6 Wisata Kuliner Di Makassar Yang Lezat dan Populer, Dijamin Nambah!

Senin, 29 Juli 2019 09:59 Penulis: Editor KapanLagi.com
6 Wisata Kuliner Di Makassar Yang Lezat dan Populer, Dijamin Nambah!
Foto : Instagram.com/ngemil.makasaar, Diambil 29 Juli 2019


Kapanlagi Plus - Kota Makassar selalu mempunyai daya tarik tersendiri yang membuat pengunjungnya berdecak kagum. Mulai dari wisata alam, budaya hingga kuliner selalu menjadi incaran wisatawan yang berlibur ke sana. Kota yang disebut juga sebagai Kota Anging Mammiri ini ternyata menyimpan kekayaan kuliner khas Makassar yang berlimpah. Ada banyak tempat yang menyediakan kuliner khas Makassar yang lezat dan populer, karena lezatnya itu pasti deh kamu ingin nambah makan lagi. Jadi, jika kamu berlibur ke Makassar, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi kuliner khas ibukota Sulawesi Selatan yang lezat. Liburan kemanapun nggak akan lengkap jika belum mencoba makanan khas daerah tersebut, bukan?

Banyak kuliner Makassar yang menjadi penggugah selera. Rasa lezat yang menggoyang lidah selalu membuat penikmatnya menginginkan lagi-lagi. Kuliner di Makassar juga beragam rasa. Mulai dari rasa pedas, gurih, atau manis tersedia di sana, kamu tinggal memilih rasa yang sesuai dengan seleramu. Jika kamu tertarik untuk mencicipi makanan khas Makassar, yang memiliki kekayaan rasa yang lezat, aroma yang istimewa dan tampilan yang menarik serta menggugah selera, langsung saja simak beberapa daftar kuliner Makassar yang lezat seperti yang telah dilansir dari beberapa sumber ini.

 

 

1. Coto Makassar

Dilansir dari indonesiakaya.com, sesuai dengan namanya Coto Makassar adalah hidangan berkuah yang berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan. Coto Makassar berbahan dasar daging sapi, ditambah dengan jeroan sapi, berupa paru, hati, usus, jantung, dan babat. Sementara bumbu kuahnya merupakan perpaduan sejumlah rempah-rempah dan gilingan kacang tanah yang sudah digoreng. Beberapa rempah-rempah yang digunakan adalah lengkuas, merica, bawang merah, bawang putih, jintan, ketumbar merah, ketumbar putih, jahe, laos, daun jeruk purut, daun salam, daun kunyit, daun bawang, dan lain-lain. Kebayang rasa nikmatnya dan sedap aromanya, kan?

Coto Makassar biasa disantap dengan ketupat atau burasa, dan dilengkapi dengan sambal taoco. Kuliner ini cukup mudah dijumpai, di setiap jalan di kota Makassar, dapat dengan mudah ditemukan warung-warung yang menyediakan Coto Makassar. Untuk menikmati makanan ini, kamu cukup merogoh kantong sebesar Rp 15.000 dan kamu akan mendapatkan satu porsi Coto Makassar yang lezat.

2. Sop Konro

Kuliner lezat khas Makasar selanjutnya adalah Sup Konro. Dilansir oleh fimela.com, Sop atau sup ini biasanya dibuat dengan bahan daging sapi atau iga sapi. Sop berkuah cokelat ini ditaburi bawang goreng serta dicampur dengan bumbu racikan yang sempurna maka akan menghasilkan rasa yang lezat. Warna gelap atau kecokelatan dari kuliner ini biasanya berasal dari buah kluwek yang memang berwarna hitam. Rasa gurihnya sangat khas dan kuat karena menggunakan ketumbar. Sop konro memang termasuk makanan yang kaya rempah.

Citarasa yang ditawarkan dari kuliner ini tentu membuat kamu akan ketagihan jika sudah mencicipinya. Harga satu porsi Sop Konro cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp 38.000.

3. Pallu Basa

Pallu Basa disebut-sebut mirip dengan Coto Makassar. Menurut merahputih.com, kedua makanan ini sama-sama berbahan daging dan jeroan kerbau atau sapi. Perbedaan utama Coto Makassar dan Pallu Basa yaitu pada penggunaan bumbu dan penyajiannya. Coto Makassar biasanya disajikan bersama ketupat, sedangkan Pallu Basa cocoknya disantap dengan nasi putih.

 

Ada tambahan kelapa parut sangrai atau serundengan yang jadi khas Pallu Basa. Selain itu, rasa gurih Pallubasa ditambah dengan kuning telur kampung utuh. Telur kuning diletakkan ke dalam kuah ketika disajikan, kemudian diaduk hingga tercampur matang di dalam kuah yang panas.

Untuk menemukan tempat yang menjual Pallu Basa cukup mudah karena di sekitar jalan di Makassar banyak warung makan yang menjualnya. Harga pun terjangkau, untuk satu porsi Pallu Basa dihargai sekitar Rp 10.000 – Rp 15.000 per porsi.

4. Pallu Mara

Masih berasal dari sumber yang sama, kuliner khas Makassar yang cukup jadi incaran bagi penikmat kuliner nusantara lainnya adalah Pallu Mara. Pallu Mara adalah makanan khas Makassar yang mirip dengan Pallu Basa. Perbedaannya hanya pada daging yang digunakan. Kuliner khas suku Kaili ini merupakan olahan ikan yang dimasak berkuah. Bahan dasarnya biasanya menggunakan ikan bandeng, tongkol, ataupun kakap merah. Citarasa pedas didapat dari potongan cabai yang dimasukkan ke kuahnya. Sementara itu, rasa asam dan segar didapat dari buah asam muda yang juga dicampurkan ke kuah Pallu Mara. Pallu Mara cocok sekali dimakan menggunakan nasi putih yang masih hangat.

Untum menikmati lezatnya kuliner ini, kamu harus menyediakan uang sekitar Rp 28.000 untuk satu porsi Pallu Mara.

5. Es Pisang Ijo

Selain makanan berat, kuliner khas Makassar juga memiliki sajian yang menyegarkan, salah satunya es pisang ijo. Menurut kumparan.com, Es pisang ijo sendiri merupakan sajian khas yang bertekstur lembut dengan rasa manis dan gurih yang mendominasi. Terdiri dari pisang, bubur sumsum, dan sirup merah kental, es pisang ijo memiliki porsi yang cukup mengenyangkan.

Tak jarang pula sajian pisang ijo dikombinasikan dengan es batu atau es serut yang melimpah. Es inilah yang menghasilkan sensasi dingin menyegarkan, yang akan terasa sangat lezat saat disantap bersama dengan bubur sumsum dan pisang ijo.

 

Uniknya, sesuai dengan namanya, pisang pada sajian es pisang ijo dibalut dengan sejenis kulit dadar warna hijau terang layaknya pisang mentah. Kulit tersebut terbuat dari adonan tepung beras bercampur pewarna hijau yang dibalurkan di seluruh permukaan pisang sebelum dikukus.

Untuk menikmati manis dan segarnya es pisang ijo, kamu bisa mendapatkannya dengan harga mulai Rp 10.000 hingga Rp 15.000 untuk satu porsi.

6. Pisang Epe

Makanan kuliner khas Makassar yang berbahan dasar pisang lainnya adalah Pisang Epe. Menurut brilicious.brilio.net, sekilas makanan ini memamg mirip dengan pisang bakar yang ada di sejumlah daerah. Namun jika dilihat lebih dekat, apalagi sampai mencicipinya, dipastikan ada rasa berbeda yang ditawarkan.

Selain pisang, untuk membuat makanan khas ini perlu menyediakan beberapa bahan lainnya seperti gula aren, daun pandang, dan garam secukupnya. Sebelum dipanggang, ada yang mencampurkan pisang dengan gula aren yang sudah disiapkan. Ada juga yang merebus pisang terlebih dahulu sebelum dipipihkan dan dibakar. 

Setelah matang, sajikan Pisang Epe bakar panas dengan saus gula merah. Untuk memperkaya rasa, Pisang Epe ini disajikan dengan berbagai macam bahan tambahan seperti keju, hingga saus durian dan lainnya. Pisang Epe sangat enak jika disantap dalam keadaan hangat.

Kamu cukup membayar sekitar Rp 10.000 hingga Rp 12.000 per porsi untuk menikmati Pisang Epe.

 

Itulah beberapa makanan khas Makassar yang lezat dan menggugah selera. Rasa yang ditawarkankan pun mampu memuaskan selera makanmu. Sekalinya mencoba, pasti deh kamu bakal kangen rasanya. Jadi, jika kamu liburan ke Makassar, kamu harus siap berburu kuliner ini. Selamat mencoba

Penulis : Ririn Sri Wasida

(kpl/mag)



MORE STORIES




REKOMENDASI