6 Fakta Grab Jadi Startup Decacorn Pertama Asia Tenggara

Senin, 04 Maret 2019 04:02 Penulis: Ayu Miranti
6 Fakta Grab Jadi Startup Decacorn Pertama Asia Tenggara
┬ęGrab

Kapanlagi Plus - Nggak hanya sukses mengakuisisi Uber dan beroperasi di delapan negara, Grab pun naik pangkat dari unicorn menjadi decacorn. Status ini sendiri diberikan kepada perusahaan yang mampu mencapai valuasi lebih dari USD 10 miliar, atau 140 triliun Rupiah.

Arti decacorn sendiri adalah startup yang meraih valuasi perusahaan lebih dari 10 Miliar Dolar US. Kesuksesan ini juga nggak biasa karena Grab menjadi layanan pertama di Asia Tenggara yang berhasil meraih pencapaian tersebut. Keberhasilan nggak hanya soal investasi, ada banyak ‘campur tangan' dari pihak lain, seperti konsumen, mitra pengemudi, hingga kerja keras tanpa kenal lelah dari tim Grab sendiri.

Berikut adalah enam fakta sang decacorn pertama Asia Tenggara, Grab.

1. Masuk dalam Jajaran Startup Elit Dunia

Grab bukan lagi unicorn. Statusnya telah menjadi decacorn atau juga bisa kamu sebut super unicorn (10 kali lebih besar). Dengan prestasi ini, Grab disejaajrkan dengan startup-startup elit dunia, seperti Airbnb, Pinterest, Snapchat, Uber, dan SpaceX.

2. Berawal dari Dua Orang

Namanya juga startup, Grab pertama kali dimunculkan oleh dua orang warga Malaysia, yaitu Anthony Tan dan Tan Hooi Ling. Dari sebuah garasi di Kuala Lumpur, Malaysia, keduanya membangun Grab dari nol hingga menjadi raksasa transportasi online di Asia Tenggara. Perlu kamu tahu, awalnya Grab memiliki nama produk MyTeksi yang dibikin sebagai solusi atas keluhan sulitnya mendapatkan taksi di Negeri Jiran.

3. Rengkuh Uber

Kejutan yang hadir bebarengan dengan status decacorn adalah fakta bahwa ternyata Grab mengakuisisi Uber untuk operasional Asia Tenggara. Kesepakatan terjadi pada 26 Maret 2018 dan kabarnya jadi deal terbesar di kawasan ini. Sukses merengkuh Uber, Grab menurunkan armadanya di delapan negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Kamboja, Myanmar, Filipina, Thailand, dan Vietnam.

4. Berkali-Kali Dipercaya Investor

Keberhasilan menjaga kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan serta inovasi tiada henti membuat Grab menjadi tempat investasi yang menggiurkan buat para penanam modal. Ada banyak suntikan dana yang didapatkan oleh perusahaan yang bermarkas di Singapura tersebut. Yang paling besar adalah dari SoftBank dengan total investasi USD 4 miliar atau sekitar 58 triliun Rupiah.

5. Armada Ribuan

Grab menjadi tulang punggung bagi ribuan mitra pengendara di delapan negara. Tercatat, Grab memiliki jutaan armada, baik roda dua mau pun roda empat yang beroperasi di lebih dari 300 kota. Tentunya sebuah tanggung jawab besar untuk menjaga keseimbangan di dalam Grab, terutama untuk mitra pengemudi dan pengguna layanan.

6. Punya Banyak Promo Menarik

Salah satu kunci sukses Grab menuju decacorn adalah keinginan untuk selalu dekat dengan masyarakat. Sudah ada banyak promo yang ditawarkan dan bikin konsumen makin betah bergerak bersama Grab, terutama diskon dan cashback.

Itulah enam fakta di balik kesuksesan Grab meraih level decacorn. Kira-kira, selepas decacorn, Grab bisa mencapai tingkatan yang lebih tinggi (hectocorn), nggak, ya?

Baca juga fakta lain decacorn di sini.

 

(kpl/xpi/ayu)

Reporter:

Ayu Miranti



MORE STORIES




REKOMENDASI