7 Manfaat Bunga Rosella Bagi Kesehatan, Salah Satunya Baik untuk Gigi dan Gusi

Kamis, 30 Juli 2020 19:22 Penulis: Nurul Wahida
7 Manfaat Bunga Rosella Bagi Kesehatan, Salah Satunya Baik untuk Gigi dan Gusi
Manfaat bunga rosella bagi kesehatan (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Bunga rosella yang khas berwarna merah menyala mirip strawberry ini cukup populer jadi bahan minuman hangat. Minuman dari bunga rosella yang dibuat layaknya seperti the ini memang sangat nikmat dikonsumsi saat cuaca panas. Selain bisa dikonsumsi, ada sederet manfaat bunga rosella bagi kesehatan karena kandungan nutrisinya.

Bunga rosella sendiri merupakan salah satu jenis bunga yang bisa dikonsumsi. Bunga ini diketahui berasal dari negara Afrika dan cukup mudah ditemui di berbagai negara termasuk Indonesia. Bahkan tanaman rosella memiliki manfaat untuk kesehatan terutama pada kelopak bunganya. Tanaman rosella pun tergolong tanaman herbal mengandung banyak nutrisi bagi tubuh.

Tak hanya dibuat teh bunga rosella juga bisa dibuat sebagai selai. Namun memang bunga rosella lebih populer dikonsumsi sebagai minuman. Untuk dijadikan minuman biasanya bunga rosella dikeringkan terlebih dahulu kemudian dapat diseduh layaknya seperti teh. Minuman hangat dari bunga rosella ini sangat cocok dikonsumsi kala cuaca dingin. Di dalam bunga rosella juga mengandung berbagai nutrisi sehat yang bermanfaat bagi tubuh.

Lalu apa saja manfaat bunga rosella bagi kesehatan?

Adapun manfaat bunga rosella bagi kesehatan terangkum dalam beberapa poin di bawah ini. Sehingga dengan mengetahui manfaat bunga rosella bagi kesehatan dapat menjadi referensi mengatasi masalah kesehatan kalian. Berikut manfaat bunga rosella bagi kesehatan bersumber dari rhymbahillstea.com, healthbenefitstimes.com, dan ejurnal.litbangpertanian.go.id.

 

1. Baik untuk Gigi dan Gusi

gusi yang sehat pastinya menjadi dambaan setiap orang agar terbebas dari masalah kesehatan yang muncul. Sebab kelopak bunga rosella atau sering disebut sebagai kalik mengandung sejumlah nutrisi seperti vitamin C cukup tinggi.

Sedangkan pada buahnya, tanaman rosella miliki beberapa nutrisi seperti antioksidan, anti bakteri, kalsium, protein, fosfor, kadar air dan lain sebagainya. Sejumlah nutrisi tersebut menawarkan manfaat bunga rosella yang baik bagi gigi dan gusi. Nutrisi kalsium tersebut dapat memberi perlindungan gigi dan gusi dan menjaga kesehatannya.

2. Mengontrol Tekanan Darah

Manfaat bunga rosella bagi kesehatan selanjutnya dapat mengontrol tekanan darah. Tekanan darah sendiri erat kaitannya dengan beberapa kondisi kesehatan seperti jantung hingga diabetes. Dalam hal ini rupanya bunga rosella yang dikeringkan dan dibuat teh menawarkan manfaat tersebut untuk mengontrol tekanan darah.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada 2015 lalu mengungkapkan bahwa konsumsi rutin teh bunga rosella bermanfaat menurunkan tekanan darah dibanding mereka yang tak mengonsumsinya. Sedangkan dalam sebuah jurnal penelitian dalam halaman ejurnal.litbang.pertanian.go.id berjudul Potensi Diversifikasi Rosela Herbal (Hibiscus Sabdariffa L.) untuk Pangan dan Kesehatan oleh Elda Nurnasari dan Ahmad Dhianul Khuluq mengungkapkan kandungan antosianin dalam ekstrak kelopak bunga rosella dapat menurunkan tekanan darah hingga meningkatkan sensivitas insulin.

3. Tinggi Antioksidan

Manfaat bunga rosella bagi kesehatan yang lainnya juga diketahui memiliki kandungan antioksidan tinggi. Senyawa antosianin tersebut berperan sebagai antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh. Bahkan tak hanya bunganya, tanaman rosella juga miliki kandungan antioksidan di dalamnya yang bermanfaat bagi tubuh.

Terlebih pada kelopak bunga rosella miliki vitamin C cukup tinggi yang berperan sebagai antioksidan. Seperti diketahui antioksidan ini dapat melawan berbagai radikal bebas yang menyerang tubuh sehingga tubuh dapat tetap sehat dan bugar.

4. Mencegah Obesitas

Tak banyak yang tahu bahwa manfaat bunga rosella juga bisa mencegah obesitas karena kandungan antioksidan berupa polifenol dan flavonoid. Sebab, nutrisi tersebut dapat mengurangi penumpukan lemak termasuk bisa menurunkan berat badan. Sebuah penelitian juga mengungkapkan bahwa ekstrak bunga reosella dapat menurunkan penyerapan pati dan glukosa hingga mampu turunkan berat badan dan mencegah obesitas.

5. Mencegah Flu

Manfaat bunga rosella bagi kesehatan juga bisa mencegah sakit flu. Seperti diketahui sakit flu sendiri sangat membuat penderitanya tidak nyaman hingga timbulkan beberapa gejala seperti demam dan batuk. Namun rupanya bunga rosella tersebut bermanfaat untuk mencegah flu dan mengatasinya.

Kandungan vitamin C dalam bunga rosella menawarkan manfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang bisa melindungi dari berbagai macam penyakit terutama disebabkan oleh virus. Sehingga konsumsi teh bunga rosella ini sangat cocok untuk mencegah flu.

6. Sehatkan Pencernaan

Sembelit menjadi masalah pencernaan yang kerap dialami setiap orang. kondisi ini menimbulkan rasa tidak nyaman hingga pengaruhi sejumlah sistem organ tubuh terutama pencernaan. Namun rupanya manfaat bunga rosella dapat berfungsi menyehatkan pencernaan dan mencegah dari sakit sembelit. Kandungan nutrisi dari rosella berupa magnesium yang larut dalam air diyakini dapat mengatasi sembelit. Selain itu rosella juga miliki serta tinggi yang bisa melancarkan sistem pencernaan.

7. Menangkal Radikal Bebas

Seperti diketahui sebelumnya bahwa tanaman rosella mengandung antioksidan cukup tinggi termasuk pada kelopaknya. Dimana antioksidan tersebut bisa berguna untuk menangkal radikal bebas yang bisa berdampak pada kesehatan. Mulai dari kandungan antosianin hingga vitamin C tinggi dalam bunga rosella menawarkan manfaat tersebut dan mampu melawan radikal bebas.

Nah itulah 7 manfaat bunga rosella bagi kesehatan Salah Satunya Baik untuk Gigi dan Gusi. Selain itu selalu terapkan gaya hidup sehat agar tubuh terbebas dari berbagai masalah kesehatan. Perlu diperhatikan juga untuk mengonsumsi bunga rosella dalam batas wajar dan tidak berlebihan.

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI