7 Moisturizer Cocok untuk Kulit Berminyak, Ketahui Juga Bahan yang Perlu Dihindari

Minggu, 18 Juli 2021 11:33 Penulis: Anik Setiyaningrum
7 Moisturizer Cocok untuk Kulit Berminyak, Ketahui Juga Bahan yang Perlu Dihindari
Ilustrasi (Credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Seseorang dengan kulit berminyak, biasanya sering dilema jika dihadapkan pada berbagai merk pelembap atau moisturizer. Menentukan bahan moisturizer untuk kulit berminyak memang tak boleh sembarangan, tapi tak bisa jadi alasan bagi kalian untuk tak memakainya. Moisturizer sangat dibutuhkan untuk melindungi kulit dan menjaganya agar tetap terhidrasi.

Bahkan, bisa dikatakan bahwa moisturizer merupakan skincare wajib meski hanya di rumah seharian. Pemilihan bahan moisturizer untuk kulit berminyak berbeda dari jenis kulit lain. Hal ini karena, kulit berminyak lebih banyak mengandung minyak alami dari wajah jadi tak perlu ditambah dengan kandungan yang ada dalam produk pelembap.

Jika kalian tak hati-hati dalam memilih bahan moisturizer untuk kulit berminyak, itu hanya akan memperburuk kondisi wajah yang pada dasarnya rentan mengalami masalah seperti jerawat dan komedo. Oleh karena itu, kalian perlu menyimak informasi mengenai beberapa bahan moisturizer yang cocok bagi kulit berminyak kalian.

 

1. Bahan Moisturizer untuk Kulit Berminyak

1. Berbahan Dasar Air

Terdapat beberapa jenis pelembap wajah yang biasanya tersebar di pasaran, yaitu, lotion, gel, dan krim. Bahan moisturizer untuk kulit berminyak biasanya berbentuk losion dan gel karena mengandung banyak air. Kalian perlu memperhatikan jenis ini karena jenis krim perlu disesuaikan dengan tipe kulit.

Krim tak cocok untuk kulit berminyak karena lebih banyak mengandung minyak, sedangkan pelembab yang water based lebih cocok untuk kulit berminyak karena akan terasa lebih ringan saat diaplikasikan ke wajah.

2. Non-comedogenic

Kulit yang berminyak biasanya akan terlihat lebih berkilau karena penumpukan minyak berlebih. Jika tak rutin dibersihkan, hal tersebut bisa menyebabkan komedo hingga jerawat.

Selain proses pembersihan yang rutin, kalian juga perlu memperhatikan bahan moisturizer untuk kulit berminyak yang berlabel non-comedogenic. Label tersebut menjadi tanda bahwa produk tersebut tak menyebabkan komedo saat diaplikasikan ke wajah. Hal itu yang membuat pelembab ini menjadi cukup ramah untuk kulit berminyak karena kandungannya tak berpotensi menyumbat pori-pori.

3. Bebas Minyak

Selain label non-comedogenic, kalian juga perlu memastikan label oil-free pada kemasan pelembap. Produk dengan label oil-free merupakan pilihan bahan moisturizer untuk kulit berminyak yang tepat.

Pasalnya, kandungan minyak di produk tersebut bisa membuat kotoran di wajah makin menumpuk, terutama di daerah T, yakni dahi, hidung, dan dagu. Oleh karena itu, pori-pori bisa terlihat besar dan wajah pun tampak kasar serta kusam.

4. Hyaluronic Acid

Hyaluronic acid merupakan zat yang berfungsi mempertahankan kelembapan kulit dengan cara menarik partikel air ke lapisan kulit paling atas. Produk skincare yang satu ini sedang ngetren di pasaran karena sifatnya yang ringan dan tidak berisiko menyumbat pori-pori.

 

2. Bahan Moisturizer untuk Kulit Berminyak Lainnya

5. Glycolic Acid

Bahan moisturizer untuk kulit berminyak yang satu ini bisa membuat kulit lebih halus karena mendorong regenerasi sel-sel kulit mati. Hal tersebut terjadi karena glycolic acd atau asam glikolat yang merupakan golongan alpha hydroxy (AHA) berfungsi mengurangi produksi sebum di wajah.

Oleh karena itu, pori-pori jadi bersih karena tak tersumbat oleh kotoran dan penumpukan minyak. Meski disarankan, bahan ini perlu dipakai dengan hati-hati karena bisa menyebabkan iritasi dan kulit jadi sensitif.

6. Lidah Buaya

Umunya, lidah buaya digunakan sebagai bahan skincare untuk kulit sensitif. Namun, kini, lidah buaya juga digunakan sebagai bahan moisturizer untuk kulit berminyak.

Bahan ini cocok digunakan sebagai skincare karena mampu mendinginkan kulit sehingga menjadi tenang dan mendorong penyerapan skincare menjadi lebih maksimal. Oleh karena itu, bahan lidah buaya bisa dikatakan cukup ramah pada kulit yang berminyak.

7. Niacinamide

Bahan moisturizer untuk kulit berminyak yang satu ini mampu menyerap kelebihan minyak pada wajah. Selain itu, niacinamide juga bersifat antiradang dan antioksidan yang mampu mendorong penyembuhan masalah kulit seperti jerawat dan iritasi.

Iritasi dan kemerahan pada wajah akan berkurang jika kalian menggunakan produk dengan bahan ini karena bisa merangsang produksi ceramide yang berfungsi melindungi lapisan kulit.

 

3. Bahan Moisturizer yang Perlu Dihindari

Bagi kalian yang memiliki jenis kulit berminyak, terdapat beberapa jenis bahan yang perlu dihindari. Bahan itu antara lain lanolin, petrolatum, cocoa butter, dan alkohol.

Bahan di atas perlu kalian hindari dengan cara melihat komposisi kandungan yang tertera di kemasan produk. Jika tak cermat, zat-zat yang telah disebutkan di atas berisiko meningkatkan produksi sebum di wajah yang bisa menyumbat pori-pori.

Selain itu, alkohol yang terkandung juga bisa menyebabkan iritasi pada kulit. Apalagi jika berjerawat, itu hanya akan memperburuk kondisi kulit kalian.

Nah, KLovers, itulah beberapa informasi mengenai bahan moisturizer untuk kulit berminyak serta beberapa kandungan yang perlu kalian hindari. Rawatlah kulit kalian dengan sabar dan rutin agar mendapat hasil yang bersih dan mulus maksimal.

(Sumber: Theasianparent.com)

(kpl/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI