60 Ucapan Syukur yang Indah, Jadi Bentuk Ungkapan Hati Agar Terus Bahagia

Senin, 12 Juli 2021 13:01 Penulis: Dhia Amira
60 Ucapan Syukur yang Indah, Jadi Bentuk Ungkapan Hati Agar Terus Bahagia
Ilustrasi (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Syukur merupakan sebuah cara kita menghargai setiap kejadian yang terjadi di dunia ini. Baik itu kejadian yang membuat kita bahagia, maupun yang membuat kita merasa sedih. Tak ada alasan dalam hidup untuk kita tak mengucapkan syukur. Dengan bersyukur tentu kita akan merasakan sebuah kebahagiaan dan rasa damai di dalam hati melebihi apapun. Ada banyak ucapan syukur yang bisa kita berikan ataupun lakukan.

Bisa dengan ucapan syukur dengan kata-kata indah, hingga doa yang menggetarkan hati. Bagi kalian yang selalu suka bersyukur, maka semua hal dalam hidup akan dalam bentuk positif, tak ada yang negatif walaupun itu kegagalan dan kesedihan. Karena, pada dasarnya sebuah kegagalan ataupun kesedihan merupakan tanda untuk kita lebih berhati-hati dan mengambil pelajaran untuk tak salah mengambil jalan ke depan.

Kegagalan ataupun kesedihan bukan menjadi sebuah pertanda untuk kita menyerah dan berpikir negatif pada Tuhan maupun kehidupan. Untuk para KLovers yang sedang mencari sebuah kata-kata bersyukur, maka berikut ada 60 ucapan syukur indah yang telah dilansir dari berbagai sumber. Yuk langsung saja dicek KLovers.

1. Ucapan Syukur Bentuk Rasa Bahagia

Bentuk ucapan syukur yang pertama yaitu ada ucapan syukur untuk rasa bahagia. Ya, sekecil apapun yang kita dapatkan maka harus selalu disyukuri, karena dengan begitu rasa bahagia yang sedang kita rasakan akan berlipat lagi rasanya. Untuk bijak dalam mengungkapkan rasa syukur tersebut, berikut beberapa ucapan syukur sebagai bentuk rasa bahagia tersebut:

1. "Tidak ada penderitaan yang abadi, tidak ada kebahagiaan yang abadi. Kecuali bagi yang pandai bersyukur, selamanya ia akan merasakan kebahagiaan."

2. "Bukan kebahagiaan yang menjadikan kita bersyukur, tapi bersyukurlah yang membuat kita bahagia."

3. "Bersyukurlah untuk kesalahan yang kamu buat. Itu akan mengajarkan pelajaran yang berharga."

4. "Orang yang bersyukur selalu menghiasi wajah mereka dengan senyuman."

5. "Jangan berhenti berupaya ketika menemui kegagalan. Bersyukurlah karena kegagalan adalah cara Tuhan mengajari kita arti kesungguhan."

6. "Bersyukurlah apabila kamu tidak tahu sesuatu. Karena itu memberimu kesempatan untuk belajar."

7. "Kebahagiaan tidak akan pernah sampai kepada mereka yang gagal menghargai apa yang sudah mereka miliki."

8. "Rahasia kebahagiaan itu ada dalam 3 hal: bersabar, bersyukur, dan ikhlas."

9. "Barang siapa yang tidak mensyukuri yang sedikit, maka ia tidak akan mampu mensyukuri sesuatu yang banyak." - HR. Ahmad

10. "Kesabaran itu pasti mengalahkan hari yang terberat sekalipun. Hanya yang kurang bersyukur yang kalah, hanya yang kurang mengerti yang putus asa."

11. "Saat masalahmu jadi terlalu berat untuk ditangani, beristirahatlah dan hitung berkah yang sudah kau dapatkan."

12. "Kalau selama ini hidupmu kurang menyenangkan, itu bukan berarti kamu nggak bahagia. Mungkin kamu hanya lupa untuk merasa cukup dan bersyukur."

13. "Ketahuilah bahwa rasa syukur merupakan tingkatan tertinggi, dan ini lebih tinggi daripada kesabaran, ketakutan (khauf), dan keterpisahan dari dunia (zuhud)." - Imam Al-Ghazali

14. "Bersyukur bukan hanya sebatas ucapan Alhamdulillah. Bersyukur adalah sikap. Itu adalah gaya hidup. Itu adalah cara berpikir. Teruslah bersyukur." - Nouman Ali Khan

15. "Bahagia bukan milik dia yang hebat dalam segalanya, namun dia yang mampu temukan hal sederhana dalam hidupnya dan tetap bersyukur."

16. "Orang yang bersyukur selalu menghiasi wajah mereka dengan senyuman."

17. "Jalan terindah dari kehidupan adalah mensyukuri apa yang telah kita jalani setiap hari, tanpa ada penyesalan diri."

18. "Ketika kamu mengalami masa sulit, janganlah mengeluh, syukuri masa itu, sebab di situlah kamu bisa tumbuh menjadi lebih baik."

19. "Bersyukurlah saat sukses maupun gagal. Sesungguhnya kekayaan dan kebahagiaan sejati ada dalam diri seseorang yang bersyukur."

20. "Bahagia tidak ditandai dengan apa yang terlihat di sosial media. Bahagia ada di dalam hatimu, tentang seberapa besar syukur yang hatimu rasakan."

2. Ucapan Syukur yang Memotivasi

Kemudian ucapan syukur yang selanjutnya yaitu ada ucapan syukur yang memotivasi. Ya, ucapan syukur ini sebagai bentuk motivasi kalian agar terus berusaha dan berpikir positif walaupun dalam keadaan yang terpuruk. Karena pada dasarnya sebuah kesedihan merupakan pelajaran, bukan alasan untuk kita menyerah. Berikut beberapa ucapan syukur yang memotivasi tersebut:

21. "Bersyukur adalah cara terbaik agar merasa cukup, bahkan ketika berkekurangan. Jangan berharap lebih sebelum berusaha lebih."

22. "Seringkali kita hanya melihat satu waktu saat kita sakit dan melupakan 99 kali saat kita sehat. Kapan saja kita kehilangan rasa syukur, maka kita akan kehilangan sifat iman kita." - Sheikh Kamaluddin Ahmed

23. "Jangan pernah lupa untuk selalu bersyukur dan berbagi adalah salah satu cara untuk bersyukur atas nikmat-Nya."

24. "Jangan hanya berterima kasih kepada Allah ketika semuanya berjalan baik, terima kasih kepada-Nya bahkan ketika segala sesuatunya terasa sulit."

25. "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, namun jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangatlah pedih." - QS. Ibrahim: 7

26. "Jika kita saja tidak merasa bersyukur atas apa yang sudah kita miliki, lalu apa yang membuat kita berpikir bahwa kita akan bahagia dengan memiliki yang lebih banyak?"

27. "Jika Allah memberi kamu nikmat sepotong roti saja, syukurilah itu, karena Allah tidak membuat kamu meminta-minta kepada orang lain untuk mendapatkan itu."

28. "Tak peduli seberapa baik atau buruknya hidupmu, bangunlah setiap pagi dan bersyukurlah bahwa kamu masih memilikinya."

29. "Selalu ada lebih banyak hal yang patut untuk disyukuri daripada mengeluh."

30. "Jalan terindah dari kehidupan adalah mensyukuri apa yang telah kita jalani setiap hari, tanpa ada penyesalan diri."

31. "Ada masa ketika kamu tidak mengetahui akan sesuatu, janganlah berkecil hati, syukurilah hal itu. Sebab, itu adalah kesempatan yang diberikan kepadamu untuk belajar."

32. "Tidak ada penderitaan yang abadi, tidak ada kebahagiaan yang abadi. Kecuali bagi yang pandai bersyukur, selamanya ia akan merasakan kebahagiaan."

33. "Sebelum kamu mengeluh tentang rasa dari makananmu, pikirkan tentang seseorang yang tidak punya apapun untuk dimakan."

34. "Kegagalan memang banyak menghancurkan, tetapi janganlah berhenti untuk berupaya. Syukuri saja terjadinya kegagalan, sebab itu adalah pelajaran dari Tuhan tentang kesungguhan."

35. "Bersyukurlah bagaimanapun keadaanmu saat ini. Kebahagiaan dimulai dari rasa syukur yang selalu dipanjatkan."

36. "Bersyukur adalah cara terbaik agar merasa cukup, bahkan ketika berkekurangan. Jangan berharap lebih sebelum berusaha lebih."

37. "Jangan sepelekan hal yang kecil, karena sesuatu yang besar itu berasal dari hal-hal yang kecil."

38. "Ketika kamu mampu tuk selalu bersyukur atas apa yang telah kamu miliki, Tuhan akan memberikanmu lebih."

39. "Bersyukur itu jauh lebih mulia daripada mengeluh tanpa rasa senang sedikitpun. Bersyukur membebaskan diri dari belenggu kecemasan atas kesalahan."

40. "Bersyukur atas segala nikmat Tuhan. Nikmat yang tampak pun nikmat yang tidak tampak. Nikmat lahir pun nikmat batin."

3. Ucapan Syukur Dalam Menjalani Kehidupan

Dan yang terakhir yaitu ada ucapan syukur dalam menjalani sebuah kehidupan. Ya, hidup merupakan sebuah hal utama yang harus kita syukuri setiap harinya. Masih hidup dan masih diberikan sebuah kesempatan untuk terus berjuang, tentu menjadi sebuah hal yang harus kita syukur. Dan berikut ini beberapa ucapan syukur dalam menjalani hidup tersebut:

41. "Seringkali kita menyalahkan apa yang bisa kita capai. Tanpa mensyukuri apa yang sudah kita punyai."

42. "Tanpa adanya rasa syukur di dalam hidupmu, maka hidup akan terasa sulit dan dipenuhi dengan segala keluh kesah."

43. "Ciri kelalaian manusia adalah sering mengeluh ketika sedang diuji dan jarang bersyukur ketika mendapatkan nikmat."

44. "Berdoalah agar dijadikan orang yang pandai bersyukur. Karena syukur mampu menjadikanmu bahagia di setiap saat dan keadaan."

45. "Bahagia bukan milik dia yang hebat dalam segalanya, namun dia yang mampu temukan hal sederhana dalam hidupnya dan tetap bersyukur."

46. "Hidup yang berkelimpahan datang pada mereka yang senantiasa bersyukur saat keadaan mereka terpuruk."

47. "Apapun yang terjadi tetaplah bersyukur, jangan sampai penderitaan membuatmu lupa bagaimana cara untuk bersyukur."

48. "Bersyukur bisa membawamu ke dalam kedamaian hati, sebab bisa membebaskan diri dan hati dari belenggu rasa cemas dan kesalahan."

49. "Bahagia itu sederhana. Sesederhana senyum dan syukur yang kita panjatkan atas apa yang telah kita miliki."

50. "Bahagialah secukupnya, sedih seperlunya, mencintai sewajarnya, membenci sekadarnya, dan bersyukurlah sebanyak-banyaknya."

51. "Rasa syukur akan menambahkan nikmat yang sedikit, dan akan melipatgandakan sesuatu yang banyak."

52. "Orang yang ikhlas dan pandai bersyukur akan selalu mendapat jalan keluar dari setiap masalah."

53. "Ya Tuhan, aku berterima kasih dan bersyukur kepada-Mu, sebab telah diberi tempat yang indah di sekeliling orang-orang yang menyayangi dan mendukung diriku."

54. "Gunakanlah syukur ketika engkau dicintai, dan gunakan sabar ketika engkau dibenci."

55. "Ingatlah, disaat kita lelah dan mengeluh tentang pekerjaan. Pikirkan tentang pengangguran, orang-orang cacat, yang berharap mereka mempunyai pekerjaan seperti kamu."

56. "Mimpi membuat hidup bergairah, bersyukur membuat hidup bahagia."

57. "Bersyukur itu jauh lebih mulia daripada mengeluh tanpa rasa senang sedikitpun. Bersyukur membebaskan diri dari belenggu kecemasan atas kesalahan."

58. "Terkadang hidup yang kau keluhkan adalah hidup yang sangat didambakan oleh orang banyak."

59. "Kehidupan itu indah, tapi ada jalannya masing-masing, carilah jalan terindah untukmu. Dengan selalu mensyukuri apa yang dijalani setiap hari, tanpa ada rasa penyesalan di dalam hati, itulah jalan kehidupan terindah."

60. "Kebanyakan dari kita tidak mensyukuri apa yang sudah kita miliki, tetapi kita menyesali apa yang belum kita capai."

Itulah 60 ucapan syukur yang indah dan penuh makna mendalam. Ucapan syukur ini juga bisa menjadi sebuah bentuk ungkapan hati kalian agar terus merasa bahagia dalam menjalani kehidupan di dunia.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI