7 Rekomendasi Buku Farmasi untuk Anak Kesehatan, Farmasis Wajib Merapat!

Minggu, 20 November 2022 10:11
7 Rekomendasi Buku Farmasi untuk Anak Kesehatan, Farmasis Wajib Merapat!
Rekomendasi Buku Farmasi (credit: gramedia.com)


Kapanlagi Plus - Rekomendasi buku farmasi sangatlah beragam membahas mengenai obat, penggunaan, ataupun efek sampingnya. Apalagi, bagi mahasiswa jurusan farmasi, pastinya wajib tahu apa saja rekomendasi buku farmasi terbaik dan sayang dilewatkan.

Meresepkan obat kepada pasien tentunya memerlukan keahlian dan ilmu khusus. Karenanya, ada jurusan tentang farmasi yang mempelajari tentang obat. Sementara itu, untuk memperdalam ilmu tentang dunia farmasi lewat buku juga nggak kalah penting.

Pasalnya, ada banyak buku tentang farmasi yang membahas mengenai berbagai materi tentang obat seperti jenis-jenisnya, penggunaan, takaran, efek samping, ataupun mengenal obat-obat terbaru. Oleh karena itu, di bawah ini ada rekomendasi buku farmasi untuk anak kesehatan baik mahasiswa ataupun farmasis.

Yuk cek apa saja rekomendasi buku farmasi yang telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

 

 

1. Farmasi Klinik

Rekomendasi buku farmasi yang wajib dibaca anak kesehatan adalah Farmasi Klinik. Buku ini ditulis oleh Setya Enti Rikomah yang di dalamnya berisi materi lengkap mengenai bagaimana pelayanan kegiatan farmasi di sebuah klinik bisa berjalan secara maksimal untuk mendukung pengobatan pasien.

Buku dengan jumlah halaman sebanyak 254 ini ditulis dari berbagai sumber literatur terpercaya seperti penelitian. Fokusnya ada pada pengobatan pada pasien serta pelayanan untuk kesembuhan pasien. Misalnya saja tentang tugas seorang farmasis, pelayanan tentang farmasi klinik, hingga memahami efek samping obat pada pasien. Sehingga sangat penting dibaca oleh para farmasis agar dapat memperdalam wawasan dan mempraktikan pengetahuan mengenai farmasi klinik.

 

 

2. Ilmu Meracik Obat: Teori dan Praktik

Ilmu Meracik Obat: Teori dan Praktik juga masuk dalam jajaran rekomendasi buku farmasi yang wajib dibaca anak kesehatan terutama jurusan farmasi. Buku ini disusun oleh Moh. Anief yang di dalamnya membahas mengenai bagaimana ilmu meracik obat.

Dengan membaca buku ini, maka pembaca atau para farmasis dapat memahami langkah yang benar meracik obat seperti pemberian dosis yang tepat, mengenal jenis-jenis obat, cara menyaring bahan, dan lain sebagainya. Sehingga para farmasis dapat memperdalam wawasan mengenai ilmu meracik obat.

 

 

3. Analisis Obat

Rekomendasi buku farmasi yang juga wajib dibaca anak kesehatan terutama jurusan farmasi adalah Analisis Obat. Buku ini ditulis oleh Abdul Rohman yang di dalamnya membahas mengenai teknik menganalisis obat. Berjumlah 532 halaman, buku berjudul Analisis Obat dijabarkan dalam 7 bab.

Sementara itu, untuk masing-masing bab tersebut memuat beberapa pembahasan seperti volumetri, kromatografi, elektroforesis kapiler, flow injection analysis dan lain sebagainya. Untuk mendapatkan buku ini bisa melalui sejumlah book store yang harganya juga cukup terjangkau. Wajib masuk wishlist bacaan kalian KLovers.

 

 

4. Farmakologi Dasar & Klinik Vol.1 Edisi 12

Rekomendasi buku farmasi berikutnya adalah Farmakologi Dasar & Klinik Vol.1 Edisi 12. Buku ini bisa jadi referensi untuk anak kesehatan terutama para mahasiswa jurusan farmasi yang ingin memperdalam mengenai ilmu farmakologi.

Apalagi buku ini disusun oleh sejumlah penulis yang berpengalaman di dunia kesehatan. Buku Farmakologi Dasar & Klinik Vol.1 Edisi 12 membahas mengenai beberapa materi penting tentang obat seperti penggunaan obat, pemilihan obat, efek samping, serta banyak pembahasan lengkap lainnya.  Adapun daftar isi dalam buku ini meliputi obat autonomy, obat kardiovaskular - ginjal, obat dengan efek penting pada otot polos, dan macam-macam obat lainnya.

 

 

5. Farmasi Rumah Sakit

Rekomendasi buku farmasi berikutnya adalah Farmasi Rumah Sakit. Buku ini ditulis oleh Setya Enti Rikomah yang membahas mengenai pelayanan farmasi kepada pasien di rumah sakit. Dengan membaca buku ini, dapat membantu pembaca memperdalam pengetahuan tentang tugas farmasis di rumah sakit salah satunya bagaimana pelayanan dan penggunaan obat.

Selain itu di bahas juga beberapa materi lain tentang rumah sakit seperti kewajiban dan hak rumah sakit serta pasien, klasifikasi rumah sakit, anggaran rumah sakit, perbekalan sediaan farmasi di rumah sakit, pengelolaan limbah rumah sakit dan lain sebagainya. Pada dasarnya buku ini akan membantumu semakin tahu pelayanan rumah sakit dan kinerjanya.

 

 

6. Obat-Obat Penting: Khasiat Penggunaan dan Efek Sampingnya

Obat-Obat Penting: Khasiat Penggunaan dan Efek Sampingnya juga bisa masuk wishlist bacaan kalian tentang rekomendasi buku farmasi. Buku ini disusun oleh Drs. Tan Hoan Tjay dan Drs. Kirana Rahardja yang membahas mengenai sejumlah obat yang dibuat dengan bioteknik rekombinan hingga obat-obat terbaru lainnya.

Serta ada pula pembahasan materi mengenai obat kanker di buku ini seperti lapatinib untuk kanker payudara tingkat lanjut. Selain membahas tentang obat beserta kegunaannya, pembaca juga dapat mengetahui bagaimana efek samping dari obat tersebut. Karena dipaparkan dalam buku ini ada sejumlah reaksi atau efek samping yang terjadi dari penggunaan untuk lansia.

 

 

7. MIMS Referensi: Informasi Ringkas Produk Obat Bahasa Indonesia Edisi 2022

Rekomendasi buku farmasi berikutnya adalah MIMS Referensi: Informasi Ringkas Produk Obat Bahasa Indonesia Edisi 2022. Buku ini wajib banget di baca anak kesehatan baik mahasiswa, farmasis, ataupun tenaga kesehatan untuk tahu mengenai obat-obat terbaru yang beredar.

Buku ini memiliki beberapa edisi dan volume berdasarkan tahunnya yang mana informasinya sangat up to date. Sehingga bisa dijadikan referensi buat para mahasiswa kesehatan, tenaga kesehatan, praktisi, ataupun farmasis.

Itulah rekomendasi buku farmasi untuk anak kesehatan yang wajib dibaca. Buku di atas dari salah satu di antara jajaran referensi buku tentang dunia farmasi. Selamat membaca KLovers.

 

 

(kpl/gen/nlw)



MORE STORIES




REKOMENDASI