7 Cara Mengatasi Ngantuk dan Malas Saat Sholat Tarawih di Rumah

Selasa, 05 Mei 2020 16:22 Penulis: Nurul Wahida
7 Cara Mengatasi Ngantuk dan Malas Saat Sholat Tarawih di Rumah
Ilustrasi (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Salah satu rangkaian ibadah Ramadhan yang sebaiknya jangan dilewatkan adalah sholat tarawih. Sebab, sholat tarawih hanya ada saat ibadah Ramadhan yang biasanya dikerjakan setelah sholat isya'. Namun seringkali rasa kantuk dan malas datang ketika akan melaksanakan sholat tarawih. Tenang, ada cara untuk atasi kantuk dan malas saat sholat tarawih di rumah yang mudah diterapkan.

Selain amalan wajib untuk berpuasa, amalan sunnah selama bulan Ramadhan juga perlu dikerjakan. Diantara amalan sunnah yang sangat dianjurkan untuk dijalankan selama ibadah Ramadhan adalah melaksanakan sholat tarawih.

Sebab, sholat tarawih merupakan sholat sunnah yang hanya ada di bulan Ramadhan. Untuk itu umat muslim diharapkan dapat memanfaatkan bulan Ramadhan sebagai bulan pahala dengan mengerjakan amalan-amalan di dalamnya.

Seperti yang diketahui bahwa sholat tarawih dapat dikerjakan saat malam hari, lebih tepatnya setelah menunaikan sholat isya'. Waktu malam terutama setelah mengerjakan buka puasa pastinya rasa kantuk akan dengan mudah menyerang tubuh.

----------------------

Kabar Ramadhan: Mau Buka Puasa Bareng Artis?

Gabung KapanLagi Buka Bareng, event buka puasa online bersama 1000 orang, artis dan live musik. Caranya? Daftar dulu di sini, dan isi data diri kamu. Semuanya GRATIS. Baca panduan lengkap di sini.

----------------------

Jika kondisi tersebut terjadi ketika menunaikan sholat tarawih pastinya akan membuat ibadah tidak maksimal. Namun jangan khawatir, sebab ada cara atasi kantuk dan malas saat sholat tarawih di rumah.

Lalu bagaimana cara mengatasi ngantuk dan malas saat sholat tarawih di rumah?

Selama pandemi corona covid-19, terdapat anjuran untuk membatasi diri beraktivitas di luar rumah. Termasuk melakukan ibadah di rumah seperti sholat tarawih. Namun terkadang rasa kantuk dan malas menyerang ketika akan melaksanakan sholat tarawih di rumah.

Akan tetapi kalian dapat melakukan cara di bawah ini untuk mengatasi rasa kantuk dan malas saat sholat tarawih. Berikut 7 cara atasi kantuk dan malas saat sholat tarawih di rumah yang bisa diterapkan.

1. Hindari Buka Puasa Berlebihan

Salah satu cara atasi kantuk dan malas saat sholat tarawih di rumah adalah dengan menghindari buka puasa berlebihan. Buka puasa secara berlebihan juga tidak diperkenankan dalam Islam, sebab akan mempengaruhi kesehatan juga aktivitas beribadah.

Sehingga kalian dapat berbuka puasa dengan sewajarnya dan bukan seperti ajang balas dendam. Akan lebih baik jika makan besar dilaksanakan setelah mengerjakan sholat tarawih agar terhindar dari rasa kantuk dan malas.

2. Jangan Rebahan Setelah Buka Puasa

Setelah buka puasa pasti rasa kenyang dan keinginan untuk segera tidur menyelimuti diri. Sehingga sebisa mungkin untuk menghindari rebahan setelah buka puasa, tepatnya setelah sholat maghrib ataupun isya'.

Sebab, rebahan dapat membuat kalian merasa nyaman dan memberikan efek mengantuk serta malas untuk bangun melaksanakan sholat tarawih. Kalian dapat mengganti aktivitas lainnya seperti tadarus Al Quran ataupun berkumpul bersama keluarga. Sehingga  bisa menjadi cara atasi kantuk dan malas saat sholat tarawih di rumah.

3. Coba Tidur Siang

Istirahat cukup memang sangat baik untuk kesehatan terutama meningkatkan daya tahan tubuh. jika kalian ingin atasi kantuk dan malas saat sholat tarawih di rumah, kalian bisa mencoba untuk tidur siang dalam beberapa menit.

Namun tidur siang tersebut jangan dilakukan secara berlebihan, sebab apapun yang dilakukan berlebihan sangat tidak baik. Sehingga kalian dapat tidur siang selang 15 hingga 20 menit saat siang hari. Pastinya ketika ibadah sholat tarawih akan lebih segar dan fit serta terbebas dari rasa kantuk dan malas di rumah.

4. Cari Tempat Strategis untuk Sholat Tarawih di Rumah

Cara atasi kantuk dan malas saat sholat tarawih di rumah selanjutnya adalah dengan mencari tempat sholat yang strategis. Dalam artian tempat bersih, nyaman, serta pencahayaan yang cukup.

Selain itu hindari meletakkan kipas angin saat sholat ataupun berada di bawah AC. Sebab, hawa dingin bisa memicu kalian untuk timbul rasa kantuk yang tak tertahan.

5. Tanamkan Niat

Niat menjadi hal utama yang harus ditanamkan dalam diri ketika akan menunaikan segala sesuatu sesuai keinginan. Termasuk ketika akan melaksanakan sholat tarawih di rumah. Tanamkan niat terlebih dulu untuk benar-benar akan melaksanakan sholat tarawih.

Sehingga dengan adanya niat kuat, tentu akan membuat ibadah lancar dan mampu menghalau rasa kantuk serta malas. Ketahui juga manfaat serta keutamaan sholat tarawih di bulan Ramadhan agar semakin semangat untuk mengerjakannya.

6. Berwudhu Lagi Jika Kantuk Menyerang

Cara atasi kantuk dan malas saat sholat tarawih juga bisa diatasi dengan berwudhu lagi jika rasa kantuk menyerang. Dengan membasuh muka di wajah, akan membuatnya lebih segar dan mampu atasi kantuk serta malas. Sehingga kalian bisa mencoba untuk berwudhu ketika kantuk tiba-tiba menyerang.

7. Perbanyak Minum Air Putih

Minum air putih diketahui memang sangat baik untuk tubuh. salah satunya bisa atasi rasa kantuk dan malas saat akan melaksanakan sholat tarawih. Penuhi kebutuhan air dalam tubuh sesuai anjuran kesehatan agar terhindar dari dehidrasi. Jika dehidrasi menyerang tubuh akan membuat tubuh mudah malas, Lelah, letih dan lesu. Sebisa mungkin penuhi asupan air agar tubuh tetap terhidrasi dan terbebas dari kantuk dan malas.

Nah itulah 7 cara atasi kantuk dan malas saat sholat tarawih di rumah. Kalian bisa terapkan agar ibadah bisa berjalan dengan lancar dan maksimal. Selamat menjalankan ibadah Ramadhan 2020 KLovers.

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI