7 Rekomendasi Buku Politik yang Wajib Dibaca Anak Muda, Menambah Wawasan dan Berpikir Kritis

Selasa, 22 November 2022 20:11
7 Rekomendasi Buku Politik yang Wajib Dibaca Anak Muda, Menambah Wawasan dan Berpikir Kritis
Rekomendasi Buku Politik (credit: gramedia.com/goodreads.com)


Kapanlagi Plus - Politik memang selalu beriringan dengan kehidupan sosial. Dari lingkup terkecil saja, dalam bermasyarakat tak bisa dilepaskan dari apa yang disebut dengan politik. Oleh karena itu, mengenal tentang ilmu politik tentu bisa jadi referensi buat menambah wawasan.

Rekomendasi buku politik sangatlah beragam. Sebut saja seperti politik media, politik hukum, dan sebagainya. Tidak hanya itu saja, dalam politik ada sistem tersendiri mulai dari demokrasi, otoriter, totaliter, dan seterusnya. Ya, pembahasan tentang politik memang tidak ada habisnya.

Apalagi, dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara yang mana seiring berjalannya waktu mengalami dinamika atau perkembangan. Oleh karena itu, di bawah ini ada rekomendasi buku politik yang wajib dibaca untuk menambah wawasan kalian mengenal politik dunia ataupun politik Indonesia. Cek dulu apa saja rekomendasi buku politik sebagai berikut wajib dibaca anak muda.

1. Politik Kuasa Media

Rekomendasi buku politik yang wajib dibaca salah satunya adalah Politik Kuasa Media. Buku ini merupakan karya Noam Chomsky yang membahas mengenai bagaimana pengaruh media digunakan dalam dunia politik. Buku Politik Kuasa Media ini juga mengulas mengenai persoalan politik dunia.

Salah satunya saat media digunakan sebagai propaganda untuk membuat bahkan menggiring opini massa. Ya, seperti pepatah media ibarat pisau bermata dua. Di mana dapat membawa keuntungan atau justru kebencian. Nah, dalam buku ini akan diulas mengenai propaganda media di Amerika Serikat. Sehingga bisa dijadikan referensi buat kalian yang ingin tahu dan mengenal politik kuasa media.

2. Buku Politik: Sebuah Pengantar Singkat

Rekomendasi buku politik yang wajib dibaca anak muda berikutnya adalah Buku Politik: Sebuah Pengantar Singkat. Buku politik ini merupakan karya Kenneth Minogue yang cocok dibaca buat kalian mengenal perkembangan politik dari waktu ke waktu.

Di buku ini sang penulis membahas tentang politik yang secara disiplin historis. Di mana perkembangan politik tersebut membawa teori sekaligus praktik aktivitas politik. Karenanya nggak ada salahnya buat masukan buku Buku Politik: Sebuah Pengantar Singkat wishlist bacaan kalian. Apalagi buku ini ditulis dengan bahasa yang simple dan mudah dipahami.

3. Dramaturgi Politik Indonesia

Rekomendasi buku politik untuk anak muda berikutnya adalah Dramaturgi Politik Indonesia. Buku tentang politik ini ditulis oleh Muhamad Sulhan yang mana pembahasannya berkaitan seputar dunia politik beserta fakta-faktanya yang menarik. Sang penulis menyajikan informasi yang menarik bahwa seringkali pembahasan soal politik menjadi sesuatu yang cukup sensitif.

Termasuk dalam sebuah pencarian fakta dan wawancara yang terkadang seseorang atau politisi sangat berhati-hati saat berbicara soal politik. Di buku ini akan mengulas dramaturgi politik Indonesia yang punya sisi menarik bakalan menambah wawasan kalian tentang dunia politik. Termasuk mengungkap bagaimana wajah politisi dari berbagai sisi. Nggak ada salahnya buat masukin buku Dramaturgi Politik Indonesia bacaan terbaik kalian membantu berpikir semakin kritis.

4. Paradoks Demokrasi

Paradoks Demokrasi juga masuk dalam jajaran rekomendasi buku politik yang wajib kalian baca. Buku ini ditulis oleh Chantal Mouffe yang mengangkat genre sosial politik. Di buku ini mengupas tuntas tentang demokrasi. Sehingga sangat cocok kalian baca buat yang ingin mengenal jauh mengenai demokrasi.

Lalu seperti apa demokrasi itu? Untuk tahu lebih lengkapnya kalian dapat membaca buku Paradoks Demokrasi membantumu mengenal politik dunia tentang demokrasi. Dengan membaca buku ini kalian dapat menemukan apa saja kekurangan dan kelebihan demokrasi.

5. Politik Hukum di Indonesia

Rekomendasi buku politik berikutnya adalah Politik Hukum di Indonesia. Buku tentang politik ini ditulis oleh Prof. Dr. Moh. Mahfud MD yang mengupas tuntas tentang politik hukum yang terjadi di Indonesia. Dari sinilah kalian dapat menemukan banyak fakta berkaitan dengan sistem hukum yang lebih lengkap.

Buku Politik Hukum di Indonesia tersebut dapat membantu kalian meningkatkan berpikir lebih kritis. Tidak hanya membahas mengenai hukum saja, karena ada ilmu politik dari buku karya Prof. Dr. Moh. Mahfud MD. Karenanya wajib banget masuk wishlist bacaan kalian buat mengetahui pemikiran kritis Prof. Dr. Moh. Mahfud MD terkait politik hukum.

6. The Republic

Rekomendasi buku politik lainnya adalah The Republic. Buku ini ditulis oleh Plato yang di dalamnya punya pembahasan seputar ilmu politik. Buku The Republic merupakan pemikiran Plato tentang politea atau keadilan ataupun suatu cara hidup. Ada beberapa bab pembahasan di buku The Republic mulai dari etika baik benar hingga konsep pemerintahan ideal.

Diulas juga tentang kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Buku ini cocok dibaca semua kalangan baik mahasiwa, praktisi, dosen ataupun orang-orang yang tertarik mengenal ilmi politik. Dengan begitu dapat memperkaya wawasan tentang pemikiran kritis filsuf besar dunia salah satunya Plato. Tertarik baca?

Itulah rekomendasi buku politik yang wajib kalian baca. Sehingga dapat menambah wawasan seputar ilmu politik dunia ataupun di Indonesia.

(kpl/nlw)



MORE STORIES




REKOMENDASI