100 Kata-Kata Sindiran Bijak yang Halus dan Penuh Makna, Menusuk Hati - Bikin Orang Tersadar

Senin, 16 Agustus 2021 13:10
100 Kata-Kata Sindiran Bijak yang Halus dan Penuh Makna, Menusuk Hati - Bikin Orang Tersadar
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Menyindir bisa jadi satu cara untuk mengungkapkan isi hati kita pada seseorang. Meski disampaikan secara tidak langsung, menyindir seringkali terbukti efektif dalam membuat seseorang tersadar. Tak melulu dengan kalimat pedas, menyindir juga bisa dilakukan dengan kata-kata bijak dan halus. Malahan, kata-kata sindiran bijak bisa jadi cara menyindir yang elegan.

Beberapa orang memilih menyindir, setelah merasa gagal mengungkapkan isi hati secara langsung. Sindiran memang terbukti efektif untuk menyampaikan pesan secara implisit. Selain itu, saat menyindir, tanpa disadari seseorang juga turut meluapkan sedikit emosi yang selama ini terpendam. Oleh karena itu, tak jarang seseorang merasa puas dan lega saat berhasil menyindir.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut kata-kata sindiran bijak yang elegan dan bisa membuat orang tersadar.

 

 

 

 

1. Kata-Kata Sindiran Bijak tentang Hidup

Hidup tak selamanya berjalan mulus sesuai rencana. Malahan, terkadang hidup terasa sangat berat dan tidak adil. Oleh karena itu, manusia hidup harus bisa bersikap bijak. Berikut kata-kata sindiran bijak tentang kehidupan yang bisa menuntun seseorang agar bersikap bijaksana.

1. "Bagi dunia kamu mungkin hanyalah seseorang, tetapi bagi seseorang kamu adalah dunianya."

2. "Bumi ini bisa mencukupi tujuh generasi, namun tidak akan pernah cukup untuk tujuh orang yang serakah." - Mahatma Gandhi

3. "Hidup ini adalah sandiwara, tapi banyak yang aktingnya jelek."

4. "Jangan suka ngurusin hidup orang jika dirimu saja belum tentu benar."

5. "Selalu beribadah, selalu berbuat baik, suka menolong, berguna bagi orang-orang lain, dan nggak ngurusin hidup orang."

6. "Jangan sia-siakan oksigen yang kamu hirup cuma buat ngurusin hidup orang."

7. "Ini hidup saya. Jadi jangan repot-repot ngurusin ya! kamu tahu nama saya, tapi kamu nggak tahu cerita hidup saya."

8. "Sebenarnya tidak ada yang benar-benar peduli ketika kamu sedih. Jadi, lebih baik kamu berbahagia saja." - Cynthia Nelms

9. "Kalo mau ngurusin hidup saya, jangan lupa sekalian biaya hidup. Jangan tanggung-tanggung dong."

10. "Nggak apa-apa bila kamu tidak menyukaiku. Tidak semua orang memiliki selera yang bagus."

11. "Orang bijak akan merasa malu jika tindakannya tidak lebih baik dari kata-katanya."

12. "Kesombongan tidak menghantarkan kita menuju tempat yang lebih baik, terkadang itu justru mendorong mundur tanpa kita sadari."

13. "Jangan suka ngurusin hidup gue, belum tentu gue mau kurus."

 

 

 

 

2. Kata-Kata Sindiran Bijak untuk Pasangan atau Pacar

Pasangan atau pasangan seharusnya bisa jadi sosok yang perhatian dan penyayang. Tapi terkadang, karena suatu alasan pasangan atau pacar bisa begitu cuek dan tidak perhatian. Berikut kata-kata sindiran bijak untuk pasangan atau pacar yang bisa buat dia semakin sayang dan perhatian.

14. "Ternyata lebih gampang bikin story di Instagram ya daripada ngasih kabar."

15. "Sebab kesetiaan hanya milik orang-orang yang berkelas."

16. "Mereka yang kita sayangi yang berada di dekat kita bisa lebih melukai diri kita."

17. "Kenapa tissue bermanfaat? Karena cinta tak pernah kemarau." - Sujiwo Tejo

18. "Jika dalam cinta kau mainkan sebuah drama, kelak kau harus siap untuk menjadi pemeran utama dalam sebuah karma."

19. "Konon jika jodoh adalah tulang rusuk, maka mantan sudah menjadi fosil alias tulang belulang."

20. "Cuek tapi ingin diperjuangkan. Berjuang tak sebercanda itu."

21. "Jika terjadi perdebatan, putuskan egonya, bukan hubungannya."

22. "Bukan masalah benar atau salah. Masalahnya adalah kamu yang merasa paling benar sendiri".

23. "Omonganmu seperti parfum isi ulang, wangi tapi palsu."

24. "Ini yang katanya tulus? Tulus apanya, tulus kok perhitungan".

25. "Kamu nggak cuek kok, kamu mungkin nggak sempet memberi kabar karena sangat sibuk."

26. "Lagi sakit hati banget, ya? Yaudah jangan sedih, diinget aja dulu pernah bikin orang lain sakit hati juga apa nggak." - Raditya Dika

27. "Cinta itu seperti api. Namun, apakah pada akhirnya cinta akan menghangatkan hatimu atau membakar habis rumahmu, kamu tak akan pernah tahu." - Joan Crawford

28. "Kamu lucu banget, sudah tahu salah malah ngotot."

29. "Jatuh cinta adalah hal yang indah. Tapi cinta bisa membuatmu jatuh kapan saja."

 

 

 

 

3. Kata-Kata Sindiran Bijak untuk Teman

Selain pacar, teman atau sahabat juga jadi sosok yang dekat dengan kita. Namun di lain sisi, sebaik-baiknya teman sesekali tetap pernah bersikap tidak menyenangkan. Berikut kata-kata sindiran bijak untuk teman agar tersadar dan bersikap baik.

30. "Jangan pernah berdebat dengan seseorang yang percaya dengan kebohongannya sendiri."

31. "Tidak masalah. Kamu hanya melupakan dirimu yang sebenarnya. Selamat datang kembali."

32. "Tak seorang pun mempercayai pembohong. Sekalipun dia menceritakan kebenaran." - Sara Shepard

33. "Jangan sembarangan cerita masalahmu pada teman. Karena teman juga punya teman bukan?"

34. "Jangan bangga apa yang diberikan orangtua, tapi banggalah apa yang telah kamu berikan pada orangtua".

35. "Ketidakhadiranmu sudah terlalu lama, hingga kehadiranmu kini sudah tidak penting lagi bagiku."

36. "Berteman saja masih pilih-pilih. Memangnya, ada orang yang mau berteman sama orang yang pekerjaannya hanya memanfaatkan orang saja?"

37. "Supaya engkau mendapat sahabat, hendaklah diri engkau sendiri sanggup menyempurnakan menjadi sahabat orang."

38. "Oh, salahku. Maaf sudah mengganggumu. Aku lupa aku hanya ada ketika kamu membutuhkan sesuatu dariku."

39. "Aku tidak kehilangan seorang teman pun. Aku hanya baru sadar kalau tak pernah memilikinya."

40. "Teman datang dan pergi. Tapi aku tidak menyangka kamu juga."

41. "Cuma di-read tapi nggak dibales, susah emang kalau chat sama seleb."

42. "Jangan iri dengan kesuksesan orang lain, bisa jadi ia bekerja keras tanpa kamu ketahui."

43. "Apakah perhatian dari keluarga dan orang terdekat tidak cukup? Atau jangan jangan gak diurus? Sampe ngurusin hidup orang."

44. "Pada akhirnya yang kita ingat bukanlah kata-kata musuhmu, tapi teman kita yang diam." - Martin Luther King, Jr

45. "Menjadi jujur mungkin tidak membuatmu mendapatkan banyak teman, tapi akan selalu membuatmu mendapatkan teman yang sebenarnya".

46. "Kalau mendadak kamu melupakanku, jangan pernah mencariku lagi. Karena mungkin aku juga sudah melupakanmu." - Pablo Neruda, 'If You Forget Me'

 

 

 

 

4. Kata-Kata Sindiran Bijak Penuh Makna

Kata sindiran bijak tidak saja bisa dipakai untuk menyindir. Lebih dari itu, dalam kata-kata ini juga tersimpan pesan yang begitu dalam. Sehingga, dari kata-kata ini kita bisa belajar banyak hal. Berikut kata-kata sindiran bijak yang punya makna mendalam.

47. "Mengeluh bukanlah solusi."

48. "Langit tak perlu menjelaskan kenapa dia tinggi."

49. "Jangan pernah mengukur tingginya sebuah gunung sampai kau mendakinya sampai puncak. Nantinya kamu akan melihat betapa rendah ketinggiannya." - Dag Hammarskjold

50. "Musuh paling berbahaya adalah ketika kita berusaha meragukan diri kita sendiri."

51. "Tingkatan paling tinggi dalam kebudayaan moral adalah bisa menyadari." - Charles Darwin

52. "Jika kamu berpikir kamu terlalu kecil untuk membuat sebuah perubahan, cobalah tidur di ruangan dengan seekor nyamuk." - Dalai Lama

53. "Orang-orang yang membicarakanku di belakang punggungku. Aku hanya termenung dan berpikir, aku baru saja mendapatkan kumpulan penggemar."

54. "Orang serakah tak akan merasakan lezat dan manisnya kenikmatan. Dia bagai orang makan yang tak pernah merasakan kenyang dan nikmat." - Abdullah Gymnastiar

55. "Dakilah gunung sehingga kamu bisa melihat dunia, bukan dunia yang bisa melihatmu." - David McCullough

56. "Orang sombong ditandai dengan tatapan mata merendahkan dan ucapan yang meninggikan diri sendiri."

57. "Orang sabar disayang Tuhan, tapi terlalu sabar malah diinjek orang."

58. "Percayalah, manusia yang sombong akan ditundukkan dan orang yang angkuh akan direndahkan."

59. "Lebih baik direndahkan karena kejujuran daripada dibanggakan dengan kebohongan".

60. "Karma tak pernah berjalan sendiri, ia selalu berjalan di belakangmu, menunggu waktu yang tepat untuk menyadarkanmu".

 

 

 

5. Kata-Kata Sindiran Bijak untuk Orang Sombong

Berhadapan dengan orang yang mobong tentu sangat menyebalkan. Pasalnya, orang yang sombong cenderung tak mau mendengarkan pendapat orang lain. Bahkan tak jarang, orang sombong memandang orang lain lebih rendah daripada dirinya. Berikut kata-kata sindiran bijak untuk orang yang sombong.

61. "Pengalaman yang dirasakan setiap orang itu berbeda-beda, jangan menjadi sombong oleh karenanya. Namun tetaplah terus berbagi pengalaman."

62. "Jika kita merasa sombong dan mampu mengalahkan siapa saja, coba kalahkan kesombongan di dalam diri kita."

63. "Hal yang paling sulit dalam kehidupan ini bukan untuk melampaui orang lain, tapi melampaui ego dan diri sendiri."

64. "Lebih mudah untuk melawan ribuan orang bersenjata lengkap daripada melawan kesombongan diri sendiri."

65. "Lihatlah ke atas sebagai motivasi bukan untuk jadi sombong, dan melihat ke bawah agar lebih bersyukur bukan untuk menjadi rendah diri."

66. "Orang sombong biasa nya suka mengatakan yang berlebihan dan tak bijak, padahal itu semua tidak ada pada nya."

67. "Bergaul dengan orang bijak lebih baik daripada bergaul dengan orang yang selalu menyenangkan diri dan sombong."

68. "Terlalu sombong untuk berpikir kamu tidak membutuhkan teman, terlalu naif untuk berpikir semua orang adalah temanmu."

69. "Kelemahan dan kekurangan diberikan Tuhan agar kita jauh dari kesombogan."

70. "Orang yang sombong selalu dikalahkan dengan orang yang rendah hati. Mungkin tidak segera, tapi pasti."

71. "Bila kita belum bisa ikhlas dalam ketaatan kepada Allah maka sebaiknya kita tidak sombong dan merasa diri lebih baik daripada orang lain."

72. "Hal yang paling sulit dalam kehidupan ini bukan untuk melampaui orang lain, tapi melampaui ego dan diri sendiri."

73. "Jangan sombong dengan apa yang kamu miliki karena tak ada jaminan itu akan bertahan lama."

74. "Lebih mudah untuk melawan ribuan orang bersenjata lengkap daripada melawan kesombongan diri sendiri."

75. "Orang yang sombong tak akan pernah tenang, sering jengkel dan mudah marah-marah karena ingin selalu diperlakukan spesial."

76. "Kelemahan dan kekurangan diberikan Tuhan agar kita jauh dari kesombongan."

77. "Orang sombong adalah orang yang belum mengenal dunia secara lebih luas."

78. "Doaku pagi ini jadikan aku kecil dalam pandanganku sendiri, agar aku tidak sombong terhadap sesamaku."

79. Doa tanpa usaha itu bohong, usaha tanpa doa itu sombong."

80. "Pribadi yang memiliki sikap sombong adalah pribadi yang belum meraih kesuksesan dalam hidup."

6. Kata-Kata Sindiran Bijak untuk Orang Munafik

Selain orang sombong, munafik juga jadi salah satu sifat negatif yang sangat tidak disukai. Orang munafik atau bermuka dua adalah golongan orang yang sama sekali tak bisa dipercaya. Hati orang yang munafik juga hanya dipenuhi kebencian. Karenanya, tak mudah membuat orang munafik tersadar jika hanya dengan nasihat biasa. Berikut kata-kata sindiran bijak untuk orang yang munafik.

81. "Lebih mudah membohongi seseorang daripada meyakinkannya kalau ia sudah dibohongi." - Mark Twain

82. "Kemunafikan dalam sikap rendah hati merupakan bentuk kebohongan tertinggi."

83. "Sedikit berbicara dari apa yang kamu ketahui dan miliki lebih banyak dari apa yang bisa kamu tunjukkan."

84. "Manusia adalah wujud dari kemunafikan yang berjalan di atas dua kaki."

85. "Jangan tunjukkan kebaikanmu untuk membuat orang lain bertahan, namun tunjukkanlah keburukanmu dan lihatlah siapa yang masih terus bertahan."

86. "Ketulusan membuat seseorang yang tak bisa melakukan apa-apa jadi lebih bernilai daripada orang munafik yang sangat berbakat." - Charles Spurgeon

87. "Kau mengingatkanku pada uang recehan. Bermuka dua dan tidak berharga."

88. "Kamu manusia atau bunglon? Setiap pindah tempat, pasti beda sifat."

89. "Kadang aku berpikir, wajah mana yang akan kamu lihat saat menatap ke cermin."

90. "Kurasa aku butuh kacamata. Ke mana pun aku memandang, orang-orang selalu terlihat punya dua wajah."

91. "Aku benci orang bermuka dua. Sulit memutuskan muka mana yang harus ku tampar terlebih dahulu."

92. "Ada dua hal yang tidak kusukai tentangmu. Mukamu."

93. "Kamu nggak akan rugi apa-apa kok, kamu nggak akan kehilangan apa pun kok jika ditinggal sama teman palsu."

94. "Sulit sekali kita temui orang yang berkata terima kasih setelah ditolong."

95. "Lebih menyenangkan menjadi seorang bocah daripada munafik bersikap sok dewasa."

96. "Kita memang hidup untuk masa depan namun tidak akan bisa menghindar dari masa lalu, jadi jangan munafik."

97. "Orang yang bersikap baik tidak selalu bermuka dua karena sesungguhnya kebaikan yang hakiki berasal dari dalam hati dan bukan hanya sekedar ekspresi."

98. "Biarkanlah orang bermuka dua berkumpul dengan sesamanya sehingga mereka akan saling beradu domba menjalankan drama mereka masing-masing."

99. "Terkadang kita memiliki pendapat yang berbeda pada waktu yang berbeda dan itu bukanlah bermuka dua."

100. "Katakanlah meskipun hal tersebut nantinya akan diterima atau tidak, apalagi bagi mereka yang munafik dan merasa baik."

Itulah di antaranya 100 kata-kata sindiran bijak yang halus, penuh makna, tapi juga sangat menusuk. Semoga bermanfaat dan bisa menginspirasi!

(kpl/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI