7 Manfaat Melamun yang Jarang Diketahui, Bisa Tingkatkan Kepedulian

Jum'at, 13 Maret 2020 12:22 Penulis: Jevi Adhi Nugraha
7 Manfaat Melamun yang Jarang Diketahui, Bisa Tingkatkan Kepedulian
Ilustrasi (credit: pexels)


Kapanlagi Plus - Melamun seringkali dianggap sebagai aktivitas yang cenderung memiliki konotasi negatif. Pasalnya, saat melamun seseorang menjadi kehilangan fokus dan membuat pikiran terputus dengan lingkungan sekitar.

Selain itu, saat melamun pandangan seseorang menjadi kabur digantikan oleh munculnya imajinasi dan khayalan di dalam pikiran. Namun siapa sangka, ternyata melamun juga memiliki segudang manfaat lho. Penasaran seperti apa manfaatnya, yuk simak 7 manfaat melamun berikut ini.

1. Meningkatkan Kreativitas

Manfaat dari aktivitas melamun salah satunya dapat meningkatkan kreativitas seseorang. Melamun dapat memunculkan imajinasi-imajinasi di dalam pikiran. Sehingga hal ini akan memicu ide serta gagasan yang kreatif.

Maka tak heran apabila para seniman yang selau dianggap sebagai 'orang kreatif', seringkali idenya didapat dari aktivitas melamun.

2. Tingkatkan Kepedulian

Melamun merupakan aktivitas merenung yang mampu meningkatkan kepedulian. Pasalnya, saat melamun seseorang dapat memahami serta merenungi keadaan di lingkungan sekitar.

Sehingga hal ini dapat membuat seseorang menjadi empati serta peduli dengan orang-orang di lingkungan sosial. Misalkan ada orang di lingkungan sekitar tengah menghadapi sebuah permasalahan, seseorang yang terbiasa melamun akan turut merenungkan masalah itu dan mencoba membantu menyelesaikannya.

3. Bantu Turunkan Tekanan Darah

Siapa sangka ternyata melamun juga dapat membantu menurunkan tekanan darah. Melamun dianggap sebagai hipnosis yang bisa menurunkan tekanan darah dan mencegah stres.

Hal ini dikarenakan melamun dapat membuat orang membayangkan hal-hal yang menyenangkan dan memiliki ambisi untuk mewujudkannya. Sehingga hal ini dapat mencegah terjadinya stres dan menurunkan tekanan darah.

4. Melatih Kerja Otak

Seseorang yang sedang melamun sering dianggap pikirannya kosong. Padahal hal itu tidak sepenuhnya benar. Saat melamun justru otak sedang aktif bekerja.

Sehingga hal ini dapat melatih kerja otak untuk memikirkan serta merenungi berbagai macam hal. Pasalnya saat melamun seseorang dapat menjumpai berbagai macam peristiwa, baik masa lalu maupun memikirkan masa yang akan datang. Hal inilah yang kemudian menjadikan otak akan bekerja lebih keras.

5. Merawat Ingatan

Manfaat melamun berikutnya yaitu dapat membantu merawat ingatan. Seseorang yang sedang melamun, pikirannya akan cenderung mengingat berbagai macam peristiwa yang pernah dilaluinya. Sehingga hal ini dapat membantu seseorang menyimpan berbagai macam informasi yang ia dapatkan.

Hal ini sangat bermanfaat oleh orang yang memiliki tugas banyak. Dengan melamun seseorang dapat mudah menerima serta mengingat informasi yang diberikan.

6. Evaluasi dan Intropeksi Diri

Melamun juga bermanfaat untuk mengevaluasi diri atas apa yang telah kamu lakukan sepanjang hari, bahkan sepanjang hidup kamu. Hal ini sangat bermanfaat untuk orang yang ingin selalu memperbaiki dirinya.

Melamun dapat dijadikan ajang untuk intropeksi diri, sehingga aktivitas melamun dapat memicu seseorang untuk terus berupaya memperbaiki diri. Dengan begini sebuah tagline 'hari esok harus lebih baik' bisa benar-benar terwujud.

7. Selesaikan Masalah dengan Baik

Seseorang yang memiliki kebiasaan melamun cenderung akan mampu menyelesaikan berbagai macam permasalahan dengan baik. Hal ini karena saat melamun seseorang akan berpikir jauh ke depan dan dapat memperhitungkan berbagai persoalan dengan baik.

Saat melamun fungsi kognitif otak justru akan meningkat. Sehingga dapat memicu cara berpikir yang jernih dan tepat dalam mengambil sebuah keputusan.

(kpl/jan/gen)



MORE STORIES




REKOMENDASI