60 Kata-Kata Wanita Berhijab yang Penuh Makna, Jadi Nasihat Bijak Kaum Hawa

Rabu, 28 Juli 2021 20:11 Penulis: Dhia Amira
60 Kata-Kata Wanita Berhijab yang Penuh Makna, Jadi Nasihat Bijak Kaum Hawa
Ilustrasi (credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Dengan menutupi aurat, kita menghargai diri kita sendiri dan keluarga serta pasangan hidup. Walaupun bukan berarti wanita hijab menjadi wanita yang paling muslimah, namun dengan memperbaiki diri dengan hijab, maka Allah SWT secara perlahan akan menuntun kita ke jalan yang lebih baik. Tak heran jika ada banyak sekali nasihat baik, berupa kata-kata wanita berhijab.

Kata-kata bijak ini bisa menjadi sebuah nasihat baik untuk wanita muslimah, baik secara ibadah untuk dekat dengan Allah SWT, ataupun baik secara akhlak dalam menjalani kehidupan. Kata-kata wanita berhijab ini bahkan bisa menjadi sebuah ungkapan hati bagi para wanita berhijab itu sendiri.

Nah, bagi para KLovers yang sedang mencari sebuah kata-kata bijak Islami, berikut ini telah dilansir dari berbagai sumber, kata-kata wanita berhijab yang penuh makna mendalam. Yuk langsung saja dicek KLovers.

 

1. Kata-Kata Wanita Berhijab yang Bijak

Kata-kata wanita berhijab yang pertama yaitu ada kata-kata bijak. Ya, kata-kata ini bisa menjadi sebuah nasihat bijak yang Islami. Berikut beberapa kata-kata wanita berhijab yang bijak tersebut:

1. "Wahai saudari, matahari tidak kehilangan keindahannya saat tertutup awan. Begitu juga dengan kecantikanmu yang tidak akan pudar saat engkau mengenakan hijab."

2. "Hijab bukan hanya tentang apa yang kamu kenakan, tapi juga tentang sikap dan ucapan."

3. "Hijab bukan berarti menindas atau mengekang, tapi tentang membebaskan diri dari pandangan mata-mata yang jahat."

4. "Ini bukan sekadar hijab, ini adalah kunci kami untuk menuju surga."

5. " Hijab memaksa seorang pria untuk melihat wanita dengan hormat dan bukan sebagai sebuah objek."

6. "Allah mengangkat martabatmu melalui hijab. Ketika ada seorang pria asing melihatmu, dia akan menghormatimu, karena dia melihat bahwa dirimu bisa menghormati diri sendiri."

7. "Mengapa wanita muslimah harus mengenakan hijab? Karena kecantikan mereka diperuntukkan bagi suami mereka, bukan untuk setiap orang."

8. "Beberapa orang menganggap bahwa mengenakan hijab berarti kembali ke masa prasejarah. Tentu ini tidak benar. Lebih dari itu, orang seperti itu gagal menyadari bahwa sebenarnya berpakaian setengah telanjang berarti kembali ke zaman batu."

9. "Islam mengajarkan kamu untuk menutupi, bukan hanya sekadar membungkus."

10. "Seorang wanita yang menutup aurat itu ibarat mutiara yang berada di dalam cangkangnya."

11. "Wanita bukanlah pakaian yang bisa kamu pakai dan kamu lepas semaumu. Mereka terhormat dan memiliki haknya."

12. "Islam mewajibkan wanita menutup aurat karena Islam melindunginya dari pandangan buas para lelaki."

13. "Wanita itu sama seperti bunga. Mereka harus diperlakukan dengan lembut, baik, dan penuh kasih sayang." - Ali bin Abi Thalib

14. "Wanita muslimah yang baik akhlaknya dan bijak pembawaannya laksana mutiara di langit ketujuh, tak sembarang orang bisa melihat dan menyentuhnya."

15. "Wanita yang baik untuk lelaki yang baik. Dan lelaki yang baik adalah untuk wanita yang baik (pula)." - Surat An Nur 26

16. "Saat kau mencintai seseorang karena Allah, cinta itu tak akan pernah padam."

17. "Pria memimpikan wanita sempurna. Wanita memimpikan pria sempurna. Mereka tidak tahu bahwa Allah SWT menciptakan mereka untuk menyempurnakan satu sama lain." - Ahmad Al Sughairi

18. "Pria yang benar tak akan menjauhkanmu dari Allah. Kalau dia melakukannya, berarti dia pria yang salah." - Abdul Bary Yahya

19. "Ketika hatimu terlalu berharap kepada seseorang, maka Allah timpakan ke atas kamu pedihnya sebuah pengharapan, supaya kamu mengetahui bahwa Allah sangat mencemburui hati yang berharap selain Dia. Maka Allah menghalangimu dari perkara tersebut agar kamu kembali berharap kepada-Nya." - Imam Syafi'i

20. "Hijab tak sekadar pelindung bagi wanita melainkan menggambarkan seberapa besar kekuatan dan keindahannya."

2. Kata-Kata Wanita Berhijab yang Menyentuh Hati

Kemudian kata-kata wanita berhijab yang selanjutnya yaitu, ada kata-kata wanita berhijab yang menyentuh hati. Kata-kata ini bisa menjadi sebuah nasihat indah atau ungkapan hati yang menyentuh hati. Berikut beberapa kata-kata wanita berhijab yang menyentuh hati tersebut:

21. "Hijab menutupi tubuhku, tapi membuka pikiranku untuk mengenal keindahan yang lebih besar, yaitu Dirinya (Allah)."

22. "Wahai saudari, Suatu hari nanti tubuh kalian semua akan tertutup dari ujung kepala sampai kaki (terbungkus kain kafan). Maka jangan sampai hari terakhirmu di muka bumi ini menjadi hari pertamamu mengenakan hijab." - Dr. Bilal Philips

23. "Jadilah seperti berlian, berharga dan langka."

24. "Menutup aurat adalah cara kamu menghargai keindahan, bukan cara kamu menghindarinya." - Dr. Tariq Ramadan

25. " Kewajiban menutup aurat dimulai ketika kita sudah baligh, bukan menunggu saat kita sudah baik."

26. "Aku berhijab bukan karena aku sudah menjadi baik ataupun shalihah. Tapi ini adalah cara bagiku untuk menjadi muslimah taat yang baik dan shalihah."

27. "Hijab itu awal perbaikan. Berhijablah sambil terus memperbaiki hati dan perilaku."

28. "Muslimah berhijab bukan malaikat, namun ia sedang proses menuju taat."

29. "Satu langkah anak perempuan keluar dari rumah tanpa menutup aurat, maka satu langkah juga ayahnya mendekat ke dalam derasnya api neraka."

30. "Hijab bukan hanya untuk wanita yang pandai agamanya saja. Hijab juga bukan hanya untuk wanita yang pandai mengaji saja. Tapi hijab adalah kewajiban bagi semua wanita yang mengaku dirinya muslimah."

31. "Ketika mengambil keputusan dengan melibatkan-Nya, lalu melepaskan sesuatu yang kita senangi karena alasan-alasan syar'i. Jangan takut! Karena Allah akan menggantinya untukmu bahkan lebih, percayalah."

32. "Agama seseorang sesuai dengan agama teman dekatnya. Hendaklah kalian melihat siapakah yang menjadi teman dekatnya."

33. "Dunia ini adalah perhiasan, dan sebaik-baiknya perhiasan adalah wanita sholehah." - HR. Muslim, Ibnu Majjah dan Nasa'i

34. "Wanita yang baik adalah yang paham kebutuhan hiburan."

35. "Setiap ibu adalah madrasah bagi anak-anaknya."

36. "Dan ketahuilah, sesungguhnya kemenangan itu beriringan dengan kesabaran. Jalan keluar beriringan dengan kesukaran. Dan sesudah kesulitan, pasti akan datang kemudahan." - HR. Tirmidzi

37. "Islam menaikkan derajat wanita dari dasar bumi hingga pada akhirnya surga diletakkan di bawah kakinya."

38. "Jadilah muslimah yang memiliki dua kecantikan, cantik luar yang dilindungi hijab syar'i. Cantik dalam yang dihiasi akhlak terpuji."

39. "Manusia di zaman purba hampir telanjang. Setelah kecerdasannya berkembang, mereka mulai berpakaian. Yang kupakai sekarang ini melambangkan peradaban dan pemikiran tertinggi yang pernah dicapai manusia. Hal ini bukan suatu kemunduran. Membuka pakaian itulah kemunduran yang akan membawa kita kembali ke zaman purba." - Tawakkul Karman

40. "Bukanlah kesabaran jika masih mempunyai batas, dan bukanlah keikhlasan jika masih merasakan sakit."

3. Kata-Kata Wanita Berhijab yang Bermakna Mendalam

Dan yang terakhir yaitu ada kata-kata wanita berhijab yang bermakna mendalam. Kata-kata ini bisa menjadi sebuah ungkapan indah bagi wanita muslimah. Berikut beberapa kata-kata wanita berhijab yang bermakna mendalam:

41. "Hijab tak hanya sekedar aksesoris fisik belaka. Hijab adalah identitas. Hijab adalah refleksi ketaatan wanita kepada Allah SWT."

42. "Hijab itu payung kehidupan muslimah, tempat berteduh dari panasnya api neraka."

43. "Tutup rapatnya semua auratku bukan berarti aku suci tanpa dosa. Hanya ingin taat pada-Nya, dan menutup satu pintu dosa yang biasa dilakukan wanita."

44. "Biasakanlah anak perempuan memakai hijab syar'i sejak kecil. Sehingga saat dewasa sudah terbiasa dan tidak canggung untuk berhijab syar'i."

45. " Memang tidak semua perempuan berhijab itu baik akhlaknya. Tetapi setidaknya perempuan yang baik akhlaknya pasti berhijab, karena dia takut akan api neraka."

46. "Berhijab memungkinkan engkau dipilih karena iman, bukan karena fisik."

47. "Wanita yang menutup aurat itu, memang belum tentu dijamin surga buatnya, tapi setidaknya dia berusaha untuk menjadi ahli surga."

48. "Wanita cantik itu yang menutup auratnya, karena dia paham bahwa tubuhnya bukan untuk dikonsumsi publik."

49. "Wanita yang menutup aurat mampu mendatangkan pria yang mencintainya dengan hati. Sedangkan wanita yang memperlihatkan tubuh mampu mendatangkan pria yang mencintainya dengan nafsu."

30. "Sebaik-baik wanita adalah wanita yang menutup auratnya, dan menjadikan malu sebagai tamengnya."

50. "Dan ketahuilah, sesungguhnya kemenangan itu beriringan dengan kesabaran. Jalan keluar beriringan dengan kesukaran. Dan sesudah kesulitan, pasti akan datang kemudahan." - HR. Tirmidzi

51. "Islam menaikkan derajat wanita dari dasar bumi hingga pada akhirnya surga diletakkan di bawah kakinya."

52. "Jadilah muslimah yang memiliki dua kecantikan, cantik luar yang dilindungi hijab syar'i. Cantik dalam yang dihiasi akhlak terpuji."

53. "Manusia di zaman purba hampir telanjang. Setelah kecerdasannya berkembang, mereka mulai berpakaian. Yang kupakai sekarang ini melambangkan peradaban dan pemikiran tertinggi yang pernah dicapai manusia. Hal ini bukan suatu kemunduran. Membuka pakaian itulah kemunduran yang akan membawa kita kembali ke zaman purba." - Tawakkul Karman

54. "Bukanlah kesabaran jika masih mempunyai batas, dan bukanlah keikhlasan jika masih merasakan sakit."

55. "Menunggumu dalam kesabaran lebih indah bagiku daripada mengungkapkannya. Menantimu dalam doa lebih bermakna daripada menjelaskannya."

56. "Perhiasan terbaik seorang wanita adalah rasa malunya."

57. "Islam memperlakukan wanita dengan hormat dan bermartabat. Maka jangan mau menerima apa pun yang lebih rendah dari itu."

58. ""Wanita muslimah menggunakan mulutnya untuk mengatakan kebenaran, suaranya untuk kebaikan, telinganya untuk welas asih, dan hatinya untuk mencintai mereka yang tidak menyukainya."

59. "Jika seorang istri mengerjakan salat 5 waktu, berpuasa di bulan Ramadan, menjaga kemaluannya, menaati suaminya, niscaya akan dikatakan kepadanya, 'Masuklah ke surga." - HR. Ahmad

60. "Wanita adalah tiang negara, jika baik wanitanya baik pula negara itu, tetapi jika jelek wanitanya, maka jelek juga negara itu." - Nabi Muhammad SAW

Itulah 60 kata-kata wanita berhijab yang menyentuh hati dan penuh akan makna mendalam. Semoga kata-kata wanita berhijab ini bisa menjadi sebuah nasihat bijak untuk kehidupan agar lebih baik lagi.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI