64 Kata-Kata Tausiyah Cinta Menyejukkan Hati, Inspirasi untuk Mencintai secara Bijaksana

Jum'at, 06 Agustus 2021 16:33
64 Kata-Kata Tausiyah Cinta Menyejukkan Hati, Inspirasi untuk Mencintai secara Bijaksana
Ilustrasi (credit: shutterstock)


Kapanlagi Plus - Dalam agama Islam, cinta dipandang sebagai satu anugerah yang luar biasa. Dengan cinta, kedamaian di dunia bisa tercipta. Pasalnya, cinta merupakan lawan dari kata benci yang bisa menyulut amarah, pertengkaran, dan perpecahan. Oleh sebab itu, setiap umat Islam dianjurkan untuk bisa saling mencintai sesama manusia. Kata-kata tausiyah cinta bisa jadi motivasi untuk umat Islam agar lebih menebarkan kasih sayang di dunia.

Cinta pada sesama manusia juga akan melahirkan toleransi. Namun tak saja pada sesama manusia, Islam juga mengajarkan umatnya untuk mencintai makhluk lain seperti hewan dan tumbuhan. Cinta yang sedemikian universal tak saja akan menciptakan dunia yang damai, tapi juga lestari, penuh berkah dan ketenangan.

Dalam kaitannya cinta terhadap pasangan, islam juga mengajarkan cara mencintai pasangan dengan lembut dan penuh kasih. Kata-kata tausiyah cinta terhadap pasangan, akan membawa setiap suami istri menuju rumah tangga yang bahagia dan harmonis.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut kata-kata tausiyah cinta yang penuh makna dan menyejukkan hati.

 

 

1. Kata-Kata Tausiyah Cinta Menyejukkan Hati

Cinta sejatinya perasaan tulus yang bisa dirasakan oleh siapa saja. Itulah sebabnya, segala hal tentang cinta terasa begitu menyentuh dan menyejukkan hati. Berikut kata-kata tausiyah cinta yang menyentuh dan menyejukkan hati.

1. "Cinta kita adalah yang terbaik karena imanku bertambah. Kau membantuku di dunia dan karena itu aku ingin kembali bertemu denganmu di surga."

2. "Allah tahu apa yang terbaik buat kamu dan kapan waktu yang tepat untuk kamu memilikinya."

3. "Jangan biarkan cintamu menjadi keterikatan atau kebencianmu menjadi kehancuran." - Umar bin Khattab

4. "Kekayaan yang sebenarnya bukan terukur dari banyaknya harta melainkan dari kekayaan hati yang dimiliki oleh setiap insan."

5. "Dipilih karena fisik dan rupa mungkin akan sedikit membanggakan tetapi dipilih karena pondasi agama akan lebih mengagumkan."

6. "Temukan pasangan hidup yang bisa membimbingmu, bukan hanya di dunia, tapi juga di akhirat."

7. "Mencintai Allah adalah setinggi-tingginya cinta. Sempurnakan cintamu pada Allah sebelum engkau melabuhkan cintamu pada makhluk-Nya."

8. "Kamu harus tegaskan pada mereka yang terbiasa mencibirmu, bahwa jomblo bukan berarti sok suci. Jomblo itu sikap diri untuk taat pada Allah."

9. "Untuk semua kepedihan yang kamu alami, bersabar dan bertahanlah, karena Allah tahu di mana batas kemampuanmu."

10. "Wahai Dzat yang membolak-balikkan hati, teguhkanlah hatiku di atas agamamu." - HR. Trimidzi, Ahmad dan hakim

11. "Allah telah menuliskan nama pasanganmu. Yang perlu kau lakukan adalah memperbaiki hubunganmu dengan-Nya."

12. "Untukmu yang bertahan tetap memilih suci dalam penantian. Semoga Allah segerakan jodoh yang datang untukmu."

13. "Bukan Allah tak tahu betapa sepinya hatimu, Allah juga tahu kau mampu untuk bertahan dalam ketaatan hingga datang seorang manusia membawamu terbang ke pulau impian."

14. "Jika kamu merasa punya Allah, lantas mengapa bersedih terlalu lama hanya karena urusan cinta."

15. "Allah menguji kita dengan sesuatu yang kita cintai, maka janganlah berlebihan mencintainya agar saat sedih tidak berlebihan."

 

 

2. Kata-Kata Tausiyah Cinta Bijak

Beberapa orang percaya cinta tak sekadar perasaan biasa. Cinta adalah hal luar biasa yang membawa banyak keberkahan. Dari cinta, seseorang juga bisa belajar kebijaksanaan tentang bagaimana seharusnya memperlakukan orang lain dengan penuh kasih sayang. Berikut kata-kata tausiyah cinta yang mengandung pesan bijak.

16. "Jangan pernah mati-matian hanya untuk mengejar sesuatu yang tidak bisa dibawa mati." - Emha Ainun Najib

17. "Aku akan memohon pada Allah SWT untuk berjumpa denganmu dua kali, sekali di dunia ini dan sekali lagi di surga."

18. "Allah menguji kita dengan sesuatu yang kita cintai, maka janganlah berlebihan mencintainya, agar saat sedih tidak berlebihan."

19. "Orang yang benar-benar mencintaimu tidak akan pernah meninggalkanmu sekalipun engkau menjadi duri yang menghadang di hadapannya."

20. "Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu, boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui." - QS. Al Baqarah ayat 216

21. "Orang kuat bukan berarti ia tidak pernah menangis, tetapi orang yang terus istiqomah dalam menghadapi setiap ujian dan godaan."

22. "Memang benar cinta tidak akan membuat dunia berputar tetapi cinta yang berputar di dunia bisa membuat perjalanan di dunia sangat berharga."

23. "Cinta kepada Allah adalah puncaknya cinta. Lembahnya adalah cinta kepada sesama." - Nabi Muhammad SAW

24. "Kalau sayang cukuplah doakan dunia dan akhirat untuknya, kalau cinta bimbinglah ia ke jalan yang benar. Bukan malah diajak kencan bareng."

25. "Siapa pun bisa jatuh cinta, tapi hanya orang yang kuat yang akan menjaga cinta itu tetap halal."

26. "Cinta sejati berarti saling membantu untuk menggapai surga, bukan saling berpegangan tangan dan berjalan menuju api neraka."

27. "Cinta itu antara menghalalkan dan meninggalkan karena Tuhan, atau tetap bertahan dalam sebuah kemaksiatan."

28. "Tidak ada solusi yang lebih baik bagi dua insan yang saling mencintai dibanding pernikahan." - HR. Ibnu Majah

29"Takkan datang ridha Allah pada hubungan yang melanggar larangan Allah."

30. "Sifat malu adalah jubah emas yang diwajibkan oleh Allah untuk seorang wanita dalam menjaga kehormatannya."

31. "Cinta bukan hanya sekedar ucapan, namun harus dibarengi dengan pengorbanan. Mencintai dan dicintai itu adalah anugerah terindah dari Allah subhanahu wata'ala."

32. "Pasangan paling bahagia di dunia ini tidak pernah memiliki sifat yang sama. Mereka hanya saling memahami dengan baik tentang perbedaan yang mereka miliki."

 

 

3. Kata-Kata Tausiyah Cinta Penuh Makna

Cinta adalah hal yang sangat bermakna di dunia ini. Karenanya, cinta selalu digambarkan sebagai suatu hal yang sangat berharga. Wajar jika dalam kata-kata cinta selalu digambarkan dalam kalimat yang penuh makna. Berikut kata-kata tausiyah cinta yang punya makna mendalam.

33. "Cinta bukan melemahkan hati, bukan membawa putus asa, bukan menimbulkan tangis sedu sedan. Tetapi cinta menghidupkan pengharapan, menguatkan hati dalam perjuangan menempuh onak dan duri penghidupan." - Buya Hamka

34. "Cinta sejati tidak berakhir dengan kematian. Jika Allah SWT menghendaki, cinta itu akan berlanjut sampai ke surga."

35. "Wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik pula." - QS An Nuur 26

36. "Jika kau mencintai seseorang, biarkan ia pergi. Kalau ia kembali, ia adalah milikmu. Bila tidak, ia memang tidak pernah jadi milikmu." -Khalil Gibran

37. "Lebih baik kehilangan cinta seseorang karena Allah. Dari pada kehilangan Allah hanya karena cinta seseorang."

38. "Dalam diam, aku memperjuangkan cintamu dalam doaku."

39. "Seseorang di tanya apa itu cinta? Cinta itu di kala akhir hayat Rasulullah memohon ampun untuk meringankan rasa sakit sakaratul maut yang dirasakan umatnya."

40. "Jangan pernah berhenti dalam berharap, karena Allah itu lebih tau kapan waktu yang tepat untuk mengabulkan permintaanmu."

41. "Jangan buat seseorang mencintaimu jika kamu tak siap tuk berikan hatimu. Cinta tak berbalas itu menyakitkan."

42. "Ingatlah Allah saat hidup tak berjalan sesuai keinginanmu. Allah pasti punya jalan yang lebih baik untukmu."

43. "Bila hijrah yang kamu lakukan murni karena Alah SWT, maka kamu akan tetap melangkah meskipun dalam keadaan lelah."

44. "Walaupun kamu dapat memberikan bulan dan bintang, dunia dan seluruh isinya, namun itu semua belum cukup untuk membalas kasih sayang, cinta dan pengorbanan seorang ibu."

45. "Sebenarnya cinta ialah suatu keadaan di mana kebahagiaan orang lain lebih penting dari kebahagiaan diri sendiri."

46. "Cukup Allah menjadi pendengar setiamu, ketika tidak ada satupun yang percaya dengan apa yang kamu ucapkan."

47. "Semua manusia tentu tak mau dirinya berlumuran dosa, namun seolah buta ketika dosa itu berwujud cinta."

48. "Bersyukurlah bila dalam penantianmu kau tetap gigih dalam kesendirian, sebab artinya kau telah memuliakan jalan Allah."

49. "Ku titipkan cinta ini hanya pada-Mu, jagalah hatiku dan hatinya dari rasa kecewa, hingga waktu itu tiba. Persatukanlah kami dalam restu dan ridha-Mu."

50. "Hidup bersama siapa adalah suatu pilihan, tetapi hidup untuk Allah adalah suatu keharusan."

 

4. Kata-Kata Tausiyah Cinta Romantis

Cinta identik dengan hal-hal yang romantis dan manis. Karenanya, cinta mampu membawa kesejukan dalam hati, bahkan kedamaian di kehidupan dunia. Berikut kata-kata tausiyah cinta yang bisa bangun suasana romantis.

51. "Cinta tak pernah meminta untuk menanti. Ia mengambil kesempatan, atau mempersilakan. Yang pertama adalah keberanian, yang kedua adalah pengorbanan." - Salim A. Fillah

52. "Cinta kita adalah yang terbaik karena imanku bertambah. Kau membantuku di dunia, dan karena itu aku ingin kembali bertemu denganmu di surga."

53. "Saat aku kehilanganmu, maka aku tidak akan jauh-jauh mencarimu. Tapi cukuplah aku mencarimu di dalam lubuk hatiku yang engkau selalu berada di sana."

54. "Jika aku jatuh cinta, cintakanlah aku pada seseorang yang melebihkan cintanya padamu, agar bertambah kekuatanku untuk lebih mencintaimu."

55. "Ketika seorang suami dan istri saling berpandangan dengan penuh cinta, Allah melihat mereka dengan belas kasih." - HR. Bukhari

56. "Aku mencintaimu itu bukan tanpa alasan, tapi karena kesederhanaanmu yang tiada kutemukan pada orang selain dirimu."

57. "Jangan berhenti berdoa untuk yang terbaik bagi orang yang kau cintai." - Ali bin Abi Thalib

58. "Aku ingin cinta yang akan berkata: 'Bahkan kematian pun tidak akan memisahkan kita, karena kelak kita akan dipertemukan kembali di surga, Insyaallah'."

59. "Tak pernah terlupa, selalu ku sebut namanya dalam setiap doaku. Ya Allah jagalah hatinya hanya untukku, meski ada jarak yang memisahkan kita."

60. "Tidak ada wanita di belakang seorang pria hebat. Wanita itu ada di sampingnya. Ia ada bersamanya, bukan di belakangnya." - Tariq Ramadan

61. "Aku akan memohon kepada Allah untuk berjumpa denganmu dua kali, sekali di dunia ini dan sekali lagi di surga."

62. "Kalau aku mencintai karena Allah, cintamu tak akan pernah mati."

63. "Cinta pada Allah sama seperti cahaya terang. Tanpanya, kamu bagaikan terombang-ambing di lautan kegelapan." - Ibnu Qayyim

64. "Cinta seorang ibu itu menenangkan, cinta seorang ayah itu menguatkan."

Itulah di antaranya 64 kata-kata tausiyah cinta yang penuh makna dan menyejukkan hati. Semoga bermanfaat dan bisa menginspirasi kalian untuk lebih mencintai pasangan dan sesama makhluk ciptaan Allah SWT.

 

(kpl/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI