6 Rekomendasi Buku Fiksi Terjemahan yang Menarik untuk Dibaca, Cocok untuk Menghabiskan Waktu Luang

Selasa, 25 Oktober 2022 19:22 Penulis: Dhia Amira
6 Rekomendasi Buku Fiksi Terjemahan yang Menarik untuk Dibaca, Cocok untuk Menghabiskan Waktu Luang
Rekomendasi Buku Fiksi Terjemahan (credit: goodreads.com)


Kapanlagi Plus - Buku juga menjadi sebuah selingan hiburan untuk beberapa orang. Nah, untuk kalian yang suka banget membaca buku sebagai hiburan, maka ada loh rekomendasi buku fiksi terjemahan yang menarik untuk dibaca.

Nah, kira-kira apa saja ya rekomendasi buku fiksi terjemahan tersebut? Berikut ini daftar rekomendasi buku fiksi terjemahan yang bisa kalian baca untuk menghabiskan waktu menurut penulis.

 

1. The Song of Achilles

Rekomendasi buku fiksi terjemahan yang pertama yaitu, ada buku berjudul The Song of Achilles karya Madeline Miller. Kisah ini berlatar belakang zaman Yunani kuno. Dikisahkan Patroclus, seorang pangeran muda yang kikuk, diasingkan ke istana Raja Peleus dan putranya yang sempurna, Achilles.

Mereka tumbuh menjadi pemuda yang cakap dalam seni perang dan pengobatan, serta kedekatan mereka berkembang menjadi hubungan yang lebih dalam. Meski hal ini sangat ditentang oleh ibu Achilles, Thetis, dewi laut yang kejam. Lalu tersiar kabar bahwa Helen dari Sparta telah diculik.

Merasa bimbang karena takut, namun sayang terhadap sahabatnya, Patroclus pergi bersama Achilles ke Troy, tanpa menyadari bahwa tahun-tahun selanjutnya akan menjadi ujian bagi semua yang mereka sayangi.

 

2. Neverwhere

Buku Neverwhere, juga menjadi salah satu rekomendasi buku fiksi terjemahan yang sayang untuk kalian lewatkan. Buku karya Neil Gaiman ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1996. Dan pernah pernah menjadi nominasi Mythopoeic Fantasy Award for Adult Literature.

Buku berjudul Neverwhere ini mengisahkan Richard Mayhew, ia berasal dari Skotlandia, kemudian berpindah ke London. Di sana kehidupannya terasa normal. Akan tetapi, kehidupan selanjutnya justru berbalik hingga 180 derajat. Richard menghilang, rumahnya berpindah ke London bagian bawah, seperti berada di dalam dunia khayal atau dongeng.

 

3. Keajaiban Toko Kelontong Namiya

Rekomendasi buku fiksi terjemahan yang selanjutnya ada buku berjudul Keajaiban Toko Kelontong Namiya karya Keigo Higashino. Buku ini bercerita tentang tiga pemuda berandal bersembunyi di toko kelontong tak berpenghuni setelah melakukan pencurian.

Kemudian ada sepucuk surat misterius mendadak diselipkan ke dalam toko melalui lubang surat. Surat yang berisi permintaan saran. Namun, surat aneh itu ternyata membawa mereka dalam petualangan melintasi waktu.

Mereka bertiga tidak akan kembali dan menggantikan peran kakek pemilik toko kelontong yang menghabiskan tahun-tahun terakhirnya memberikan nasihat tulus kepada orang-orang yang meminta bantuan.

 

4. Sang Raja Jin

Novel Sang Raja Jin karya Irving Karchmar menceritakan tentang seorang pemuda bernama Ishaq, yang merupakan mahasiswa filsafat. Ia tertarik mendalami sufi dan bertemu dengan gurunya yang dipanggil Syaikh Guru.

Suatu ketika Ishaq bersama Syaikh pergi ke pasar, dan di sana mereka bertemu dengan seorang Faqir. Ishaq diramal oleh Faqir tersebut bahwa dia akan melakukan perjalanan panjang.

Dan benar saja, Syaikh meminta Profesor Solomon Freeman, Rebecca, Kapten Simach, beserta ketiga murid beliau yakni Ali, Rami, dan Ishaq untuk berangkat guna memecahkan misteri yang baru saja terungkap kembali setelah ribuan tahun tersembunyi.

Mereka diminta untuk pergi ke padang pasir, dan menemukan cincin Sulaiman. Dan masuk ke dalam salah satu rekomendasi buku fiksi terjemahan yang bisa KLovers baca.

 

5. Murder in the Crooked House

Buku Murder in the Crooked House karya Shimada Soji juga menjadi salah satu rekomendasi buku fiksi terjemahan yang berikutnya. Dikisahkan ada sebuah 'Rumah Miring' yang bertengger di tebing dan berselimut salju. Rumah tersebut menghadap ke lautan es di ujung utara Jepang yang terpencil.

Rumah itu merupakan rumah jutawan Kozaburo Hamamoto. Banyak labirin lantai yang miring dan tangga-tangga di tempat yang tidak biasa, juga topeng dan boneka seukuran manusia yang seram. Ketika seorang pria ditemukan mati dibunuh di salah satu kamar, polisi dipanggil dan mereka tak mampu memecahkan teka-teki itu.

Maka dipanggillah Kiyoshi Mitarai, si detektif terkenal yang pernah memecahkan misteri kasus Pembunuhan Zodiak. Dan masuk dalam daftar rekomendasi buku fiksi terjemahan yang sayang untuk kalian lewatkan.

 

6. Catatan Pembunuhan Sang Novelis

Dan rekomendasi buku fiksi terjemahan yang terakhir ada buku berjudul Catatan Pembunuhan Sang Novelis. Dikisahkan, Novelis laris Hidaka Kunihiko ditemukan tewas di rumahnya pada malam sebelum ia meninggalkan Jepang untuk pindah ke Kanada. Tubuhnya ditemukan di ruang kerjanya yang terkunci, di rumahnya yang juga terkunci oleh istri dan sahabatnya.

Keduanya punya alibi kuat. Namun, Detektif Kaga Kyoichiro yang menyelidiki kasus pembunuhan tersebut menemukan bahwa hubungan Hidaka dengan sang sahabat, Nonoguchi Osamu, tidak seperti yang diceritakan oleh Nonoguchi. Tapi pertanyaan yang paling mengusik Kaga bukanlah siapa atau bagaimana, melainkan kenapa.

Dari situlah sang detektif dan sang pembunuh bertarung membeberkan kebenaran tentang masa lalu dan masa kini versi masing-masing. Dan jika Kaga gagal menguak motif sang pembunuh yang sebenarnya, kebenaran takkan terungkap seutuhnya. Dan novel karya Keigo Higashino ini masuk dalam daftar rekomendasi buku fiksi terjemahan yang sayang untuk dilewatkan.

Itulah beberapa rekomendasi buku fiksi terjemahan yang bisa KLovers baca. Bukan hanya memberikan kisah yang seru saja, namun beberapa rekomendasi buku fiksi terjemahan ini juga memberikan nasihat bijak di dalam kisahnya.

 

(kpl/gen/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI