6 Rekomendasi Buku Biografi BJ Habibie Penuh Inspirasi, Ceritakan Masa Kecil - Jadi Presiden

Diterbitkan:

6 Rekomendasi Buku Biografi BJ Habibie Penuh Inspirasi, Ceritakan Masa Kecil - Jadi Presiden
Ilustrasi buku biografi BJ Habibie (credit: flickr)

Kapanlagi.com - Siapa yang tak kenal BJ Habibie? Hampir semua orang, dari anak-anak hingga orang dewasa pasti mengenal sosok Presiden Republik Indonesia ketiga ini. Tak hanya sebagai mantan Presiden, almarhum BJ Habibie juga dikenal sebagai seorang akademisi. Kisah hidupnya yang begitu inspiratif beberapa kali diangkat dalam buku biografi BJ Habibie.

Ya, tak hanya satu, ternyata ada beberapa buku biografi yang mengulas kisah hidup BJ Habibie. Wajar saja, pasalnya BJ Habibie memang dikenal sebagai salah satu tokoh negara yang dikenal punya kisah hidup menarik sekaligus inspiratif. Sosoknya yang juga dikenal santun membuat semakin banyak orang merasa kagum.

Dengan membaca biografi BJ Habibie, pembaca bisa mendapatkan inspirasi dan pelajaran hidup berharga. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa rekomendasi buku biografi BJ Habibie yang inspiratif sekaligus menarik untuk dibaca.

 

1. Habibie & Ainun

Bukan biografi, Habibie & Ainun merupakan buku otobiografi. Buku tentang kisah hidup Presiden ketiga Indonesia dengan almarhum sang istri tercinta ini ditulis oleh BJ Habibie sendiri. Karenanya, buku ini menampilkan kisah yang sangat akurat dan terpercaya.

Sesuai dengan judulnya, buku Habibie & Ainun menampilkan kisah cinta antara BJ Habibie dan sang istri, Ibu Ainun. Buku ini menampilkan perjalanan cinta mereka mereka yang romantis sekaligus penuh haru. Menariknya, kisah dalam buku ini dimulai sejak keduanya masih kecil akhirnya menua bersama.

Seperti yang diketahui, buku ini juga telah diangkat ke layar lebar dan sukses memenangkan hati banyak penonton. Sehingga tentu, Habibie & Ainun jadi satu buku tentang BJ Habibie yang tak boleh kalian lewatkan.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Rudy, Kisah Masa Muda Sang Visioner

Kisah hidup BJ Habibie telah berhasil menginspirasi banyak orang. Sosok BJ Habibie saat muda dikenal sebagai seorang yang sangat visioner akan pendidikannya. Beliau begitu ulet dan tekun dalam menempuh pendidikan demi meraih cita-cita. Kehidupan muda yang berapi-api BJ Habibie itulah yang coba dikisahkan Gina S Noer lewat bukunya yang berjudul Rudy, Kisah Masa Muda Sang Visioner.

Buku biografi BJ Habibie yang terbit pada 12 Oktober 2015 cocok dibaca anak muda yang penuh semangat. Meski tak menutup kemungkinan, buku ini juga cocok untuk pembaca anak-anak ataupun orang dewasa. Pasalnya buku Rudy, Kisah Masa Muda Sang Visioner mengisahkan perjalanan hidup BJ Habibie dari masih anak-anak, remaja dan masa-masa pendidikan awal saat bersekolah di Jerman.

 

3. BJ Habibie: Pergulatan dan Kerinduan

Rekomendasi buku biografi BJ Habibie yang selanjutnya berjudul BJ Habibie: Pergulatan dan Kerinduan. Sama seperti Habibie & Ainun, buku biografi ini sebenarnya juga tergolong otobiografi karena ditulis langsung oleh beliau sendiri. Oleh sebab itu, tak sedikit pula yang menyebut buku ini sebagai buku biografi resmi BJ Habibie.

Buku ini diterbitkan pada tahun 2006. Buku BJ Habibie: Pergulatan dan Kerinduan mengisahkan kiprah dan perjuangan B.J. Habibie sebagai seorang Presiden Indonesia ketiga sekaligus sebagai insinyur penerbangan. Meski begitu, buku ini tetap mengulas sekilas kisah hidup BJ Habibie semasa kecil.

 

4. Habibie: Cerita Seorang Patriot

Buku biografi BJ Habibie berjudul Habibie: Cerita Seorang Patriot mengisahkan kisah hidup BJ Habibie mulai dari masa kecilnya di Sulawesi Selatan, pendidikan di Jerman, menjadi insinyur penerbangan, hingga akhirnya jadi Presiden Indonesia. Tak hanya berbagi kisah hidup, buku ini juga menyampaikan pandangan BJ Habibie terkait berbagai isu politik dan ekonomi yang pada masa itu mendera Indonesia.

Sebagaimana judulnya yang menyinggung patriotisme, buku ini juga menampilkan sisi patriot seorang BJ Habibie. Bagaimana beliau tetap memilih setia pada Tanah Air tercinta, memperjuangkan yang terbaik untuk negara tercinta. Salah satu buku biografi tokoh bangsa paling patriotis yang wajib dibaca kaum anak muda.

 

5. BJ Habibie: Sang Visioner

BJ Habibie: Sang Visioner merupakan buku biografi yang ditulis oleh tim Liputan 6 SCTV. Buku biografi ini mengisahkan tentang peran BJ Habibie sebagai Presiden Indonesia ketiga dan juga seorang insinyur terkemuka di bidang teknologi pesawat terbang. Buku ini akan menjelaskan bahwa BJ Habibie adalah salah satu tokoh penting dan berjasa yang pernah dimiliki buku ini.

Sama seperti buku biografi BJ Habibie lainnya, buku ini juga mengulas perjalanan hidup BJ Habibie, mulai dari masa kecilnya di Parepare, Sulawesi Selatan, hingga menjadi seorang ilmuwan terkenal di Jerman, dan akhirnya jadi Presiden. Buku ini juga mengulas bagaimana BJ Habibie jadi tokoh yang sangat mendukung kemajuan teknologi di Indonesia.

 

6. Saya Bacharuddin Jusuf Habibie (The Untold Story)

Rekomendasi buku biografi BJ Habibie yang keenam sekaligus terakhir adalah Saya Bacharuddin Jusuf Habibie (The Untold Story). Buku biografi ini berusaha menampilkan sisi unik dari kisah BJ Habibie yang mungkin belum banyak diketahui. Kisahnya bermula dari kehidupan BJ Habibie bersama keluarganya di Sulawesi, sampai menempuh pendidikan di Jerman, hingga dikenal sebagai Bapak Teknologi dan Presiden Indonesia ketiga.

Buku ini juga menampilkan pemikiran-pemikiran kritis BJ Habibie dalam menanggapi berbagai isu di Indonesia. Khususnya, buku ini memperlihatkan situasi pelik yang terjadi saat reformasi ekonomi, krisis moneter pada tahun 1998, serta pemulihan dan pembangunan nasional pasca-krisis. Jika kalian penggemar BJ Habibie, maka buku biografi satu ini jadi salah satu yang wajib dibaca!

Itulah di antaranya beberapa rekomendasi buku biografi BJ Habibie. Selamat membaca!

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending