6 Jenis Daun Ini Bisa Dijadikan Teh, Kaya Manfaat

Rabu, 11 Maret 2020 15:20 Penulis: Puput Saputro
6 Jenis Daun Ini Bisa Dijadikan Teh, Kaya Manfaat
Ilustrasi (credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Teh merupakan salah satu jenis minuman yang sangat populer di Indonesia atau bahkan di dunia. Teh begitu difavoritkan karena memiliki cita rasa yang khas dan kaya manfaat. Secara umum, meminum teh dinilai mampu memberikan manfaat menurunkan risiko diabetes, menyehatkan kulit, hingga memperbaiki kualitas tidur.

Ada berbagai jenis teh yang umum di pasaran, sebut saja teh hijau, teh hitam, dan teh putih. Selain ketiga jenis teh tersebut, ada pula beberapa jenis daun tanaman khas di Indonesia yang kaya manfaat dan dapat disajikan sebagai minuman teh. Berikut ini beberapa jenis daun yang kaya manfaat tersebut.

 

1. Daun Sukun

Dilansir dari LIPI, penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa dan alumni Universitas Gadjah Mada (UGM) menunjukkan bahwa daun sukun mengandung senyawa flavonoid, riboflavin, dan sirosterol. Ketiga senyawa tersebut diyakini akan bermanfaat menjaga kesehatan jantung, mencegah kolesterol, serta mengurangi risiko diabetes.

Proses pembuatan teh dengan daun sukun pun relatif mudah. Pertama, daun sukun yang masih muda dibersihkan dan dipisahkan dari tulang daunnya. Lalu, daun dicacah sampai halus dan dikeringkan menggunakan oven. Setelah itu, barulah cacahan daun sukun dapat diseduh layaknya teh.

2. Daun Salam

Daun salam yang selama ini banyak dimanfaatkan sebagai bahan masakan ternyata juga bisa digunakan sebagai campuran teh. Daun salam mengandung berbagai zat seperti tembaga, selenium, besi, seng, magnesium, potassium, dan kalsium yang berguna bagi tubuh.

Mencampur teh dengan daun salam cukup dilakukan dengan merebus beberapa lembar daun salam ke dalam air. Kemudian, gunakan air rebusan daun salam tersebut untuk menyeduh teh.

3. Daun Kelor

Sudah menjadi rahasia umum bahwa daun kelor mempunyai banyak sekali manfaat. Dilansir dari rumahkelor.com sebuah penelitian dari Universitas Purdue menyebutkan bahwa daun kelor dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu, penelitian tersebut juga mengungkapkan bahwa daun kelor dapat menurunkan kolesterol.

Khasiat tersebut diperoleh daun kelor dari kandungan polifenol catechin dan antioksidan yang kuat. Saat ini di pasaran telah banyak teh daun kelor yang dijual secara kemasan.

Namun, apabila hendak membuat teh daun kelor pun caranya tidaklah begitu sulit. Racikan daun kelor tersebut dapat dibuat dengan mengeringkan daun kelor dengan cara diangin-anginkan. Setelah itu teh daun kelor yang kaya manfaat bisa dibuat dengan cara diseduh dengan air panas.

4. Daun Alpukat

Alpukat dikenal sebagai salah satu buah yang mempunyai banyak manfaat. Buah alpukat mempunyai berbagai kandungan nutrisi seperti lemak baik, karotenoid, lutein, protein, dan sebagainya. Tapi tidak banyak yang tahu bahwa daun buah alpukat juga mengandung banyak nutrisi lain seperti protein, serat, mineral, fitokimia, dan sebagainya.

Kandungan tersebut membuat daun alpukat juga berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti maag, hipertensi, diare, dan asma. Daun alpukat dapat dibuat dengan cara menyeduh teh biasa dengan air rebusan 3 sampai 4 helai daun alpukat kering. Untuk menambah rasa nikmat, kita juga bisa menambahkan dengan gula batu atau madu.

5. Daun Sirsak

Daun sirsak selama ini dikenal sebagai salah satu jenis daun tanaman buah yang banyak mempunyai khasiat. Khasiat daun sirsak yang telah banyak diketahui publik di antaranya sebagai obat darah tinggi, kanker, tumor, dan kolesterol. 

Untuk membuat daun sirsak menjadi campuran teh, terdapat beberapa proses yang harus dilalui. Proses tersebut antara lain membersihkan daun sirsak, potong daun sirsak dalam ukuran kecil-kecil, lalu dikeringkan dengan cara dijemur bisa di bawah sinar matahari langsung atau dengan menggunakan oven.

6. Daun Jambu Biji

Daun jambu biji selama ini banyak dimanfaatkan sebagai obat alternatif untuk diare. Namun, mungkin belum banyak yang tahu bahwa selain untuk mengobati sakit perut, daun jambu biji juga bisa bermanfaat untuk menurunkan kolesterol, menurunkan berat badan, dan mengontrol gula darah. 

Daun jambu biji yang dipergunakan sebagai campuran teh adalah daun jambu biji yang masih muda. Hal ini dikarenakan pada daun jambu biji muda banyak mengandung antioksidan, vitamin C, dan flavonoid.

 Cara mengonsumsi teh jambu biji sangatlah mudah. Kita tinggal merebus beberapa lembar daun jambu biji ke dalam air hingga mendidih. Kemudian kita bisa meminumnya secara langsung atau dengan menambahkan madu atau gula.

(kpl/psp/gen)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI