7 Cara Melupakan Seseorang Menurut Islam, Langkah Terbaik Melangkah ke Depan

Senin, 02 Agustus 2021 19:22 Penulis: Dhia Amira
7 Cara Melupakan Seseorang Menurut Islam, Langkah Terbaik Melangkah ke Depan
Ilustrasi (Credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Menjalani sebuah hubungan dengan seseorang tak hanya jadi sebuah hubungan yang erat saja, namun juga dapat menjadi sebuah perpisahan. Ketika perpisahan kita alami, maka kesedihan akan melanda kita. Bahkan kita diharuskan untuk melupakan seseorang tersebut. Tentu ada banyak cara melupakan seseorang dengan baik, salah satunya yaitu cara melupakan seseorang secara Islami.

Ada banyak cara Islami untuk kita melupakan seseorang, baik itu melakukan doa, sholat, berdzikir, hingga bersabar dan ikhlas dengan semua hal yang terjadi. Percaya pada Allah SWT menjadi sebuah kunci tepat agar kita mudah melupakan seseorang. Karena apapun yang terjadi, semua hal pasti ada alasan terbaik untuk kita dari Allah SWT.

Bagi kalian yang sedang bingung dan ingin mencari cara melupakan seseorang, maka berikut ini ada 7 cara melupakan seseorang secara Islami yang telah dilansir oleh berbagai sumber. Yuk langsung saja dicek KLovers.

 

1. Cara Melupakan Seseorang dengan Berdoa

Cara melupakan seseorang secara Islami yang pertama yaitu, dengan melakukan doa. Ya, saat kita mengalami kesulitan dalam hidup, apapun itu. Maka doa menjadi sebuah jalan keluar yang baik untuk membuat hati lebih damai dan tenang. Saat berdoa, kita mungkin akan diberikan petunjuk oleh Allah SWT ataupun ketenangan yang membuat kita lupa oleh masalah ataupun seseorang yang melukai kita.

Masalah datang bukan tanpa alasan, masalah datang bisa karena 2 hal. Satu karena akibat yang kita buat, agar kita mempelajari kesalahan tersebut. Atau masalah datang untuk membuat kita lebih kuat untuk maju ke masa depan. Apapun alasan tersebut, saat ada seseorang yang melukai kita, maka hal bijak adalah minta perlindungan oleh Allah SWT.

Meminta Allah SWT agar kita tak memiliki rasa dendam yang hanya akan merugikan kita. Meminta Allah SWT agar kita dapat dengan cepat menemukan kebahagiaan yang lebih baik, dan meminta Allah SWT agar kita lebih kuat dari cobaan ini. Sehingga berdoa menjadi salah satu terbaik bagi kita memohon dan meminta pertolongan apapun, termasuk melupakan seseorang.

 

2. Cara Melupakan Seseorang dengan Sholat Taubat

Kemudian cara melupakan seseorang secara Islami yang selanjutnya yaitu, dengan melakukan sholat taubat. Sholat taubat merupakan salah satu ibadah pada Allah SWT untuk memohon ampunan. Ibadah ini dilakukan oleh seorang muslim yang ingin memohon ampunan atas segala dosa yang pernah dilakukan selama hidup di dunia. Mungkin saja, seseorang yang jahat pada kita merupakan sebuah teguran oleh Allah SWT, agar kita menjadi manusia yang lebih baik.

Dengan melakukan sholat taubat dan bertaubat secara bersungguh-sungguh, maka rasa sakit hati akan mereda. Karena, apapun yang terjadi hanya Allah SWT yang boleh membalasnya. Dengan sholat taubat, kita juga akan semakin dekat dengan Allah SWT. Sehingga kita dapat dituntun menuju jalan terbaik, dan dipertemukan dengan orang-orang baik oleh Allah SWT. Sehingga kita dapat dengan mudah mengikhlaskan dan melupakan orang yang dahulu menyakiti kita.

 

3. Cara Melupakan Seseorang Karena Percaya pada Allah SWT

Percaya pada Allah SWT merupakan salah satu hal wajib yang harus dilakukan oleh seorang muslim. Dan itu juga termasuk percaya untuk berbagai macam hal, salah satunya pertemuan dan perpisahan. Ya, pertemuan dan perpisahan merupakan sebuah hal yang telah diatur oleh Alah SWT. Ketika kita harus berpisah dengan seseorang secara tak baik, maka hal itu mungkin sudah kehendak dari Allah SWT. Dalam surat Al-Baqarah Allah SWT berfirman:

"Boleh jadi Anda membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) Anda menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang Anda tidak mengetahui."

Perpisahan memang hal yang menyakitkan, karena kita dipaksa untuk melupakan orang tersebut. Namun, hal itu belum tentu buruk. Mungkin saja Allah SWT telah menjauhkan kita dari orang yang salah. Mungkin Allah SWT menjauhkan kita dari sakit hati yang lebih parah lagi dari ini. Untuk itu, dengan memiliki rasa ikhlas dan percaya oleh Allah SWT, maka kita bisa dengan mudah melupakan seseorang.

 

4. Cara Melupakan Seseorang dengan Doa Ummu Salamah

Hampir sama seperti penjelasan di atas, perpisahan memang menjadi sebuah hal yang menyedihkan atau bisa dibilang musibah. Namun, itu bukan berarti menjadi hal yang buruk. Untuk melupakan seseorang, mungkin kalian tak hanya dapat percaya pada Allah SWT saja, namun juga dapat melakukan doa dengan doa Ummu Salamah atau Hindun binti Abi Umayyah ketika ditimpa musibah. Dan berikut isi doa tersebut:

Innaa lillaahi wa innaa ilaihi raaji'uun - allahumma'-jurnii fii mushiibatii, wa akhlifllii khoiram minhaa

Artinya: Ya Allah, berikanlah pahala kepadaku atas musibah yang menimpaku, dan gantikanlah aku dengan yang lebih baik dari pada musibah ini.

Lakukan doa ini setiap selesai sholat wajib ataupun sunnah. Semoga dengan bersabar, percaya pada Allah SWT, dan tetap ikhlas, semoga Allah SWT memberikan kita semua kebahagiaan yang lebih baik dan lebih tenang lagi dibanding sebelumnya.

 

5. Cara Melupakan Seseorang dengan Dzikir dan Istighfar

Selain berdoa, ada pula cara melupakan seseorang secara Islami dengan dzikir dan istighfar. Berzikir merupakan sebuah ibadah ringan yang sangat disukai oleh Allah SWT. Berzikir juga menjadi salah satu cara manusia bersyukur atas rezeki dan pertolongan yang diberikan oleh Allah SWT. Bahkan orang yang sering berzikir, memiliki hidup yang lebih tenang dan pribadi yang lebih sabar.

Saat seseorang membuat kita terluka, maka perasaan sakit dan marah akan berkumpul di hati dan pikiran kita. Namun semua hal itu merupakan hal yang sangat disukai oleh setan. Untuk melawan hal tersebut, kita bisa rajin melakukan dzikir. Dengan berdzikir, hati lebih tenang dan damai. Sehingga kita lebih mudah memaafkan dan melupakan seseorang yang menyakiti kita.

 

6. Cara Melupakan Seseorang dengan Memperbaiki Hidup

Cara melupakan seseorang secara Islami yang lainnya yaitu, dengan memperbaiki diri. Ya, ketika masalah datang maka mungkin ini menjadi sebuah jawaban dari Allah untuk kita. Mungkin ini menjadi sebuah teguran untuk kita agar menjadi manusia yang lebih baik lagi dan memperbaiki diri. Untuk melupakan seseorang yang menyakiti kita, maka tak perlu berpikir bagaimana cara untuk membalaskan dendam.

Lebih baik kita sibuk memperbaiki diri dan lebih mendekatkan diri dari Allah SWT. Karena, dengan kita sibuk memperbaiki diri, maka kita akan lupa dengan orang yang sudah melukai kita. Tentu hal ini akan menjadi sebuah kegiatan yang positif. Kalian bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi dari sebelumnya.

 

7. Cara Melupakan Seseorang dengan Menghabiskan Waktu Bersama Keluarga

Dan cara melupakan seseorang secara Islami yang terakhir yaitu, dengan menghabiskan waktu bersama keluarga. Mengurung diri dari khalayak ramai merupakan hal yang tidak baik ya KLovers. Karena hal itu bisa membuat kita semakin buruk lagi dan sulit untuk melupakan orang tersebut. Sehingga, ada baiknya kita melakukan banyak kegiatan positif, salah satunya dengan menghabiskan waktu bersama dengan keluarga.

Kalian bisa melakukan banyak hal bersama dengan keluarga tercinta. Bisa dengan jalan-jalan bersama, makan malam bersama, melakukan kegiatan-kegiatan kecil seperti masak atau hal lainnya juga bisa membantu kalian melupakan hal buruk, terutama melupakan seseorang. Dengan begini kita juga bisa semakin dekat dengan keluarga, dan hidup kita dapat lebih positif lagi karena dukungan mereka.

Itulah 7 cara melupakan seseorang secara Islami dan baik untuk diri sendiri. Dengan melakukan berbagai cara melupakan seseorang secara Islami, kita tak hanya akan lebih berhati-hati lagi pada sebuah hubungan, namun juga dapat lebih dekat pada Allah SWT.

 

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI