7 Destinasi Wisata Malam Menarik Di Yogyakarta Yang Patut Dikunjungi

Senin, 29 Juli 2019 01:54 Penulis: Editor KapanLagi.com
7 Destinasi Wisata Malam Menarik Di Yogyakarta Yang Patut Dikunjungi
Foto : instagram.com/malioboro_insta & explorejogja, Diambil 31 Juli 2019


Kapanlagi Plus - Yogyakarta merupakan kota yang menyuguhkan ragam destinasi wisata yang tak ada habisnya. Mulai dari wisata alam, sejarah hingga destinasi wisata malam yang menarik untuk dikunjungi. Kota yang disebut sebagai Kota Gudeg ini menjadi salah satu kota yang sering disinggahi banyak wisatawan saat liburan. Bukan hanya wisatawan domestik, wisatawan mancanegara pun berbondong-bondong menikmati pesona yang ditawarkan Kota Yogyakarta. Bahkan ketika senja tiba, pesona Yogya tidak lantas ikut meredup karena Kota Pelajar ini semakin meriah ketika malam tiba. Pesona Yogyakarta pada malam hari tidak bisa terlewatkan begitu saja. Setiap sudut Yogya selalu menarik untuk dikunjungi dan ada banyak tempat wisata malam menarik yang patut kamu kunjungi saat berada di Yogyakarta.

Saat matahari terbenam, jangan terburu-buru kembali ke hotel atau penginapan, kamu harus menyaksikan keindahan malam kota ini. Pesona Yogya di malam hari akan membuat kamu rindu dan ingin kembali lagi ke kota ini. Kamu akan rindu dengan setiap suasananya yang disuguhkan. Ketika senja menjelang, suasana kota terasa begitu indah. Terlebih saat malam hari. Tapi kira-kira tempat mana aja yang patut dikunjungi ketika di Yogya saat malam menjelang? Berikut beberapa referensi tempat wisata malam yang menarik untuk dikunjungi seperti yang telah dilansir dari Liputan6.com

 

 

 

 

 

1. Malioboro

Malioboro adalah tempat ikonik yang harus kamu kunjungi ketika berlibur ke Yogya. Pusat tempat wisata belanja di Yogya ini tak cuma semarak di siang hari. Pendar lampu kota menambah cantiknya jalan legendaris ini saat malam hari. Mendengar kata Malioboro, yang mungkin akan terlintas dipikiranmu adalah keramaian, batik dan pernak-pernik khas Yogya. Malioboro memang sudah begitu terkenal, bahkan meskipun sudah berkali-kali berkunjung ke sini pun tetap ingin ke sini lagi dan lagi.

Malioboro sangat cocok untuk dikunjungi pada malam hari, suasananya akan terasa berbeda. Kamu bisa menyaksikan keindahan malam Malioboro dengan berjalan santai dan menyaksikan sekelompok orang memainkan alat musik tradisional. Dan lagi kamu bisa berbelanja di malam hari, sebab di ujung Malioboro terdapat Pasar Bringharjo yang juga beroperasi hingga malam.

2. Titik Nol Kilometer Yogyakarta

Masih di Jalan Malioboro, terdapat titik nol kilometer Yogya yang jadi tempat favorit anak muda Yogyakarta untuk nongkrong di malam hari. Titik Nol Kilometer ini berada di ujung jalan Maliboro yang menjadi titik pertemuan empat jalan, yaitu Jl. Jenderal Ahmad Yani, Jl. Kyai Haji Ahmad Dahlan, Jl. Trikora, dan Jl. Senopati. 

Kawasan Nol Kilometer merupakan kawasan dengan sejumlah bangunan peninggalan Belanda yang disebut Loji. Saat malam hari bangunan-bangunan di kawasan ini yang dihiasi lampu merkuri kekuningan yang memancarkan kesan romantis. Di Titik Nol Yogyakarta ini kamu juga bisa menikmati keindahan malam yang nggak kalah kerennya. Di sini ada banyak spot foto yang cocok untuk kamu yang suka fotografi atau sekedar mengabadikan momen. Kamu bisa menikmati keramaian malam hari di sini dengan ditemani segelas kopi yang banyak dijual di sekitar kawasan ini.

3. Tugu Yogyakarta

Tidak begitu jauh dari Malioboro, kamu akan menemukan Tugu Yogya yang merupakan ikon Kota Yogyakarta yang bisa jadi tujuan wisata malam menarik di Yogya. Tugu yang bercat putih dengan sepuhan emas ini berdiri kokoh di persimpangan Jl. AM. Sangaji, Jl. Diponegoro, Jl. Sudirman dan J. Margo Utomo (P. Mangkubumi). Tugu Yogya ini juga berada di garis antara Gunung Merapi dengan Keraton Yogyakarta dan Pantai Selatan sehingga membuatnya  semakin istimewa. Banyak wisatawan yang datang ke sini hanya sekadar nongkrong atau berfoto-foto. 

Pada malam hari, tugu ini seakan dihiasi cahaya lampu kota yang menjadikan Tugu Yogya jadi tampak begitu mempesona. Semakin malam, gemerlap sorot lampu jalan dan kendaraan yang melintas di sekitar tugu ini semakin menambah kecantikan Tugu Yogya. Tugu ini selalu ramai dengan orang-orang yang ingin berfoto ria atau sekadar nongkrong di sekitarnya. 

4. Alun-alun Kidul (Alkid)

Alun-alun Kidul yang berada di bagian selatan kompleks Keraton Yogyakarta ini merupakan saah satu lokasi nongkrong hits di kalangan anak muda Yogya dan juga wisatawan. Alun-alun Kidul selalu ramai dikunjungi oleh warga sekitar maupun wisatawan yang ingin bersantai dan menikmati malam di Yogyakarta sambil naik kereta mini yang dihiasi lampu warna-warni.

Selain itu, wisatawan di alun-alun kidul juga bisa berwisata kuliner, karena di sana ada banyak pedagang makanan yang berjualan. Wisatawan bisa memilih makanan ringan ataupun makanan berat dan menikmati suasana Yogya di malam hari dengan teman-teman ataupun keluarga.

Alun-alun kidul juga identik dengan tradisi Masangin yang menyebutkan jika seseorang berhasil berjalan melewati dua pohon beringin yang ada di tengah-tengah alun-alun sambil ditutup matanya konon keinginan orang tersebut bisa terwujud.

5. Taman Pelangi Monjali

Jika kamu suka dengan suasana lampu yang memiliki beragam warna dan gemerlap di malam hari, maka Taman Pelangi menjadi satu tempat wisata Yogya yang harus kamu kunjungi. Kamu bisa menikmati keindahan lampu warna-warni dengan berbagai macam bentuk. Taman yang terletak di kawasan Monumen Yogya Kembali (Monjali) yang ada di Ring Road Utara.

Disini kamu bisa menemukan berbagai bentuk lampion yang warna warni, seperti lampion berbentuk aneka bunga, tokoh kartun, hewan, benda antik, tokoh wayang serta replika keajaiban dunia. Di taman ini juga terdapat berbagai wahana permainan yang bisa dinikmati anak-anak dan juga orang dewasa. Kamu juga bisa menikmati wahana seperti, perahu dayung, becak mini, bola air, speed boat, rumah hantu, trampolin dan lainnya lagi. 

Tiket masuk ke Taman Pelangi Monjali ini adalah Rp 20.000/orang dan kamu sudah bisa berfoto hingga puas atau pun sekedar menikmati pesona lampu warna-warni di dalamnya.

6. Bukit Bintang

Letak Bukit Bintang berjarak kurang lebih 15 Km dari tengah kota Yogya, tepatnya berada di Patuk, Kabupaten Gunung Kidul. Bukit Bintang menyuguhkan pemandangan malam yang menarik. Seperti namanya, Bukit Bintang di malam hari bertabur bintang. Itulah yang menjadikan Bukit Bintang pada saat sore hingga malam hari selalu ramai dipadati oleh muda-mudi dan orang dewasa. Di sini kamu bisa melihat keindahan kota Yogya dari ketinggian 150 meter dan menikmati lampu-lampu kota yang terlihat kerlap-kerlip. Di sini sudah ada sejumlah warung yang didesain agar wisatawan dapat leluasa untuk menikmati pemandangan panorama tempat wisata Yogya malam hari.

Tempat ini buka selama 24 jam setiap hari dan tidak memberlakukan tiket masuk untuk pengunjungnya atau gratis. Pengunjung hanya diharuskan membayar parkir kendaraan yang mereka bawa. Karcis parkirnya pun tidak mahal, sekitar Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

7. Sindu Kusuma Edupark

Wisata malam lainnya bisa kamu nikmati di Sindu Kusuma Edupark atau yang akrab dengan singkat SKE. Tempat ini terletak di Jalan Jambon, Dusun Kragilan, Desa Sinduadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55284. Di sini kamu akan menjumpai bianglala raksasa yang memiliki tinggi sekitar 48 meter dan ada sekitar 28 kabin yang dapat menampung empat orang berusia dewasa di setiap kabinnya. Kalau kamu naik bianglala ini pada malam hari, maka kamu akan melihat keindahan kota Yogya malam hari dari ketinggian.

Tidak hanya satu wahana saja yang bisa kamu nikmati, di sini ada 10 wahana menarik lainnya yang bisa kamu coba misalnya Montor Tumbur, Kursi Mabur, Sepur Kluthuk dan lainnya.Wisata ini bisa menjadi wisata keluarga atau berkunjung kemari dengan teman-teman.

Jam operasional tempat ini dimulai pada pukul 15.00 WIB hingga 00.00 WIB atau pukul 12 malam pada hari Senin, Rabu, Kamis dan Jum’at. Hari Selasa adalah hari libur untuk tempat ini. Sedangkan pada hari Sabtu dan Minggu buka mulai pukul 10.00 WIB hingga 23.00 WIB. Untuk masuk ke sini pengunjung harus membayar sebesar Rp 15.000/orang.

Nah, itulah beberapa wisata menarik di Yogyakarta yang bisa kamu kunjungi pada malam hari. Berlibur di kota ini memang tidak boleh melewatkan kulinernya, tapi kamu juga tidak boleh melewatkan wisata malam yang ada. Dijamin deh liburan mu akan lebih lengkap setelah berkunjung ke wisata malam di Yogyakarta.

Penulis : Ririn Sri Wasida                                 

(kpl/mag)



MORE STORIES




REKOMENDASI