7 Cara Mengatasi Tangan Berkeringat Secara Alami, Agar Tetap Kering dan Normal

Rabu, 15 Juli 2020 12:22 Penulis: Nurul Wahida
7 Cara Mengatasi Tangan Berkeringat Secara Alami, Agar Tetap Kering dan Normal
Ilustrasi (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Keadaan ini biasanya akan menimbulkan rasa tidak nyaman hingga menurunkan rasa percaya diri untuk berjabat tangan dengan orang lain. Sejumlah cara mengatasi tangan berkeringat sebenarnya bisa diatasi secara alami dan mudah dipraktikkan.

Tangan berkeringat merupakan kondisi saat tangan terasa basah akibat keringat berlebih yang muncul pada telapak tangan. Dalam dunia medis, kondisi ini disebut sebagai hyperhidrosis yang menyebabkan beberapa bagian tubuh mengeluarkan keringat baik telapak tangan ataupun telapak kaki.

Berdasarkan sejumlah informasi yang beredar tangan berkeringat diketahui bukan salah satu pertanda gangguan penyakit yang berbahaya. Sebab beberapa faktor tangan berkeringat dapat disebabkan oleh kondisi psikis hingga riwayat keturunan. Meski terbilang bukan penyakit yang berbahaya, tangan berkeringat dapat menimbulkan rasa tidak nyaman hingga menurunkan rasa percaya diri seseorang.

Ya, saat tangan berkeringat umumnya telapak tangan akan menjadi basah hingga membuat beberapa aktivitas dapat terhambat termasuk membuat tidak nyaman. Namun ada sejumlah cara mengatasi tangan berkeringat secara alami yang mudah dipraktekkan.

Lalu apa saja cara mengatasi tangan berkeringat secara alami?

Adapun cara mengatasi tangan berkeringat secara alami terangkum dalam beberapa poin di bawah ini. Sehingga dengan mengetahui cara ini dapat mengembalikan kondisi tangan tetap normal dan kering hingga mengembalikan rasa percaya diri. Berikut cara mengatasi tangan berkeringat secara alami bersumber dari healthline.com dan timesofindia.indiatimes.com.

 

1. Soda Kue

Cara mengatasi tangan berkeringat secara alami salah satunya dapat menggunakan soda kue sebagai bahan pilihan. Soda kue ini termasuk sering digunakan sebagai bahan untuk mengatasi sejumlah masalah kesehatan kulit salah satunya tangan berkeringat.

Soda kue ini diketahui miliki fungsi sama dengan antiperspirant yang merupakan bahan yang sering digunakan pada sejumlah produk untuk mengatasi keringat pada telapak tangan serta kaki. Adapun cara mengatasi tangan berkeringat dengan baking soda terdapat dalam beberapa langkah di bawah ini:

- Siapkan beberapa sendok teh soda kue lalu mencampurkan menggunakan air.

- Aduk rata dan campurkan bahan tersebut hingga membentuk seperti pasta.

- Lalu oleskan pada telapak tangan dan diamkan kurang lebih lima menit.

- Setelah lima menit, bilaslah menggunakan air bersih.

2. Sari Cuka Apel

Cara mengatasi tangan berkeringat secara alami selanjutnya dapat memakai sari cuka apel. Dimana sari cuka apel ini dapat mengendalikan keringat pada telapak tangan hingga menyeimbangkan ph. Sehingga sari cuka apel juga menjadi rekomendasi bahan lainnya yang dapat mengatasi tangan berkeringat.

Adapun cara menggunakan sari cuka apel untuk mengatasi tangan berkeringat terdapat dalam beberapa langkah di bawah ini:

Bersihkan telapak tangan sebelum menggunakan sari cuka apel.

Oleskan dan gunakan sari cuka apel pada telapak tangan sebelum tidur.

Diamkan hingga semalaman untuk hasil terbaik.

Bilas keesokan harinya.

Menambahkan sebanyak dua sendok makan sari cuka apel ke dalam menu makanan juga bisa dilakukan agar tangan berkeringat dapat teratasi secara maksimal.

3. Air Mawar

Cara mengatasi tangan berkeringat secara alami juga bisa menggunakan air mawar. Air mawar ini dapat memberikan efek dingin hingga mampu mengendalikan keringat pada telapak tangan. Cara menggunakannya bahkan terbilang mudah dipraktekkan. Dimana penggunaannya sama seperti soda kue dan cuka sari apel, yakni dengan mengoleskan pada tangan. Adapun Langkah menggunakan air mawar sebagai cara mengatasi tangan berkeringat sebagai berikut:

- Siapkan air mawar secukupnya.

- Gunakan cotton bud untuk mengoleskan air mawar pada telapak tangan.

- Lalu diamkan beberapa saat hingga kering.

- Gunakan cara ini secara rutin hingga tangan berkeringat dapat segera teratasi.

4. Bedak Talek

Bedak talek terbilang menjadi bahan yang sering dipakai untuk mengatasi keringat berlebih hingga biang keringat. Termasuk bedak keringat yang dapat digunakan sebagai cara mengatasi tangan berkeringat secara alami.

Dimana bedak talek ini bisa menyerap keringat berlebih hingga mengendalikan jumlah keringat pada kulit termasuk telapak tangan. Sehingga tangan akan tetap kering dan dalam kondisi normal. Cara menggunakan bedak talek pun sangat mudah diaplikasikan yakni hanya dengan mengoleskan bedak talek tersebut hingga membantu mempercepat pengeringan tangan.

5. Daun Sage

Daun sage juga bisa digunakan sebagai cara mengatasi tangan berkeringat secara alami. Sebab sifat astringen dalam daun sage dapat membantu pengendalian minyak berlebih akibat keringat pada telapak tangan. Termasuk untuk mengatasi bau badan yang ditimbulkan saat tubuh berkeringat.

Adapun cara mengaplikasikan daun sage tersebut terbilang mudah dilakukan. Berikut beberapa langkah menggunakan daun sage untuk mengatasi tangan berkeringat:

- Siapkan secukupnya daun sage.

- Masukkan daun sage tersebut ke dalam air.

- Rendam tangan dalam air daun sage selala 20 menit.

Selain dilakukan secara proses rendam, daun sage juga dapat digunakan untuk membuat minuman yang dapat dikonsumsi. Namun cara ini perlu dikonsultasikan terlebih dahulu dengan tenaga medis untuk mendapatkan saran yang tepat.

6. Lemon

Cara mengatasi tangan berkeringat secara alami selanjutnya dapat juga menggunakan lemon sebagai pilihan lainnya. Dimana lemon ini dapat dimanfaatkan mulai dari kulit hingga air perasannya. Adapun cara menggunakan lemon untuk mengatasi tangan berkeringat adalah sebagai berikut:

- Siapakan lemon dan ambil airnya.

- Sisihkan kulit lemon dan keringkan. Buatlah kulit lemon yang sudah kering tersebut sebagai bubuk lalu aplikasikan pada telapak tangan seperti bedak talek.

- Mencampur air lemon dengan garam lalu menggosokkan di telapak tangan juga bisa dilakukan untuk mengontrol tangan berkeringat.

7. Antiperspirant

Antiperspirant menjadi cara selanjutnya yang dapat digunakan untuk mengatasi tangan berkeringat. Bahkan antiperspirant ini termasuk sering dipakai untuk mengendalikan keringat berlebih salah satunya pada tangan dan telapak kaki.

Adapun cara menggunakannya cukup dengan mengoleskan antiperspirant pada telapak tangan sebelum tidur. Biarkan semalaman agar antiperspirant tersebut dapat menyerap secara baik hingga mengatasi tangan berkeringat secara maksimal.

Nah itulah 7 cara mengatasi tangan berkeringat secara alami tetap kering dan normal. Apabila beberapa cara di atas tidak membantu mengatasi masalah tangan berkeringat sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter kesehatan agar mendapatkan penanganan yang tepat.

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI