8 Makanan Sehat Ini Sebaiknya Lebih Sering Dikonsumsi di Tengah Pandemi Covid-19

Selasa, 22 September 2020 11:11 Penulis: Dhia Amira
8 Makanan Sehat Ini Sebaiknya Lebih Sering Dikonsumsi di Tengah Pandemi Covid-19
Ilustrasi (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Saat ini masyarakat Indonesia harus siap menghadapi pandemi Covid-19 yang semakin memuncak. Bukan hanya mengikuti protokol kesehatan saja, memperhatikan makanan sehat juga baik untuk dikonsumsi saat pandemi.

Makanan sehat ini bukan hanya dapat menjadi salah satu sumber vitamin saja, tetapi juga dapat memberikan kesehatan pada tubuh saat menghadapi pandemi Covid-19. Apa saja ya makanan tersebut? Dilansir dari berbagai sumber, ini 8 makanan sehat yang wajib dikonsumsi saat pandemi Covid-19. Yuk langsung saja dicek.

 

1. Ikan

Makanan pertama yang baik dikonsumsi saat pandemi yaitu ada ikan. Yup! ternyata makanan laut satu ini menjadi salah satu makanan yang wajib kita konsumsi loh KLovers.

Di dalam ikan terdapat kandungan vitamin D yang sangat tinggi. Vitamin D sendiri merupakan salah satu vitamin yang dapat memperkuat tulang, mengurangi peradangan, dan membantu fungsi kekebalan. Sehingga mengonsumsi ikan yang berlemak dapat memberikan nutrisi vitamin D pada tubuh.

2. Telur

Telur menjadi salah satu makanan yang juga baik dikonsumsi saat pandemi Covid-19. Hal ini karena telur juga memiliki kandungan vitamin D yang cukup tinggi.

Bagian telur yang banyak memiliki kandungan vitamin D adalah kuningnya. Kalian bisa mengonsumsi telur untuk sarapan, tidak hanya sehat tetapi telur juga sangat baik untuk kalian yang sedang diet.

3. Alpukat

Ternyata vitamin D juga terdapat pada alpukat loh KLovers, buah yang tidak memiliki rasa manis atau asam ini memang mempunyai banyak penggemar. Kalian bisa menjadikan buah alpukat sebagai salah satu nutrisi yang baik untuk dikonsumsi saat pandemi.

Kalian bisa mengonsumsi alpukat secara langsung, di jus, atau dimakan bersama telur atau roti gandum. Tetapi bila di jus jangan memberi gula atau susu kental manis terlalu banyak ya KLovers, karena hal itu tidak menyehatkan untuk tubuh.

4. Jamur

Jamur ternyata juga menjadi salah satu makanan yang baik dikonsumsi saat pandemi Covid-19 loh KLovers. Menurut studi yang dilakukan University of Florida Institute of Food and Agricultural Sciences mengungkapkan bahwa, konsumsi jamur setiap hari dapat meningkatkan angka dan kekuatan sel T secara signifikan.

Sel T adalah jenis dari sel darah putih yang memegang peranan penting dalam sistem imun dan juga menjadi inti dari kekebalan adaptif. Sehingga untuk mendapatkan kekebalan tubuh kalian bisa mengonsumsi jamur dengan takaran yang tepat dan baik.

5. Brokoli

Sayur brokoli juga menjadi salah satu makanan yang memiliki banyak sumber vitamin. Di dalam brokoli terdapat kandungan vitamin C, vitamin A dan juga mineral di dalam tubuh.

Kandungan vitamin A dan mineral ini dapat memperkuat sistem imun dan membantu sistem imun bekerja secara optimal. Kalian bisa mengonsumsi sayuran brokoli untuk memberikan nutrisi tersebut.

6. Tomat

Makanan yang baik dikonsumsi saat pandemi Covid-19 yaitu ada tomat. Buah merah dan bulat yang satu ini memang terkenal memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi, sehingga dapat menjadi salah satu makanan yang bisa memberikan nutrisi lebih pada tubuh.

Selain dapat memberikan nutrisi berupa vitamin C, mengonsumsi tomat secara rutin juga dapat membuat wajah menjadi lebih cerah. Kalian bisa mengonsumsi tomat secara langsung, atau dibuat menjadi salad.

7. Roti gandum

Kemudian ada roti gandum yang menjadi makanan yang baik dikonsumsi saat pandemi Covid-19. Roti gandum menjadi salah satu makanan yang sering dikonsumsi saat sarapan pagi. Roti gandum baik dikonsumsi, hal ini karena gandum utuh memiliki sifat anti inflamasi yang dapat membantu meningkatkan produksi bakteri baik.

Hal ini karena sekitar 70% imun tubuh terdapat di dalam usus, sehingga roti gandum dapat menjaga kondisi usus tetap sehat. Dan membuat imun tubuh tetap bertahan dengan baik.

8. Hati Sapi

Dan makanan terakhir yang baik dikonsumsi saat pandemi Covid-19 yaitu ada hati sapi. Hal ini karena hati sapi mengandung karbohidrat dan protein, yang keduanya berkontribusi pada jumlah energi untuk memberi tenaga pada tubuh. Sehingga tubuh tetap sehat dan juga bugar dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini.

Selain itu hati sapi juga mengandung mineral penting berupa tembaga. Tembaga adalah komponen fungsional dari berbagai enzim, dan enzim ini untuk menghasilkan energi, metabolisme zat besi, mensintesis kolagen dan menjaga kesehatan saraf.

Kemudian hati sapi juga memiliki kandungan vitamin A yang baik untuk kekebalan tubuh. Tanpa cukup vitamin A, sistem kekebalan tubuh akan melemah, sehingga mengonsumsi hati sapi saat pandemi sangat baik.

Itulah 8 makanan sehat yang wajib dikonsumsi saat pandemi Covid-19. Selain dapat memberikan nutrisi untuk kekuatan tubuh menghadapi pandemi Covid-19, makanan ini juga sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI