8 Cara Mengatasi Biang Keringat Secara Alami, Salah Satunya Pakai Lidah Buaya

Selasa, 14 Juli 2020 19:11 Penulis: Nurul Wahida
8 Cara Mengatasi Biang Keringat Secara Alami, Salah Satunya Pakai Lidah Buaya
Ilustrasi (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Biang keringat merupakan salah satu masalah kulit yang menyebabkan munculnya bintik merah atau ruam kecil hingga terasa gatal. Kondisi ini sering terjadi saat musim panas akibat produksi keringat berlebih sehingga membuat kondisi kulit terasa lembab dan memunculkan biang keringat. Cara mengatasi biang keringat sendiri terbilang mudah dilakukan secara alami dengan sejumlah bahan pilihan.

Munculnya biang keringat memang kerap ditemui pada anak-anak usia balita. Namun kondisi ini juga dapat terjadi pada orang dewasa terutama saat udara terasa panas dan lembab. Area tubuh yang biasanya rentan terserang biang keringat diantaranya seperti leher, punggung, wajah, dada serta lipatan tubuh lainnya.

Penyebab utama biang keringat sendiri diketahui juga bisa terjadi karena pakaian tak bisa menyerap keringat secara sempurna. Dalam artian kondisi ini bisa menyebabkan kulit terasa lembab hingga memunculkan ruam merah yang terasa gatal menyengat.

Meski terbilang bukan penyakit serius, namun munculnya biang keringat tentunya dapat mengganggu penampilan hingga aktivitas harian. Sebab, biang keringat dapat membuat penderitanya merasakan gatal menyengat di kulit yang bisa menyebabkan ruam merah.

Lalu bagaimana cara mengatasi biang keringat secara alami?

Adapun cara mengatasi biang keringat secara alami terangkum dalam beberapa poin di bawah ini. Tentunya dengan mengetahui cara mengatasi biang keringat secara alami dapat menjadi solusi untuk membuat kulit kembali normal seperti sedia kala. Berikut cara mengatasi biang keringat secara alami bersumber dari natural-homeremedies.com.

 

 

1. Lidah Buaya

Cara mengatasi biang keringat secara alami salah satunya dapat menggunakan lidah buaya sebagai bahan pilihan. Dimana lidah buaya ini dapat menimbulkan sensasi dingin hingga dapat membantu mengatasi biang keringat pada kulit secara alami.

Selain itu kandungan sejumlah bahan lainnya seperti antiseptik dapat membantu mengurangi peradangan kulit akibat biang keringat tersebut. Cara menggunakan lidah buaya sebagai bahan alami mengatasi biang keringat cukup mudah dipraktikkan.

Adapun cara mengatasi biang keringat dengan lidah buaya yakni cukup mengoleskan gel lidah buaya pada kulit yang terdapat biang keringat lalu mendiamkan beberapa saat. Setelah kulit terasa kering kalian bisa membilas kulit tersebut dengan air biasa. Cara ini bisa dilakukan secara rutin hingga biang keringat pada kulit dapat teratasi.

2. Air Lemon

Cara mengatasi biang keringat secara alami selanjutnya adalah dapat menggunakan air lemon. Air lemon sendiri kaya akan vitamin c yang diketahui miliki manfaat untuk perawatan kulit. Salah satunya dapat mengatasi biang keringat pada kulit dan membantu menghilangkan gejalanya.

Cara menggunakan air lemon untuk mengatasi biang keringat terbilang cukup mudah dan simple dipraktekkan. Adapun caranya sebagai berikut:

- Siapkan lemon lalu ambil airnya.

- Masukkan cairan air lemon tersebut ke dalam bak mandi.

- Lalu gunakan air yang sudah tercampur dengan air perasan lemon tersebut untuk mandi.

- Lakukan cara ini secara teratur hingga biang keringat dapat segera mereda.

3. Timun

Cara mengatasi biang keringat secara alami yang mudah dipraktekkan juga bisa menggunakan timun. Timun ini juga banyak digunakan sebagai bahan untuk sejumlah produk kecantikan yang bermanfaat pada kulit tubuh. Termasuk bisa mengatasi biang keringat dan membantu meredakan gejalanya.

Caranya cukup dengan mengoleskan beberapa irisan timun pada kulit yang terdapat biang keringat lalu mendiamkan selama beberapa saat. Sensasi dingin yang ditimbulkan tersebut dapat menenangkan kulit hingga membuatnya membantu meredakan gejala biang keringat.

4. Bedak Talek

Tentunya cara ini sudah sering dilakukan masyarakat untuk mengatasi biang keringat pada tubuh. Apalagi kalau bukan menggunakan bedak talek sebagai bahan pilihan mengatasi biang keringat. Bedak talek ini berfungsi untuk mengendalikan jumlah produksi keringat dan meresap keringat berlebih tersebut.

Sehingga kulit tetap dalam kondisi kering hingga mengatasi biang keringat yang dapat muncul akibat kulit lembab karena keringat berlebih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dianjurkan memakai bedak talek khusus mengatasi biang keringat yang bisa dijumpai di apotik. Selain itu mengganti pakaian secara rutin sebelum mengenakan bedak talek dapat membantu mempercepat proses penyembuhan.

5. Daun Kemangi dan Madu

Cara mengatasi biang keringat secara alami juga dapat memakai daun kemangi dan madu. Daun kemangi ini dapat dicampurkan dan dikombinasikan dengan bahan madu untuk membantu mengatasi gejala biang keringat. Adapun cara mengatasi biang keringat dengan daun kemangi dan madu adalah sebagai berikut:

- Siapkan daun kemangi secukupnya.

- Campurkan beberapa sendok madu ke dalam daun kemangi tersebut.

- Lalu blender kedua bahan itu hingga membentuk seperti jus.

- Oleskan kedua bahan tersebut pada area yang rentan biang keringat.

- Diamkan hingga kering lalu bilas sampai bersih.

- Lakukan cara ini secara rutin hingga biang keringat dapat teratasi secara maksimal.

6. Kentang

Tak banyak yang tahu rupanya kentang juga dapat digunakan sebagai cara mengatasi biang keringat secara alami. Untuk menggunakannya cukup dengan mengoleskan irisan kentang pada kulit yang rentan terkena biang keringat. Lalu kalian bisa mendiamkan beberapa saat hingga kering. Cara ini dapat membantu mengatasi biang keringat dan meredakan gejalanya seperti gatal.

7. Pepaya

Selain digunakan sebagai minuman dan makanan, pepaya juga bisa mengatasi biang keringat secara alami dan mudah dipraktekkan. Pepaya bahkan cukup sering dipakai untuk sejumlah produk kecantikan baik kulit hingga rambut. Termasuk mengatasi biang keringat pada tubuh akibat keringat berlebih.

Adapun cara mengatasi biang keringat secara alami dengan pepaya cukup dengan mengoleskan buah pepaya matang yang sudah dihaluskan pada area rentan biang keringat. Lalu kalian bisa mendiamkan beberapa saat dan membilasnya sampai kering. Untuk mendapatkan hasil maksimal lakukan cara tersebut secara rutin sampai biang keringat dapat mereda sempurna.

8. Mandi Secara Rutin

Cara lainnya yang juga bisa dilakukan untuk mengatasi biang keringat adalah dengan mandi secara rutin. Dimana cara ini dapat membuat kulit dan tubuh terasa segar hingga membersihkan kulit dari keringat berlebih.

Selain itu kalian bisa mencampurkan sejumlah bahan lainnya seperti garam epsom yang diketahui punya manfaat mengatasi sejumlah masalah kulit. Pemilihan pakaian dengan bahan katun yang menyerap keringat sebaiknya dilakukan untuk mencegah keringat berlebih hingga bisa menjadi penyebab biang keringat.

Nah itulah 8 cara mengatasi biang keringat secara alami salah satunya pakai lidah buaya. Apabila cara di atas tak membuat kondisi tubuh membaik karena biang keringat, sebaiknya segera menghubungi fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI