6 Manfaat Sahur yang Utama Saat Puasa Ramadhan Bagi Kesehatan

Sabtu, 16 Mei 2020 10:22 Penulis: Dhia Amira
6 Manfaat Sahur yang Utama Saat Puasa Ramadhan Bagi Kesehatan
credit: Pixabay


Kapanlagi Plus - Saat kita menjalankan ibadah puasa, terutama saat puasa Ramadhan, kita disunnahkan untuk melakukan kegiatan sahur sebelum menjalankan ibadah puasa. Sebenarnya, tujuan dari sahur sendiri bukan hanya untuk menjadi cadangan energi saja, tetapi ada beberapa manfaat sahur lainnya yang sebenarnya baik untuk kesehatan tubuh.

Sahur sendiri memiliki banyak sebutan seperti sehur, sehri, sahari, dan suhoor. Dalam hadist riwayat Bukhari Muslim, Rasulullah SAW pernah berkata, "Bersahur lah kalian sesungguhnya di dalam sahur itu terdapat keberkahan". Dan dari hadist tersebut dapat disimpulkan bahwa, dalam melaksanakan ibadah puasa kita juga harus melaksanakan kegiatan lain di dalamnya termasuk berbuka puasa dan sahur.

-------------

Bikin Ramadanmu Tak Terlupakan, Buka Puasa Ditemani Artis

Gabung KapanLagi Buka Bareng, event buka puasa online bersama Pandji Pragiwaksono dan Tasya Farasya 16 Mei ini. Bakal ada Chef Vania Wibisono, band Reality Club dan HIVI! juga. Caranya? Daftar dulu di sini, dan isi data diri kamu. Semuanya GRATIS. Baca panduan lengkap di sini.

-------------

Banyak sekali manfaat sahur bagi kesehatan tubuh, untuk itu dilansir dari berbagai sumber inilah 6 manfaat sahur yang utama bagi kesehatan tubuh kita.

 

 

1. Sumber Energi

Kita semua tahu bahwa, dalam melakukan kegiatan sahur, hal utama yang kita dapatkan adalah sumber energi untuk kita yang akan melaksanakan ibadah puasa. Itulah mengapa sahur menjadi hal yang harus dilakukan karena akan menjadi sumber energi bagi kita.

Maka dari itu saat sahur kita wajib mengonsumsi makanan yang dapat memberikan energi lebih untuk kita, seperti karbohidrat, protein, vitamin, serat, dan mineral yang dibutuhkan tubuh.

2. Meredakan Sakit Kepala

Manfaat sahur selanjutnya yaitu untuk meredakan sakit kepala. Bila kita memiliki asam lambung yang tinggi, maka sahur merupakan hal yang wajib kita laksanakan. Karena bila kita menahan lapar seharian, tanpa melakukan kegiatan sahur maka, bisa jadi asam lambung akan naik dan dapat menimbulkan sakit kepala.

Dan bila kita tidak melaksanakan sahur, maka bisa jadi lambung akan mengalami luka. Sebab, tak ada makanan yang bisa diolah oleh lambung di dalam perut kita yang sedang kosong.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat sahur selanjutnya yaitu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam diri. Para ahli kesehatan percaya bahwa bila kita melaksanakan kegiatan sahur maka akan meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh. Hal tersebut karena, bila kita melaksanakan kegiatan sahur maka sistem imun senantiasa berada di dalam performa terbaik untuk menghalau mikro organisme jahat yang hendak menginfeksi tubuh.

Untuk itu, saat sahur kita jangan hanya memakan sesuatu yang asal, tetapi harus mengonsumsi makanan yang memiliki nutrisi tinggi serta serat agar nutrisi yang kita berikan kepada tubuh dapat diterima dengan baik oleh tubuh kita.

4. Gangguan Pencernaan

Bila kita makan dengan dengan baik saat sahur maka manfaat sahur akan terasa dalam tubuh kita, salah satunya yaitu dapat memperlancar gangguan kesehatan. Tak hanya sahur, saat kita makan teratur saat sahur maupun berbuka, makan akan memperbaiki sistem pencernaan kita.

Tetapi perlu diingat bahwa, sistem pencernaan yang baik juga dapat terjadi bila kita mengonsumsi makanan yang bergizi serta kaya akan serat. Dan tidak lupa juga untuk perbanyak minum air putih sebelum tidur, saat buka, dan saat sahur.

5. Menghindari Gangguan Sindrom Metabolik

Manfaat sahur selanjutnya untuk kesehatan yaitu dapat menghindari tubuh dari sindrom metabolik. Pada saat kita tidur, maka tubuh akan memproduksi sejumlah hormon, seperti hormon pertumbuhan (HGH), hormon testosterone, melatonin, dan follicle stimulating hormone (FSH). Dan hormon-hormon tersebut memiliki peran penting bagi tubuh kita. Tetapi semakin malam maka pertumbuhan hormon tersebut semakin berkurang.

Dan pada saat itu terjadi, maka hormon kortisol atau hormon stress dalam tubuh akan mengalami peningkatan. Dan saat itu terjadi maka yang dapat kita lakukan adalah bangun dari tidur. Saat kita bangun maka hormon kortisol atau hormon stress akan menghilang seketika.

Itulah mengapa saat kita bangun untuk sahur maka hormon kortisol akan terhenti. Bila kita menghilangkan hormon kortisol, maka kita menghentikan penyakit yang suatu waktu akan terjadi karena hormon kortisol seperti, kencing manis, hipertensi, diabetes, hingga kolestrol.

6. Melancarkan Peredaran Darah

Lalu manfaat sahur yang lainnya yaitu dapat melancarkan peredaran darah. Bila kita melaksanakan sahur dengan meminum banyak air hangat maka hal tersebut akan baik dalam melancarkan peredaran darah. Saat bangun dari tidur, bila kita ingin membuat lemak-lemak jahat di dalam perut maka ada baiknya kita minum dengan air hangat.

Saat kita meminum air hangat, maka tumpukan lemak dalam tubuh juga akan menghilang. Dengan menghilangnya lemak di dalam tubuh maka kita dapat menghindari penyakit kolestrol, memberikan kesehatan jantung, dan juga hipertensi.

Itulah 6 manfaat sahur yang dapat dirasakan oleh tubuh. Setiap apa yang telah diperintahkan oleh Allah SWT dan disarankan oleh Rasulullah SAW merupakan suatu hal yang baik bagi umat manusia. Maka dari itu, tak ada salahnya kita untuk bangun dari sahur demi kesehatan dalam tubuh.

(kpl/dhm/gen)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI