60 Kata-Kata Anak Pendaki yang Inspiratif, Cocok Dibaca Sebelum Naik Gunung

Kamis, 08 April 2021 17:44 Penulis: Anik Setiyaningrum
60 Kata-Kata Anak Pendaki yang Inspiratif, Cocok Dibaca Sebelum Naik Gunung
Ilustrasi (Credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Beberapa pendaki menganggap bahwa gunung merupakan tempat pulang, tempat mengadu, dan meluapkan kesedihannya. Dalam proses healing tersebut bisa jadi menjadi proses perenungan panjang, kemudian menghasilkan kata-kata anak pendaki yang inspiratif.

Bahkan, kata-kata anak pendaki yang berasal dari para penulis buku best seller seperti Fiersa Besari, Genta Kiswara, dan Reza Nufa banyak dikutip sebagai inspirasi oleh para penggemarnya. Kata-kata anak pendaki juga digandrungi banyak orang ketika dibagikan lewat media sosial.

Mungkin, energi baik dari semangat perjuangan untuk mencapai puncak itulah yang mereka dapatkan saat membaca kata-kata anak pendaki. Nah, untuk mendapatkan inspirasi, motivasi dan petuah sebelum muncak, kalian bisa membaca kata-kata anak pendaki yang dilansir dari berbagi sumber berikut ini.

 

1. Kata-Kata Anak Pendaki dalam Bahasa Inggris

Kata-kata anak pendaki dalam bahasa Inggris sebenarnya memiliki spirit yang sama dengan kata-kata anak pendaki dalam bahasa Indonesia. Namun, menulis status atau caption dengan bahasa Inggris juga hal lumrah yang bisa kalian lakukan.

Kalian bisa mengambil kata-kata anak pendaki berikut ini untuk memberi semangat atau meyakinkan diri sendiri untuk mendaki gunung.

1. "This day is yours, the mountain you want is waiting for you in his place, did not budge." (Hari ini adalah hari milikmu, gunung yang kau inginkan sedang menunggumu di tempatnya, tidak bergeming.)

2. "I have two heroes in life, one of my right leg and my left leg. They are 2 heroes take me to every summit." (Saya memiliki dua pahlawan dalam hidup, satu kaki kanan saya dan satu kaki kiri saya. Mereka adalah 2 pahlawan yang mengantarkanku kepada setiap puncak)

3. "Once again, we have not conquered the peak, but yourself." (Sekali lagi, bukanlah puncak yang harus kita taklukan, melainkan diri sendiri.)

4. "Whether the mountain will end just as the conquest or being a good friend in the formation of identity." (Apakah gunung akan berakhir hanya sebagai tempat penaklukan atau menjadi teman baik dalam pembentukan jati diri.)

5. "Do not make a mountain as satisfying ambition, he will show the sadistic side." (Jangan jadikan gunung sebagai pemuas ambisimu, dia akan memperlihatkan sisi kesadisannya.)

6. "The natural beauty is a small piece of the beauty of heaven. Why do not we keep it so that the beauty of it remains on the earth." (Keindahan alam adalah secuil kecil dari keindahan sorga. Kenapa kita tidak menjaganya supaya keindahan itu tetap ada di bumi.)

7. "Ride together in love and fall accompanied by longing." (Naik bersama cinta dan turun dibarengi rindu.)

8. "Mountains are the best teachers in the study of ego, patience and limits. No wonder someone changed after seeing the best teacher." (Gunung adalah guru terbaik dalam mempelajari ego, kesabaran dan batas kemampuan. Tak heran seseorang berubah setelah menemui guru terbaik.)

9. "When you climb a mountain, do not just focus on top. Enjoy the journey and the process with the melodious singing." (Saat kau mendaki gunung, jangan hanya berfokus ke puncak. Nikmatilah perjalanan dan proses dengan nyanyian merdu.)

10. "Walking down the track, struggling to climb, smell the soil, each playing for the hand is the answer to the puzzle of life." (Berjalan menyusuri track, bergelut dengan tanjakan, mencium bau tanah, saling mengulur tangan adalah jawaban dari teka-teki hidup.)

 

2. Kata-Kata Anak Pendaki yang Inspiratif

Sudah banyak karya yang terinspirasi oleh proses naik gunung. Kata-kata anak pendaki bisa kalian temukan di novel, puisi, lagu, bahkan film.

Kata-kata anak pendaki memang cukup berpengaruh pada minat anak muda untuk mengikuti jejak kaki mereka menuju puncak. Jika kalian tertarik, silakan simak kata-kata anak pendaki berikut ini dan rasakan sensasinya.

11. "Dunia itu seluas langkah kaki. Jelajahi dan jangan takut melangkah. Hanya dengan itu kita bisa mengerti kehidupan dan menyatu dengannya." - Soe Hok Gie

12. "Mendaki gunung mengajarkan kita untuk memahami dan belajar merendahkan angkuh."

13. "Bumi dan langit, hutan dan ladang, danau dan sungai, gunung dan laut, adalah guru yang sangat baik, dan mengajarkan sebagian dari kita lebih dari yang dapat kita pelajari dari buku-buku." - John Lubbock

14. "Puncak gunung tidak mungkin bisa dicapai hanya dengan memandangnya dari kejauhan."

15. "Orang yang merasa kagum kepada ketinggian gunung, tidak akan pernah mengukur tingginya."

16. "Hanya dengan penuh keyakinan kita mampu memindahkan gunung, namun tanpa persiapan, kita bisa tersandung oleh kerikil."

17. "Jika karakter pribadi kita adalah sebuah gunung, reputasi adalah bayangan dari gunung itu."

18. "Bagaikan mendaki gunung, tunduklah ketika mendaki, tegaklah ketika turun."

19. "Perjalanan hidup memang seperti gunung. Ketika belum mencapai puncak, maka kamu belum boleh turun."

20. "Meskipun sudah berada di atas, setidaknya sempatkan waktu untuk menengok ke bawah. Karena bagaimanapun juga, tidak dapat dipungkiri bawah hidup semua dimulai dari bawah."

21. "Kamu bisa saja berjalan sendirian, tapi akan lebih baik jika berjalan bersama teman, atau membiarkan mereka berjalan di depan, sehingga tenda dan makanan sudah siap saat kamu baru datang."

22. "Aku bukanlah seorang pecandu ketinggian, tapi aku adalah seorang yang mencari ketenangan saat dilanda masalah."

23. "Bukan tentang kesombongan, tapi tentang arti sebuah proses yang tidak mudah untuk bisa mencapai puncaknya."

24. "Rasa Lelah mendaki yang kamu rasakan akan sebanding dengan inspirasi yang kamu dapatkan."

25. "Gunung itu seperti Ibu, dia adalah tempat pelarian terbaik di saat diri kita sedang membutuhkan semangat baru."

26. "Jangan mengambil apapun selain gambar, jangan meninggalkan apapun selain jejak, Jangan membunuh apapun selain waktu."

27. "Jika ingin mengenalku lebih dalam, maka kenalilah gunung terlebih dahulu karena, aku berasal dari situ."

28. "Aku tahu bila eidelweiss itu bunga paling indah sayangnya, aku tak ingin membawanya untukmu. Tetapi, aku akan membawamu ke sana karena, kau pantas berada di tempat terindah."

29. "Ketika kamu pergi ke gunung, kamu melihat dan mengaguminya. Dalam arti tertentu, gunung memberimu tantangan, dan kamu mencoba mengungkapkan tantangan itu dengan mendakinya."

30. "Pelajari alam, cintai alam, tinggal dekat dengan alam. Itu tidak akan pernah mengecewakanmu."

 

3. Kata-Kata Anak Pendaki untuk Motivasi

Bagi pemula yang belum pernah naik gunung sama sekali, pasti banyak keraguan yang menghalangi hati. Oleh karena itu, banyak kata-kata anak pendaki yang digunakan sebagai motivasi oleh pemula.

Sudah sewajarnya anak-anak pendaki itu dianggap sebagai pendahulu yang bisa diambil ilmunya. Melalui kata-kata anak pendaki berikut ini, kalian dapat menemukan motivasi untuk mulai mendaki.

31. "Tuhan akan selalu bersama dengan seorang petualang sejati yang tidak akan pernah berhenti berpetualang."

32. "Gunung tidak hanya itu saja, selalu ada puncak yang akan kau daki walau kau sudah berada di titik tertinggi sekalipun."

33. "Beranilah untuk memulai sesuatu karena, kita tidak akan pernah tahu diri kita bila tidak pernah mencobanya."

34. "Mengenalmu sama seperti mendaki gunung yang tidak diketahui ketinggiannya."

35. "Cinta itu indah bagaikan gunung. Kalau dipandang dari sisi jauh betapa indahnya gunung itu tapi bila dilihat dari sisi dekat penuh dengan lika-liku."

36. "Jangan buang hari ini dengan mengkhawatirkan hari esok. Gunung pun terasa datar ketika kita sampai di puncaknya."

37. "Jika hatimu adalah sebuah gunung berapi, bagaimana bisa kamu mengharapkan bunga untuk mekar?"

38. "Belajar tentang alam, mencintai alam, dan tetap dekat dengan alam. Hal itu tak akan membuat kamu gagal."

39. "Bukan gunung yang harus kita taklukkan, melainkan diri kita sendiri."

40. "Keluarlah temui alam semesta yang luas, kau akan bertemu dengan hakikat kehidupan."

41. "Temani aku sampai puncak gunung, maka aku akan menemanimu sampai puncak hidupmu."

42. "Ikutlah aku mendaki, kelak kau tau bagaimana aku menjagamu."

43. "Cinta ku bawa naik, rindu ku bawa turun."

44. "Bilangnya jauh di mata dan dekat di doa, tapi nyatanya jauh di mata eh, dekatnya sama si Dia."

45. "Sakitnya udah hilang, traumanya belum."

 

4. Kata-Kata Anak Pendaki yang Cocok Dibaca Sebelum Muncak

Sebelum muncak, pastikan kalian tahu peraturan tertulis atau tidak tertulis, serta siapkan kebutuhan secara lengkap. Ketahui juga tips-tips dari kata-kata anak pendaki yang sudah terlebih dahulu naik-turun gunung.

Kalian boleh takut dan khawatir, pengalaman pertama memang jarang yang mulus-mulus saja. Nah, kalian bisa menambah kekuatan diri dengan membaca kata-kata anak pendaki berikut ini.

46. "Jika Anda tidak dapat memindahkan gunung itu, pindahkan batunya sedikit demi sedikit."

47. "Mendaki gunung itu sebuah tujuan, tujuan kita sampai ke puncak tertinggi seperti halnya kita menentukan tujuan hidup kita."

48. "Hanya dengan penuh keyakinan kita mampu memindahkan gunung, namun tanpa persiapan, kita bisa tersandung oleh kerikil."

49. "Gunung di depan mata bukanlah yang menjadi hambatan, melainkan batu kecil di sepatu yang menghambat kita."

50. "Kita mendaki gunung agar kita bisa melihat dunia ini terbentang luas. Bukan sebaliknya, agar dunia melihat kita."

51. "Jika karakter pribadi kita adalah sebuah gunung, reputasi adalah bayangan dari gunung itu."

52. "Puncak gunung tidak mungkin bisa dicapai hanya dengan memandangnya dari kejauhan."

53. "Pengalaman itu bukan pada puncaknya akan tetapi pada perjalanannya."

54. "Mendaki gunung mengajarkan kita untuk memahami dan belajar untuk merendahkan angkuh."

55. "Semakin banyak pendakian yang kita lalui maka, akan bijak pula setiap perkataan yang akan kita ucapkan."

56. "Kurang-kurangi menaruh harapan kepada siapapun, ingat konsekuensinya kecewa."

57. "Perjalanan singkat untuk rindu yang berkepanjangan."

58. "Yang dulunya jalan searah, kini tinggal sejarah."

59. "Dalam pendakian, hal terpenting adalah perjalanan menuju puncak, kita akan mendapatkan beberapa jawaban yang ada dalam hati tentang kehidupan, puncak hanyalah bonus." - Sani Ramadhan

60. "Sekarang saya tahu rahasia membentuk manusia terbaik, yakni dengan tumbuh di alam terbuka, serta makan dan tidur bersama alam."

Itulah kata-kata anak pendaki yang bisa kalian baca dan jadikan inspirasi. Kalian juga bisa mempelajari tips-tips tersirat dari kata-kata itu juga, lho, KLovers.

 

(kpl/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI