8 Perawatan untuk Mencegah Jerawat Batu, Perhatikan Juga Penyebabnya

Rabu, 14 Juli 2021 19:33 Penulis: Anik Setiyaningrum
8 Perawatan untuk Mencegah Jerawat Batu, Perhatikan Juga Penyebabnya
Ilustrasi (Credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Terdapat berbagai jenis jerawat, seperti jerawat hormonal, fungal acne, dan jerawat batu. Nah, jenis jerawat yang terakhir merupakan masalah kulit yang cukup sering dikeluhkan. Ada beberapa perawatan untuk mencegah jerawat batu agar tak mengganggu penampilan kalian.

Selain melakukan perawatan untuk mencegah jerawat batu, kalian juga perlu memperhatikan kebiasaan untuk hidup bersih. Apalagi di masa pandemi covid-19 ini, penggunaan masker secara terus-menerus berpeluang sebagai sarang bakteri jika tak diganti secara berkala. Kondisi itu bisa lebih parah jika pada dasarnya wajah kalian termasuk jenis kulit berminyak.

Jika yang muncul merupakan jerawat biasa, mungkin kalian bisa atasi dengan produk yang sudah rutin kalian pakai. Namun bagaimana perawatan untuk jerawat batu yang muncul dan membandel? Ya, jerawat batu memang bisa menimbulkan rasa gatal dan nyeri, serta lebih sulit dihilangkan. Oleh karena itu, kalian perlu mengusahakan pencegahannya dengan cara menyimak informasi berikut ini.

 

1. Penyebab Jerawat Batu

Sebelum mengetahui langkah perawatan untuk mencegah jerawat batu, kalian perlu menyimak penyebabnya dahulu. Melansir informasi dari halodoc, tak diketahui penyebab pasti jerawat batu.

Namun, hormon yang disebut androgen dipercaya punya peran besar dalam masalah jerawat batu. Hal itu menjelaskan mengapa jerawat batu lebih sering dialami oleh remaja yang mengalami peningkatan kadar androgen.

Penyebab lain yang memunculkan penyebab jerawat antara lain:

1. Siklus menstruasi.

2. Kehamilan.

3. Menopause.

4. Sindrom ovarium polikistik.

5. Obat-obatan tertentu.

6. Beberapa produk perawatan kulit.

7. Keringat yang berlebih.

2. Mencegah Jerawat Batu Melalui Kebiasaan

Berikut ini merupakan perawatan untuk mencegah jerawat batu yang bisa kalian ikuti.

1. Cuci Muka Dua Kali Sehari dan Saat Berkeringat

Mencuci wajah tak hanya diperlukan saat pagi dan siang saja. Kalian juga perlu melakukan pembersihan menggunakan produk berbahan ringan saat berkeringat. Misalnya, setelah olahraga atau berkegiatan di luar rumah.

Hal tersebut berfungsi untuk menghilangkan minyak dan bakteri penyebab jerawat pada wajah.

2. Hindari Scrub

Jika wajah kalian berjerawat, hindari menggunakan scrub. Hal tersebut bisa membuat jerawat semakin meradang dan memperburuk kondisi wajah. Hindari juga menggunakan produk yang mengiritasi, seperti exfoliant.

3. Jangan Menyentuh Wajah Terlalu Sering

Selain melakukan perawatan untuk mencegah jerawat batu, kalian juga perlu menghilangkan kebiasaan menyentuh wajah secara sembarangan. Hal itu bisa menjadi jalan bagi bakteri dari tangan berpindah ke wajah.

Bahkan, kebiasaan menyentuh jerawat ringan juga bisa menyebabkan jerawat batu. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari menyentuh wajah terlalu sering.

4. Pilih Produk Make up dengan Label Non-comedogenic dan Oil Free

Produk make up dengan label di atas cocok bagi kulit kalian karena cenderung tak menyumbat pori-pori.

5. Bersihkan Wajah Sebelum Tidur

Membersihkan wajah sebelum tidur merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap orang. Pasalnya, make up yang kalian pakai seharian tak hanya bercampur dengan keringat, ada juga debu dan bakteri yang menyumbat pori-pori kulit wajah.

Jika kalian tak membersihkannya secara konsisten, hal itu hanya akan memicu jerawat bahkan merusak kulit kalian.

6. Kurangi Stres

Mencoba untuk rileks setiap hari berfungsi untuk mengurangi stres. Hal ini akan berdampak pada kesehatan kulit kalian. Pasalnya, stres bisa membuat tubuh melepaskan banyak hormon yang memperburuk jerawat.

8. Jalani Pola Hidup Sehat

Pola hidup sehat, menjalani disiplin untuk olahraga, menjaga kebersihan, menjaga pola tidur, serta menjaga asupan gizi secara seimbang. Hal tersebut bisa kalian jalankan demi mendapat kulit yang sehat.

Bahkan itu juga berfungsi untuk merawat kesehatan tubuh secara keseluruhan. Selain itu, terdapat pula penelitian yang menunjukkan bahwa diet rendah glikemik yang membatasi asupan gula juga bisa membantu meredakan jerawat.

3. Mengobati Jerawat Batu

Laser sering dianggap sebagai pengobatan jerawat batu yang paling efektif karena hasil yang diperoleh lebih cepat. Namun, itu bukan satu-satunya cara. Kalian bisa menempuh perawatan untuk mencegah jerawat batu atau perawatan dengan obat aman sesuai anjuran dokter.

Berikut ini terdapat beberapa langkah yang bisa kalian tempuh sebagai pengobatan.

1. Gunakan Produk Berbahan Retinoid

Jika sudah terlanjur mengalami masalah jerawat batu kalian tetap perlu melakukan rangkaian perawatan untuk mencegah jerawat batu agar tak semakin parah. Selain itu, kalian bisa mengobatinya dengan produk yang mengandung bahan retinoid. Biasanya dokter akan meresepkan bahan yang merupakan turunan dari vitamin A ini sebagai obat untuk masalah jerawat batu.

Kelebihan retinoid antara lain, memiliki sifat anti-aging, bisa membersihkan pori-pori yang tersumbat, serta mendukung obat antibiotik agar bekerja secara maksimal. Hal itu bisa terjadi karena retinoid bekerja untuk mempercepat pembaruan sel kulit mati.

2. Gunakan Benzoyl Peroxide

Kalian bisa menghilangkan jerawat menggunakan benzoyl peroxide sebagai spot treatment. Spot treatment atau pengobatan totol ini berfokus pada area jerawat batu yang ingin disembuhkan.

Benzoyl peroxide merupakan bahan kimia yang berdaya penetrasi tinggi dan bisa menembus lapisan kulit sehingga obat ini bisa mengempeskan jerawat batu. Namun, kalian tetap harus berhati-hati karena benzoy perox merupakan bahan anti-bakterial yang cukup keras sehingga bisa saja kurang ramah pada kulit, terutama bagi kalian yang berkulit sensitif. Perhatikan spot jerawat kalian dan totol dengan cotton bud.

3. Obat Isotretinoin

Sebelum mengonsumsi obat isotretinoin kalian harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu karena obat ini berisiko menimbulkan beberapa efek samping yang cukup serius pada tubuh.

Isotretinoin berfungsi untuk menekan produksi kelenjar minyak di kulit dan mengurangi peradangan. Oleh karena itu, obat ini potensial untuk membantu menghilangkan masalah jerawat batu di kulit kalian.

Itulah beberapa perawatan untuk mencegah jerawat batu serta cara mengatasinya. Lakukan langkah pencegahan ini secara konsisten agar kalian terhindar dari jerawat batu yang terkenal bandel ini.

(Sumber: Halodoc.com, Merdeka.com)

(kpl/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI