8 Cara Membuat Topping Donat Coklat Sampai Tiramisu, Gampang Banget Yuk Cobain!

Jum'at, 31 Mei 2019 18:24 Penulis: Editor KapanLagi.com
8 Cara Membuat Topping Donat Coklat Sampai Tiramisu, Gampang Banget Yuk Cobain!
Ilustrasi donat (Credit: Shutterstock)

Kapanlagi Plus - Siapa yang nggak heran, donat yang sudah dari jaman dulu ini masih diminati hingga sekarang. Banyak juga penjual kue donat saat ini yang mencoba berbagai macam kreasi donat untuk dijual di pasaran. Kue donat sekarang sudah bertransformasi menjadi berbagai macam jenis termasuk bentuk dan bahan-bahan pembuatnya, seperti contoh donat goreng, donat kentang, donat Jco, donat pisang, dan masih banyak lagi. Dengan berbagai varian dan jenis-jenis donat yang dikreasikan, banyak orang jadi suka dan nggak bosan. Nah, Buat kamu nih yang suka banget bikin donat sendiri sudah coba belum donat dengan topping varian rasa? Kalau belum kamu wajib banget nih cobain bikin topping donat berikut ini.

1. Topping Donat Tiramisu

Baru-baru ini jajanan kuliner digegerkan dengan varian rasa baru yaitu tiramisu. Gimana nggak? Rasa tiramisu yang manis tapi nggak bikin enek inilah yang membuat orang jadi suka. Alhasil, tiramisu sudah banyak dijadikan topping untuk berbagai jajanan kuliner seperti contoh nugget pisang, roti kukus, kue cubit, martabak manis, dan masih banyak lagi guys. Dan salah satunya juga sebagai topping donat. Dijamin bakal bikin kue donat kamu ciamik deh.

Cara bikinnya juga gampang kok, kamu tinggal menyiapkan 200 gr white cooking chocolate atau coklat putih leleh dan kopi instan (bisa sesuai selera). Nah, lalu kamu celupkan bagian atas donat ke dalam coklat lelehnya dan terakhir taburi dengan kopi instan. Tada, jadi deh topping donat tiramisu nya.

2. Topping Donat Dari Coklat Batang

Cara membuat topping donat selanjutnya ini bisa dibilang yang paling banyak digunakan. Karena selain caranya yang mudah bahannya juga nggak susah dicari. Pertama-tama kamu siapkan ¼ kg coklat batang, 2 sdm madu, 1 sdm margarin, dan 50gr susu segar. Cara bikin nya yaitu kamu rebus susu sampai mendidih. Lalu masukkan potongan coklat batang, madu serta margarin, sambil diaduk. Setelah selesai matikan kompor. Nah, selesai kamu tinggal celupkan donat kamu ke dalam nya.

3. Topping Donat Dari Butter dan Susu

Cara membuat topping yang ketiga bisa dibilang lebih sederhana tapi jangan salah soal rasa, dijamin nggak kalah enak dengan yang lainnya. Cara bikin nya, pertama siapkan butter, gula bubuk dan susu bubuk. Kemudian, lelehkan butter sampai warna berubah menjadi kecoklatan. Masukkan juga susu dan gula bubuk secara perlahan sampai tekstur nya sesuai dengan yang diinginkan, selesai. Cara menyajikannya, kamu bisa celupkan donat tadi ke dalam adonan topping.

4. Topping Donat Keju

Wah siapa sih yang nggak suka keju? Keju juga menjadi primadona nya jajanan kuliner loh. Terbukti karena sudah banyak banget jajanan dengan varian rasa keju. Apalagi untuk topping donat, dijamin nggak kalah enak deh keju yang kamu buat. Cara bikinnya juga gampang banget loh, kamu tinggal menyiapkan 150 gr buttercream dan 100 gr keju parut. Cara menyajikannya kamu tinggal mengoleskan buttercream ke donat kamu lalu taburi dengan parutan keju. Selesai.

5. Topping Donat Dengan Coklat Dan Meses

Selanjutnya adalah cara membuat donat dengan coklat dan meses. Coklat juga sangat lumrah digunakan sebagai topping di berbagai jajanan kuliner manapun. Nah, untuk menyajikannya dengan donat kamu, kamu hanya perlu melelehkan dark chocolate dan siapkan meses. Kemudian celupkan bagian atas donat kamu ke dalam coklat leleh tadi dan taburi meses di atasnya. Yuhu, donat dengan topping coklat dan meses kamu jadi deh!

6. Topping Donat Gula Glaze

Eits nggak ketinggalan, kali ini kamu harus coba nih donat dengan topping gula glaze dikutip dari resepcaramemasak.info. Nah daripada penasaran, coba aja resepnya kali ini. Pertama kamu siapkan 150 gr gula halus, 3 sampai 4 sdm susu UHT dan vanili. Cara membuatnya, kamu tuang susu dengan vanili. Lalu kamu tambahkan gula halus sambil kamu aduk perlahan hingga tercampur secara merata. Pastikan teksturnya benar benar lembut. Cara menyajikannya adalah dengan mencelupkan bagian atas donat ke dalam adonan gula glaze. Tada, topping donat gula glaze kamu sudah jadi.

7. Topping Donat Cappucino

Cara membuat topping donat selanjutnya adalah dengan varian cappuccino. Cara membuat nya gampang loh. Pertama kamu siapkan bahan-bahannya yaitu bubuk cappuccino instan, gula pasir yang dikentalkan, 50 gr coklat putih yang sudah dilelehkan, dan 50 gram whipped cream yang sudah di kocok. Caranya, pertama panaskan gula pasir yang sudah leleh dan whipped cream, aduk dan jangan sampai mendidih. Lalu, masukkan potongan coklat putih dan cappuccino dan aduk sampai mengental sampai hangat. Nah, terakhir oleskan topping cappuccino ke bagian atas donat kamu pada saat hangat.

8. Topping Donat Oreo

Kali ini cara membuat topping donat yang terakhir pasti nggak kalah ciamik dari resep topping sebelumnya. Sekarang juga marak banget loh jajanan kuliner yang menyajikan topping oreo ini. Nah, karena itu kamu wajib banget coba resep membuat toping donat oreo dilansir dari cookpad. Bahannya simpel kok, kamu hanya perlu menyiapkan 200 gr coklat blok putih, 2 sdm margarin, dan 1 bungkus oreo kemasan. Pertama, sisihkan krim oreo dan haluskan biskuit oreonya. Kemudian cairkan coklat blok putih dan margarin, tambahkan air mendidih, dan aduk sampai merata. Lalu, matikan kompor dan celupkan bagian atas donat kamu. Terakhir, taburi dengan biskuit oreo yang sudah dihaluskan tadi. Tada, topping donat oreo siap disajikan.

Itulah tadi beragam cara membuat toping donat yang bisa kamu coba sendiri di rumah. Selain bikin kue donat bikinan kamu jadi enak, kue donat kamu juga akan beragam dan pastinya nggak bikin kamu bosan guys. Sekian, semoga bermanfaat.


Penulis: Eva Nur Fauziyah

 

 

(kpl/mag/evv)



MORE STORIES




REKOMENDASI