150 Kata Bijak Persahabatan yang Menyentuh Hati, Jadi Ungkapan Tak Terlupakan

Selasa, 19 Oktober 2021 12:20 Penulis: Dhia Amira
150 Kata Bijak Persahabatan yang Menyentuh Hati, Jadi Ungkapan Tak Terlupakan
Ilustrasi (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Persahabatan merupakan sebuah hubungan antar manusia karena kecocokan yang dimiliki. Persahabatan yang sejati telah melewati masa-masa kebersamaan yang cukup menguras perasaan. Bagaimana tidak, sebuah hubungan dalam pertemanan tak selalu berjalan mulus, ada kalanya bertengkar yang luar biasa hebat. Namun, sahabat sejati akan mengerti dan kembali untuk membuat hubungan yang kuat dan bertahan lama. Ada banyak sekali kata bijak persahabatan yang dapat menyentuh hati kalian.

Bagi seorang sahabat, kalian merupakan segalanya. Baik buruk kita, seorang sahabat telah mengerti dan memahami hal tersebut. Tidak heran bila banyak yang bilang sahabat merupakan belahan jiwa. Mereka akan mengerti apa yang kita inginkan atau yang kita bicarakan hanya dengan lirikan mata saja. Bagi kalian yang ingin mengungkapkan perasaan bahagia bersama dengan sahabat, maka kalian bisa mengungkapkannya dengan kata bijak persahabatan berikut.

Untuk itu dilansir dari berbagai sumber, inilah 150 kata bijak persahabatan yang menyentuh hati dan penuh akan makna mendalam. Yuk langsung saja dicek KLovers.

1. Kata Bijak Persahabatan yang Penuh Makna

Kata bijak persahabatan yang pertama yaitu ada kata bijak yang penuh akan makna mendalam. Kata-kata ini bisa menjadi sebuah ungkapan hati kalian bagi sahabat tercinta. Berikut ini beberapa kata bijak persahabatan yang panuh makna tersebut:

1. "Sahabat bukan tentang siapa yang telah lama kamu kenal, tapi tentang siapa yang menghampiri hidupmu dan tidak pernah meninggalkanmu dalam situasi dan kondisi seburuk apa pun."

2. "Tiada yang lebih indah daripada kasih seorang sahabat, sahabat menaruh kasih di setiap waktu selalu ada dalam setiap kesukaran."

3. "Ingatkan aku kawan, bahwa akupun hanya insan biasa, namun dengan ikhlasnya engkau menolongku. Tiada yang lebih baik lagi, kuyakin engkau adalah manusia yang paling baik dalam hidupku."

4. "Percayalah, bukan pengkhianatan yang akan mengakhirkan kita, namun pertemanan abadi yang akan menemani kita hingga akhir hayat."

5. "Diriku yakin, engkau bukanlah kacang yang lupa akan kulitnya. Tetapi engkau ialah bagian dari dimensi api yang tak lupa asapnya."

6. "Sahabat adalah seseorang yang menari bersamamu di bawah matahari dan berjalan bersamamu dikegelapan."

7. "Janganlah berjalan di belakangku, karena mungkin aku tak bisa memimpinmu. Jangan pula berjalan di depanku, mungkin aku tak bisa mengikutimu. Berjalanlah di sampingku dan jadilah sahabatku."

8. "Sahabat sejati bukanlah mereka yang memiliki banyak persamaan, tapi mereka yang memiliki pengertian terhadap setiap perbedaan."

9. "Kenalilah sahabat yang di samping kamu. Sahabat ialah yang mengulurkan pelukan ketika kamu terjatuh."

10. "Sahabat tak akan menghilang saat masalah datang, tapi menggandeng tanganmu dan menghadapinya bersama-sama."

11. "Sahabat sejati tahu sekali seberapa bodohnya kamu dan tetap saja memilih untuk menghabiskan waktu bersamamu."

12. "Sahabat yang baik akan membantumu menemukan hal-hal penting yang kamu hilangkan. Senyummu, harapanmu, dan keberanianmu." - Doe Zantamata

13. "Persahabatan adalah obat untuk hati yang terluka dan vitamin untuk jiwa yang penuh harapan."

14. "Sahabat merupakan seorang makhluk yang menemani saat sedih, senang, dan bahagia, terkadang menyebalkan namun sangat dirindukan jika tak ada."

15. "Sahabat sejati adalah seseorang yang masuk ke hatimu ketika seisi dunia keluar." - Walter Winchell

16. "Persahabatan tidak butuh sahabat yang bisa mendampingi dari awal, tapi sahabat yang bisa mendampingi kita sampai akhir."

17. "Momen spesial yaitu momen di mana kamu dan sahabatmu saling bertatapan dan tahu apa yang kalian pikirkan dan akhirnya tertawa lepas."

18. "Katakan pada sahabatmu, aku tak bisa berjanji bisa mengatasi masalahmu namun akan kujanjikan kita akan selalu menghadapi masalah itu bersama."

19. "Apa yang kita alami demi teman terkadang melelahkan dan menjengkelkan, tetapi itulah yang membuat persahabatan mempunyai nilai yang indah."

20. "Persahabatan ibarat sebuah gelas yang rapuh. Kau bisa memperbaikinya saat pecah, tapi bekas retakannya akan selalu ada." - Waqar Ahmed

 

 

 

2. Kata Bijak Persahabatan yang Penuh Rasa Bahagia

Kemudian ada pula kata bijak persahabatan yang penuh rasa bahagia. Ya, memiliki sahabat merupakan salah satu hal bahagia yang diberikan oleh Tuhan. Dan untuk mengungkapkan rasa bahagia tersebut, berikut ini beberapa kata bijak persahabatan yang penuh rasa bahagia tersebut:

21. "Teman yang baik akan meminjamkan pundaknya untukmu menangis. Tapi sahabat yang baik akan meminjam cangkul untuk memukul orang yang membuatmu menangis."

22. "Kalau kau tersenyum, aku akan tersenyum. Jika kau menangis, aku juga. Tapi kalau kamu melompat dari jembatan, aku akan di bawah sini dengan sepuluh kasur dan sebuah perahu."

23. "Ingatlah selalu kawan. Kalau kau jatuh, aku akan mengangkatmu. Tapi setelah aku selesai tertawa."

24. "Tertawa memang bisa jadi obat terbaik. Tapi kalau kamu tertawa tanpa alasan yang jelas, mungkin kamu butuh obat."

25. "Sahabat adalah yang menyapamu dengan ejekan."

26. "Darah memang lebih kental daripada air. Tapi kamu akan lebih butuh minum dari pada transfusi."

27. "Lemparan bola salju yang mengenai muka itu tentunya adalah permulaan yang sempurna untuk persahabatan sejati."

28. "Sebuah berkah bagi persahabatan yang bisa melakukan hal bodoh bersama."

29. "Kalau ada yang melemparmu dengan batu, lemparlah balik dengan bunga, dan jangan lupakan potnya."

30. "Teman sejati adalah seseorang yang ada untukmu ketika dia lebih suka berada di tempat lain."

31. "Apa yang kita alami demi teman terkadang melelahkan dan menjengkelkan, namun itulah yang membuat persahabatan mempunyai nilai keindahan."

32. "Sahabat sejati itu bukan seorang yang sering mentraktir kamu, minjemin duit. Tapi sahabat yang selalu ada saat kamu gagal."

33. "Bunga mawar dapat menjadi tamanku dan seorang sahabat bisa menjadi duniaku."

34. "Seorang teman yang tak tulus dan jahat lebih ditakuti daripada seekor binatang liar. Seekor binatang liar dapat melukai tubuhmu, namun seorang teman jahat akan melukai pikiranmu."

35. "Hal yang hebat tentang sahabat sejati ialah mereka membawa energi baru ke dalam jiwamu."

36. "Seorang teman akan menahan tawanya dan membantumu bangun ketika kamu terjatuh. Namun, teman sejati akan tertawa terbahak-bahak hingga mereka pun ikut terjatuh."

37. "Hanya karena emosi sesaat sudah mampu menghancurkan segalanya. Termasuk persahabatan."

38. "Menghabiskan waktu hari ini untuk mengeluh terhadap hari kemarin tak akan membuat hari esok lebih baik."

39. "Lepaskan orang-orang tertentu karena mereka hanya bagian dari sejarahmu bukan bagian dari masa depan dan nasibmu."

40. "Persahabatan itu sebening kaca, sekali rusak bisa diperbaiki tapi akan selalu ada retakan."

 

 

 

3. Kata Bijak Persahabatan yang Keren

Dan yang terakhir yaitu ada kata bijak persahabatan yang keren. Kata-kata ini bisa menjadi ungkapan keren kalian di media sosial, dengan membagikan kegiatan seru kalian bersama sahabat tercinta. Berikut ini beberapa kata bijak persahabatan yang keren tersebut:

41. "Sahabat adalah seseorang yang membuatnya mudah percaya pada diri sendiri."

42. "Duduk diam di samping teman sejati yang terluka mampu jadi hadiah terbaik yang bisa kita berikan padanya."

43. "Butuh banyak keberanian untuk membela musuh, tapi akan lebih banyak lagi untuk membela seorang sahabat kamu."

44. "Kehidupan ini bagai papan catur, jika tak memiliki strategi tentu akan kalah. Siapa tak berkawan tentu takkan pernah menemukan jalan keluar."

45. "Sahabat, bukan jarak yang membuatmu jauh, tetapi sikapmu yang menciptakan jarak."

46. "Satu hal yang paling berbahaya bagi persahabatan. Ketika kita meminta lebih dari sahabat, ketika kita mulai memainkan hati."

47. "Sahabat, untuk menjadi sukses terkadang kita harus melalui kegagalan terlebih dahulu. Agar kita tahu apa yang harus kita lakukan berikutnya dengan cara yang lebih baik dan tepat."

48. "Menjadi dewasa adalah pilihan, untuk memulai sadar bahwa orang-orang terdekat tak selamanya bersama kita, termasuk kau sahabat."

49. "Sempat bingung tentang nasib pershabatanku jikalau dia tahu isi hatiku."

50. "Sahabat, ingatlah bahwa masa depan adalah miliki mereka yang menyiapkan hari ini."

51. "Sahabat bukan tentang siapa yang telah lama kamu kenal, tapi tentang siapa yang menghampiri hidupmu dan tidak pernah meninggalkanmu dalam situasi dan kondisi seburuk apa pun."

52. "Percayalah, bukan pengkhianatan yang akan mengakhirkan kita, namun pertemanan abadi yang akan menemani kita hingga akhir hayat."

53. "Sahabat adalah seseorang yang menari bersamamu di bawah matahari dan berjalan bersamamu di kegelapan."

54. "Sahabat sejati bukanlah mereka yang memiliki banyak persamaan, tapi mereka yang memiliki pengertian terhadap setiap perbedaan."

55. "Sahabat sejati tahu sekali seberapa bodohnya kamu dan tetap saja memilih untuk menghabiskan waktu bersamamu."

56. "Sahabat merupakan seorang makhluk yang menemani saat sedih, senang, dan bahagia, terkadang menyebalkan namun sangat dirindukan jika tak ada."

57. "Persahabatan tidak butuh sahabat yang bisa mendampingi dari awal, tapi sahabat yang bisa mendampingi kita sampai akhir."

58. "Katakan pada sahabatmu, aku tak bisa berjanji bisa mengatasi masalahmu namun akan kujanjikan kita akan selalu menghadapi masalah itu bersama."

59. "Teman yang baik akan meminjamkan pundaknya untukmu menangis. Tapi sahabat yang baik akan meminjam cangkul untuk memukul orang yang membuatmu menangis."

60. "Tertawa memang bisa jadi obat terbaik. Tapi kalau kamu tertawa tanpa alasan yang jelas, mungkin kamu butuh obat."

 

 

4. Kata Bijak Persahabatan Menyentuh Hati

Persahabatan yang tulus terbentuk dari dasar hati. Oleh sebab itu, segala hal tentang persahabatan terasa begitu penuh makna dan menyentuh. Berikut beberapa kata bijak persahabatan yang mampu menyentuh hati.

61. "Persahabatan yang didasari oleh keikhlasan hati dan kasih sayang, akan melahirkan keabadian dalam kebersamaan."

62. "Sahabat yang baik tidak akan mencelakai, tetapi sahabat yang baik akan menasehati, melindungi, dan tulus mengasihi."

63. "Kita akan menjadi teman sampai kita menua dan pikun. Lalu kita akan menjadi teman baru lagi."

64. "Hidup adalah sebagian dari apa yang kita buat, dan sebagian apa yang dibuat oleh teman-teman yang kita pilih."

65. "Seorang teman akan menahan tawanya dan akan membantumu ketika Kamu jatuh. Tapi, seorang teman sejati akan tertawa terbahak-bahak ketika ikut jatuh bersamamu."

66. "Satu di antara kualitas paling indah dari persahabatan sejati adalah memahami dan dipahami."

67. "Persahabatan tidak perlu saling mengerti. Karena sahabat akan saling menerima hal yang tak bisa dimengerti."

68. "Persahabatan sejati dimulai saat keheningan di antara dua orang terasa nyaman."

69. "Keindahan persahabatan adalah bahwa kamu tahu kepada siapa kamu dapat mempercayakan rahasia." -Albert Einstein

70. "Teman sejati adalah seseorang yang berpikir bahwa kamu adalah telur yang baik meskipun dia tahu bahwa kamu sedikit retak." - Bernard Meltzer

71. "Persahabatan tidak akan terjalin dengan seseorang yang istimewa. Namun, kita jadi istimewa karena adanya sahabat. Dan sahabatlah yang membuat kita menjadi lebih istimewa."

72. "Persahabatan tidak perlu saling mengerti. Karena sahabat akan saling menerima hal yang tak bisa dimengerti."

73. "Persahabatan adalah salah satu obat terbaik yang tidak dimiliki oleh semua orang. Jadi kau harus mempertahankannya jika kau punya."

74. "Sahabat adalah seseorang yang selalu ada di sampingmu, ketika kamu sakit untuk melihat ke belakang, atau takut melihat ke depan."

75. "Teman yang baik akan meminjamkan pundaknya untukmu menangis. Tapi, sahabat yang baik akan meminjam cangkul untuk memukul orang yang membuatmu menangis."

76. "Sahabat adalah orang yang akan membangunkan kita dari tidur walaupun sedang bermimpi indah."

77. "Manusia yang wajar mesti punya sahabat, persahabatan tanpa pamrih. Tanpa sahabat hidup akan terlalu sunyi." -Pramoedya Ananta Toer

78. "Sahabatmu adalah kebutuhan jiwamu yang terpenuhi. Janganlah ada tujuan lain dari persahabatan kecuali saling memperkaya jiwa." Kahlil Gibran

79. "Persahabatan bukanlah sesuatu yang bisa kau pelajari di sekolah. Tapi kalau kau belum belajar memahami maknanya, maka kau belum belajar apapun."

80. "Sahabat adalah dirimu yang kedua." -Pidi Baiq

81. "Seorang sahabat adalah seseorang yang mengetahui tentang dirimu dan tetap mencintaimu." - Elbert Hubbard

82. "Seorang sahabat yang mengerti arti dari air matamu jauh lebih berharga daripada banyak teman yang hanya tahu senyum lebarmu."

83. "Seorang sahabat adalah seseorang yang memberikanmu kebebasan sepenuhnya pada dirimu." -Jim Morrison

84. "Nilai dari seorang sahabat akan lebih terasa ketika kita kehilangannya."

85. "Setiap teman mewakili dunia di dalam diri kita, dunia yang mungkin belum terlahir sampai mereka tiba, dan hanya dengan pertemuan inilah dunia baru lahir."

 

5. Kata Bijak Persahabatan Bahasa Inggris

Tak saja dalam bahasa Indonesia, kata-kata persahabatan dalam bahasa Inggris juga punya makna yang begitu dalam dan menyentuh. Malahan, bagi sebagian orang kata-kata yang ditulis dengan bahasa Inggris dirasa lebih bisa mewakili isi hati. Berikut beberapa kata bijak persahabatan dalam bahasa Inggris.

86. "Friends are the most important ingredient in this recipe of life." -Dior Yamasaki

(Teman adalah bahan yang paling penting dalam resep kehidupan ini)

87. "One of the most beautiful qualities of true friendship is to understand and to be understood." - Lucius Annaeus Seneca

(Salah satu sifat terindah sahabat sejati adalah mau mengerti dan dimengerti).

88. "You have to know friendship is not only a big thing. But it is a billion little things."

(Kamu harus tahu persahabatan itu tidak hanya sesuatu yang besar. Namun, kumpulan miliaran benda kecil)

89. "A friend is someone who knows all about you and still loves you." -Elbert Hubbard

(Seorang teman adalah seseorang yang mengetahui segala sesuatu tentang kamu dan masih mencintai mu)

90. "It is not a miracle when you have a million friends. A miracle is to make a friend who will always stand on your side when millions are against you."

(Bukan suatu keajaiban ketika kamu memiliki sejuta teman. Sebuah keajaiban itu ketika kamu mempunyai seorang teman yang selalu ada di samping kamu ketika berjuta orang menjauhimu).

91. "If you have good friends, no matter how much life is sucking , they can make you laugh." -William Shakespeare

(Jika kamu memiliki teman baik, tidak peduli berapa banyak kehidupan yang payah, mereka dapat membuatmu tertawa).

92. "A perfect friend is someone who come in when your whole world has gone out."

(Teman yang sempurna adalah orang yang datang ketika dunia mu berantakan)

93. "There are some angels surround me. I call them as my best friends."

(Ada banyak malaikat yang mengelilingiku. Aku memanggil mereka teman terbaikku)

94. "Alone we can do so little, together we can do so much." - Helen Keller

(Sendirian kita hanya bisa mengerjakan begitu sedikit, bersama kita bisa melakukan banyak hal.)

95. "We will always be friends until we are old and die. Then we will be new best friend again."

(Kita akan selalu berteman sampai kita tua dan mati. Kemudian kita akan kembali menjadi teman terbaik).

96. "A best friend is like a rare diamond. Its hard to find and lucky to have."

(Teman terbaik itu seperti berlian langka. Sangat sulit untuk ditemukan dan beruntung bagi yang memiliki)

97. "A best friend is the person who knows all about your badness, but still likes you."

(Teman terbaik adalah seseorang yang mengetahui semua keburukanmu, tapi tetap menyukaimu)

98. "A good friend is like star. You can not always see it, but you realize it will always be there."

(Teman terbaik itu seperti bintang. Kamu tidak selalu dapat melihatnya, namun kamu menyadari itu akan selalu ada disana)

99. "Depth of friendship does not depend on length of acquaintance." - Rabindranath Tagore

Kedalaman persahabatan tidak tergantung pada banyaknya kenalan)

100. "If everyone is moving forward together, then success takes care of itself." - Henry Ford

(Jika setiap orang bergerak maju bersama, maka kesuksesan mengurus dirinya sendiri.)

101. "Wishing to be friends is quick work, but friend-ship is a slow ripening fruit."

(Berharap menjadi teman adalah pekerjaan yang cepat, tetapi persahabatan merupakan buah yang lama masak)

102. "Coming together is a beginning; keeping together is progress, working together is success." - Henry Ford

(Bersatu adalah awal, menjaga untuk bersama adalah kemajuan, bekerja bersama adalah kesuksesan.)

103. "Friendship is unnecessary, like philosophy, like art, It has no survival value. Rather it is one of those things that give value to survival." - C.S. Lewis

(Persahabatan itu tidak penting, seperti filsafat, juga seni, tidak ada nilai kebangkitan di dalamnya. Sebaliknya, ia adalah salah satu hal yang memberimu nilai untuk bisa bangkit).

104. "A friend is the one who always try to put smile on your face."

(Seorang teman adalah yang selalu menaruh senyuman di wajah mu)

105. "An insincere and evil friend is more to be feared than a wild beast, a wild beast may wound your body, but an evil friend will wound your mind."

(Seorang teman yang tidak tulus dan jahat lebih menakutkan dibandingkan binatang yang buas, binatang mungkin mungkin bisa melukai tubuhmu, tapi seorang teman yang jahat akan menyakiti dan menyandera hati dan pikiranmu)

106. "My best friend is the best medicine in this world. The ingredients are simple. It is just caring and sharing."

(Teman terbaik adalah obat terbaik di dunia ini. Bahan-bahannya sangat simpel. Yaitu kepedulian dan berbagi).

107. "Life is an awful, ugly place to not have a best friend." - Sarah Dessen

(Hidup itu mengerikan, tempat yang buruk untuk tidak mempunyai seorang teman baik).

108. "I can't promise to help and fix your problems but I swear you will face those problem with me."

(Aku tidak dapat berjanji untuk menolong dan menyelesaikan masalahmu, tapi aku berjanji kamu akan menghadapi masalah itu bersamaku).

109. "Life is partly what we make it, and partly what it is made by the friends we choose." - Tennessee Williams.

(Hidup adalah sebagian dari apa yang kita buat, dan sebagian apa yang dibuat oleh teman-teman yang kita pilih)

110. "Friendship is the shadow of the evening, which strengthens with the setting sun of life." -Jean de La Fontaine

(Persahabatan adalah bayangan malam, yang diperkuat dengan terbenamnya matahari kehidupan)

 

6. Kata Bijak Persahabatan yang Islami

Kemudian ada pula kata bijak persahabatan yang Islami. Kata-kata ini akan menjadi sebuah nasihat bagaimana pentingnya menjalin sialturahmi dan menjadikan semua teman. Berikut ini beberapa kata bijak persahabatan yang Islami tersebut:

111. "Bertemanlah dengan orang-orang yang selalu bertobat atas dosa-dosanya karena sungguh mereka adalah orang-orang yang berhati lembut." - Umar bin Khattab

112. "Persahabatan bukanlah sebuah kesempatan, tapi merupakan tanggung jawab yang manis." - Khalil Gibran

113. "Jika kamu ingin mengetahui nilai sebenarnya dari hubungan pertemanan dengan temanmu, maka coba marahlah kepadanya. Jika dia memperlakukanmu secara adil di saat dia sedang marah (maka dia adalah teman sejati), dan jika tidak maka jauhi dia." - Sufyan Al-Tsauri: Al-Adab As-Syar'iyyah Ibnu Muflih 3/538

114. "Temanmu akan menggambarkan siapa kamu dan derajat keimananmu. Maka pilihlah teman secara bijak. "Teman-teman akrab pada hari itu sebagiannya menjadi musuh bagi sebagian yang lain, kecuali orang-orang yang bertakwa." (Q.S Az-Zukhruf: 67)

115. "Tidak ada yang lebih indah dari seorang teman yang membantumu mengamalkan agama. Jadilah teman semacam itu." - Dr. Bilal Philips

116. "Sahabat sejati bukanlah dia yang selalu membenarkan perkataanmu, tapi dia yang selalu berkata kebenaran padamu."

117. "Seorang teman sejati adalah, dia yang memberi nasihat ketika melihat kesalahanmu dan dia yang membelamu saat kamu tidak ada." - Ali bin Abi Thalib

118. "Bawalah teman-temanmu untuk semakin dekat kepada Allah supaya kelak kamu bisa bersama mereka lagi di surga."

119. "Agama seseorang sesuai dengan agama teman dekatnya. Hendaklah kalian melihat siapakah yang menjadi teman dekatnya." - HR. Abu Daud dan Tirmidzi

120. "Jika yang kamu cari adalah seorang teman yang sempurna, maka kamu tidak akan pernah punya teman." - Rum

121. "Di antara tanda-tanda ukhuwah yang sebenarnya ialah mau menerima kritikan dari teman, menutupi aib teman, dan memberi maaf atas kesalahannya." - Imam Syafi’i

122. "Jadikan Al-Qur’an sebagai teman terbaikmu, maka ia juga akan menjadi teman terbaikmu kelak di akhirat."

123. "Di atas semua hal yang lain, satu hal yang aku temukan paling bermanfaat bagi seseorang di dunia dan akhirat adalah teman yang sesuai." - Sufyan Al-Tsauri

124. "Seorang teman tidak bisa disebut sebagai teman sampai ia diuji dalam tiga keadaan. Pada saat kamu membutuhkannya, bagaimana sikap yang ia tunjukkan di belakangmu, dan bagaimana sikapnya setelah kematianmu." - Ali bin Abi Thalib

125. "Berilah ribuan kesempatan bagi musuhmu untuk bisa menjadi temanmu, namun jangan berikan satu kesempatan pun pada temanmu untuk menjadi musuhmu."

126. "Kamu adalah sahabat terbaik di dunia dan aku berharap kita juga akan bertemu di surga."

127. "Ketika kamu merasa rendah atau sedih, cobalah lihat sekelilingmu. Siapa teman-temanmu? Kelilingi dirimu dengan orang-orang yang senantiasa mengingatkanmu pada Allah maka kamu akan bahagia." - Dr. Bilal Philips

128. "Kamu hanya memiliki dua teman dalam hidup ini. Pertama adalah Allah, dan yang kedua adalah orang yang selalu mengingatkanmu kepada Allah."

129. "Sendirian berarti kamu menjauhi teman yang buruk. Tapi, memiliki teman yang baik itu lebih baik daripada sendirian." - Umar bin Khattab

130. "Jangan beli persahabatan dengan harta karena ia tidak akan kekal, dan jangan beli cinta dengan harta karena suatu saat ia pun akan berkhianat." - Jefry Al Buchori

7. Kata Bijak Persahabatan dari Anime

Anime memang menjadi sebuah hiburan yang banyak dipilih, bukan hanya bagi anak-anak saja namun juga orang dewasa banyak yang menonton anime. Bahkan bukan menjadi sebuah hiburan semata, anime juga banyak menyuguhkan nasihat-nasihat dalam kehidupan. Salah satu nasihatnya yaitu tentang persahabatan. Dan berikut ini beberapa kata bijak persahabatan dari anime tersebut:

131. "Semakin banyak permintaanmu, maka semakin besar rasa kekecewaanmu” Grey King." - K Return Of Kings

132. "Menurut saya seseorang harus melewati tantangan jika ingin berkembang." - Yukino Yukinoshita

133. "Kita tidah seharusnya mengeluh pada diri kita sendiri." - Haikyu

134. "Aku akan menghancurkan siapa saja yang menyakiti teman-temanku (sahabat)." - Monkey D' Luffy

135. "Meskipun kalian ingin membunuhku, tetapi aku tidak akan pernah ingin membunuh kalian." - Monkey D' Luffy

136. "Aku rela mati demi membela Temanku." - Monkey D' Luffy

137. "Aku akan berusaha menjadi lebih, lebih, dan lebih kuat lagi, untuk melindungi orang yang aku sayangi." - Monkey D' Luffy

138. "Jangan pernah meremehkan dirimu sendiri, karena manusia itu kuat yang memiliki kemampuan untuk merubah dirinya." One Punch Man

139. "Jika para pahlawan kabur semua, lalu siapa yang akan melawan kejahatan." - Saitama One Punch Man

140. "Tidak guna memberikan semangat untuk orang yang sama sekali tidak berniat apa yang dia lakukan." Hinata Shoyo Haikyuu

141. "Mengkhianati temanmu merupakan hal yang akan kau sesali sepanjang hidupmu." - Obito

142. "Sahabat tetap akan menjadi sahabat sampai kapanpun." - Uchiha Sasuke

143. "Seseorang yang gagal menolong temannya tidak pantas menjadi hokage." - Naruto

144. "Aku pernah kehilangan semuanya. Aku tak mau lagi melihat teman yang berharga bagiku tewas di hadapanku." - Uchiha Sasuke

145. "Daripada suapan terakhir makanan selezat apapun atau diejek gendut, aku lebih tidak bisa memaafkanmu kalau kau menghina sahabatku." - Chouji Akimichi

146. "Aku hanya ingin melindungi mereka, walau harus menjalani penderitaan seperti apapun." - Nagato

147. "Teman-temanmu yang akan menopang ketidakmampuanmu, dan mencegah dari hal bodoh yang mungkin akan kau lakukan." - Itachi

148. "Shinobi yang melanggar aturan memang disebut sampah. Tetapi Shinobi yang meninggalkan sahabatnya lebih rendah dari sampah." - Uchiha Obito

149. "Selamanya takkan ku biarkan ia pergi, ia adalah sasuke, sasuke adalah teman terbaikku." - Naruto

150. "Kemampuan individu seorang ninja memang penting, tetapi yang lebih penting lagi adalah kerjasama tim." - Kakashi

Itulah 110 kata bijak persahabatan yang menyentuh hati dan penuh makna mendalam. Semoga kata bijak persahabatan ini bisa menjadi sebuah ungkapan tak terlupakan yang kalian berikan untuk sahabat tercinta.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI