7 Rekomendasi Buku Terbaik Tentang Mental Health, Bagus untuk Menambah Pengetahuan dan Kepedulian

Diterbitkan:

7 Rekomendasi Buku Terbaik Tentang Mental Health, Bagus untuk Menambah Pengetahuan dan Kepedulian
(Credit: goodreads)

Kapanlagi.com - Seberapa peduli kalian dengan isu kesehatan mental? Meski selama ini belum banyak dibicarakan, rekomendasi buku terbaik tentang mental health sebenarnya penting untuk kalian baca.

Jika dibandingkan dengan dulu, perhatian orang terhadap isu ini bisa dikatakan sudah jauh lebih baik. Referensi mengenai rekomendasi buku terbaik tentang mental health pun tak susah dicari.

Selain untuk menambah pengetahuan, rekomendasi buku terbaik tentang mental health juga berguna untuk mengendalikan emosi diri sendiri. Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai judul-judul bukunya, silakan simak ulasan berikut ini.

 

 

1. Loving The Wounded Soul - Regis Machdy

Selain judul yang sudah disebutkan di atas, masih ada rekomendasi buku terbaik tentang mental health yang perlu kalian baca. Buku berjudul Loving The Wounded Soul ini berisi kisah perjalanan depresi penulis. Tak hanya cerita, tapi juga dikupas detail dan dihubungkan dengan teori serta rujukan-rujukan yang terpercaya. Melalui kisah ini, pembaca akan mendapatkan insights tentang mental health yang teoritis.

Dengan begitu, kalian juga akan mendapatkan pelajaran berharga bahwa its ok not to be ok. Jika selama ini dituntut untuk selalu bahagia, dengan membaca buku ini kalian akan mengerti jika sebenarnya tidak apa-apa untuk merasa sedih, tidak apa-apa untuk merasa kecewa. Penerimaan semacam itu justru akan membuat kalian lebih mudah menjalaninya daripada harus menolaknya secara terus-menerus.

 

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Check Your Mental Health - Nurul Chomaria, S. Psi

Saat memasuki masa remaja, banyak gejolak di dalam diri yang timbul. Hal itu bisa dipengaruhi dari perubahan fisik dan mental yang memang mengalami pertumbuhan. Oleh karena itu, masa remaja perlu dipersiapkan. Jika tidak, kemungkinan seseorang akan kesulitan untuk beradaptasi.

Nah, pada fase itu, kalian memerlukan rekomendasi buku terbaik tentang mental health. Buku Check Your Mental Health ini hadir untuk membantu kalian dalam beradaptasi. Dengan membacanya, kalian akan mampu memahami perkembangan yang terjadi dan mengerti cara mengelola emosi dengan baik. Buku ini juga menyediakan tes psikologi agar kalian lebih mengetahui diri sendiri.

 

 

3. I Want to Die But I Want to Eat Tteopokki - Baek Se Hee

Selanjutnya, ada rekomendasi buku terbaik tentang mental health yang berjudul I Want to Die But I Want to Eat Tteopokki. Buku karya Baek Se Hee ini berisi esai tentang distimia yang memberikan banyak pelajaran dari sebuah perjalanan untuk mencapai kesembuhan.

Buku ini cocok untuk kalian yang selama ini merasa rendah diri, tidak bahagia, penuh kritik terhadap diri sendiri. Pasalnya, buku ini hadir dari perjalanan individu yang terkesan tidak mencintai diri sendiri. Esai dalam buku ini makin menarik karena disajikan dalam bentuk pertanyaan refleksi dari penulis kepada dirinya. Dengan membacanya, kalian sebagai pembaca pun jadi bisa merasakan kegamangan dan kegalauan perasaannya. Kalian pun akan tergerak untuk mulai mengenali pikiran sendiri.

 

 

4. Psikologi Kesehatan Mental - Siswanto

Sejak judulnya, buku ini jelas layak menjadi rekomendasi buku terbaik tentang mental health. Saat membacanya, kalian juga akan menemukan jawaban mengenai penyebab kesurupan dari perspektif mental health. Buku Psikologi Kesehatan Mental ini juga memaparkan tentang kondisi korban setelah mengalami kesurupan tersebut. Selain itu, di dalam buku ini juga diuraikan bagaimana masyarakat menangani seseorang yang mengalami kesurupan.

Seperti yang sudah diketahui, kesurupan kerap dipahami sebagai peristiwa masuknya roh halus ke dalam tubuh manusia. Berbeda dengan anggapan tersebut, buku ini memiliki penjelasan yang logis karena melewati penelitian dari dimensi psikologi. Dimensi psikologi dari masing-masing individu itu sangat penting. Hal tersebut yang akan menjadi tumpuan apakah seseorang berisiko kesurupan atau tidak.

Tak hanya itu, buku ini juga berisi teori-teori dari psikologi untuk menjelaskan bagaimana seseorang dapat mengalami kesurupan. Ada pula penjelasan mengenai penanganan seseorang yang mengalami kesurupan dengan teknik yang sudah teruji dan sistematis. Bagaimana, tertarik membacanya?

 

 

5. Solve For Happy - Mo Gawdat

Solve for Happy juga menjadi salah satu rekomendasi buku terbaik tentang mental health yang perlu kalian baca. Buku ini ditulis oleh seorang Ayah yang berusaha bahagia karena kehilangan anak laki-lakinya. Kalian akan menemukan berbagai rumus bahagia yang disajikan per sub bab.

Dengan membacanya, kalian pun akan mulai menyadari bahwa kebahagiaan itu bukan hanya terjadi saat hidup berjalan sesuai keinginan. Semua itu bergantung bagaimana persepsi dan sudut pandang terhadap sesuatu.

 

 

6. The Things You Can See Only When You Slow Down - Haemin Sunim

Rekomendasi buku terbaik tentang mental health selanjutnya berjudul The Things You Can See Only When You Slow Down. Buku yang ditulis oleh Haemin Sunim ini berkisah tentang hidup seorang biksu. Kalian akan menemukan cara agar bisa lebih bersyukur, bisa menjalani hidup dengan tenang dan sepenuh hati.

Bukan terdiri dari narasi panjang, buku ini justru berisi quote-quote indah yang dipetik dari cerita singkat di depannya. Bisa jadi, kalian akan merasa tertampar dengan beberapa pelajaran yang terkandung di dalamnya.

 

 

7. Emotional First Aid - Guy Winch, Ph.D.

Apa yang akan kalian lakukan sebagai upaya pertolongan bagi luka jiwa? Hal ini jelas berbeda dengan pertolongan pada kecelakaan yang menimbulkan luka fisik. Karena tak mengetahui tentang pertolongan terhadap luka emosional, biasanya seseorang akan berlarut-larut pada rasa sakit dari penolakan, kegagalan, dan kehilangan.

Padahal, jika luka emosional tak segera disembuhkan justru malah bisa berakibat menimbulkan luka yang lebih berat. Nah, melalui rekomendasi buku terbaik tentang mental health ini, kalian akan mendapatkan berbagai tips yang berharga.

Nah, KLovers, itulah beberapa rekomendasi buku terbaik tentang mental health yang cocok kalian baca untuk menambah pengetahuan dan kepedulian.

 

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending