8 Wisata Kuliner di Makassar yang Bisa Bikin Nagih dan Betah Berlama-lama Liburan

Jum'at, 10 Januari 2020 19:12 Penulis: Iwan Tantomi
8 Wisata Kuliner di Makassar yang Bisa Bikin Nagih dan Betah Berlama-lama Liburan
┬ęShutterstock

Kapanlagi Plus - Bingung mau liburan ke mana di 2020 ini? Makassar bisa kamu jadikan salah satu tujuan wisata yang menyenangkan. Bukan hanya menghadirkan keindahan alam, maupun kekayaan budaya, tetapi ibukota Provinsi Sulawesi Selatan tersebut juga menjadi surga wisata kuliner yang menggugah selera.

Terlebih ada beragam kuliner asli Makassar yang bisa kamu nikmati. Bukan hanya makanan tradisional, Makassar juga punya segudang kuliner kaki lima yang siap mengenyangkan perutmu. Belum lagi ditambah aneka jajanan yang bisa kamu santap sembari menikmati indahnya pemandangan matahari terbenam dan semilir angin di tepi laut Makassar.

Lebih lanjut, berikut beberapa wisata kuliner di Makassar yang bisa bikin nagih dan sanggup membuatmu jadi betah berlama-lama liburan.

1. Konro Karebosi

Ilustrasi ©ShutterstockIlustrasi ©Shutterstock

Wisata kuliner di Makassar pertama yang siap bikin kamu ketagihan karena kelezatannya adalah Sop Konro Karebosi. Pas datang pertama kali, bisa kamu nggak bakal menyangka jika wujud tempatnya hanya sebuah warung tenda yang berada di sekitar Lapangan Karebosi atau Alun-Alun Kota Makassar.

Namun, saat duduk dan mulai mencoba Sop Konro Karebosi, kamu bakal dibikin geleng-geleng dengan rasanya. Betapa tidak, hidangan yang terdiri tulang iga sapi lengkap dengan daging empuk yang menyelimutinya tersebut disajikan dengan sup yang segar. Kelezatan dari Sop Konro Karebosi ini pun tercipta karena tulang iga sapi dimasak terpisah dengan bahan lain.

Menariknya, warung sop konro yang sudah ada sejak 1968, sehingga termasuk salah satu kuliner legendaris di Kota Makassar. Selain Sop Konro, di sana kamu juga menikmati lezatnya Konro Bakar Karebosi yang mantap banget dengan guyuran bumbu kacang khas Makassar.

2. Jalangkote Lansirang

Ilustrasi ©ShutterstockIlustrasi ©Shutterstock

Di Makassar makanan ini begitu banyak digemari. Mungkin jika kamu berasal dari Jawa, akan menyebut kue ini sebagai pastel. Memang nggak ada perbedaan yang berarti. Bahkan, isinya juga hampir sama, adonan irisan wortel, kentang, telur rebus maupun bihun yang sudah dibumbui.

Perbedaannya terletak pada saus pendampingnya. Berbeda dengan pastel yang langsung dimakan, Jalangkote justru disajikan dengan sambal khas yang tampak cair, tetapi memiliki citarasa segar dan pedas. Rasa gurihnya yang menggoda, membuat makanan ini nggak cukup dimakan sebiji saja.

Salah satu Jalangkote yang patut banget dicoba, dan dijamin bikin nagih adalah Jalangkote Lansirang yang berlokasi di Jalan Lansirang No 11 A, Mangkura, Kota Makassar.

3. Pallubasa Serigala

Ilustrasi ©ShutterstockIlustrasi ©Shutterstock

Jangan kaget mendengar namanya, karena meski tampak sangar nyatanya kelezatan Pallubasa Serigala tiada duanya di Makassar lho. Buat kamu yang belum tahu, Pallubasa merupakan sajian serupa Coto Makassar. Bedanya, kuah Pallubasa ini cenderung lebih pekat atau kental.

Selain itu, hidangan Pallubasa juga ditambah dengan serbuk kelapa yang sudah disangrai lebih dulu, sehingga rasanya lebih semerbak. Ciri khas lainnya, di dalam Pallubasa terdapat telur setengah matang, sehingga makin bikin kamu nggak sabar untuk lekas melahapnya.

Makanya, biar pengalaman wisata kuliner di Makassar makin nendang, cobalah menyantap lezatnya Pallubasa Serigala, yang memang berlokasi di Jalan Serigala, Mamajang, Kota Makassar.

4. Es Pisang Ijo Bravo

Ilustrasi ©ShutterstockIlustrasi ©Shutterstock

Selain makanan, Makassar juga memiliki minuman segar yang nggak kalah khas dan wajib dimasukkan ke dalam daftar wisata kuliner di sana. Salah satunya adalah Es Pisang Ijo Bravo yang begitu populer.

Nah, yang membedakan es pisang ijo ini dengan lainnya adalah jenis pisang yang digunakan. Es Pisang Ijo Bravo menggunakan pisang raja yang dibalut dengan adonan tepung beras berwarna hijau cerah. Setelah dikukus dan matang, pisang ijo tadi dipotong kecil-kecil dan disajikan dengan es serut.

Kemudian, pisang ijo ditambahkan juga bubur sumsum berwarna merah yang begitu lembut. Sebagai penyempurna, tambahan susu kental manis di atasnya makin membuat Es Pisang Ijo Bravo bakal nyesel jika nggak langsung dinikmati sampai habis.

5. Putu Cangkir

Ilustrasi ©ShutterstockIlustrasi ©Shutterstock

Jika di Jawa ada kue apem, maka di Makassar ada jajanan tradisional bernama Putu Cangkir yang manis dan bikin nagih. Camilan satu ini mudah banget ditemukan. Kamu bisa menemukannya di sepanjang Jalan Sultan Alauddin, Kota Makassar atau datang langsung ke Pasar Pa'baeng-Baeng.

Sebagai informasi, ada dua varian kue Putu Cangkir yang bisa kamu coba. Pertama ada varian gula putih dan gula merah. Seperti namanya, kue putu cangkir dicetak dalam wadah serupa cangkir, sehingga memiliki bentuk yang unik dan tentunya lezat.

6. Es Pallu Butung Bravo

Ilustrasi ©ShutterstockIlustrasi ©Shutterstock

Merasa nggak asing dengan nama 'Bravo'? Betul, sajian ini hadir dari tempat yang sama dengan Es Pisang Ijo Bravo di poin sebelumnya. Sama-sama enak dan menyegarkan jika dinikmati, yang membedakan Es Pallu Butung Bravo dengan Es Pisang Ijo Bravo adalah jenis pisangnya.

Es Pallu Butung Bravo dibuat dari pisang kepok, lalu dihidangkan dengan bubur legit yang dibuat dari campuran beras, sagu dan santan. Selain itu, dari segi warna juga beda. Es Pallu Butung Bravo berwarna merah, karena menggunakan sirup cocopandan yang disiramkan di atas es serut dalam sajian Es Pallu Butung Bravo. Soal rasa, jangan ditanya, sama-sama segar dan mampu puaskan dahaga!

7. Pisang Epe Losari

Ilustrasi ©ShutterstockIlustrasi ©Shutterstock

Jika dipikir-pikir hampir sebagian besar jajanan yang ada di Makassar dibuat dari bahan dasar pisang. Namun, nggak melulu berbalut adonan, ada juga pisang yang diolah dengan begitu sederhana, tetapi mampu membangkitkan selera makan untuk mencobanya. Apa lagi kalau bukan Pisang Epe.

Jajanan ini dibuat dari pisang kepok yang dipipihkan, kemudian dibakar. Pisang lantas ditaburi dengan gula merah cair. Rasanya yang legit membuat siapapun bakal dibikin jatuh cinta dengan lezatnya Pisang Epe.

Salah satu pusat pisang epe enak yang bisa kamu coba ada di kawasan Pantai Losari. Selain rasa original, kamu juga mencoba beragam topping, seperti keju, meses, kelapa sangrai, hingga saus durian. Indahnya panorama matahari terbenam di Pantai Losari, kian menyempurnakan waktu makan Pisang Epe ini saat di Makassar.

8. Coto 'Nusantara' Makassar

Ilustrasi ©ShutterstockIlustrasi ©Shutterstock

Nggak afdol rasanya berkunjung ke Makassar tanpa menikmati lezatnya kuliner satu ini. Ya, Coto Makassar sudah seperti ikon kuliner khas Makassar. Rempah yang gurih dan begitu nampol, mantap disajikan dengan sepiring nasi panas.

Salah satu tempat wisata kuliner di Makassar yang menyajikan Coto Makassar terenak adalah Coto Nusantara. Bumbu rempah dalam kuahnya begitu terasa dan menggugah selera. Begitu juga dengan dagingnya yang empuk, begitu padu dengan kelezatan kuahnya.

Nggak heran jika Coto Makassar yang sudah ada sejak 1990 ini termasuk salah satu kuliner legendaris di Kota Anging Mammiri. Coba langsung lezatnya Coto 'Nusantara' Makassar di Jalan Nusantara Baru No 142, Wajo, Kota Makassar.

Hampir seluruh wisata kuliner di Makassar tersebut dapat dijangkau dengan mudah, karena lokasinya yang berada di pusat kota. Selain itu, biar bisa menikmatinya satu per satu, kamu perlu mengagendakan liburan agak lama di Makassar. Dari kedelapan wisata kuliner di Makassar itu, mana yang ingin kamu coba duluan?

(kly/tmi)

Reporter:

Iwan Tantomi



MORE STORIES




REKOMENDASI