Rasulullah SAW dalam keadaan apapun dan dimana pun. Itu karena, dengan bersyukur kita akan bisa dengan mudah merasakan nikmat apapun dari Allah SWT. Ada banyak sekali cara bersyukur kepada Allah SWT agar terhindar dari kufur nikmat.

Rezeki bukan hanya materi, atau yang dapat kita lihat saja. Rezeki ada banyak sekali bentuknya, dari kesehatan, terhindar dari hal buruk, terjauh dari perbuatan maksiat, dan masih banyak lagi. Rezeki yang diberikan oleh Allah SWT untuk kita merupakan bentuk dari cinta Allah kepada umatNYA. Sehingga apapun rezeki yang Allah berikan, sekecil apapun itu, harus kita syukuri.

Dan bagaimana ya cara bersyukur kepada Allah SWT yang terbaik? Dilansir dari berbagai sumber, inilah 6 cara bersyukur kepada Allah SWT agar terhindar dari kufur nikmat. Yuk langsung saja dicek KLovers.

 

 

1. Selalu Mengingat Nikmat Allah SWT

Cara bersyukur kepada Allah SWT agar terhindar dari kufur nikmat yang pertama yaitu, dengan mengingat selalu nikmat Allah SWT. Ya, Allah SWT sangat menyukai hambaNYA yang pandai bersyukur dan selalu mengingat untuk bersyukur. Dalam surat Al-Baqarah ayat 152, disebutkan bahwa setiap umat muslim harus ingat kepada Allah. Dengan begitu, Allah juga akan selalu mengingat umatNYA.

Allah berfirman: "Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku." (QS. Al-Baqarah: 152)

Begitu luar biasanya Allah kepada hamba-hambaNYA. Ia memberikan sebuah kenikmatan pada kita, namun kita hanya cukup perlu bersyukur dan selalu mengingat nikmat yang Allah berikan. Dengan begitu Allah SWT akan semakin sering mengingat kita.

 

 

2. Selalu Mengingat Janji Allah SWT

Cara bersyukur kepada Allah SWT agar terhindar dari kufur nikmat yang kedua yaitu dengan selalu mengingat janji Allah SWT. Ya, Allah SWT selalu memberikan janji terbaik untuk umatNYA. Dan paling mengetahui apa yang terbaik untuk umat-umatNYA. Sehingga kita harus selalu bersyukur apapun hal yang diberikan pada Allah.

Baik itu hal yang membuat kita bahagia ataupun hal yang membuat kita merasa bersedih. Karena janji Allah tak pernah ingkar, semua hal yang diberikan untuk kita adalah hal terbaik. Itulah mengapa, kita harus selalu menjadi manusia yang bersyukur agar kita bisa mendapatkan kebahagiaan dan dicintai pula oleh Allah SWT.

 

 

3. Berbagi pada Orang yang Membutuhkan

Salah satu sikap nyata untuk menunjukkan bahwa kita bersyukur yaitu dengan berbagi. Saat kita diberikan sebuah rezeki yang berlimpah dari Allah SWT, maka itu adalah tanda bahwa Allah percaya pada kita untuk membagikan rezeki kepada orang lain lewat kita. Dengan berbagi pulalah, banyak hal positif yang dapat kita terima dari Allah SWT.

Kita akan merasa hidup lebih tenang, lebih bahagia, dan terjauh dari siksa api neraka. Bahkan dengan berbagi, maka Allah SWT akan memberikan rezeki lebih untuk kita kembali. Karena Allah percaya bahwa kita mampu bersyukur dengan kenikmatan yang tak berlebih, serta memilih untuk membagikan rezeki yang ia miliki sebagai hak untuk orang lain.

 

 

4. Selalu Bersyukur dan Merasa Cukup

Selalu bersyukur atau lebih dikenal dengan sikap yang Qana'ah. Sikap Qana'ah adalah sikap yang selalu merasa cukup atas nikmat yang telah dimiliki oleh diri sendiri tanpa memandang kenikmatan yang dimiliki oleh orang lain. Dalam sebuah hadis riwayat Ibnu Majah menjelaskan sikap Qana'ah, sebagai berikut:

"Jangan sekali-kali merasa selalu kurang atas kenikmatan yang telah diberikan serta jangan membandingkan kenikmatan pribadi dengan kenikmatan kebahagiaan orang lain. Maka Allah tidak akan memberikan kenikmatan senikmat apapun." (H.R Ibnu Majah No. 3417)

Sehingga kita harus selalu bersyukur pada Allah SWT, dan merasa cukup dengan apa yang diberikan. Karena kembali lagi bahwa, Allah SWT paling mengetahui apa yang terbaik dan apa yang dibutuhkan oleh hambaNYA.

 

 

5. Menjaga Nikmat dari Kerusakan

Cara bersyukur kepada Allah SWT agar terhindar dari kufur yang lainnya yaitu dengan menjaga nikmat dari kerusakan. Bila kalian diberikan nikmat lebih oleh Allah, maka jangan rusak nikmat tersebut dengan sebuah kerusakan atau sikap dan tindakan tidak terpuji. Tindakan tersebut seperti sombong, tidak suka berbagi, bahkan lupa untuk bersyukur.

Karena pada dasarnya manusia merupakan sebuah wadah Allah SWT untuk membagikan rezekinya pada hamba lainnya. Lewat kita, Allah mempercayakan rezeki orang lain. Sehingga berbagi menjadi sebuah kewajiban yang harus kita lakukan. Karena kehidupan memberikan hidup untuk kita, jadi tak pantas untuk kita bersikap perhitungan apalagi dengan sesama manusia.

 

 

6. Merenungkan Nikmat-Nikmat Allah

Dan cara bersyukur kepada Allah SWT agar terhindar dari kufur yang terakhir yaitu dengan merenungkan nikmat-nikmat Allah SWT. Setiap manusia pasti memiliki rezeki dan kenikmatan masing-masing. Apapun yang telah diberikan kepada umat-Nya dari Allah, itu seharusnya bisa menjadi bahan perenungan untuk kita agar selalu bersyukur kepada Allah SWT.

Dengan merenungkan setiap nikmat yang diberikan pada Allah SWT, maka kita bisa mengetahui bahwa Allah selalu menyayangi kita, Allah selalu mengingat kita, dan Allah selalu tahu apa yang terbaik untuk kita. Sehingga dengan begitu kita akan semakin merasa Qana'ah atau selalu merasa cukup dengan apapun yang diberikan oleh Allah SWT untuk kita.

Itulah 6 cara bersyukur kepada Allah SWT agar terhindar dari kufur nikmat. Semoga dengan kita selalu ingat bersyukur pada Allah SWT, kita akan selalu diberikan nikmat lebih oleh Allah SWT.

 

 

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI