7 Cara Menjaga Kadar Cairan Tubuh Agar Puasa Lancar dan Tetap Semangat

Rabu, 28 April 2021 14:22 Penulis: Dhia Amira
7 Cara Menjaga Kadar Cairan Tubuh Agar Puasa Lancar dan Tetap Semangat
Ilustrasi (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Ketika berpuasa di bulan Ramadan, salah satu cobaan yang banyak dialami adalah munculnya perasaan haus. Hal ini sangat lumrah terjadi karena ketika berpuasa, jumlah air yang kita konsumsi memang tidak sebanyak biasanya. Bahkan banyak permasalahan yang mungkin bisa terjadi bila tubuh kekurangan cairan saat puasa. Itulah mengapa kalian harus mengetahui cara menjaga kadar cairan tubuh saat puasa Ramadan.

Ada banyak sekali cara menjaga kadar cairan tubuh saat puasa Ramadan yang sehat dan tepat. Bahkan beberapa cara menjaga kadar cairan tubuh saat puasa Ramadan bukan hanya mengonsumsi air putih saja, namun juga memperhatikan makanan yang kita konsumsi. Itulah mengapa, penting untuk para KLovers mengetahui apa yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi saat akan berpuasa.

Hal ini untuk membuat tubuh tetap sehat, dan tetap menjaga puasa agar tetap berjalan lancar. Nah, kira-kira apa saja ya cara menjaga kadar cairan tubuh saat puasa Ramadan? Dilansir dari merdeka.com dan berbagai sumber, inilah cara menjaga kadar cairan tubuh saat puasa Ramadan yang tepat. Yuk langsung saja dicek KLovers.

 

1. Banyak Konsumsi Air Putih

Cara menjaga kadar cairan tubuh saat puasa Ramadan yang pertama yaitu dengan banyak mengonsumsi air putih. Yup! Air menjadi salah satu cara agar cairan di dalam tubuh tetap terpenuhi dengan baik saat berpuasa. Untuk membuat tubuh tak kekurangan cairan, cara paling sederhana adalah dengan banyak minum air pada takaran tepat saat berpuasa.

Hal ini penting dilakukan ketika kalian banyak beraktivitas di luar ruangan yang panas, bahkan mereka yang juga berada di dalam ruangan pun membutuhkan cairan agar kulit tidak mudah kering saat berpuasa. Minum dengan jumlah cukup pada saat sahur dan berbuka agar kalian tak lemas kehausan saat berpuasa.

 

2. Hindari Konsumsi Garam Berlebih

Cara menjaga kadar cairan tubuh saat puasa Ramadan yang kedua yaitu dengan mengurangi bahkan menghindari konsumsi garam berlebih. Ya, bukan rahasia umum lagi bila mengonsumsi garam berlebih bisa membuat kadar cairan tubuh tidak terpenuhi dengan baik. Hal ini karena makanan asin ternyata bisa menjadi pemicu dehidrasi lebih cepat.

Sehingga lebih baik hindari mengonsumsi makanan yang terlalu banyak menggunakan garam. Kalian bisa mengurangi jumlah garam pada makanan sahur ataupun santapan malam setelah berbuka. Hal ini agar kondisi cairan tubuh tetap seimbang saat kalian berpuasa.

 

3. Kurangi Konsumsi Gula dan Minyak Berlebih

Ternyata tidak hanya garam saja loh KLovers, mengonsumsi gula dan minyak berlebih dapat membuat seseorang cepat haus saat menjalankan ibadah puasa. Sama seperti garam, makanan dengan kandungan gula dan minyak berlebih pun sebaiknya dihindari. Karena keduanya bisa membuat kita lebih haus saat berpuasa walau sudah banyak minum air ketika sahur.

Bahkan mengonsumsi jus dan minuman manis saat berbuka akan mempengaruhi kondisi cairan tubuh kalian di keesokan harinya loh KLovers. Minuman manis juga dapat membuat seseorang gemuk. So, lebih baik ganti minuman kalian dengan air putih atau minuman ion.

 

4. Konsumsi Sayur dan Buah

Selain air putih ternyata ada cara menjaga kadar cairan tubuh saat puasa Ramadan dengan hal lain, salah satunya yaitu ada buah dan juga sayuran. Selain sehat dan dapat menjaga kondisi pencernaan tetap baik saat puasa, nyatanya memperbanyak mengonsumsi buah dan sayur bisa membuat tubuh tidak mudah dehidrasi.

Hal ini karena, sayur dan buah memiliki banyak kandungan air dan serat sehingga sangat cocok dikonsumsi ketika berpuasa. Kedua makanan ini juga bertahan cukup lama di usus dan menjaga kadar air pada tubuh sehingga kalian tak bakal kehausan ataupun merasa lapar dengan cepat.

 

5. Konsumsi Air Kelapa

Selain mengonsumsi buah dan sayur, ternyata mengonsumsi air kelapa juga menjadi cara menjaga kadar cairan tubuh saat puasa Ramadan. Tentu saja hal ini bukan hal yang asing ya untuk kalian KLovers. Air kelapa memang terbukti menjadi salah satu alternatif sehat untuk menghidrasi tubuh, terlebih di saat menjalankan ibadah puasa seperti saat ini. Minuman yang kaya akan antioksidan ini selain bisa menjaga cairan tubuh, juga sangat baik untuk kesehatan jantung dan ginjal kalian.

 

6. Atur Waktu Minum dengan Baik

Walau disarankan untuk minum air, sebaiknya jangan minum dalam jumlah banyak secara langsung terutama sambil makan. Hal ini bisa membuat kalian merasa cepat kenyang sehingga perut terasa seperti sudah mendapat jumlah air dan makanan yang tepat padahal sebenarnya belum. Itulah mengapa, penting untuk kalian menjaga dan mengatur waktu minum dengan baik.

Selingi makan dengan minum air putih saat berbuka, setelah itu saat sebelum tidur. Kemudian saat sahur juga jadi waktu yang tepat memenuhi kebutuhan cairan tubuh sebelum berpuasa. Sebelum mengonsumsi apa-apa, usahakan untuk minum air putih saat bangun sahur. Dengan cara ini, selain kalian tidak minum dalam konsumsi yang banyak, cairan tubuh juga dapat terpenuhi dengan baik saat berpuasa.

 

7. Pilih Makanan Berkuah

Dan cara menjaga kadar cairan tubuh saat puasa Ramadan yang terakhir yaitu dengan memilih makanan berkuah. Tak hanya karena minum air putih, makanan apapun yang berkuah ternyata bisa juga untuk tingkatkan cairan tubuh loh KLovers. Kalian bisa lebih banyak konsumsi sayur yang berkuah selama puasa di bulan Ramadan agar lebih sehat. Kalian bisa berkreasi dengan membuat makanan seperti sup, soto, dan sejenisnya yang sangat baik dikonsumsi terutama saat sahur.

Itulah 7 cara menjaga cairan tubuh saat puasa Ramadan. Semoga dengan mengikuti tips di atas, kalian semua dapat menjalankan ibadah puasa dengan baik tanpa ada halangan karena dehidrasi.

 

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI