7 Cara Mengatasi Susah Menelan Karena Sakit Tenggorokan, Ketahui Juga Penyebabnya

Kamis, 15 Juli 2021 17:33 Penulis: Puput Saputro
7 Cara Mengatasi Susah Menelan Karena Sakit Tenggorokan, Ketahui Juga Penyebabnya
Ilustrasi (credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Hampir setiap orang pasti pernah mengalami gangguan tenggorokan. Tak hanya rasa sakit, gangguan tenggorokan juga seringkali menyebabkan seseorang kesulitan menelan makanan. Dampaknya, nafsu makan bisa terganggu dan asupan nutrisi ke tubuh jadi tak terpenuhi. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui cara mengatasi susah menelan karena sakit tenggorokan.

Belakangan, sakit tenggorokan jadi satu gangguan kesehatan yang cukup diperhatikan. Pasalnya, gangguan pada tenggorokan bisa jadi gejala dari beberapa penyakit berbahaya, seperti covid-19. Maka dari itu, gangguan pada tenggorokan harus segera di atasi agar tidak semakin parah.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa cara mengatasi susah menelan karena sakit tenggorokan.

 

1. Perbanyak Minum Air Putih

Salah satu cara mengatasi susah menelan karena sakit tenggorokan adalah dengan lebih banyak meminum air putih. Pasalnya, kondisi tenggorokan yang kering akan memperparah sakit tenggorokan. Jadi sebisa mungkin saat mengalami susah menelan dan sakit tenggorokan, pastikan asupan air putih sebanyak 8 gelas per hari kalian telah tercukupi.

 

2. Kompres Leher dengan Air Hangat

Sakit tenggorokan seringkali disertai dengan leher yang membengkak. Pembengkakan pada leher tersebut disebabkan karena adanya peradangan atau inflamasi pada tenggorokan. Tapi jangan khawatir, peradangan pada tenggorokan bisa diatasi dengan cara yang relatif mudah.

Kalian bisa mengatasinya dengan cara mengompres leher memakai air hangat. Kalian hanya perlu menyiapkan sebuah botol, kemudian diisi dengan air hangat. Setelah itu balut botol dengan kain tipis, gunakan untuk mengompres area leher yang membengkak.

 

3. Berkumur dengan Air Garam

Sudah sejak lama air garam digunakan sebagai alternatif obat alami untuk berbagai masalah kesehatan gigi dan mulut. Ternyata, air garam juga bisa kalian gunakan sebagai cara mengatasi susah menelan karena sakit tenggorokan.

Larutan air garam dipercaya bermanfaat untuk membersihkan mulut hingga tenggorokan. Selain itu, air garam juga diyakini dapat mengurangi efek inflamasi atau peradangan di tenggorokan.

Cara praktis paling memanfaatkan air garam untuk mengobati sakit tenggorokan adalah dengan menggunakannya sebagai obat kumur. Campurkan seperempat sampai setengah sendok teh garam dengan segelas air hangat. Setelah itu, kalian bisa menggunakannya untuk berkumur setiap dua jam sekali.

 

4. Konsumsi Teh Lemon dan Madu

Untuk mengatasi gangguan tenggorokan, kalian juga bisa memanfaatkan lemon dan madu. Lemon dan madu memang sudah dikenal punya segudang khasiat untuk kesehatan.

Biasanya, lemon dan madu diolah menjadi minuman menyegarkan, seperti teh. Kombinasi rasanya yang menyegarkan diyakini mampu membuat tenggorokan menjadi lebih lega. Bahkan tak sekadar menyegarkan, kombinasi lemon dan madu juga dipercaya bisa mengatasi sakit tenggorokan hingga kesulitan menelan makanan.

 

5. Konsumsi Sup Ayam

Siapa yang tak suka sup ayam? Hampir setiap orang pasti menyukai makanan berkuah yang satu ini. Selain rasanya yang segar dan lezat, ternyata sup ayam juga bermanfaat bagi kesehatan.

Ya, mengonsumsi sup ayam selagi hangat dapat memberikan efek segar pada tubuh yang semula lemas. Di samping itu, sup ayam hangat juga bisa membantu mengencerkan lendir, sehingga membuat tenggorokan terasa lebih lega. Dengan begitu, sakit tenggorokan dan kesulitan menelan bisa teratasi.

 

6. Berhenti Merokok dan Hindari Asap Rokok

Sudah jadi rahasia umum, bahwa merokok jadi satu kebiasaan yang sangat merugikan kesehatan. Selain bisa memicu berbagai jenis penyakit, asap dari rokok juga dapat memperparah sakit tenggorokan.

Jadi agar terhindar dari sakit tenggorokan dan kesulitan menelan, sebaiknya kalian berhenti merokok. Selain itu, untuk kalian yang bukan perokok, mulai sekarang sebisa mungkin hindari asap rokok. Kalian bisa menjaga jarak dengan orang yang merokok atau bisa juga dengan memakai masker demi kesehatan.

 

7. Perbanyak Istirahat

Selain makan makanan sehat dan berolahraga, istirahat yang cukup juga jadi hal yang penting untuk menjaga kesehatan. Pasalnya, istirahat yang cukup akan sangat berpengaruh terhadap kestabilan daya tahan tubuh. Ketika daya tahan tubuh terjaga, kita akan lebih mudah untuk pulih berbagai penyakit, termasuk sakit tenggorokan.

 

8. Penyebab Susah Menelan Karena Sakit Tenggorokan

Setelah mengetahui cara mengatasi susah menelan karena sakit tenggorokan, penting juga untuk mengerti penyebabnya. Tujuannya, agar kita bisa lebih mengantisipasi dan menghindari penyebab-penyebab tersebut. Dilansir dari halodoc.com, adapun beberapa penyebab sakit tenggorokan dan susah menelan, antara lain sebagai berikut.

1) Adanya infeksi dari virus atau bakteri.

2) Mengalami alergi.

3) Paparan bahan kimia atau polusi udara.

4) Ketegangan otot.

5) GERD.

6) Tumor.

7) Gejala dari covid-19.

Itulah di antaranya 7 cara mengatasi susah menelan karena sakit tenggorokan beserta beberapa penyebabnya. Semoga bermanfaat dan menginspirasi kalian untuk lebih menjaga kesehatan!

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI