60 Kata-Kata Meninggalkan Bijak, Cocok Jadi Ungkapan Kehilangan Mendalam

Kamis, 05 Agustus 2021 17:33 Penulis: Anik Setiyaningrum
60 Kata-Kata Meninggalkan Bijak, Cocok Jadi Ungkapan Kehilangan Mendalam
Ilustrasi (Credit: Shutterstock)


Kapanlagi Plus - Kalian boleh berbahagia jika dipertemukan dengan seseorang yang baik dan pengertian. Keberuntungan seperti itu memang tak didapat semua orang. Namun, jika suatu saat orang tersebut mengungkapkan kata-kata meninggalkan, kalian juga harus siap.

Pertemuan memang identik dengan perpisahan, bahkan kalian tak bisa menebak kapan waktu itu akan tiba. Jika kalian terpaksa mendengar kata-kata meninggalkan dari orang tercinta, percayalah bahwa itu merupakan sesuatu yang mesti kalian terima. Menahannya pun tak akan mengubah banyak.

Setelah itu, kalian perlu memperhatikan keadaan emosi diri sendiri. Carilah teman yang bisa mendengar curahan hati atau rasa kehilangan yang mendalam. Jika tak mau melakukannya, kalian bisa melakukan perenungan. Membaca kata-kata meninggalkan yang penuh petuah bijak berikut ini.

1. Kata-Kata Meninggalkan Bijak

Mengungkapkan rasa sakit ketika kehilangan itu tak mudah, tak semua orang bisa melakukannya. Jika kalian termasuk tipe yang seperti itu, cobalah mencari pengalihan. Misalnya dengan membaca kata-kata meninggalkan penuh pesan bijak seperti berikut ini.

1. "Waktu meninggalkan kita, tapi selalu meninggalkan jejak." -Nathaniel Hawthorne

2. "Beberapa pergi tak mengenal pulang. Beberapa salah tak mengenal maaf. Beberapa belum tak mengenal sudah. Beberapa lara tak mengenal rela. - Fiersa Besari

3. "Kini dia meninggalkanku tanpa sempat mendengarku mengungkapkan perasaan. Semudah ketika aku meninggalkannya tanpa kalimat perpisahan." -Dwitasari

4. "Saat ini aku menangis bukan karena kau meninggalkanku tapi aku menangis karena sulit bagiku untuk melupakan cinta yang pernah ada dalam hidup kita." -Agnes Davonar

5. "Bagaimana mungkin aku pergi jika bayanganmu masih saja menghiasi mimpi?" -Wira Nagara

6. "Kadang manusia harus sampai kepada titik kehilangan untuk mengerti arti sebuah kehadiran, kasih sayang & kesetian."

7. "Kehilangan membuat kita belajar untuk menerima dan mensyukuri dengan apa yang masih kita miliki."

8. "Tuhan memberikan ujian berupa kegagalan dan kehilangan pada kita untuk mengajarkan hikmah didalamnya."

9. "Kadang, kamu harus kehilangan seseorang sebelum akhirnya menyadari betapa berartinya dia dalam hidupmu."

10. "Kita bisa menulis seribu kata perpisahan. Tapi yang kita rasakan hanya satu, yaitu kehilangan."

11. "Tak peduli apa yang telah hilang, selama kamu masih mampu bersyukur pada Tuhan, kamu tak kehilangan apapun."

12. "Belajarlah memiliki sebelum kehilangan yang menjelaskan."

13. "Arti sebuah kehadiran akan terasa saat kehilangan telah merenggutnya, jika itu terjadi, maka hanya penyesalanlah yang akan tercipta."

14. "Sadari dan hargailah apa yang kita punya, karena itu adalah bentuk rasa syukur dan menghargai diri kita sendiri."

15. "Terimakasih karena sebelumnya telah banyak memberiku kebahagiaan. Kini aku tahu, salah satu bentuk dari mencintai adalah merelakan ia pergi."

16. "Hari ini, aku ingin membicarakan rasa kehilangan dengan bahagia. Aku tidak akan mengingatmu lagi sebagai kenangan, tetapi pelajaran. Terima kasih untuk semua pengalaman yang kamu ciptakan."

17. "Terima kasih sudah datang ke hidupku dan membuatku bahagia, terima kasih sudah mencintaiku dan menerima cintaku. Tapi yang terpenting, terima kasih sudah menyadarkanku bahwa ada waktu di mana akhirnya aku bisa merelakanmu pergi."

18. "Kehilangan yang paling berat adalah kenyataan bahwa aku terlambat membahagiakanmu."

19. "Bahkan kehidupan yang bahagia tak akan pernah lepas dari kesedihan. Aku kehilanganmu, namun aku akan berbahagia untukmu."

20. "Aku akan membiarkanmu pergi, selamat mencari bahagiamu, wahai bahagiaku."

2. Kata-Kata Meninggalkan Sebagai Ungkapan

Emosi seseorang setelah tahu bahwa dirinya ditinggalkan biasanya akan meluap. Agar tak menjadi kemarahan, kalian bisa mencari cara untuk meredamnya. Cobalah untuk menceritakannya kepada teman atau sekadar mengekspresikannya lewat kata-kata meninggalkan sebagai ungkapan kehilangan berikut ini.

21. "Terkadang ada kalanya orang sabar itu meninggalkan apa yang membuatnya sabar ketika semua pengorbanan, ketulusan kesetiaan, dan cinta tidak pernah dihargai lagi." -Indah Riyana

22. "Hidup bisa menjadi indah jika orang akan meninggalkan Anda sendirian." -Charlie Chaplin

23. "Cinta tidak akan pernah meninggalkan kita sendirian." -Bob Marley

24. "Tebarkanlah cinta kemanapun engkau pergi. Jangan ada seorang pun yang datang menemuimu tanpa menjadi lebih bahagia ketika meninggalkanmu." -Bunda Teresa

25. "Jangan sekali-kali percaya pada kasih sayang yang datang tiba-tiba, karena dia akan meninggalkanmu dengan tiba-tiba pula." -Pythagoras

26. "Mungkin sudah saatnya aku belajar melepaskan, meski aku masih tak menyadari bahwa sumber kebahagiaanku akan benar-benar pergi."

27. "Terimakasih untuk bahagia yang kau ciptakan. Kini aku merindukan semua yang kau berikan. Aku kehilangan, itu saja."

28. "Aku memang merasa kehilangan, tapi melihatmu bahagia, itu sudah cukup."

29. "Jagalah dengan baik orang-orang yang telah membuatmu bahagia, sebelum kamu benar-benar merasa kehilangan. Sebab penyesalan tidak akan bisa mengubah sesuatu yang sudah hilang."

30. "Terkadang, hal terbaik yang bisa kamu lakukan untuk seseorang yang kamu cintai adalah melepaskannya. Bebaskan ia. Doakan kebahagiaan untuknya dan bebaskan ia. Bebaskan dirimu"

31. "Kau tak kan bisa kehilangan apa yang tak pernah kau miliki. Kau tak kan bisa memaksa bertahan pada seseorang jika dia ingin pergi"

32. "Semacam tidak memiliki namun takut kehilangan. Semacam tak punya status tapi merasakan kecemburuan."

33. "Hal yang membuat perasaanmu tersayat bukanlah perpisahan. Namun, karena adanya perasaan kehilangan terhadap seseorang yang padahal bukan milikmu."

34. "Salah satu hal yang paling menyedihkan dalam hidup adalah ketika kamu begitu takut kehilangan seseorang yang bahkan bukan milikmu."

35. "Tidak memiliki tapi takut kehilangan, jangan egois kawan. Perjuangan itu perlu, hasil tidak pernah munafik."

36. "Tidak ada yang namanya kehilangan jika salah satu tidak berniat melepaskan. Tapi sudahlah, aku sedang berusaha mengikhlaskan seseorang yang memang bukan untukku."

37. "Hal yang menyakitkan ketika kamu kehilangan seseorang adalah kenyataan bahwa dia tidak berusaha untuk mempertahankan hubungan kalian."

38. "Jika kelak kamu merasakan kehilangan sesuatu hal, setidaknya aku harap kamu masih mengingat siapakah yang dulu pernah kamu biarkan begitu saja untuk pergi."

39. "Seseorang yang pernah merasakan kehilangan sesuatu mengira bahwa hal tersebut merupakan miliknya selamanya. Namun, pada akhirnya ia akan menyadari bahwa di dunia ini tidak ada satupun yang akan menjadi miliknya."

40. "Saat kita kehilangan orang yang kita cintai, air mata yang jatuh memanggil kenangan tentang waktu di saat kita saling mencintai, yang selalu terasa kurang."

3. Kata-Kata Meninggalkan Sebagai Ungkapan Kehilangan

Kehilangan sesuatu yang berharga atau orang terkasih memang situasi yang sulit. Sebagai usaha untuk mengurangi kesedihan, kalian bisa mengungkapkan perasaan itu melalui kata-kata meninggalkan seperti berikut ini.

41. "Banyak orang keluar masuk dalam kehidupan Anda, tapi hanya sahabat sejati yang akan meninggalkan jejak kaki di sanubari Anda." -Eleanor Roosevelt

42. "Terkadang kita harus meninggalkan sesuatu yang penting demi sesuatu yang jauh lebih penting." -Dwitasari

43. "Masalah hidup seperti ombak tepi pantai, ia akan datang tapi pada saatnya ia akan pergi." -Harry Slyman

44. "Terkadang, ketika kamu kehilangan seseorang yang kamu cintai, kamu akhirnya menemukan dirimu kembali."

45. "Terkadang kamu harus mengalah atau kamu akan kehilangan seseorang yang kamu sayangi dan cintai hanya karena sikap keras kepala yang kamu miliki."

46. "Kehilangan dia yang kamu cintai sama dengan kehilangan kebahagiaan."

47. "Memang terasa sangat menyakitkan kehilangan seseorang yang kita cintai. Namun hal tersebut bukanlah akhir dari semuanya. Meskipun tanpa dia kita harus bisa bahagia."

48. "Aku begitu mencintaimu, hingga aku melepaskanmu meski aku tak mampu melupakanmu."

49. "Kadang kamu memilih untuk membiarkan cinta itu pergi. Tapi bukan karena tak ada cinta, melainkan takut mencintai lalu kehilangan lagi."

50. "Saat kita kehilangan oarang yang kita cintai, aor mata akan memanggil kenangan, dan kita akan terus merasa kurang."

51. "Dalam hidup, kadang kamu akan kehilangan orang yang kamu cintai. Mereka memang tak ada dikehidupanmu lagi, namun tetap ada didalam hati."

52. "Saling menguatkan saat satu di antara kita mulai lemah. Bukan meninggalkan dan mencari yang baru." -Boy Candra

53. "Jangan tangisi dia yang meninggalkanmu demi orang lain. Jika dia cukup bodoh melepasmu, kamu harus cukup pintar melupakannya." -Nazril Irham

54. "Lupakan dia yang pernah meninggalkanmu demi yang lain. Meski cinta, jangan biarkan dirimu kembali terluka untuk alasan yang sama." -Nazril Irham

55. "Semua ini juga akan hilang meninggalkanmu atau kau tinggalkan. Apa gunanya merasa kau yang paling hebat?" -Boy Candra

56. "Aku meninggalkanmu dalam suasana hati yang kelam. Langkahku tak tegak seolah kehilangan tempat berpijak." -Kristin Fourina

57. "Di hari terburuk dalam hidupmu, percayalah bahwa Tuhan tak akan pernah meninggalkanmu." -Primadonna Angela

58. "Meninggalkanmu berarti mati." -Pierre-Jean de Beranger

59. "Selama Tuhan masih mengijinkanku untuk hidup, aku tidak akan pernah meninggalkanmu." -Frisca Marth

60. "Aku harap aku mengerti bagaimana meninggalkanmu." -Annie Proulx

Nah, itulah kata-kata meninggalkan yang cocok dijadikan pelajaran bijak untuk memaknai rasa kehilangan dan mengungkapkannya.

(Sumber: Brilio.net, Jagokata.com)

(kpl/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI