9 Rekomendasi Novel Terbaik Sepanjang Masa dari Berbagai Negara, Wajib Dibaca!

Selasa, 22 November 2022 13:44
9 Rekomendasi Novel Terbaik Sepanjang Masa dari Berbagai Negara, Wajib Dibaca!
(Credit: Goodreads.com)


Kapanlagi Plus - Bagi kalian yang memiliki hobi membaca, tentu perlu mengetahui daftar rekomendasi novel terbaik sepanjang masa. Berasal dari beberapa genre, seperti fantasi, sejarah, hingga romansa, novel akan membangkitkan imajinasi menjadi lebih luas.

Beberapa judul dalam rekomendasi novel terbaik sepanjang masa dari berbagai negara ini juga disebut sebagai pencapaian tertinggi dalam sastra. Ada pula yang sudah mendapatkan penghargaan bergengsi dan diakui secara internasional.

Nah, bagi kalian yang sedang mencari rekomendasi novel terbaik sepanjang masa dari berbagai negara, silakan simak ulasan berikut ini.

1. One Hundred Years of Solitude - Gabriel García Márquez

One Hundred Years of Solitude menjadi salah satu rekomendasi novel terbaik sepanjang masa yang perlu kalian baca. Novel tahun 1967 ini ditulis oleh penulis Kolombia, Gabriel García Márquez.

Secara garis besar, novel ini berkisah tentang multi-generasi keluarga Buendía. José Arcadio Buendía mendirikan kota (fiktif) Macondo. Tak hanya populer di berbagai negara, novel ini juga sering disebut sebagai salah satu pencapaian tertinggi dalam sastra.

2. Fiesta - Ernest Hemingway

Rekomendasi novel terbaik sepanjang masa selanjutnya berjudul Fiesta. Novel karya Ernest Hemingway ini menjadi debut pertama peraih nobel sastra di tahun 1954. Secara garis besar, novel ini berkisah tentang peristiwa adu-banteng.

Para pengadu banteng bukan hanya memperlihatkan pertunjukan, tapi juga tentang perjuangan yang dekat dengan kematian nyaris setiap hari. Dalam novel ini, mereka ditantang untuk mempertahankan makna perburuan kesenangan, perebutan cinta, dan apa yang sesungguhnya benar-benar berarti bagi mereka.

3. Don Quixote - Miguel de Cervantes

Don Quixote juga menjadi rekomendasi novel terbaik sepanjang masa yang wajib kalian baca. Novel karya Miguel de Cervantes ini dianggap sebagai novel modern pertama di dunia.

Novel yang diterbitkan dalam 2 volume di tahun 1605 dan 1615 ini berkisah tentang Alonso Quixano. Dia merupakan seorang bangsawan Spanyol yang berimajinasi sebagai seorang kesatria. Dia ingin penumpas kejahatan yang terjadi di negerinya.

4. Moby Dick - Herman Melville

Selanjutnya, ada rekomendasi novel terbaik sepanjang masa yang berjudul Moby-Dick atau The Whale. Novel karya penulis Amerika Herman Melville ini berkisah tentang tokoh bernama Ishmael. Pada novel tahun pada 1851 ini diceritakan bahwa Ishmael mengikuti pelayaran kapal pemburu paus.

Kapal tersebut dipimpin oleh seorang kapten obsesif bernama Kapten Ahab. Kapten tersebut memiliki satu kaki akibat kecelakaan di kala memburu seekor paus yang dijuluki Moby-Dick. Tragedi itu terjadi karena dia sangat bernafsu melampiaskan dendamnya hingga tak peduli pada keselamatan diri maupun anak buahnya.

5. 1984 - George Orwell

1984 merupakan karya George Orwell yang juga menjadi rekomendasi novel terbaik sepanjang masa. Novel yang pertama diterbitkan pada 1949 ini pun sudah diterjemahkan dalam berbagai bahasa. Hingga kini, novel ini juga sudah puluhan kali dicetak ulang.

Bahkan, novel ini tetap relevan hingga sekarang karena banyak isu yang seolah telah "diramal" oleh Orwell.

6. Lolita - Vladimir Nabokov

Jika kalian mencari rekomendasi novel terbaik sepanjang masa, Lolita juga layak masuk daftar. Novel karya penulis asal Rusia, Vladimir Nabokov ini berkisah tentang seorang pria paruh baya, Humbert (nama samaran). Dia menyukai putri tirinya, gadis berusia 12 tahun yang bernama Dolores (Lolita).

Dorongan yang Humbert rasakan berasal dari peristiwa masa lalu bahwa Lolita merupakan seorang gadis bernama Annabel Leigh yang dia sukai saat remaja. Karena orangtua yang ketat, Humbert pun jadi frustrasi. Lolita malah meninggal beberapa kemudian. Kisah frustrasi itu berlanjut sebagai cerita yang "tidak wajar".

7. War and Peace - Leo Tolstoy

Leo Tolstoy menjadi salah satu penulis Rusia yang dikenal di berbagai penjuru dunia. War and Peace menjadi salah satu rekomendasi novel terbaik sepanjang masa. Karya sastra yang juga menyinggung bab-bab tentang sejarah dan filsafat ini awalnya diterbitkan secara serial.

Pada tahun 1869, novel ini diterbitkan secara utuh. Hingga sekarang, War and Peace dianggap sebagai salah satu pencapaian sastra terbaik Tolstoy dan tetap menjadi sastra klasik dunia yang dipuji secara internasional.

8. Serial Harry Potter - J. K. Rowling

Bicara tentang rekomendasi novel terbaik sepanjang masa, serial Harry Potter juga harus masuk daftar. Novel ini bahkan sudah menjadi bacaan yang populer di kalangan remaja hingga orang dewasa. Melalui novel ini, sang penulis berhasil membangun imajinasi dengan sangat apik hingga setiap tokoh penyihir terkesan betul-betul nyata.

Novel tentang Harry dan teman-temannya dibagi ke dalam 7 serial buku. Kalian pun sudah bisa membacanya dalam terjemahan bahasa Indonesia.

9. Pride and Prejudice - Jane Austen

Masih ada satu lagi rekomendasi novel terbaik sepanjang masa yang berjudul Pride and Prejudice. Novel karya Jane Austen ini begitu populer dan sudah tersebar di berbagai negara.

Kalian aka menemukan detail yang memikat mengenai kaum menengah ke atas pada abad 18. Karakter Elizabeth Bennet dan Fitzwilliam Darcy pun begitu memukau hingga novel ini disebut sebagai salah satu roman paling populer sepanjang masa.

Nah, KLovers, itulah beberapa rekomendasi novel terbaik sepanjang masa dari berbagai negara yang perlu kalian baca.

(kpl/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI