7 Faktor Pemicu Rambut Cepat Beruban dan Cara Mengatasinya, Tak Hanya Terjadi Pada Usia Lanjut

Kamis, 24 Juni 2021 11:33
7 Faktor Pemicu Rambut Cepat Beruban dan Cara Mengatasinya, Tak Hanya Terjadi Pada Usia Lanjut
Ilustrasi (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Rambut beruban biasanya terjadi menjelang usia lanjut. Namun siapa sangka, beberapa orang pernah memiliki uban meski berusia muda. Lalu apa sebenarnya penyebab rambut cepat beruban dan cara mengatasinya?

Sebagian besar orang mungkin saja tidak mempermasalahkan rambut beruban di usia lanjut. Namun lain dengan mereka yang masih berusia muda tapi memiliki uban pada rambutnya. Kondisi tersebut seringkali meresahkan bahkan membuat kepercayaan diri menurun.

Penyebab rambut cepat beruban meski tak memandang usia biasanya terjadi karena beberapa faktor seperti riwayat penyakit, gaya hidup, ataupun genetika. Inilah yang menyebabkan beberapa orang di usia muda dengan rambut beruban mencoba mencari cara mengatasi rambut beruban.

Maka dari itu berikut ini ada beberapa hal yang menjadi penyebab rambut cepat beruban sekaligus cara mengatasinya secara mudah. Adapun penyebab rambut cepat beruban dapat kalian simak melalui penjelasan di bawah ini telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

 

1. Penyebab Rambut Cepat Beruban

Seperti ulasan sebelumnya, penyebab rambut cepat beruban dapat terjadi karena beberapa faktor. Di mana faktor pemicu rambut cepat beruban bisa disebabkan karena masalah kesehatan, genetika, ataupun kekurangan nutrisi dan vitamin. Berikut ini beberapa faktor pemicu rambut cepat beruban yang perlu dikenali.

1. Kekurangan Nutrisi dan Vitamin

Faktor pemicu rambut cepat beruban yang pertama disebabkan karena tubuh kekurangan nutrisi dan vitamin. Di mana kekurangan nutrisi dan vitamin tentunya bisa memicu beberapa masalah kesehatan termasuk kesehatan kepala dan rambut. Berkaitan dengan kekurangan nutrisi dan vitamin, rambut beruban cepat terjadi jika tubuh tidak mendapatkan cukup asupan vitamin B12, B9, mineral serta zat besi.

Beberapa nutrisi dan vitamin tersebut penting buat kesehatan kulit kepala dan rambut termasuk mencegah masalah rambut beruban. Misalnya saja ketika tubuh kalian kekurangan vitamin B12 dan B9 dalam jumlah banyak bisa memicu masalah kesehatan seperti anemia perniosa termasuk memicu rambut cepat beruban. Begitu pula apabila tubuh kekurangan zat besi dapat menyebabkan seseorang memiliki kadar serum ferritin yang rendah hingga memicu rambut cepat beruban.

 

2. Tingkat Usia

Faktor pemicu rambut cepat beruban selanjutnya adalah karena tingkat usia memasuki paruh baya. Sebab itulah umumnya uban cukup identik dengan sejumlah orang yang tergolong lansia. Ini terjadi karena seiring bertambahnya usia beberapa fungsi tubuh mengalami penurunan termasuk berkaitan dengan kesehatan kepala dan rambut.

Penuaan yang terjadi karena faktor usia, menyebabkan sel pigmen pada folikel rambut cukup rendah bahkan mulai mati. Ini menyebabkan rambut tidak memiliki melanin yang cukup hingga memicu perubahan warna rambut atau cepat beruban.

 

3. Kondisi Medis

Faktor pemicu rambut cepat beruban selanjutnya dapat terjadi karena kondisi medis yang dialami. Di mana kondisi medis tertentu ternyata menjadi salah satu pemicu rambut cepat beruban. Di antara beberapa kondisi medis penyebab rambut beruban meliputi vitiligo, penyakit tiroid, alopecia areata, ataupun neurofibromatosis.

Vitiligo sendiri bisa menjadi salah satu pemicu rambut cepat beruban karena menyebabkan sel melanosit penghasil melanin hilang bahkan rusak. Melanin sendiri berfungsi sebagai pigmen yang mengatur warna kulit. Sedangkan melansir dari medicalnewstoday.com, bersumber dari penelitian menunjukkan bahwa gangguan tiroid dapat memicu rambut cepat beruban. Namun untuk mengetahui secara pasti penyebab rambut cepat beruban apabila disinyalir karena kondisi medis, diperlukan pemeriksaan dan konsultasi lebih lanjut.

 

4. Penyakit Autoimun

Penyakit autoimun juga menjadi salah satu penyebab rambut cepat beruban. Lalu apa kaitannya penyakit autoimun dengan munculnya rambut beruban?

Melansir dari merdeka.com, penyakit autoimun bisa memicu rambut cepat beruban karena sistem kekebalan tubuh yang lemah menjadi penyebabnya. Di mana sistem kekebalan tubuh yang lemah dapat mempengaruhi folikel rambut yang akhirnya memicu beberapa masalah kesehatan kepala dan rambut.

 

5. Waspadai Tingkat Stres

Penyebab rambut cepat beruban selanjutnya dapat terjadi karena faktor stres yang dialami tubuh. Di mana stres cukup berpengaruh pada masalah kesehatan tubuh termasuk memicu rambut cepat beruban. Stres sendiri diketahui bisa memicu beberapa gangguan kesehatan seperti vitiligo yang sebelumnya juga terkait dengan pemicu rambut cepat beruban.

Maka dari itu, menghindari stres berat perlu kalian lakukan untuk mencegah masalah rambut beruban. Melakukan hobi favorit, berlibur, ataupun olahraga bisa membantumu mencegah stres berat yang memicu rambut cepat beruban.

 

6. Gaya Hidup Tidak Sehat

Gaya hidup tidak sehat bisa menimbulkan beberapa gangguan kesehatan termasuk berpengaruh pada kesehatan kepala dan rambut. Dalam hal ini gaya hidup tidak sehat seperti kebiasaan merokok, bisa memicu rambut cepat beruban. Ini terjadi karena kandungan zat dalam rokok dapat menyebabkan rambut beruban. Sebuah penelitian bahkan menyebutkan seseorang dengan tingkat merokok tinggi lebih mungkin bisa mengalami rambut cepat beruban di usia muda.

 

7. Bahan Kimia Perawatan Rambut

Merawat kesehatan dan kecantikan rambut tentunya penting kalian lakukan. Namun beberapa kondisi juga bisa memicu masalah kesehatan pada kulit kepala dan rambut jika dilakukan berlebihan bahkan mengandung bahan kimia tertentu. Sebab itulah efek bahan kimia pada beberapa jenis produk perawatan rambut bisa menyebabkan rambut cepat beruban. Bahan kimia produk perawatan rambut seperti hydrogen pereksida diketahui bisa jadi faktor pemicu rambut cepat beruban.

 

8. Cara Mengatasi Rambut Beruban

Setelah mengetahui apa saja faktor pemicu rambut cepat beruban, berikut ini ada beberapa cara mengatasi rambut putih, transparan, ataupun berwarna abu-abu. Cara mengatasi rambut beruban di bawah ini dilakukan dengan bahan-bahan alami yang mudah dipraktikkan. Langsung saja simak penjelasannya tentang cara mengatasi rambut beruban sebagai berikut.

1. Mencukupi kebutuhan nutrisi dan vitamin

Cara mengatasi rambut beruban yang pertama adalah dengan mencukupi asupan nutrisi dan vitamin. Seperti ulasan sebelumnya, penyebab rambut cepat beruban dapat terjadi karena tubuh kekurangan beberapa nutrisi penting yang mampu menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut.

Maka dari itu, cara pertama yang mudah kalian lakukan adalah menjaga asupan nutrisi dan vitamin tetap baik. Beberapa jenis buah dan sayur yang mengandung antioksidan tinggi bisa jadi pilihan buat mencegah masalah rambut beruban. Sebab antioksidan berperan penting menjaga tubuh kalian dari paparan radikal bebas.

 

9. Menjaga Asupan Cairan Tubuh

Cara mengatasi rambut beruban paling mudah berikutnya adalah dengan menjaga asupan cairan tubuh. Konsumsi air putih dengan cukup sehari kurang lebih delapan gelas bisa membantumu mengatasi masalah rambut beruban. Tak hanya manfaat untuk rambut, melainkan kalian bisa mendapatkan banyak manfaat dari air putih yang menjaga tubuh tetap terhidrasi.

 

10. Gunakan Masker Rambut Lemon Dan Minyak Kelapa

Menjaga kesehatan dan kecantikan kulit kepala dan rambut bisa kalian peroleh dari bahan-bahan alami seperti lemon dan minyak kelapa. Sebab kedua bahan ini kaya kandungan vitamin dan nutrisi yang mampu menjaga kesehatan rambut termasuk mencegah masalah rambut beruban.

Inilah yang menjadikan campuran dua bahan tersebut bisa kalian gunakan untuk mengatasi rambut beruban secara mudah dan alami. Kalian dapat mencampurkan dua sendok teh perasan lemon dengan dua sendok makan minyak kelapa hangat lalu balurkan pada kulit kepala dan rambut. Bilas bersih setelah didiamkan selama 30 menit.

 

11. Gunakan Teh Hitam

Selain lemon dan minyak kelapa, kandungan nutrisi dan zat dalam teh hitam seperti antioksidan tak kalah bermanfaat bagi kesehatan kulit kepala dan rambut. Salah satu manfaat teh hitam tersebut dapat mengatasi masalah rambut beruban sehingga kalian bisa menjadikannya pilihan. Cara cukup mudah yakni menggunakan seduhan teh hitam untuk keramas sambil pijat perlahan lalu. Bilas bersih setelah didiamkan selama satu jam.

 

12. Mengontrol Tingkat Stres

Cara mengatasi rambut beruban selanjutnya adalah dengan mengontrol tingkat stres. Sebab salah satu penyebab rambut cepat beruban adalah tingkat stres berat. Maka dari itu, cara termudah buat kalian lakukan adalah dengan mengontrol tingkat stres dalam tubuh. Melakukan beberapa kegiatan favorit bisa jadi pilihan terbaik mengontrol tingkat stres kalian.

Nah itulah 7 faktor pemicu rambut cepat beruban dan cara mengatasinya. Beberapa ulasan tentang penyebab rambut cepat beruban di atas bisa dijadikan referensi buat kalian menghindari beberapa hal-hal yang memicu rambut beruban sekaligus cara mengatasinya secara alami.

 

(kpl/nlw)



MORE STORIES




REKOMENDASI