7 Cara Membasmi Kutu Kasur dengan Mudah, Bisa Perbaiki Kualitas Tidur

Selasa, 03 Agustus 2021 17:33 Penulis: Puput Saputro
7 Cara Membasmi Kutu Kasur dengan Mudah, Bisa Perbaiki Kualitas Tidur
Ilustrasi (credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Kutu jadi salah satu serangga yang kehadirannya sangat mengganggu. Pasalnya, serangga berukuran kecil ini tak jarang menggigit, sehingga mengakibatkan gatal. Kutu dapat dijumpai di berbagai tempat, salah satu yang paling sering ialah di kasur. Keberadaan kutu di kasur tentu bisa mengganggu kualitas tidur. Tapi, kalian tak perlu khawatir ternyata ada beberapa cara membasmi kutu kasur.

Seperti yang kita tahu, istirahat khususnya tidur jadi satu kebutuhan penting manusia. Di tengah keseharian yang penuh kesibukan, tidur jadi waktu yang tepat untuk melepas penat dan mengisi ulang energi. Maka dari itu, akan sangat disayangkan jika kualitas tidur kalian terganggu hanya gara-gara adanya kutu kasur.

Untuk itu, simak ulasan berikut yang telah dirangkum dari berbagai sumber, mengenai beberapa cara membasmi kutu kasur yang mudah dilakukan.

 

1. Bersihkan dan Ganti Sprei secara Rutin

Mencuci dan mengganti sprei serta bed cover harus dilakukan secara rutin. Tak saja untuk alasan kebersihan, hal ini juga bermanfaat untuk kesehatan kulit kalian. Selain itu, mencuci dan mengganti sprei atau bed cover juga jadi satu cara mudah mengatasi keberadaan kutu kasur.

Namun mencuci sprei dan bed cover ternyata tak bisa dilakukan dengan sembarangan. Agar kutu kasur yang menempel mati, sebaiknya sesekali cuci sprei dan bed cover dengan air panas. Sebab, pemakaian air dingin tidak akan mampu membunuh serangga kecil seperti kutu. Selain itu, setelah dicuci jangan lupa jemur sprei di bawah matahari langsung, alih-alih hanya dengan diangin-anginkan.

 

2. Bersihkan Tempat Tidur

Tak hanya sprei dan bed cover, tempat tidur dan kasur juga jadi hal yang tidak boleh luput dibersihkan. Pasalnya, kutu kasur tak saja menempel pada sprei dan bed cover. Oleh sebab itu, kasur dan tempat tidur juga harus dibersihkan secara seksama. Terlebih, kutu suka bertempat di benda yang kotor dan lembap. Sehingga, kasur dan tempat tidur yang jarang dibersihkan bisa jadi sarang dari kutu kasur.

Sayangnya, karena ukurannya yang kecil, kutu kasur tidak bisa diatasi dengan cara disapu begitu saja. Sebaiknya, gunakan vacum cleaner untuk membersihkan permukaan serta sela-sela dari kasur dan tempat tidur. Lakukan cara membasmi kutu kasur ini secara rutin setidaknya sebulan sekali untuk hasil yang maksimal.

 

3. Jemur Kasur

Cara membasmi kutu kasur lain yang tak kalah mudah ialah dengan menjemur kasur. Secara rutin, sebaiknya jemur kasur di bawah sinar matahari secara langsung. Kalian bisa melakukannya setidaknya selama satu jam di waktu siang hari ketika matahari tepat di atas kepala.

Panas sinar matahari diyakini bisa membantu membasmi kutu yang bersembunyi di kasur. Jangan lupa, untuk juga menjemur bantal dan guling secara bersamaan.

 

4. Gunakan Kapur Barus dan Gel Silika

Kutu kasur ternyata tak saja bersembunyi di tempat tidur. Faktanya, serangga menyebalkan ini bisa kita jumpai di beberapa tempat lain, seperti di dalam lemari. Untuk membasmi kutu kasur dalam lemari, kalian bisa memanfaatkan kapur barus dan gel silika. Cukup letakkan kapur barus dan gel silika di setiap sudut lemari. Kutu kasur diyakini tidak bisa tahan terhadap kapur barus dan gel silika.

 

5. Gunakan Campurkan Kapur Barus dengan Minyak Tanah

Kapur barus memang bisa jadi salah satu benda yang wajib ada di rumah. Selain dengan gel silika, untuk mengusir kutu kasur, kapur barus juga bisa dikombinasikan dengan minyak tanah. Caranya tak kalah mudah, cukup campurkan kedua bahan tersebut. Setelah itu, semprotkan ke seluruh tempat yang menjadi sarang kutu kasur, seperti kasur, sofa, karpet, dan sebagainya.

6. Gunakan Semprotan Cuka

Cara membasmi kutu kasur berikutnya bisa dilakukan dengan membuat semprotan cuka. Caranya lebih mudah dari cara-cara yang sebelumnya. Kalian hanya perlu menuangkan cuka ke dalam botol semprotan. Selanjutnya, cukup semprotkan cuka tersebut ke beberapa titik yang ditempati kutu kasur. Meski sederhana, cara ini diyakini bisa ampuh membasmi kutu kasur.

 

7. Gunakan Semprotan Air Garam

Di samping cuka, kalian juga bisa membuat semprotan pembasmi kutu kasur dengan menggunakan air garam. Caranya tak jauh berbeda dengan membuat semprotan cuka, kalian hanya perlu melarutkan garam ke dalam air di botol semprot. Setelah terlarut sempurna, gunakan semprotan tersebut ke permukaan kasur, sofa, karpet, dan tempat-tempat lain yang diduga dihuni oleh kutu kasur.

Itulah di antaranya 7 cara membasmi kutu kasur yang mudah dilakukan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

 

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI