8 Bahan Alami Mengobati Gatal, Mudah Ditemukan dan Aman untuk Dipraktikkan

Jum'at, 20 Agustus 2021 19:22 Penulis: Puput Saputro
8 Bahan Alami Mengobati Gatal, Mudah Ditemukan dan Aman untuk Dipraktikkan
Ilustrasi (credit: (pixabay)


Kapanlagi Plus - Meski tak begitu menyakitkan, gatal tetap bisa menimbulkan rasa tak nyaman dan sangat mengganggu. Saat gatal-gatal, biasanya secara refleks kita akan berusaha menggaruk bagian kulit yang terasa gatal. Padahal, menggaruk hanya akan meredakan gatal sementara saja. Sebaliknya, menggunakan bahan alami mengobati gatal bisa jadi cara mengatasi gatal yang lebih yang ampuh.

Tak saja ampuh, obat gatal dari bahan alami juga terbilang mudah ditemukan di sekitar kita. Selain itu, obat gatal berupa bahan alami ini juga terbilang aman tanpa efek samping yang membahayakan. Oleh karena itu, kalian bisa memanfaatkannya saat merasakan gatal-gatal karena mengalami ruam, biduran, hingga alergi.

Lantas, kira-kira apa sajakah bahan alami yang bisa digunakan sebagai obat gatal? Dirangkum dari berbagai sumber, simak berikut daftar ulasan bahan alami mengobati gatal yang sangat mudah ditemukan.

 

1. Lidah Buaya

Sudah sejak lama lidah buaya dikenal sebagai salah satu tanaman yang kaya manfaat. Lidah buaya banyak dikonsumsi untuk diambil manfaatnya bagi kesehatan dan kecantikan. Daging gel lidah buaya yang berbentuk gel, kerap dipakai sebagai pelembap kulit.

Namun ternyata, kandungan dalam gel lidah buaya tak saja bisa membuat kelembapan kulit terjaga. Lebih dari itu, kandungan dalam gel lidah buaya ini ternyata juga dapat mengatasi iritasi. Oleh sebab itu, lidah buaya bisa dimanfaatkan untuk mengobati gatal. Namun demi keamanan, sebaiknya pemakaian gel lidah buaya untuk kulit sensitif tetap perlu diperhatikan lebih lanjut.

 

2. Kunyit

Sama seperti lidah buaya, kunyit juga dikenal sebagai bahan alami yang kaya akan kesehatan. Sehingga, tak terlalu mengherankan jika kunyit juga termasuk dalam salah satu bahan alami mengobati gatal. Kunyit mempunyai kandungan kurkumin yang membuatnya memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri. Dengan kedua sifat tersebut, kunyit dapat mengatasi gatal dan peradangan pada kulit secara ampuh.

 

3. Es Batu

Selain dengan menggaruk dan menggunakan obat, kalian juga bisa mengatasi gatal dengan cara mengopresnya memakai es batu. Cara sederhana ini juga terbilang ampuh untuk meredakan rasa gatal pada kulit. Namun perlu diperhatikan, untuk melakukannya sebaiknya gunakan kain bersih untuk membungkus es batu sebelum dikompreskan pada kulit. 

4. Oatmeal

Selama ini oatmeal mungkin lebih dikenal sebagai salah satu menu sarapan sehat yang tinggi serat. Siapa sangka ternyata oatmeal juga bisa manfaatkan sebagai bahan alami mengobati gatal pada kulit. Hal ini lantaran, oatmeal mempunyai sifat humektan. Dengan sifat tersebut, oatmeal dapat digunakan untuk menjaga kelembapan kulit dan mengatasi gatal-gatal akibat ruam hingga alergi.

 

5. Minyak Kelapa

Bahan alami mengobati gatal berikutnya ialah minyak kelapa. Ya, selain digunakan untuk memasak, minyak kelapa memang menyimpan banyak manfaat luar biasa. Dengan kandungan antioksidan yang terkandung di dalamnya, minyak kelapa diyakini bisa membantu mengatasi gatal-gatal pada kulit. Tak saja mengatasi gatal, antioksidan pada minyak kelapa juga berguna untuk menangkal radikal bebas penyebab peradangan di kulit.

 

6. Daun Kemangi

Daun kemangi mungkin lebih dikenal sebagai salah satu jenis lalapan. Rasanya yang segar, membuat daun ini cukup populer dan banyak digunakan di dunia kuliner.

Ternyata, dalam daun kemangi juga tersimpan senyawa-senyawa, seperti kapur barus dan thymol yang bisa meredakan gatal. Tak sampai di situ, daun yang punya aroma wangi ini juga mempunyai sifat antimikroba dan antibakteri, sehingga bisa efektif mengatasi gatal seperti ruam.

Cara mengatasi gatal dengan daun kemangi juga sangatlah mudah. Pertama-tama, kalian bisa menumbuk daun kemangi sampai halus. Setelah itu, kalian cukup mengoleskannya ke permukaan kulit yang terasa gatal. Diamkan beberapa saat, kemudian rasa gatal akan menghilang dengan sendirinya.

 

7. Daun Mint

Daun mint punya aroma serta sensasi rasa segar yang tak jauh beda dengan daun kemangi. Di luar dua hal itu, ternyata masih ada kesamaan antara kedua jenis daun tersebut.

Ya, sama seperti daun kemangi, daun mint juga bisa jadi satu alternatif untuk mengatasi gatal di kulit. Namun menurut beberapa sumber, penggunaan daun mint cenderung lebih efektif untuk gatal-gatal yang disebabkan oleh alergi.

 

8. Daun Sirih

Selain daun mint dan kemangi, jenis dedaunan lain yang juga bisa jadi obat gatal ialah daun sirih. Seperti yang kita tahu, sudah sejak lama daun sirih dimanfaatkan sebagai pengobatan tradisional untuk berbagai jenis penyakit.

Kaitannya mengatasi gatal, dalam daun sirih tersimpan kandungan chavicol para allyphenol. Kandungan tersebut membuat daun sirih mempunyai sifat anti bakteri dan antiinflamasi, sehingga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi gatal akibat ruam, biduran, maupun alergi.

Itulah di antaranya beberapa bahan alami mengobati gatal pada kulit. Semoga bermanfaat dan bisa kalian coba saat mengalami gatal-gatal.

 

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI