7 Rekomendasi Novel Terbaik 2018 yang Seru dan Ringan Dibaca, Lengkap Semua Genre

Kamis, 10 November 2022 13:33
7 Rekomendasi Novel Terbaik 2018 yang Seru dan Ringan Dibaca, Lengkap Semua Genre
Rekomendasi Novel Terbaik 2018 (credit: gramedia.com)


Kapanlagi Plus - Jajaran novel best seller dari tahun ke tahun memang sukses menarik perhatian pembaca. Termasuk tahun 2018 yang mana ada sederet rekomendasi novel terbaik paling dinantikan.

Rekomendasi novel terbaik 2018 dari para penulis ternama wajib banget kalian baca. Walaupun sudah dirilis 4 tahun lalu tepatnya tahun 2018, namun novel-novel terbaik 2018 masih layak dibaca sampai sekarang.

Ceritanya juga masih sangat relevan dibaca sekarang meskipun bukan masuk dalam jajaran novel terbaru 2022. Oleh karena itu, di bawah ini ada rekomendasi novel terbaik 2018 yang seru namun sangat ringan dibaca. Sehingga cocok bagi pemula yang baru saja menjajaki dunia pernovelan. Ini rekomendasi novel terbaik 2018.

 

 

 

1. Ubur-Ubur Lembur

Rekomendasi novel terbaik 2018 yang ringan untuk dibaca salah satunya adalah Ubur-Ubur Lembur. Novel karya Raditya Dika ini memang berhasil menarik perhatian para pembaca. Melansir dari goodreads.com, Ubur-Ubur Lembur sukses meraih rating cukup tinggi yakni 4.07.

Buku Ubur-Ubur Lembur mengangkat genre komedi yang cerita di dalamnya ternyata diangkat berdasarkan pengalaman sang penulis. Raditya Dika menyelipkan kisah-kisah menarik tentang perjalanan hidupnya yang juga mengandung banyak pesan berharga. Buku Ubur-Ubur Lembur bisa jadi bacaan ringan yang wajib banget kalian baca.

 

 

 

2. Senior

Rekomendasi novel terbaik 2018 yang juga bisa jadi bacaan ringan adalah Senior. Buku karya Kata Kokoh ini merupakan adaptasi dari Wattpad populer dengan jumlah pembaca mencapai puluhan juta. Novel Senior menceritakan tentang romansa sepasang remaja sekolah bernama Aluna dan Nakula.

Nakula dikenal sebagai siswa tampan yang menjadi ketua MOS. Saat bersamaan, ia bertemu dengan Aluna yang mana tertarik pada sosok Nakula lantaran terlihat sebagai pria dingin dan penuh misteri. Berawal dari rasa benci setelah mendapat hukuman, ternyata mengantarkan Aluna dan Nakula pada hubungan yang lebih dekat. Pada akhirnya romansa cinta di antara mereka merekah di masa SMA.

 

 

 

3. Aroma Karsa

Aroma Karsa juga masuk dalam jajaran rekomendasi novel terbaik 2018. Novel karya Dee Lestari ini memang cukup populer. Mengangkat kisah menarik mengenai pencarian bunga legenda bernama Puspa Karsa, pembaca akan diajak mengikuti perjalanan Raras Prayagung dan Jati Wesi.

Jati memiliki indra penciuman tajam mengenali berbagai jenis aroma. Hal ini membuat Raras bertemu Jati dan hendak bekerja sama mencari bunga Puspa Karsa. Tidak hanya punya misi mencari bunga tersebut, ternyata ada kisah menarik yang terjalin antara Jati dengan keluarga Raras. Saat bersamaan, Raras juga punya seorang anak yang juga memiliki kemampuan serupa seperti Jati Wesi.

 

 

 

4. Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini

Novel berjudul Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini juga masuk dalam jajaran rekomendasi novel terbaik 2018. Apalagi, Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini atau NKCTHI tersebut sudah diangkat menjadi film yang nggak kalah sukses. Ditulis oleh Marchella FP, Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini mengisahkan seorang perempuan bernama Awan.

Awan menuliskan berbagai kisah hidupnya dalam sebuah surat yang akan ia tunjukkan pada anak dan cucunya di masa depan. Melalui surat ini, Awan berharap agar kelak anaknya bisa mengambil sebuah hikmah dari kisah-kisahnya. Karena surat tersebut berisikan berbagai perasaan Awan saat muda baik itu tentang rasa takut, perubahan, kegagalan, keberhasilan, kecewa, penantian,keluarga dan lain sebagainya. Sangat recommended buat dibaca KLovers.

 

 

 

5. Pergi

Rekomendasi novel terbaik 2018 berikutnya adalah Pergi. Novel karya Tere Liye memang nggak pernah gagal jadi best seller. Termasuk novel berjudul Pergi yang rilis tahun 2018. Novel ini mengisahkan tentang perjalanan hidup yang berliku seorang bernama Bujang. Sebuah perjalanan membawa Bujang mengingat lagi kisahnya di masa lalu. Termasuk pertemuan dengan orang-orang di masa lalunya,

Bersamaan dengan itu Bujang menemukan sejumlah kisah yang tak pernah ia kenali dulu. Termasuk mengenal tentang sosok ayahnya di masa lalu. Kenangan-kenangan tersebut mengantarkan Bujang untuk menemukan jawaban dari sebuah pertanyaan seorang guru ngaji tentang tujuan hidup Bujang, Kamu akan pergi kemana setelahnya?

 

 

 

6. Friendzone: Lempar Kode Sembunyi Hati

Pernah mengalami Friendzone? Novel Friendzone: Lempar Kode Sembunyi Hati bakalan relate kalian baca jika sempat terjebak dalam perasaan suka dengan sahabat sendiri. Rekomendasi novel terbaik 2018 ini ditulis oleh Alnira yang masuk dalam jajaran best seller.

Di mana, Friendzone: Lempar Kode Sembunyi Hati mengisahkan tentang romansa seorang bernama Andira Ramadhani yang menyukai sahabatnya sendiri. Bukannya perasaannya semakin pudar, justru rasa suka pada sahabatnya sulit terlupakan apalagi cowok tersebut memberikan sejumlah kode-kode tertentu. Bahkan sikapnya bikin Dira makin berekspektasi tinggi terhadap perasaannya sendiri.

 

 

 

7. Resign!

Rekomendasi novel terbaik 2018 berikutnya adalah Resign!. Novel ini ditulis oleh Almira Bastari. Berlatarkan cerita sebuah kantor konsultan, Resign! Punya kisah yang cukup relate dengan kisah para pegawai kantoran.

Berfokus pada kisah empat pegawai yang dijuluki The Cungpret. Mereka punya bos yang cukup arogan bernama Tigran. Meski sang bos arogan tapi ia dikenal tampan, cerdas tapi juga peka banget saat bawahannya berusaha mencari cara untuk bisa resign. Sikap sang bos ini memang bikin para pegawai nggak betah menjalani pekerjaannya. Sampai-sampai bertaruh untuk bisa cepat-cepat resign. Dijamin nggak bikin bosan saat baca novel Resign!

Itulah rekomendasi novel terbaik 2018 yang wajib kalian baca. Selamat membaca KLovers.

 

 

 

(kpl/gen/nlw)



MORE STORIES




REKOMENDASI