8 Makanan yang Dihindari Penderita Covid-19, Ketahui Agar Cepat Sembuh

Senin, 05 Juli 2021 14:22
8 Makanan yang Dihindari Penderita Covid-19, Ketahui Agar Cepat Sembuh
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Pandemi virus corona covid-19 belum juga usai. Malahan, angka kasus penularan terus meroket. Banyak orang yang terjangkit, menunjukkan berbagai gejala. Ada yang parah ada pula yang ringan, bahkan tak bergejala. Sama halnya penyakit lain, pilihan makanan bagi penderita covid-19 jadi satu hal yang harus diperhatikan. Pasalnya, ada sejumlah makanan yang harus dihindari penderita covid-19 karena bisa mengganggu imunitas.

Seperti yang kita tahu, covid-19 merupakan virus yang menyerang sistem pernapasan. Virus ini bisa menular dengan mudah menyebar dan menular ke siapa saja, khususnya orang dengan imunitas lemah. Selain itu, penderita covid-19 dengan imunitas stabil juga cenderung punya kesempatan sembuh yang lebih besar. Oleh sebab itu, menjaga imunitas jadi satu kunci untuk bisa sembuh dan pulih dari serangan virus ini.

Maka, memperhatikan asupan nutrisi makanan jadi hal penting bagi penderita covid-19. Dilansir dari liputan6.com, berikut beberapa makanan yang harus dihindari penderita covid-19 karena bisa ganggu imunitas.

 

1. Makanan Cepat Saji (Junk Food)

Pada dasarnya makanan cepat saji atau junk food memang dikenal tidak menyehatkan. Pasalnya, junk food diolah dengan metode deep fry sehingga membuatnya sangat berminyak. Selain itu, junk food juga diketahui mengandung banyak gula, garam, dan msg.

Penderita covid-19 tidak dianjurkan mengonsumsi junk food. Selain karena tidak menyehatkan, junk food juga disinyalir dapat mengakibatkan masalah tenggorokan dan batuk. Padahal, sakit tenggorokan dan batuk merupakan gejala dari covid-19. Dengan demikian, konsumsi junk food dikhawatirkan bisa memperparah gejala dan keadaan penderita covid-19.

2. Makanan Ultra Proses

Makanan yang harus dihindari penderita covid-19 kedua yaitu makanan ultra proses. Makanan-makanan ultra proses merupakan jenis makanan kemasan yang umumnya mengandung kadar gula dan garam yang tinggi. Karena itu, makanan ultra proses dikhawatirkan bisa memperburuk imunitas dan mengganggu kadar gula darah.

Apalagi, covid-19 juga diyakini bisa memperparah kondisi penyakit kormobid lainnya, seperti diabetes yang dialami oleh orang dengan kadar gula darah tinggi. Untuk kalian yang masih merasa asing, adapun beberapa jenis makanan ultra proses yaitu biskuit, cokelat, sereal, dan minum minuman bersoda.

3. Makanan Tinggi Lemak

Selain makanan tinggi gula dan garam, makanan tinggi lemak juga perlu dihindari oleh penderita covid-19. Makanan tinggi lemak diyakini bisa memperburuk sindrom metabolik, sehingga bisa berisiko peradangan. Makanan tinggi lemak seperti makanan bersantan, mentega, jeroan, dan gajih harus dihindari, khususnya bagi penderita covid-19 yang punya masalah kolesterol tinggi, jantung, dan hipertensi.

 

4. Makanan Asam dan Pedas

Makanan bercita rasa asam dan pedas memang menggugah selera. Namun makanan ini juga perlu dihindari oleh orang yang sedang mengidap covid-19. Seperti yang kita tahu, makanan asam dan pedas sering membuat seseorang merasakan mual dan masalah pencernaan.

Di lain sisi, beberapa penderita covid-19 juga mengalami gejala mual. Sehingga, penderita covid-19 dianjurkan untuk menghindari makanan asam dan pedas karena dikhawatirkan bisa memperparah keadaan. Terlebih, bagi penderita covid-19 dengan penyakit bawaan maag, GERD, dan asam lambung.

5. Makanan Tinggi Garam

Sempat disinggung sebelumnya, kandungan garam yang tinggi juga tidak baik untuk penderita covid-19. Kadar garam yang tinggi dapat mempengaruhi tekanan darah seseorang. Hal ini tentu bisa membahayakan kondisi kesehatan pasien covid-19, karena akan mengganggu sistem kekebalan tubuh.

 

6. Makanan dan Minuman Berkafein

Kopi dan teh jadi dua jenis minuman yang cukup difavoritkan. Sayangnya, kedua jenis minuman ini juga tergolong makanan yang perlu dihindari penderita covid-19. Hal ini lantaran, dalam teh dan kopi terdapat kandungan kafein yang cukup tinggi.

Seperti yang kita tahu, kafein dapat membuat seseorang terjaga dari kantuk. Padahal, seorang penderita covid-19 harus bisa memperbanyak tidur dan istirahat agar imunitas terjaga. Selain membuat susah tidur, kafein juga diyakini bisa membuat seseorang merasa cemas. Sementara untuk bisa kembalikan imunitas, seseorang harus bisa membuat pikirannya merasa tenang.

 

7. Makanan Mengandung Karbohidrat Rafinan

Makanan seperti  roti putih, pasta, tepung halus, hingga gula olahan juga perlu dihindari saat terinfeksi covid-19. Alasannya, makanan-makanan tersebut mengandung karbohidrat rafinan yang mempunyai indeks glikemik tinggi. Makanan-makanan dengan karbohidrat rafinan bisa menyebabkan peningkatan kadar gula darah, insulin, efek radikal bebas, dan peradangan.

 

8. Daging Beku

Daging memang dikenal sebagai salah satu sumber protein. Tetapi, sebaiknya jangan mengonsumsi daging beku saat menderita covid-19. Pasalnya, daging beku terlebih dalam kemasan seperti kaleng mengandung lemak yang cukup tinggi. Sementara sebagaimana yang disinggung sebelumnya, lemak tinggi bisa mengacaukan sistem imunitas seseorang.

Itulah di antaranya 8 jenis makanan yang harus dihindari penderita covid-19. Semoga bermanfaat dan menginspirasi!

 

(kpl/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI